;
close

Antara Pendant dan Necklace, Apa Bedanya?

Fifth Bloom Feb 01, 2023

Antara Pendant dan Necklace, Apa Bedanya?

Sumber foto: Fifth Bloom

Kalung dan pendant atau liontin memang saling melengkapi satu sama lain. Keduanya pun seringkali dipakai bersamaan. Namun secara teknis keduanya adalah perhiasan yang sangat berbeda.

Memilih kalung atau pun liontin untuk melengkapi penampilan, baik untuk sehari-hari, acara kasual hingga formal merupakan pilihan yang tepat. Selain penampilan akan tampak lebih modis, kalung juga bisa membantu menyorot fitur tubuh bagian atas, yakni leher dan wajah.

Sebab itulah, kalung menjadi salah satu hadiah paling populer khususnya untuk pasangan. Setiap tahun pun perhiasan jenis ini menjadi tren. Meski tentunya banyak desain yang datang dan pergi.

Kendati demikian, masih banyak yang salah memahami tentang necklace atau kalung dengan pendant atau liontin. Tidak sedikit pula yang mengira bahwa kalung selalu memiliki pendant. Apakh hal tersebut benar adanya? Ini ulasan selengkapnya.

SKYLER TWO WAYS DIAMOND NECKLACE

SKYLER TWO WAYS DIAMOND NECKLACE

Necklace

Lihat Harga
CORA DIAMOND NECKLACE

CORA DIAMOND NECKLACE

Necklace

Lihat Harga
FLARE DIAMOND NECKLACE

FLARE DIAMOND NECKLACE

Necklace

Lihat Harga

Necklace Artinya

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Kalung atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan necklace adalah perhiasan yang dikenakan pada bagian leher. Seperti perhiasan pada umumnya, kalung pada umumnya terbuat dari logam mulia seperti emas atau pun perak. Namun tidak sedikit pula kalung yang terbuat dari bahan lain seperti kayu, tulang atau pun biji-bijian.

Pendant Adalah

fifthbloom Graceful Heart Diamond Pendant koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Liontin atau yang juga dikenal dengan istilah pendant adalah sepotong perhiasan yang digantungkan pada kalung. Bentuk liontin pun sangat beragam. Salah satu yang paling populer adalah liontin berbentuk hati yang dipakai bersama kalung rantai. Selain dipadukan dengan kalung, liontin juga bisa dipasang pada gelang atau gelang kaki.

fifthbloom

Berbagai Tipe Kalung

Kalung adalah perhiasan yang sebagian besar terdiri dari rantai logam emas atau perak. Kalung memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa di antaranya sangat sederhana, sementara yang lain dihias dengan berlian.

Setiap jenis atau pun tipe kalung memiliki keanggunan dan pesona tersendiri. Ini menjadikannya aksesori yang sempurna untuk pakaian apa pun. Sifatnya yang sederhana menjadikannya fitur yang menarik perhatian.

1. Jenis Kalung Rantai atau Chain Necklace

fifthbloom Azalea Diamond and Sapphire Necklace koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Kalung rantai atau chain necklace artinya jenis kalung yang terdiri dari untaian mata rantai yang biasanya terbuat dari logam mulia seperti emas atau pun perak. Kalung rantau memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Ada single piece yang tampilannya lebih sederhana. Ada juga rantai yang dipadukan dengan satu atau beberapa liontin. Dan ada kalung rantai yang menonjolkan beberapa rantai, yang menciptakan berbagai pola.

LUNA RIBBON DIAMOND PENDANT

LUNA RIBBON DIAMOND PENDANT

Pendant

Lihat Harga
DIAMOND CIRCLE WITH HALO ACCENT DROP PENDANT

DIAMOND CIRCLE WITH HALO ACCENT DROP PENDANT

Pendant

Lihat Harga
CLOVER DIAMOND PENDANT

CLOVER DIAMOND PENDANT

Pendant

Lihat Harga

2. Kalung Choker

fifthbloom

Contoh kalung choker. Sumber foto: Stylebistro

Kalung choker tidak seperti jenis kalung lainnya. Kalung ini dirancang untuk ‘duduk’ di atas tulang selangka, dan terpasang di sepanjang pangkal leher. Beberapa choker menyisakan sedikit ruang untuk bernapas, sementara yang lain melingkari leher dengan kuat. Desain choker ini disukai karena menonjolkan bahu dan leher siapa pun yang memakainya.

3. Kalung Berlian Klasik

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Salah satu jenis kalung yang populer adalah kalung berlian klasik. Kalung ini dihiasi berlian di sepanjang rangkanya. Jenis kalung ini memberikan kesan yang glamor dan cocok dipakai untuk acara-acara formal.

Kalung jenis ini pada umumnya tidak dihiasi pendant. Berlian di sepanjang kalung sudah membuat kalung sangat berkilau, glamor dan mewah. Namun tidak sedikit pula kalung berlian klasik yang memiliki detail liontin yang langsung terhubung dengan badan kalung. Bukan model liontin yang bisa dilepas dari rantai kalung.

Jenis-jenis Liontin

Sama halnya dengan kalung atau pun jenis perhiasan lainnya, pendant juga memiliki berbagai jenis. Pada umumnya satu kalung dipasang dengan satu liontin. Namun menghias satu kalung dengan berbagai liontin sah-sah saja. Bahkan akan membuat penampilan lebih chic dan one of a kind.

Kalian pun bisa memadukan kalung dengan berbagai bentuk liontin atau pun charm yang cantik. Tentukan dengan style yang kalian suka.

1. Diamond Pendant

fifthbloom Moon Star Diamond Pendant Koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Diamond pendant adalah liontin yang dihiasi dengan berlian. Ini merupakan salah satu jenis liontin yang paling disukai. Jenis perhiasan ini juga kerap dipadukan dengan kalung ranta emas.

Liontin berlian memiliki banyak jenis mulai dari solitaire, side stone hingga halo. Kalian pun bisa memilih berbagai bentuk berlian untuk liontinmu, seperti berlian bundar, cushion hingga emerald.

Cek Harga Berlian Hari Ini

2. Liontin Safir

fifthbloom Rinoa Diamond Necklace koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Selain berlian, safir merupakan salah satu jenis permata paling populer untuk perhiasan. Bahkan batu yang memiliki skala kekerasan 9 Mohs ini juga masuk menjadi Big 4 permata paling disukai, bersama dengan berlian, ruby dan zamrud. Tak heran jika banyak orang yang mencari liontin batu safir.

Memang ketika berbicara tentang safir, tidak sedikit yang langsung berpikir tentang batu permata warna biru yang menawan. Tapi tahu nggak sih, kalau baru safir memiliki berbagai varian warna layaknya pelangi. Mulai dari hijau, kuning, ungu hingga pink. Safir-safir yang berwarna selain biru ini disebut dengan fancy colour sapphire.

Tak hanya itu, liontin safir juga tampak makin menawan ketika disandingkan dengan permata lain seperti berlian. Misalnya saja safir warna biru sebagai batu utama dan dua berlian putih mendampingi di sisi kanan dan kiri.

fifthbloom

3. Liontin Inisial

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Selain liontin berlian dan permata lain, liontin inisial juga sangat disukai. Fifth Bloom memiliki koleksi liontin inisial yang lengkap. Kalian bisa memilih liontin inisialmu atau pasangan.

fifthbloom

4. Liontin Engrave

fifthbloom Daryl’s Love Letter Diamond Necklace koleksi Fifth Bloom (klik foto untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Ingin memberikan sentuhan personal pada perhiasanmu? Liontin engrave menjadi pilihan yang tepat. Kalian bisa menuliskan pesan personal pada liontinmu.

fifthbloom
  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.