;
close

Apa itu Cincin Buat Lamaran?

Fifth Bloom Apr 27, 2022

Sumber foto: Fifth Bloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Lamaran, tunangan dan pernikahan menjadi tiga momen besar dalam kehidupan seseorang. Momen-momen berharga tersebut bermakna adanya lembaran-lembaran baru yang membawa kebahagiaan serta tantangan baru. Momen lamaran, tunangan dan pernikahan pada umumnya ditandai dengan perhiasan seperti cincin.

Tak jarang, orang-orang masih merasa bingung dengan perbedaan cincin untuk lamaran dan tunangan. Kedua prosesi tersebut memang memiliki tujuan yang sama. Namun ada perbedaan mendasar mengenai dua hal itu.

Apa itu Lamaran?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cincin yang menandai dua momen penting itu. Lebih baik kita mengenal terlebih dahulu mengenai makna lamaran.

Lamaran atau yang juga dikenal dengan istilah propose merupakan momen di mana seorang pasangan meminta kekasihnya untuk menikah dan berbagi suka duka seumur hidup. Pada umumnya, momen ini mengandung kejutan.

Pasangan yang telah berencana untuk melamar akan menyiapkan berbagai skenario menarik nan romantis untuk melamar kekasihnya. Pada intinya, mereka akan membuat kekasihnya merasa menjadi orang paling beruntung sedunia.

Baca juga : Siap Menikah? Ini 7 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Melamar Kekasih

Salah satu aspek yang tak boleh dilupakan pada momen ini adalah cincin. Ya, pasangan biasanya akan memberikan cincin saat lamaran sebagai tanda dari komitmen untuk membawa hubungan ke jenjang serius pernikahan.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Lalu Apa itu Tunangan?

Banyak yang berasumsi bahwa tunangan dan lamaran merupakan hal yang sama. Asumsi tersebut kurang benar adanya.

Lamaran dan tunangan memang memiliki tujuan yang sama, yakni menandai bahwa pasangan tersebut siap untuk menikah. Namun tunangan sedikit berbeda dengan lamaran.

Jika lamaran biasanya hanya melibatkan pasangan yang bersangkutan, pertunangan tak hanya melibatkan calon mempelai. Melainkan juga keluarga kedua belah pihak.

Pertunangan hanya bisa terjadi jika keduanya sepakat untuk menikah, atau lamaran telah diterima. Biasanya pertunangan digelar di rumah salah satu calon mempelai. Pada momen ini, akan digelar berbagai prosesi. Mulai dari acara adat, tukar cincin, hingga penentuan tanggal pernikahan.

Rosetta Aetting Diamond Engagement Ring

Rosetta Aetting Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Twisted Rose Diamond Engagement Ring

Twisted Rose Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Flore Cathedral Diamond Engagement Ring

Flore Cathedral Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Lamaran

Lantas apakah kedua prosesi tersebut membutuhkan cincin yang berbeda? Sebenarnya hal ini tergantung dengan preferensi setiap pasangan. Namun secara harafiah, cincin pertunangan dan cincin lamaran itu berbeda.

Cincin yang diberikan saat lamaran biasanya mengandung unsur kejutan. Sehingga pasangan yang hendak dilamar tak mengetahui mengenai hal ini.

Baca juga : Berapa Harga Berlian 5 Karat? Berikut Daftar Lengkapnya

Meski begitu, ada pula cincin yang diberikan saat prosesi pertunangan. Biasanya cincin ini menjadi salah satu barang yang diberikan bersama seserahan.

Tak melulu cincin, kalian juga bisa memberikan jenis perhiasan lain bersama seserahan. Mulai dari gelang, anting, hingga kalung berlian.

Rekomendasi Cincin Lamaran

Cincin yang diberikan pada momen lamaran, biasanya memiliki desain yang elegan dan menonjolkan keindahan batu mulia seperti berlian yang menghiasinya. Tak heran, jika cincin solitaire masih menjadi primadona untuk mendandai momen lamaran.

Dari survei yang dilakukan oleh The Knot pada 7.000 wanita yang sudah bertunangan, 25% di antaranya mendapatkan cincin model solitaire. Cincin solitaire memang model klasik yang keindahannya tak lekang oleh waktu.

fifthbloom Classic 6 Prong Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Cincin solitaire 6 prong adalah model solitaire yang paling populer. Berlian tunggal yang menghiasi cincin ditahan dengan enam buah prong seperti cakar yang kuat. Pengaman ini akan membuat berlian tampak jelas dan memantulkan cahaya dengan maksimal.

fifthbloom Petite Single Row Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Cincin model single row juga bisa menjadi pilihan tepat untuk lamaran. Terlebih jika kekasihmu adalah orang yang menyukai perhiasan dengan jumlah berlian lebih banyak.

Baca juga : Apa itu Cincin Solitaire? Ini Gambar dan Model Cincin yang Populer Sepanjang Masa

Petite Single Row Engagement Ring koleksi Fifth Bloom dihiasi dengan sebuah berlian putih berukuran cukup besar di bagian tengah. Sementara ada 11 berlian lain yang menghiasi bagian rangka cincin. Semua berlian tersebut memilik total carat minimal 0,276 ctw. Kalian juga bisa memilih material favorit seperti emas kuning, emas putih dan rose gold. 

Rekomendasi Cincin untuk Prosesi Pertunangan

Memilih cincin untuk pertunangan juga juga dibutuhkan ketelitian. Sebab cincin ini menjadi simbol permohonan tegas di depan keluarga untuk menikahi kekasihmu. Kalian bisa memberikannya sebagai bagian dari seserahan.

Baca juga : Umumnya Dipakai di Jari Manis, Apa Makna Cincin Tunangan di Jari Tengah?

Nah bagi kalian yang masih bingung memilih cincin tunangan atau pun lamaran, bisa langsung melihat berbagai koleksi cincin berlian Fifth Bloom. Kami memiliki sederet model yang tepat mulai dari solitaire, halo, single row dan side stone. 

Kalian juga bisa langsung menghubungi customer service kami untuk mengkonsultasikan kebutuhan perhiasan berlianmu. Kalian juga bisa mencoba memilih model cincin tunangan favorit yang disesuaikan dengan budget yang kalian siapkan. Langsung coba wizard yang kami miliki.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.