;
close

Mengenal Batu Safir Kuning Asli yang Memiliki Keindahan Elegan

Fifth Bloom Jan 30, 2023

Mengenal Batu Safir Kuning Asli yang Memiliki Keindahan Elegan

Sumber foto: Pexels

Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar orang membicarakan tentang batu safir? Pasti sebagian besar dari kalian memikirkan tentang permata biru nan cantik, dan menjadi salah satu jenis batu mulia favorit keluarga kerajaan Inggris. Memang batu safir biru merupakan varian paling populer. Tapi tahu nggak sih, kalau safir memiliki berbagai jenis warna termasuk batu safir kuning?

Ya, batu safir yang terbuat dari mineral corundum ini memiliki berbagai jenis warna. Mulai dari merah muda, hijau, oranye, ungu hingga kuning. Ragam warna ini berasal dari mineral-mineral yang tercampur saat proses pembuatan safir di alam.

Safir kuning memang tidak sepopuler safir biru. Bahkan banyak orang tidak menyadari bahwa safir kuning itu ada.

Secara visual, safir kuning cenderung menyerupai berlian kuning. Kendati demikian, harganya lebih murah. Hal ini membuat safir kuning menjadi pilihan tepat sebagai untuk berlian, jika kalian mencari batu tengah kuning yang elegan dan mengesankan. Nah sebelum membahas lebih jauh tentang batu safir kuning asli, yuk kenalan dengan batu permata yang satu ini.

RAINBOW LARGE SAPPHIRE ANNIVERSARY RING

RAINBOW LARGE SAPPHIRE ANNIVERSARY RING

Cincin

Lihat Harga
AZALEA DIAMOND AND SAPPHIRE RING

AZALEA DIAMOND AND SAPPHIRE RING

Cincin

Lihat Harga
ROSA DIAMOND AND SAPPHIRE RING

ROSA DIAMOND AND SAPPHIRE RING

Cincin

Lihat Harga

Makna di Balik Keindahan Safir Kuning

fifthbloom Saranghaeyo Sapphire Pendant koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Batu safir kuning memiliki rentang warna mulai dari kuning pycat hingga pekat. Batu safir juga merupakan permata dengan tingkat kekerasan yang tinggi, yakni 9 Mohs. Atau satu skala lebih rendah dibandingkan berlian (10 Mohs) yang merupakan batu terkuat di dunia.

Seperti halnya batu permata lainnya, batu safir kuning juga menjadi simbol dari beberapa hal. Salah satunya adalah batu safir kuning dikaitkan dengan kesuksesan dan keberuntungan, menjadikannya sebagai hadiah umum bagi orang yang mencari kemakmuran dan kekayaan materi.

fifthbloom

Bagaimana Batu Safir Kuning Terbentuk?

Safir kuning terbentuk dari mineral corundum. Warna kuning didapat dari campuran mineral besi selama proses pembentukan selama jutaan tahun. Beberapa batu safir kuning memiliki warna kuning keemasan yang kaya, sedangkan yang lain memiliki warna yang lebih terang dan kurang jenuh. Varian safir selain warna biru disebut sebagai fancy sapphire.

Safir kuning ditambang di berbagai negara. Mulai dari Sri Lanka, Amerika Serikat, Australia, Myanmar, Thailand, hingga Madagaskar.

Batu Safir Kuning Vs Berlian Kuning

fifthbloom

Sumber foto: Brides.com

Batu safir kuning memang seringkali dijadikan alternatif pengganti berlian kuning. Namun perlu dicatat bahwa keduanya merupakan permata yang sangat berbda.

Dari material pembuatannya saja, keduanya berbeda. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, batu safir kuning asli terbuat dari corundum dengan adanya unsur besi saat pembuatannya.

Sementara berlian kuning asli terbuat dari karbon dengan jejak nitrogen pada komposisinya. Berlian kuning juga lebih langka jika dibandingkan dengan safir kuning. Sebab itulah harga batu safir kuning asli lebih murah dibandingkan dengan berlian kuning.

Baik safir kuning dan berlian kuning dapat berkisar dari warna kuning pucat hingga warna emas yang kaya. Secara umum, berlian kuning memiliki warna yang lebih cerah dan menawarkan lebih banyak pantulan cahaya daripada safir kuning.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Apakah Batu Safir Kuning dan Citrine Adalah Batu yang Sama?

Batu safir kuning dan citrine bukanlah batu yang sama. Batu citrine jauh lebih murah jika dibandingkan dengan safir kuning. Tapi tentunya citrine tidaklah sekuat batu safir. Sebab citrine hanya memiliki skala kekuatan 7 Mohs atau dua skala lebih rendah dibandingkan safir.

Selain itu, jika dilihat dari kilaunya safir juga lebih berkilau dibandingkan citrine. Warna safir juga berbeda, dengan citrine yang memiliki warna lebih kuning madu dan safir memiliki warna kuning kenari. Citrine adalah kuarsa, tidak seperti safir kuning, dibuat dari mineral korundum.

AZALEA DIAMOND AND SAPPHIRE NECKLACE

AZALEA DIAMOND AND SAPPHIRE NECKLACE

Necklace

Lihat Harga
O BEZEL RING

O BEZEL RING

Cincin

Lihat Harga
RINOA DIAMOND NECKLACE

RINOA DIAMOND NECKLACE

Necklace

Lihat Harga

Tips Membeli Perhiasan Batu Safir Kuning

Dari memilih logam yang tepat hingga memasangkan safir dengan desain perhiasan yang indah, ada berbagai taktik yang dapat digunakan untuk memastikan kalian mendapatkan perhiasan safir kuning berkualitas sesuai anggaran.

  • Carilah warna kuning kenari yang sedang, vibrant, dan cerah. Ini umumnya warna yang paling diinginkan untuk safir kuning.

  • Jika kalian ingin membeli cincin, pertimbangkan desain halo atau pavé. Safir kuning dan fancy sapphire lainnya dapat terlihat sangat elegan dalam pengaturan halo, di mana lingkaran berlian kecil mengelilingi batu besar di tengah.

  • Pilih logam yang melengkapi warna safir. Safir kuning tampak luar biasa dengan berbagai logam, termasuk emas putih. Batu safir kuning asli juga sangat mengesankan saat dipadukan dengan emas kuning dan rose gold, terutama dengan berlian halo untuk menekankan warna safir.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.