;
close

Apa Sih Perbedaan Emas Tua dan Emas Muda? Yuk Pelajari Kadarnya

Fifth Bloom Mar 25, 2022

Koleksi perhiasan Fifth Bloom

Koleksi perhiasan Fifth Bloom. Sumber foto: Fifth Bloom

PIlih perhiasan emas tua atau emas muda? Perhiasan memang menjadi salah satu pilihan favorit untuk menyatakan rasa cinta dan kasih kepada orang tersayang. Entah itu untuk kado ulang tahun, perayaan hari spesial hingga sebagai simbol ikatan pertunangan dan perkawinan yang sakral. Tentunya kalian pasti ingin memberikan yang terbaik.

Sebab itulah, adalah sebuah keharusan untuk mengetahui beberapa aspek penting sebelum membeli perhiasan, khususnya yang terbuat dari emas. Yang pertama, kalian harus tahu tentang perbedaan emas tua dan emas muda.

Kadar pada Emas

Ya, kandungan atau kadar emas di pasaran Indonesia dikenal dengan sebutan emas tua dan emas muda. Kadar emas sendiri merupakan jumlah kandungan emas murni pada perhiasan. Sebab biasanya perhiasan emas sudah dicampur dengan bahan-bahan lain.

Kadar emas dinyatakan dalam istilah karat, seperti 9 karat (9K), 14 karat (14K), 18 karat (18K) hingga 24 karat (24K). Kadar emas juga dinyatakan dalam persen (%). Semakin tingga kandungan emas, tentunya makin tinggi harga jualnya. Selain itu kadar emas juga dinyatakan dalam istilah persentase, seperti emas 375, emas 700, dan emas 750 yang berarti : emas 375 = kadar emas 37,5%; emas 700 = kadar emas 70%; emas 750 = kadar emas 75%.

Definisi Emas Tua

Emas 24K merupakan kadar emas tertinggi. Tingkat kemurnian emas ini adalah 99% dan biasa disebut logam mulia (LM) / emas batangan antam, dsb. Lantas apakah perhiasan dengan kandungan emas tinggi seperti 24 karat lebih berkualitas?

Selama ini anggapan di masyarakat memang semakin tinggi kadar emas semakin bagus pula perhiasan tersebut. Namun perlu diketahui bahwa semakin tinggi kadar kemurniannya, maka emas tersebut semakin lunak pula. Sebab itulah, perhiasan akan lebih mudah tergores atau pun berubah bentuk apabila terkena benturan.

Baca juga : Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Perhiasan untuk Anak-anak dan Bayi

Apalagi jika perhiasan emas tersebut dihiasi dengan elemen-elemen lain seperti berlian atau pun batu permata lainnya. Maka risiko permata atau berlian tersebut terlepas juga akan meningkat. Sebab itulah, sebaiknya perhiasan emas dicampur dengan logam lain agar menjadi lebih kuat, tidak mudah tergores dan tahan lama.

Kadar Emas Tua

Emas disebut sebagai emas tua tak hanya jika memiliki kadar 24 karat. Emas 18 karat ke atas pun pun juga disebut sebagai emas tua.

Seperti diketahui emas murni (100%) mengandung 24 karat. Sehingga ketika kalian melihat perhiasan emas dengan kadar 22 karat, berarti memiliki tingkat kemurnian hampir 92%. Cara hitungnya pun mudah, 22/24 x100%.

Perhiasan yang memiliki tingkat kemurnian emas 92%, maka sisanya sebanyak kurang lebih 8% adalah campuran logam lain seperti perak, tembaga dan lain-lain. Campuran tersebut salah satu fungsinya adalah untuk memperkuat perhiasan tersebut.

Cek harga perhiasan emas tua (18K) :

Persentase Kadar Emas Terbaik

Itulah mengapa para ahli perhiasan menilai kadar emas terbaik yang pada umumnya digunakan untuk perhiasan adalah 75% atau 18K. Pada kadar ini, campuran lain yang sejumlah 25% diyakini cukup membuat perhiasan lebih kuat, sehingga lebih tahan banting dan tak mudah berubah bentuk.

Tak hanya itu, emas 18K juga memiliki nilai yang cukup tinggi. Sehingga perhiasan dengan kadar emas 75% menjadi pilihan favorit di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Biasanya orang-orang yang mencari cincin kawin atau cincin tunangan akan memilih perhiasan emas 18K.

Emas 18K juga jadi pilihan populer untuk perhiasan yang dihiasi berlian atau batu-batu berharga lainnya. Industri perhiasan di Asia pun mayoritas memproduksi perhiasan emas dengan kadar ini.

Baca juga : 5 Tren Perhiasan Tahun 2022 yang Bikin Penampilanmu Makin Bersinar

Kendati demikian, di negara seperti Amerika Serikat, Australia dan negara-negara Eropa, perhiasan 14K lebih populer. Penduduknya lebih menyukai perhiasan emas 14K karena memiliki struktur yang lebih kuat dan tahan benturan.

Definisi Emas Muda

Emas muda sering diasosiasikan dengan emas 37,5 % atau 9 karat. Perhiasan dengan kadar emas ini, kandungan bahan campurannya lebih tinggi daripada kandungan emasnya.

Tentunya kadar emas pada perhiasan emas muda jauh lebih rendah daripada emas tua. Sebab itulah, harganya pun akan lebih murah.

Cek harga perhiasan emas muda (9K) :

Istilah-istilah Kadar Emas

Istilah emas tua dan emas muda sering ditemukan di pasaran Indonesia. Namun terkadang istilah ini terlalu luas dan sulit untuk menentukan spesifikasinya. Agar lebih mudah, kalian bisa melihat tetapan untuk menentukan karat berdasar SNI (Standar Nasional Indonesia):

Karat

Kandungan Emas

24K

99,00 – 99,99%

23K

94,80 – 98,89%

22K

90,60 – 94,79%

21K

86,50 – 90,59%

20K

82,30 – 86,49%

19K

78,20 – 82,29%

18K

75,40 – 78,19%

dst

Tak hanya itu, toko-toko perhiasan juga kerap menggunakan istilah ‘kadar emas 750’ ‘kadar emas 700’ atau pun ‘kadar emas 375’. Apakah makna dari istilah ini?

fifthbloom

Cap perhiasan menunjukkan kadar emas. Sumber foto: Fifth Bloom

Sebenarnya istilah ini tak jauh berbeda dengan istilah persentase sebelumnya. Kadar 999 setara dengan 24 karat. Biasanya angka ini digunakan sebagai cap pada perhiasan.

  • Kadar 750 (75% kadar emas) sama dengan emas 18K

  • Kadar 700 (70% kadar emas) sama dengan 17K

  • Kadar 585 (58,5% kadar emas) sama dengan 14,04K

  • Kadar 420 (42% kadar emas) sama dengan 10K

  • Kadar 375 (37,5% kadar emas) sama dengan 9K

Jadi Harus Pilih Perhiasan Emas Tua atau Emas Muda?

Setelah mengetahui kadar emas tua dan muda, kini kalian pasti lebih berhati-hati sebelum membeli perhiasan. Apalagi biasanya ada toko-toko emas yang menawarkan perhiasan emas 22K dengan harga lebih murah.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, emas dengan kadar 22K= 91,7%. Namun beberapa toko emas ada yang mencantumkan 22K= 70-75%, pantas saja harganya akan jauh lebih murah.

Pada intinya jangan sampai lupa bahwa emas tua dan emas muda memiliki perbedaan pada kadar emas. Kadar campuran pada emas muda jauh lebih banyak dibanding emas tua. Sebab itulah, harga emas tua juga lebih mahal.

Baca juga : Menebak Kepribadian Seseorang Lewat Perhiasan Favoritnya. Cocok Nggak Nih?

Jika ingin membeli perhiasan, pastinya sesuaikan dengan budget yang kalian sediakan. Jika masih bingung, Fifth Bloom menyediakan koleksi perhiasan emas tua (18K) dan emas muda (9K) yang lengkap.

Fifth Bloom juga berkomitmen untuk menjual perhiasan dengan kadar emas yang tepat dan akurat. Jika kalian melihat di website tertulis kadar emas 18K, maka perhiasan tersebut dipastikan memiliki kandungan emas 75%, klik disini untuk melihat koleksi perhiasan emas tua. Namun jika kalian lebih menyukai emas yang lebih tahan benturan dan ekonomis, Fifth Bloom juga menyediakan koleksi emas muda 9K. Klik di sini untuk melihat koleksi perhiasan emas muda 9K bertabur berlian koleksi Fifth Bloom.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.