;
close

Ini Syarat-syarat Lamaran dan Nikah yang Wajib Diketahui Calon Pengantin

Fifth Bloom Apr 29, 2022

Sumber foto: Dok. Instagram Margin W.

Sumber foto: Dok. Instagram Margin W.

Setelah menjalin hubungan beberapa lama, saling mengenal dan memahami satu sama lain, kini waktunya untuk membawa hubungan ke jenjang yang lebih serius, yakni pernikahan. Tapi tunggu dulu, ada beberapa prosesi yang menjadi syarat sebelum menikah, salah satunya adalah lamaran.

Lamaran dan tunangan memang memiliki tujuan yang sama. Yakni sebagai simbol komitmen dan keseriusan pasangan untuk naik pelaminan.

Lamaran mengacu pada proses melamar, yakni ketika salah satu pasangan meminta kekasih untuk menikah. Biasanya momen ini hanya melibatkan pasangan kekasih saja. Berbeda dengan tunangan yang juga melibatkan keluarga kedua belah pihak.

Namun tidak semua orang memilih untuk melakukan dua prosesi tersebut secara terpisah. Ada yang memilih untuk menggabungkannya dalam sebuah acara lamaran nikah. Sehingga pada momen tersebut, salah satu pasangan tak hanya menyampaikan maksud untuk menikah di hadapan kekasih. Melainkan juga di hadapan keluarga, diiringi dengan berbagai prosesi lainnya termasuk acara adat tertentu.

Acara lamaran biasanya digelar tiga hingga enam bulan sebelum pasangan nikah. Bukan hanya digunakan untuk menandai komitmen pasangan, acara lamaran nikah biasanya juga dijadikan ajang silaturahmi keluarga dan kerabat dekat.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam acara lamaran nikah. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.

Syarat Lamaran Nikah

1. Cincin Lamaran

fifthbloom Flore Twisted Diamond Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Syarat pertama dan penting dalam acara lamaran nikah adalah cincin. Ya, dalam sebuah acara lamaran, tukar cincin menjadi salah satu prosesi paling penting. Acara ini menjadi simbol keseriusan kedua calon mempelai untuk membawa hubungannya ke jenjang pernikahan.

Cara tukar cincin pun beragam. Pada umumnya, ibunda dari calon mempelai laki-laki akan memasangkan cincin kepada calon mempelai wanita. Ada pula yang memilih opsi lain yakni calon mempelai pria memasangkan cincin secara langsung ke jari manis calon mempelai wanita. Hal ini tentunya tergantung preferensi, kesepakatan dan keinginan kedua belah pihak.

Biasanya cincin yang diberikan merupakan cincin tunangan yang dihiasi dengan berlian. Fifth Bloom memiliki berbagai desain cincin tunangan yang bisa kalian pilih. Mulai dari model solitaire, halo, side stone hingga single row. 

fifthbloom

2. Seserahan

Di acara lamaran nikah, biasanya keluaga calon pengantin pria juga membawa seserahan. Seserahan adalah barang-barang yang diberikan khusus untuk calon mempelai wanita, sebagai tanda akan keseriusan dan tanggung jawab dari calon mempelai pria. Isi seserahan beragam. Mulai dari baju, pakaian dalam, skincare, sepatu, tas hingga perhiasan.

Kalian bisa memberikan satu set perhiasan untuk calon istri. Tentunya pemberian ini tak hanya akan membuat penampilan calon istrimu makin menawan, tetapi juga bisa dijadikan investasi jangka panjang yang menguntungkan.

fifthbloom Halo Medium Set Diamond A (3 items) koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Jika kalian ingin memberikan set perhiasan sebagai seserahan, Halo Medium Set Diamond A bisa jadi pilihan tepat. Set perhiasan emas putih 18K ini terdiri dari sepasang anting, liontin dan cincin berlian model halo yang serasi. Set perhiasan ini cocok dipakai untuk menghadiri berbagai acara mulai dari semi formal hingga formal.

fifthbloom

3. Susunan Acara Lamaran Nikah

Sebelum menyelenggarakan lamaran nikah, alangkah lebih baik jika kalian mengetahui susunan acaranya. Pada umumnya acara ini digelar di rumah calon mempelai wanita. Namun tak ada salahnya jika pasangan ingin menggelarnya di sebuah gedung atau hotel.

Acara diawali dengan penyambutan kedatangan keluarga calon mempelai pria. Biasanya calon mempelai pria datang didampingi tak hanya oleh keluarga inti, tetapi juga kerabat dekat dan sahabat.

Dilanjutkan dengan adanya pembukaan, serta penyampaian maksud dari kedatangan calon mempelai laki-laki. Pada tahap ini, biasanya pihak calon mempelai pria juga menanyakan apakah keluarga calon mempelai wanita bersedia menerima lamaran.

Baca juga : Hindari 6 Kesalahan dalam Memilih Cincin Tunangan Ini

Setelah itu pihak keluarga perempuan akan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Apabila diterima, maka pihak perempuan akan menyambut baik rencana pernikahan kedua calon.

Acara dilanjutkan dengan pemberian seserahan dari pihak mempelai laki-laki kepada perempuan. Setelah itu, prosesi tukar cincin dilakukan.

Penentuan tanggal pernikahan biasanya dilakukan setelah acara tukar cincin. Setelah itu acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan penutupan.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Syarat Pernikahan

Setelah mengetahui mengenai beberapa syarat lamaran nikah, calon mempelai juga harus memahami tentang syarat-syarat pernikahan. Apa saja?

1. Siapkan Dokumen

Melansir dari laman simkah.kemenag.go.id ada sederet dokumen yang harus disiapkan sebagai persyaratan menikah. Mulai dari nomor induk kependudukan (NIK) calon suami dan istri, NIK calon wali, surat pengantar nikah (N1), surat persetujuan mempelai (N3) hingga surat izin orang tua (N5).

Cek harga perhiasan emas tua (18K) :

2. Mahar Pernikahan

Bagi calon pengantin yang beragam Islam, mahar adalah salah satu syarat sah pernikahan. Mahar merupakan pemberian wajib dari mempelai laki-laki untuk mempelai perempuan dan merupakan hak murni dari istri.

Mahar biasanya diberikan saat prosesi akad nikah. Ada makna yang menyentuh di balik diberikannya mahar, yakni sebagai simbol bahwa pengantin pria menghormati dan memuliakan istrinya.

Jumlah mahar biasanya ditentukan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Sebagai informasi, mahar juga disebut sebagai mas kawin karena dahulu banyak yang menggunakan emas sebagai mahar. Namun seiring berkembangnya zaman, bentuk mahar kian beragam.

Mahar yang diberikan oleh pengantin pria untuk pengantin wanita merupakan barang-barang yang bisa dijadikan sebagai alat tukar seperti logam mulia atau pun sejumlah uang. Tak heran, jika perhiasan emas atau berlian pun menjadi pilihan favorit untuk dijadikan mas kawin.

Dual Tone Diamond Wedding Ring

Dual Tone Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Morrigan Diamond Wedding Ring

Morrigan Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
The Square Frame Diamond Wedding Ring

The Square Frame Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

3. Cincin Nikah

fifthbloom

Cincin kawin koleksi Fifth Bloom. Sumber foto: Fifth Bloom

Setelah bertukar janji suci sehidup semati, pengantin pria dan wanita pun saling memakaikan cincin kawin sebagai simbol dari ikatan cinta mereka. Jika cincin tunangan dipakai oleh calon pengantin wanita saja, berbeda dengan cincin kawin. Cincin ini pada umumnya dipakai oleh pengantin pria dan wanita.

Cincin kawin biasanya memiliki model yang lebih sederhana dan minimalis jika dibandingkan dengan cincin tunangan. Jika cincin tunangan berusaha menonjolkan keindahan berlian yang menghiasinya, berbeda dengan cincin kawin.

Cek harga perhiasan emas muda (9K) :

Baca juga : 8 Jenis Setting Cincin Berlian. Mana yang Paling Cocok dengan Gayamu?

Jika cincin kawin dihiasi dengan berlian, maka berlian tersebut umumnya berukuran kecil dan hanya dijadikan pemanis saja. Masih bingung memilih cincin kawin? Kalian bisa melihat koleksi cincin kawin Fifth Bloom.

Kami menyediakan berbagai model cincin kawin yang kekinian. Kalian bisa memilih cincin kawin couple dengan model dan desain yang sama. Namun jika kalian menghendaki cincin kawin dengan model yang berbeda dengan pasanganmu, maka Fifth Bloom juga memberikan berbagai opsi yang tak kalah menarik.

fifthbloom
  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.