;
close

Mengetahui Jenis Berlian | Warna Berlian

Fifth Bloom Feb 08, 2021

Warna Berlian

Tahukah kamu bahwa sebuah berlian itu memiliki berbagai warna? Warna pada berlian secara alami terbentuk dengan berbagai variasi warna (colour). Berlian dengan warna fancy (terdiri dari, pink, biru, kuning, dan bahkan merah) harganya relatif lebih mahal. Akan tetapi berbeda halnya dengan berlian putih munculnya warna (kekuningan atau kecoklatan) dapat mempengaruhi harga dari berlian tersebut.

Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Lotus Halo Diamond Engagement Ring

Lotus Halo Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Pave Rope Engagement Ring

Pave Rope Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Urutan Warna Berlian

Rentan warna pada berlian putih yaitu dari D hingga Z, diklasifikasikan menjadi 5 kategori besar; colourless (tidak berwarna), near colourless (nyaris tidak berwarna), faint (sedikit tidak berwarna), very light (cukup berwarna), dan light (terlihat jelas berwarna). Semakin rendah kategori maka semakin kuningan warna berlian dan semakin murah. Dan satu hal lagi menurunkan warna sebuah berlian tidak mempengaruhi kilauan berlian. Berikut adalah ilustrasi urutan warna berlian.

Urutan Warna Berlian

Kategori urutan warna pada berlian putih di fifthbloom.com/4c-warna-berlian

Rentan warna colourless dari D-F, biasanya perbedaan hanya dapat dilihat oleh ahli geologi yang terlatih untuk membandingkan kedua berlian secara bersebelahan dari sisi samping atau posisi menghadap ke bawah.

Berlian rentan near colourless dari G-J, harganya jauh lebih murah jika dibandingkan rentan colourless. Selain itu berlian rentan G-J kadang sulit dibedakan dengan berlian colourless, terutama berlian colour G dan H.

Rentan warna berlian faint dari K-M, memiliki warna sedikit kekuningan jika dilihat dari atas. Akan tetapi memiliki nilai positif jika dipasangkan dengan logam emas kuning.

Check harga berlian berdasarkan warna di sini :

Akan tetapi terdapat beberapa trik yang perlu kamu ketahui dan memahami dalam memilih warna belian.

Tips memilih warna berlian

  • Logam berwarna platinum atau emas putih menimbulkan efek berlian tampak lebih putih.
  • Dengan memilih rentan warna G-H, kamu dapat menghemat karena biasanya hampir tidak terdapat perbedaan kasat mata dengan berlian colourless (D-F).
  • Jika kamu ingin memiliki berlian dengan warna logam emas kuning atau rose gold, rentan berlian H-J dapat menjadi pilihan utama kalian.
  • Berencana untuk membeli berlian dengan warna I atau J, kamu sebaiknya melihat berlian tersebut secara langsung untuk memastikan jika corak warna yang dihasilkan masih dapat kamu terima. Hal ini dikarenakan setiap orang bisa saja memiliki level toleransi yang berbeda.
  • Jika kamu masih tetap ingin membeli berlian rentang D-F sangat direkomendasikan menggunakan logam platinum atau emas putih. Bukan berarti kamu tidak boleh memilih atau memadukannya dengan logam lain, karena selera orang bisa berbeda.

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

Pentingnya memahami jenis berlian berdasarkan kategori

Warna mungkin bisa hal pertama yang kita cari tetapi terdapat aspek yang lebih penting yaitu cut, carat, dan clarity. Kategori tersebut dikenal dengan istilah 4C (cut, carat, clarity, dan colour). Berikut merupakan pengertian mengenai cut, carat, dan clarity.

Carat mengacu pada berat sebuah berlian namun seringkali disalahartikan sebagai besar sebuah berlian. Setiap 1 carat sama dengan 0.2 gram atau sekitar 0.007 ons. Berat berlian yang berukuran lebih kecil sering juga dinyatakan dalam poin di mana 1 poin sama dengan 0.01 carat (1 carat = 100 poin).

Potongan (cut) adalah aspek utama dan hal paling penting ketika kamu membeli berlian. Potongan berlian mengacu pada proporsi sebuah berlian dan menentukan kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya. Semakin banyak cahaya yang mampu dipantulkan, semakin bersinar pula berlian tersebut.

Urutan Warna Berlian

Potongan excellence akan memberikan kilauan, pantulan, dan proporsi yang jauh lebih bagus dibandingkan berlian dengan potongan poor, dapat dilihat pada gambar di bawah.

Urutan Warna Berlian

Perbandingan potongan berlian yang berukuran sama di fifthbloom.com/4c-cut-berlian

Selain sangat mempengaruhi proporsi dan kilauan, potongan excellence pada berlian 0.9 carat akan terlihat lebih besar dan lebar dibandingkan berlian 1 carat dengan potongan poor. Oleh sebab itu, kami menyarankan pelanggan atau kamu yang membeli memilih berlian dengan potongan excellence.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Clarity menuju pada tidak adanya Inklusi dan Noda, kadangkala ukuran, posisi dan wujud mampu mempengaruhi kejernihan sebuah berlian. Aspek clarity menjadi hal terakhir yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih berlian, dikarenakan kecacatan pada berlian kadang tidak begitu nampak secara kasat mata, sekalipun dengan menggunakan perbesaran 10x. Tetapi tetap saja kamu perlu membeli berlian dengan standar “eye clean” atau berlian yang bebas dari inklusi atau cacat secara kasat mata. Berdasarkan skala clarity dapat kamu lihat pada gambar di bawah.

Urutan Warna Berlian fifthbloom

Tips memilih cut dan carat

  • Menyarankan kamu memilih berlian dengan clarity yang lebih rendah untuk menghemat uang dikisaran VS1-SI1 sehingga dapat memperoleh berlian dengan ukuran carat yang lebih besar tanpa mengorbankan kualitas cut dan kilau berlian.
  • Potongan excellence selain mempengaruhi kilauan dan keindahan, dapat membuat berlian terlihat lebih besar.

Untuk saat ini Fifth Bloom menyediakan berlian dengan rentan warna D-J, jika kamu memiliki permintaan khusus mengenai warna berlian, Fifth Bloom menyediakan fitur Live Chat yang bisa kamu akses langsung pada sudut kanan bawah situs web kami atau dapat menghubungi juga melalui Telepon Kami atau WhatsApp di 0821-3995-8855 untuk Indonesia dan 0497-176-906 untuk Australia. Jika kamu tertarik dengan bentuk berlian, kamu dapat membaca artikel kami mengenai, pentingnya memahami jenis berlian.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.