;
close

Memahami Urutan Warna Berlian Asli: Haruskah Memilih Tingkatan Warna Tertinggi?

Fifth Bloom Jul 18, 2022

Sumber foto: GIA

Sumber foto: GIA

Warna berlian menjadi salah satu aspek yang menentukan kualitas sebuah berlian. Warna atau colour adalah bagian dari 4C (cut, carat, clarity, colour). Urutan warna berlian khususnya untuk berlian putih memiliki rentang D-Z.

Tentunya semakin tinggi dan putih warna sebuah berlian, maka harganya akan semakin mahal. Hal ini berbanding terbalik dengan berlian fancy colour (selain warna putih). Misalnya saja berlian biru, hijau, kuning, merah muda dan merah. Berlian fancy colour akan lebih mahal ketika memiliki warna yang lebih pekat.

Namun untuk berlian warna putih, kemunculan sedikit warna akan membuat batu mulia ini kurang disukai. Sehingga berlian dengan tingkatan warna rendah akan memiliki harga lebih murah pula. Lantas seperti apa urutan warna berlian putih asli?

Urutan Warna Berlian Putih Asli

fifthbloom

Penampakan urutan warna berlian. Sumber foto: GIA

Urutan warna berlian putih diukur dari rentang D-Z. Rentang warna ini dibagi menjadi lima kategori besar yakni colourless (tidak berwarna), near colourless (nyaris tidak berwarna), faint (sedikit tidak berwarna), very light (cukup berwarna) dan light (terlihat jelas berwarna).

Ketika membeli perhiasan berlian, cincin misalnya, maka kita akan melihat keindahan berlian dari bagian atas. Sementara warna berlian bisa dideteksi dari sisi samping sebuah berlian, dan akan lebih sulit untuk menemukan perbedaan warna berlian jika dilihat dari permukaan atas.

Hal ini memberikan keuntungan tersendiri. Sebab kita pasti lebih banyak melihat berlian dari bagian atas.

Berikut adalah tingkatan atau urutan warna berlian putih asli:

1. Colourless (D-F)

Berlian D-F masuk dalam kategori warna colourless. Warna berlian kategori ini merupakan yang paling langka. Sehingga D-F adalah jenis berlian termahal.

Jika kalian menginginkan cincin yang dihiasi berlian D-F, maka akan jadi pilihan tepat jika memasangnya dengan rangka emas putih atau platinum. Hal ini akan memaksimalkan tampilan dari berlianmu.

Memasang berlian D-F dengan rangka cincin emas kuning, bisa mengurangi efek bening berlian. Memang keduanya akan tetap cantik dan indah, namun berlian D-F akan terlihat mirip dengan berlian G-H saat dipasang pada rangka emas kuning.

Igloo Bezel Diamond Engagement Ring

Igloo Bezel Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Ellery Knife Edge Diamond Engagement Ring

Ellery Knife Edge Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
6 Prong Solitaire Diamond Engagement Ring

6 Prong Solitaire Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

2. Near Colourless (G-J)

Bagi kalian yang memiliki budget terbatas tapi menginginkan berlian dengan warna tak kalah jernih dengan D-F, maka berlian near colourless jawabannya. Berlian G-H lebih banyak ditemukan. Sehingga harga berlian putih asli G-H juga lebih murah.

Selain itu, jenis berlian ini juga sangat mirip dengan berlian colourless. Berlian ini terlihat lebih putih (colourless) jika dilihat orang secara umum, terutama berlian colour G dan H. Apalagi berlian near colourless juga cocok untuk dipasangkan dengan rangka emas warna apa pun.

3. Faint (K-M)

Berlian yang masuk dalam rentang warna faint mungkin akan menunjukkan sedikit warna kekuningan saat dilihat dari posisi menghadap ke atas. Sehingga akan menjadi pilihan bijak jika dipasangkan dengan rangka emas kuning. Rangka emas kuning akan sedikit ‘menutupi’ sedikit warna kekuningan pada berlian.

4. Very Light (N-R)

Pada tingkatan ini, warna kekuningan pada berlian putih terlihat lebih jelas dibandingkan dengan kategori faint. 

5. Light (S-Z)

Ini merupakan kategori warna paling rendah untuk berlian putih. Warna kekuninangannya pun juga terlihat makin jelas meski hanya dilihat dengan mata telanjang.

Fifth Bloom saat ini tidak menyediakan berlian dengan kategori warna faint, very light dan light (K-Z). Namun jika kalian menginginkan berlian dengan kategori tersebut maka, hubungi customer service kami untuk mendapat bantuan.

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

Cara Memilih Berlian Asli dengan Kilau Maksimal

Maksimalkan budget untuk cut dan carat

Tentunya hal ini disesuaikan dengan preferensi pribadi dan budget yang dimiliki. Berlian D-F memang memiliki warna putih yang sangat indah, namun berlian G-H hampir tak memiliki perbedaan dengan D-F. Berlian G-H juga memiliki harga yang lebih murah.

Kalian bisa menghemat budget untuk warna berlian dan memaksimalkan di bagian cut dan carat. Seperti diketahui cut adalah faktor utama yang menentukan kemampuan berlian untuk memantulkan cahaya. Sehingga pastikan untuk memilih berlian excellent cut yang bisa memancarkan brilliance, fire dan kilau maksimal.

Sementara itu carat adalah berat berlian. Dengan menghemat budget warna, kalian bisa mendapatkan berlian yang lebih besar.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Berlian Fluoresensi

Selain 4C, ada faktor lain yang juga penting dan harus diperhatikan saat memilih berlian. Tak lain adalah fluoresensi.

Fluorescence atau fluoresensi merupakan kondisi di mana berlian memancarkan cahaya berwarna ketika diletakkan di bawah sinar ultraviolet (UV) seperti lampu UV atau pun sinar matahari. Pancaran sinar fluorescence ini biasanya berwarna biru. Namun pada kasus langka juga terdapat warna lainnya seperti oranye (jingga), kuning dan putih.

Fluoresensi berlian dikategorikan berdasar intensitasnya, yakni none, faint, medium, strong dan very strong. Sama dengan 4C, fluoresensi juga akan dicantumkan dalam sertifikat berlian yang diterbitkan oleh Gemological Institute of America (GIA).

Meski secara umum, berlian fluorescence kurang disukai, namun hal ini juga menguntungkan berlian dengan tingkat warna rendah khususnya rentang H ke bawah. Warna biru yang terpancar bisa menetralkan warna kuning dan menghasilkan efek putih pada berlian saat terpapar sinar UV. Sehingga berlian akan seolah-olah memiliki satu adau tingkatan warna lebih tinggi.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Fluoresensi Berlian

Berlian I-M dengan rentang fluorescence medium hingga very strong akan dijual sedikit lebih mahal dibanding berlian dengan rentang warna sama dan fluorescence rendah. Namun perlu dicatat, bahwa hal ini tak berlaku untuk berlian dengan tingkatan warna tinggi (D-H).

Bukan tanpa sebab, tingkat fluoresensi tinggi pada berlian D-H bisa saja mempengaruhi kejernihan berlian. Sehingga batu mulia akan tampak lebih keruh.

Namun kasus semacam ini termasuk langka. Masih banyak berlian D, E, atau pun F berfluoresensi, namun berlian-berlian tersebut tetap jernih.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.