;
close

Apa Perbedaan Berlian dan Batu Moissanite?

Fifth Bloom May 01, 2022

Sumber foto: GIA

Sumber foto: GIA

Hingga saat ini, berlian masih menjadi primadona di industri perhiasan. Tak mengherankan jika permintaan akan perhiasan berlian pun kian meningkat. Tingginya permintaan tersebut itulah yang membuat beberapa oknum memanfaatkannya dengan menjual batu lain sebagai berlian, seperti moissanite. Keduanya memang terlihat hampir sama, namun ada begitu banyak perbedaan antara berlian dan moissanite.

Mulai dari bahan dasar pembentukan, waktu hingga kekuatan antara moissanite dan berlian berbeda. Keduanya pun memiliki kilau yang berbeda.

Namun, beberapa oknum memanfaatkan kemiripan berlian dan moissanite untuk mencari keuntungan. Sebab, moissanite memang tidak selangka berlian. Sehingga harga jualnya pun cenderung lebih murah.

Bagi calon pembeli, sebaiknya lebih waspada ketika mendapat penawaranj berlian dengan harga jauh lebih rendah dari standar. Sebab bisa saja, yang kalian beli bukanlah berlian tetapi moissanite.

Agar terhindar dari kejadian semacam itu, akan lebih baik jika calon pembeli mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara moissanite dan berlian. Berikut ulasannya.

1. Bahan Pembuatan

Berlian terbuat dari karbon murni di kedalaman sekitar 150-200km di bawah permukaan bumi. Tepatnya di mantel bumi yang merupakan pemisah antara bagian permukaan yang ramah untuk ditinggali dengan bagian cair di dalam bumi.

Dibutuhkan waktu 1-3,5 miliar tahun untuk membuat berlian. Tak hanya itu, batu mulia ini terbentuk di lingkungan yang melalui suhu begitu tinggi yakni 900 hingga 1.300 derajat celcius. Tekanannya pun tak main-main, yakni sekitar 45 hingga 60 kilobars atau 50.000 kali lebih besar dari tekanan yang ada pada permukaan bumi.

Sementara itu, moissanite terbuat dari mineral yang disibut silicon karbida. Moissanite alami pertama kali ditemukan oleh ilmuwan Perancis, Henri Moissan dari reruntuhan meteor pada tahun 1893.

Mineral alami silicon karbida sangatlah langka. Sebab itulah moissanite yang kini digunakan sebagai perhiasan biasanya dibuat di laboratorium.

2. Kekuatan

Dari segi kekuatan, berlian dan moissanite pun berbeda. Seperti diketahui, berlian merupakan batu terkuat di dunia yang memiliki kekuatan 10 Mohs. Sementara moissanite hanya memiliki kekuatan 9,25-9,5 Mohs.

Baca juga : Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Lamaran dan Tunangan, Serta Sejarah dan Mitos di Baliknya

Meski berlian dan moissanite memiliki indeks kekerasan batu yang berbeda, namun beberapa alat diamond-tester di toko emas tidak dapat membedakan keduanya. Sebab itulah, hal ini sering dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menipu pembeli dan menjual moissanite sebagai berlian. Mereka pun berdalih bahwa moissanite merupakan berlian asli yang memiliki harga jauh lebih rendah.

Luscious Diamond Bracelet

Luscious Diamond Bracelet

Gelang

Lihat Harga
Coraline Diamond Bracelet

Coraline Diamond Bracelet

Gelang

Lihat Harga
Elysian Diamond Bracelet

Elysian Diamond Bracelet

Gelang

Lihat Harga

3. Perbedaan Harga Berlian dan Moissanite

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara berlian dan moissanite adalah dari segi harga. Moissanite jauh lebih murah. Pada umumnya moissanite dibanderol dengan harga 10% saja dari harga berlian dengan ukuran yang sama.

Sehingga ketika kalian mendapatkan penawaran harga ‘berlian’ yang begitu miring, hal ini perlu dipertanyakan keasliannya.

Scalloped Pave Diamond Wedding Ring

Scalloped Pave Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Anniversary Diamond Wedding Ring

Anniversary Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Channel Set Diamond Wedding Ring

Channel Set Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

4. Perbedaan Kilau Berlian dan Moissanite

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Perbedaan lain antara berlian dan moissanite terlihat dari kilaunya. Moissanite memkiliki kilau yang berbeda dari berlian alami.

“Moissanite memiliki bias ganda, batu ini juga dipotong secara berbeda dari berlian untuk meningkatkan kilaunya,” kata ahli perhiasan dan batu mulia Don O’Connell, seperti dilansir dari Brides. 

Moissanite memantulkan cahaya warna-warni. Pantulan tersebut bisa terlihat dengan memutar batu itu di bawah cahaya. Moissanite juga tak memantulkan cahaya putih atau pun abu-abu seperti berlian.

Berlian asli juga memiliki kilau pelangi yang berbeda dari batu-batu lain. Kilau ini hanya bisa dilihat oleh ahli gemologi profesional saja.

Baca juga : Mengapa Berlian Merah Menjadi Batu Termahal? Ini Ulasan Selengkapnya

Tak sedikit orang yang tertipu dan mengira moissanite sebagai berlian saat melihat kilaunya. Oleh sebab itu, jika kalian memiliki berlian dan memantulkan cahaya pelangi, usahakan untuk melakukan pengecekan bersama ahli. Kalian juga bisa datang ke Fifth Bloom yang memiliki alat lengkap untuk mengecek berlian kalian asli atau palsu. Klik di sini untuk menghubungi customer service.

Cek Harga Berlian Hari Ini

5. Pentingnya Berlian Bersertifikat

Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan seperti membeli berlian palsu, akan lebih baik jika kalian membeli berlian yang bersertifikat. Salah satu lab pihak ke tiga yang menerbitkan sertifikat berlian adalah The Gemological Institute of America (GIA).

Sertifikat berlian merupakan aspek penting dan krusial untuk menjaga transparansi, menjamin kualitas dan harga berlian yang dibeli. Tak hanya itu, berlian yang memiliki sertifikat lebih aman, karena telah diverifikasi oleh ahli berlian yang profesional.

Jika kita membeli berlian tanpa sertifikat, mungkin saja kita membayar lebih mahal 20-50%. Dengan adanya sertifikat, kita bisa mengetahui dengan pasti spesifikasi dan kualitas dari berlian apakah sudah sesuai dengan harga yang kita bayarkan.

Sayangnya, hingga saat ini masih beredar anggapan bahwa berlian bersertifikat memiliki harga jauh lebih tinggi. Anggapan tersebut tak benar adanya. Sebab untuk mendapatkan sertifikat dari lembaga terpercaya GIA, kalian hanya perlu merogoh kocek rata-rata Rp 300.000.

Tak hanya itu, 80% dari berlian yang beredar di seluruh dunia telah mendapat sertifikat setelah keluar dari pabrik pemotongan. Lokasi pabrik dan organisasi sertifikasi juga begitu dekat satu sama lain. Sehingga sudah menjadi keharusan bahwa mayoritas berlian setelah dipotong langsung disertifikasi.

Baca juga : Mengenal Makna Unik di Balik 12 Batu Kelahiran Warna-warni

Yang lebih mengkhawatirkan, ada beberapa penjual perhiasan yang menjual ‘berlian bersertifikat’ namun memilih perusahaan sertikasi yang tidak kredibel atau low certificate company. Sehingga akan lebih aman jika kalian membeli berlian yang memiliki sertifikat terjamin seperti dari GIA misalnya.

Nah, jika kalian ingin membeli berlian bersertifikat GIA, segera cek koleksi Fifth Bloom. Kami menyediakan berbagai pilihan berlian bersertifikat GIA dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Berlian-berlian yang ditawarkan oleh Fifth Bloom tak hanya memiliki kualitas terbaik, tetapi juga ramah di kantong. Kalian bisa menyesuaikan kebutuhan berlian dengan budget yang telah kalian tentukan.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.