;
close

Bisakah sebuah berlian/ diamond menghilang dan lenyap ?

Fifth Bloom Sep 07, 2021

Bisakah sebuah berlian/diamond hilang dan lenyap?

Seperti yang kita tahu, berlian atau diamond merupakan jenis batu terkeras di dunia. Dengan skala 10 Mohs, berlian dinobatkan sebagai batu permata paling keras. Sebab itulah, batu mulia nan cantik ini tak hanya dimanfaatkan sebagai perhiasan tidak hanya dipakai sebagai perhiasan, tetapi juga sebagai alat pemotong. Bahkan berlian juga dipakai sebagai jimat untuk menangkal kejahatan, dan diyakini dapat memberikan perlindungan dalam pertempuran.

Sifat dari berlian yang sangat kuat masih menjadi sebuah misteri para ilmuwan selama bertahun-tahun. Banyak orang tetap berpegang dengan sifat berlian yang ‘tidak bisa dihancurkan’.

Namun pada abad ke-17, diketahui bahwa berlian/diamond dapat dipotong dan dipoles. Hal ini tampak bertentangan dengan gagasan mereka bahwa berlian sebagai jenis batu terkeras dan terkuat yang tidak dapat dihancurkan.

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Ruth Diamond Engagement Ring

Ruth Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Diamond Experiment: Misteri Menghilangnya Berlian

Percobaan membakar berlian/diamond yang dilakukan Akademi Cimento dan Antoine Lavoisier?

Ilustrasi diamond experiment yang dilakukan Akademi Cimento.

Pada tahun 1690, Grand Duke Cosmo meminta Akademi Cimento di Florence melakukan sebuah diamond experiment atau eksperimen untuk menguji berlian. Akademi Cimento sendiri berarti akademi eksperimen, merupakan perhimpunan saintifik yang didirikan pada tahun 1657, didedikasikan untuk melakukan penyelidikan terhadap eksperimen dari teori Galileo.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Eksperimen yang diminta oleh Grand Duke Cosmo tidak lain bertujuan untuk membuktikan apakah berlian/diamond itu bisa lenyap, dengan meletakkannya di titik fokus kaca pembesar yang terkena paparan sinar matahari secara terus menerus. Alhasil penelitian ini berhasil membuat semua orang tercengang, karena berlian/diamond tersebut retak, dan menghilang tanpa jejak sedikitpun. Seperti sebuah sihir, sulap, tipu daya, atau bahkan pencurian, yang pasti berlian itu sudah tidak ada lagi.

Jawaban Misteri Menghilangnya Berlian dalam Diamond Experiment

Hal Ini tetap menjadi misteri kecil selama bertahun-tahun, dan pada akhir abad ke-18 baru ditemukan sebuah penjelasan. Sebanyak dua percobaan dilakukan pada tahun 1770-an untuk menjelaskan kasus tersebut.

Pertama seorang Monsieur Le Blanc, seorang penjual perhiasan Paris, dibujuk untuk memasukkan bingkisan berlian ke dalam crucible (bahan keramik yang masih berbentuk cair dan bersuhu sangat panas). Sebagai penjual perhiasan hal tersebut tidak terlalu menyusahkan baginya, karena dia sering melakukannya selama bisnis. Namun, setelah tiga jam pemanasan di dalam crucible, berlian itu hilang.

Rosetta Setting Diamond Engagement Ring

Rosetta Setting Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Classic Twisted Diamond Engagement Ring

Classic Twisted Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Flore Cathedral Diamond Engagement Ring

Flore Cathedral Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Kemajuan terbesar dilakukan oleh Antoine Lavoisier, bangsawan sekaligus ilmuwan Prancis terkemuka dalam sejarah kimia dan biologi. Dia pencetus istilah zat kimia oksigen, hidrogen, dan memprediksi silikon.

Pada percobaanya, sebuah berlian dikemas dalam bubuk arang, dan ditempatkan dalam mangkuk sebelum akhirnya dipanaskan. Setelah tiga jam pemanasan, berlian/diamond itu masih ada, dengan keadaan masih bagus seperti sebelumnya. Dia bertanya-tanya mengapa satu eksperimen dapat menyebabkan berlian menghilang, dan di eksperimen lain tetap sama?

Lavoisier menyimpulkan bahwa kehadiran oksigen menjadi sebuah pembeda, pasokan oksigen menyebabkan berlian berubah sepenuhnya menjadi karbondioksida! Tes lebih lanjut dilakukan untuk membuktikannya, sebuah berlian itu dibakar dalam toples tertutup.

Lavoisier mencatat berat keseluruhan toples tidak mengalami perubahan ketika dibakar walaupun secara keseluruhan berlian tersebut menghilang. Hal ini dikarenakan berlian telah bereaksi dengan oksigen dan membentuk karbon dioksida.

fifthbloom

Kesimpulan Tentang Berlian/Diamond yang Menghilang

Berlian yang dijuluki sebagai batu terkuat bisa menghilang!! Dibutuhkan sekitar 900 derajat celcius atau dua tingkat panas yang digunakan untuk membakar kayu di udara terbuka. Sederhananya semakin panas dan semakin banyak oksigen yang diberikan, kemungkinan besar berlian akan semakin cepat menghilang.

Selain itu kami tidak menyarankan melakukan percobaan ini dirumah, karena dapat menyebabkan rumah terbakar dan bisa membuat berlian benar-benar lenyap. Oleh karena sifat berlian/diamond yang bisa menghilang jika terbakar, kami menyarankan kamu merawat dan menyimpan perhiasanmu di tempat yang aman.

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

Menariknya…..

Dalam proses pembuatan perhiasan juga memerlukan api untuk membentuk logam pada rangka misalnya cincin berlian/diamond. Oleh sebab itu perhatian khusus diperlukan dalam proses pembuatan perhiasan berlian salah satunya di tempat kami Fifth Bloom.

Untuk merawat berlian sekaligus menjaga perhiasan agar tetap dalam keadaan semula, kami memberikan garansi perawatan perhiasan seumur hidup ketika kamu melakukan pembelian di tempat kami. Kami menyarankan agar proses pembersihan dan inspeksi dilakukan setiap enam bulan sekali.

Proses inspeksi perhiasan terdiri dari pengecekan bagian rangka secara mikro, pengencangan prong (penjepit berlian/diamond), pelapisan rhodium, dan pembersihan. Hubungi kami melalui live chat di pojok kanan bawah halaman situs kami atau hubungi kami melalui Whatsapp di 0821-3995-8855,kami akan dengan senang hati membantumu.

fifthbloom

Baca juga : Bagaimana Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu?Berlian adalah?, dan Berapa Harga Berlian Pergram, Atau Perkarat?

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.