;
close

Berapa Budget yang Harus Dikeluarkan untuk Cincin Tunangan? Haruskah Tiga Kali Gaji?

Fifth Bloom Feb 04, 2023

Berapa Budget yang Harus Dikeluarkan untuk Cincin Tunangan? Haruskah Tiga Kali Gaji?

Sumber foto: The Glorious Studio/Pexels

Bukan rahasia lagi jika pernikahan identik dengan sederet tradisi klasik yang telah ada selama berabad-abad. Misalnya saja memakai cincin kawin dan tunangan di jari manis, hingga adanya berbagai pantangan sebelum pernikahan. Salah satu aturan pra nikah paling terkenal adalah perihal budget cincin tunangan.

Pasti kalian sudah tak asing aturan ‘gaji tiga bulan’ atau ‘gaji dua bulan’ yang mengacu pada harga cincin untuk melamar. Hal ini seakan menyiratkan bahwa pembeli harus menyisihkan gaji dua atau tiga bulan mereka sebagai budget cincin tunangan.

Lalu apakah ada jumlah tertentu yang harus dipenuhi perihal harga cincin engagement atau pun budget cincin kawin? Ataukah aturan kuno "budget gaji tiga bulan untuk cincin tunangan" masih berlaku sampai sekarang? Berapa bulan gaji yang harus dedikasikan untuk membeli cincin pertunangan?

CLASSIC 6 PRONG DIAMOND ENGAGEMENT RING

CLASSIC 6 PRONG DIAMOND ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga
ENTHRALLING TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING

ENTHRALLING TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga
CLASSIC TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING

CLASSIC TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga

Sejarah Aturan Budget Cincin Tunangan

fifthbloom

Sumber foto: Pexels

Sebelum kita membahas detail tentang budget cincin tunangan, ada baiknya untuk mengetahui dari mana asal aturan ‘gaji tiga bulan’. Aturan ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1930-an.

Saat itu industri berlian sedang berjuang untuk menjual produk karena tekanan keuangan yang dihadapi warga Amerika Serikat. Kala itu, cincin berlian bukanlah perhiasan yang umum diberikan untuk menandai pertunangan. Memang beberapa orang sudah memilih cincin berlian atau permata untuk tunangan, namun masih terbatas pada kalangan atas saja.

Setelah itu pun muncul kampanye besar-besaran untuk cincin tunangan berlian. Saat itu, cincin tunangan sebagai simbol cinta sejati pun terus menerus digaungkan. Selain itu ada kampanye yang mengatakan bahwa pembeli harus membayar satu bulan gaji mereka untuk mendapatkan cincin tunangan.

Menurut American Gem Society, kampanye ini meningkatkan penjualan berlian sebesar 50%. Pada akhir abad ke-20, sekitar 80% cincin pertunangan termasuk berlian. Kampanye pemasaran ini berlangsung selama bertahun-tahun, dan pada 1980-an jumlahnya dinaikkan menjadi dua bulan, yang akhirnya berubah menjadi tiga bulan gaji.

Setelah itu pun, semakin banyak orang yang percaya dan ‘mematuhi’ aturan tiga bulan gaji sebagai budget cincin tunangan ini. Namun apakah aturan ini masih berlaku dan harus dipatuhi?

fifthbloom

Berapa Bulan Gaji yang Harus Digunakan untuk Membeli Cincin Tunangan?

Jika kalian tidak yakin berapa banyak budget yang harus digunakan untuk membeli cincin impian pasangan, aturan gaji tiga bulan bisa kalian gunakan sebagai pedoman umum. Tapi tentunya hal ini tidak harus dipatuhi secara harfiah.

Karena memang budget cincin tunangan harus disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan masing-masing pasangan. Jangan terlalu memaksakan untuk menaati aturan gaji tiga bulan.

Jika kalian ingin membeli cincin tunangan dengan harga satu bulan gaji, tak ada salahnya. Di sisi lain, sah –sah saja jika kalian ingin membeli cincin tunangan dengan harga empat atau lima bulan gaji. Sesuaikan dengan preferensi dan kemampuan pribadi.

Cincin pertunangan adalah perhiasan yang akan kalian (atau pasangan) pakai setiap hari dalam jangka waktu yang lama, sehingga penting adanya untuk bijak dalam memilihnya. Sama halnya dengan menentukan budget cincin nikah yang juga akan dipakai seumur hidup.

Namun jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget yang realistis. Harga cincin untuk melamar bersifat pribadi. Sesuaikan dengan gaya hidup dan kemampuanmu.

Jangan membeli cincin tunangan di luar tingkat kenyamanan, karena itu bisa mendatangkan masalah di kemudian hari. Sebab masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi untuk menikah.

CLASSIC THREE STONE DIAMOND ENGAGEMENT

CLASSIC THREE STONE DIAMOND ENGAGEMENT

Cincin

Lihat Harga
LA FLEUR DIAMOND ENGAGEMENT RING

LA FLEUR DIAMOND ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga
TWIN BUTTERFLY ENGAGEMENT RING

TWIN BUTTERFLY ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga

Faktor yang Menentukan Harga Cincin Tunangan

Ada beberapa faktor yang berpengaruh besar terhadap harga cincin tunangan. Mulai dari kualitas berlian, desain, hingga material rangka cincin.

1. Kualitas Berlian

Sebelum menentukan budget cincin tunangan, ketahuilah bahwa kualitas berlian adalah faktor terbesar yang menentukan harga cincin untuk lamaran. Kualitas berlian ditentukan oleh banyak aspek, di antaranya adalah cut, carat, clarity dan colour atau yang sering disebut sebagai 4C.

fifthbloom

2. Kadar Emas

Banyak sekali jenis logam yang bisa dipilih untuk rangka cincin tunangan, namun yang paling populer adalah emas. Sehingga harga cincin tunangan ini juga ditentukan oleh berapa kadar emas rangka.

Emas 18 karat adalah pilihan terbaik dan paling populer di pasar Indonesia dan Asia. Sementara negara barat seperti Amerika Serikat dan banyak negara di Eropa lebih memilih emas 14 karat. Tidak sedikit pula yang memilih cincin tunangan emas 9 karat atau yang juga dikenal dengan emas muda di pasar Indonesia.

Tentunya setiap kadar emas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pelajari tentang kadar emas di bawah ini.

fifthbloom

3. Desain Cincin

Desain juga mempengaruhi harga cincin tunangan. Semakin rumit desain cincin tunangan, maka kemungkinan besar semakin tinggi pula harganya.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Cara Mendapatkan Cincin Tunangan dengan Harga Terjangkau

Jika kalian memiliki budget cincin tunangan yang terbatas, maka ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan cincin lamaran yang berkualitas dan cantik.

a. Pilih Berlian Eye Clean

Kebanyakan retail di Indonesia hanya menjual berlian dengan kualitas F-VVS atau berlian dengan tingakatan colour F dan clarity very very slightly included. F masuk dalam kategori colourless yang mana merupakan kategori tertinggi (D E F).

Padahal kalian bisa mendapatkan harga berlian yang lebih murah jika memilih berlian G misalnya, yang masuk dalam kategori near colourless. Menariknya berlian G memiliki penampakan yang sangat mirip dan sulit untuk dibedakan dengan berlian F.

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

Sementara untuk clarity, jangan mengejar berlian dengan clarity terlalu tinggi. Karena sebenarnya clarity atau tingkat cacat berlian hanya bisa dilihat melalui pembesaran 10 kali di bawah alat.

Lebih baik pilihlah berlian eye clean atau berlian yang tampak jernih secara kasat mata. Biasanya cacat ini berada di bagian bawah berlian yang tak terlihat langsung oleh mata. Sehingga berlian tetap terlihat cantik dan jernih.

Check harga berlian berdasarkan clarity di sini :

b. Beli Cincin Tunangan Online

Hingga saat ini, masih banyak orang yang ragu untuk membeli perhiasan termasuk cincin tunangan online. Padahal akan banyak keuntungan yang didapat saat membeli cincin tunangan atau pun beli cincin kawin online. Mengapa?

Karena cincin tunangan di toko online akan memiliki harga lebih murah. Toko online tidak membutuhkan biaya sewa gedung layaknya toko offline. Sehingga harga produk pun cenderung lebih rendah.

Selain itu, toko berlian online seperti Fifth Bloom juga menyediakan ribuan varian berlian yang bisa dipilih. Tidak seperti toko offline yang memiliki koleksi terbatas.

Tentunya kalian juga harus memilih toko berlian online yang terpercaya seperti Fifth Bloom ya. Sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.