;
close

Tips Memilih Berlian Asli dengan Kilau Terbaik

Fifth Bloom Mar 25, 2022

Tips Memilih Berlian Asli dengan Kilau Terbaik

Sumber foto: The Guardian

Berlian telah menjadi bagian dari kehidupan dan budaya dunia. Bukan hanya dikenal sebagai salah satu batu terkuat, berlian juga dijadikan lambang dari momen-momen penting hampir di seluruh dunia. Misalnya saja sebagai simbol cinta abadi yang digunakan pada cincin pertunangan dan pernikahan. Tak heran, meski memiliki harga tinggi permintaan akan berlian tetap tinggi. Sebab itulah, calon pembeli harus mengetahui seperti apa sih kilau berlian asli jika dibandingkan dengan berlian ‘palsu’.

Sebab tingginya permintaan akan berlian dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk mendulang keuntungan dengan menjual batu-batu yang mirip dengan berlian.

Kilau Berlian Asli vs Palsu

Perbedaan mendasar antara berlian asli dan palsu adalah kilau yang dihasilkan. Berlian asli memantulkan cahaya putih atau abu abu. Berlian asli juga memiliki kilau pelangi yang berbeda dari batu-batu lain. Kilau ini hanya bisa dilihat oleh ahli gemologi profesional saja.

Oleh sebab itu, jika kalian memiliki berlian dan memantulkan cahaya pelangi, usahakan untuk melakukan pengecekan bersama ahli. Kalian juga bisa datang ke Fifth Bloom yang memiliki alat lengkap untuk mengecek berlian kalian asli atau palsu. Klik di sini untuk menghubungi customer service

Terlepas dari itu semua, berikut beberapa ciri khusus antara berlian asli dan batu-batu yang mirip dengan berlian:

1. Moissanite

fifthbloom

Perbedaan berlian dan moissanite. Sumber foto: Fifth Bloom

Ada beberapa batu yang memiliki rupa yang begitu mirip dengan berlian, salah satunya adalah moissanite. Moissanite terbuat dari mineral alami yang disebut silicon karbida. Mineral ini cukup langka dan jumlahnya tak cukup banyak ditemukan di alam. Sebab itulah moissanite yang digunakan sebagai perhiasan biasanya dibuat di laboratorium.

Dari penjelasan tersebut, terlihat jelas perbedaan antara moissanite dan berlian alami. Ya, seperti diketahui berlian alami dibentuk selama 1-3,5 miliar tahun dan tertanam di 150-800km di mantel bumi.

Baca juga : Berlian Adalah?

Bukan hanya asal muasalnya, ada perbedaan mencolok antara moissanite dan berlian yakni kilaunya. Ahli perhiasan dan batu mulia, Don O’Connell mengungkap bahwa moissanite memiliki kilau yang berbeda dari berlian alami.

“Moissanite memiliki bias ganda, batu ini juga dipotong secara berbeda dari berlian untuk meningkatkan kilaunya,” kata Don O’Connell.

Pantulan cahaya warna-warni pada moissanite ini bisa terlihat dengan memutar batu tersebut di bawah cahaya. Moissanite juga tak memantulkan cahaya putih atau pun abu-abu seperti berlian.

Baca juga : Bagaimana Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu?

Berlian diketahui memiliki berbagai jenis warna, mulai dari putih, kuning, hijau hingga yang paling langka merah muda dan merah. Sementara moissanite hanya berwarna putih, itu pun biasanya ada warna kekuningan atau kehijauan pada batunya.

Tak hanya itu, perbedaan lainnya tampak pada kekuatan kekerasan batu. Moissanite memiliki kekuatan sekitar 9,25-9,5 Mohs. Sementara berlian lebih kuat yakni 10 Mohs. Walaupun berbeda di indeks kekerasan batu, beberapa alat diamond-tester di toko emas tetap tidak dapat membedakan moissanite dan berlian. Hal ini sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab dengan menjual moissanite sebagai berlian. Perlu dicatat, harga moissanite kurang lebih hanya 10% dari harga berlian. Oleh karena itu, hati-hati dalam membeli berlian tanpa sertifikat di toko-toko emas / perhiasan bukan spesialis berlian seperti Fifth Bloom.

2. Cubic Zirconia

fifthbloom

Perbedaan zircon dengan berlian. Sumber foto: Fifth Bloom

Cubic zirconia adalah pengganti berlian paling populer yang terbuat dari bahan sintetis, sehingga kekuatannya tidak sekeras berlian alami. Kekuatan cubic zirconia hanya sampai 8,5 Mohs.

Sebab itulah, cubic zirconia lebih mudah retak atau pecah jika terpapar panas yang intens. Tidak seperti berlian yang tidak akan menunjukkan reaksi apapun saat dipanaskan karena komponen berlian asli tidak berpengaruh terhadap perubahan suhu.

Baca juga : Berlian Putih Asli | Jenis dan Harga Terbaru

Tak hanya itu, salah satu cara mudah untuk membedakan zircon dengan berlian adalah dengan melihat pembiasan cahayanya. Cubic zirconia yang juga dikenal sebagai berlian sintetis ini juga tak memiliki kilau seindah berlian asli.

3. Swarovski

fifthbloom

Perbedaan Swarovski dan berlian. Sumber foto: Fofth Bloom

Selama ini banyak anggapan bahwa kristal Swarovski adalah salah satu batu yang terbentuk secara alami. Hal ini tidaklah tepat. Bahkan sebenarnya kristal Swarovski bukanlah kristal.

Kristal Swarovski merupakan kaca yang dibuat menggunakan suhu dan tekanan yang tinggi. Bahan kimia yang digunakan untuk pembuatannya adalah silicon oksida dan timbal.

Orang pertama yang membuat kristal Swarovski adalah Daniel Swarovski pada tahun 1891 silam. Saat itu, Daniel ingin membuat material yang tampak seperti berlian tanpa harus melakukan penambangan.

Baca juga : Mengetahui Jenis Berlian | Warna Berlian

Hingga saat ini belum diketahui rasio pasti untuk membuat kristal Swarovski. Hal ini tetap menjadi rahasia. Pemolesan akhir kristal Swarovski lah yang membuatnya terlihat seperti berlian. Biasanya benda ini dipoles dengan coating Aurora Borealis atau AB sehingga menciptakan efek pelangi.

Untuk tingkat kekuatannya, Swarovski berada pada angka sekitar 6-7 Mohs. Sehingga bahan ini lebih mudah tergores atau pun pecah. Hanya saja Swarovski lebih keras jika dibandingkan dengan gelas biasa.

4. Berlian Buatan Laboratorium

fifthbloom

Perbedaan berlian alami dan buatan lab. Sumber foto: Fifth Bloom

Proses pembuatan berlian alami memakan waktu miliaran tahun. Sementara berlian buatan yang diproduksi dalam laboratorium hanya memakan waktu beberapa minggu. Namun, penampakan keduanya tampak serupa. Apalagi jika dilihat dengan mata telanjang, kalian tak akan mungkin menemukan perbedaan berlian alami dan buatan lab karena keduanya esensinya sama.

Berlian buatan lab di bawah sinar akan memantulkan cahaya yang sama dengan berlian alami. Bahkan kandungan kimia dan bentuknya pun sama. Untuk itulah bahkan ahli berlian pun akan sulit untuk membedakannya. Ada alat khusus yang digunakan untuk membedakan keduanya.

Untuk membedakannya, Gemological Institute of America (GIA) membedakan cara penulisan di fisik sertifikatnya, khususnya pada aspek colour dan clarity antara berlian alami dan buatan lab. Jika berlian alami menggunakan skala D-Z untuk menilai kualitas warna atau colour, berbeda dengan berlian buatan. GIA menetapkan skala colorless, near-colorless, faint, very light dan light untuk berlian buatan.

Sementara untuk tingkat clarity, berlian lab menggunakan penjelasan lengkap seperti very very slightly included, slightly included, dan lain-lain. Tidak menggunakan singkatan seperti VVS1, VVS2, SI1, SI2 dan lain-lain, seperti yang digunakan pada berlian alami.

Perlu diketahui bahwa standar tersebut ditentukan oleh GIA. Sementara berlian buatan lab kebanyakan mendapat sertifikat dari International Gemological Institute (IGI). Lembaga ini tetap menuliskan aspek colour berlian lab yang sama dengan kategori berlian alami, yakni D-Z.

Beli Berlian Tak Harus F-VVS

Setelah mengetahui sederet perbedaan berlian asli dengan batu yang mirip berlian, kalian pasti akan lebih berhati-hati sebelum membeli perhiasan yang bertabur batu mulia ini. Nah biasanya toko-toko yang menyediakan perhiasan berlian menyarankan pembelinya untuk membeli berlian dengan kualitas F-VVS. Padahal hal ini tidaklah perlu.

F-VVS mengacu pada kualitas warna (colour) dan kejernihan (clarity) berlian. Rentang colour D-F (colourless) pada berlian merupakan yang paling tinggi. Berlian dengan tingkat warna ini juga langka.

Ada sedikit perbedaan warna antara berlian D dan F. Namun hal tersebut hanya bisa dilihat oleh ahli gemologi terlatih.

Di bawah D-F, ada rentang colour G-J yang juga disebut near colourless. Berlian dengan kualitas ini memiliki harga lebih murah. Warnanya pun tak jauh berbeda dengan yang memiliki rentang D-F. Apalagi jika dilihat secara kasat mata.

Sementara VVS adalah tingkat clarity tertinggi berlian setelah flawless (FL) dan internally flawless (IF). VVS mengacu pada tingkat inklusi berlian yang sangat rendah, sehingga bahkan grader profesional sulit untuk melihatnya di bawah pembesaran 10x.

Di bawah VVS, ada tingkat clarity very slightly included (VS1 dan VS2). Tentunya berlian VS1 dan VS2 harganya lebih murah.

Pada berlian dengan kualitas VS1 dan VS2, terdapat inklusi minor yang sulit hingga agak mudah untuk ditemukan di bawah pembesaran 10x oleh grader profesional. Sementara inklusi minor berlian VS2 sedikit lebih mudah terlihat di bawah pembesaran 10x oleh grader profesional.

Tapi perlu diingat bahwa inklusi berlian VS1 dan VS2 masih sangat kecil sekali dan tidak akan terlihat oleh kasat mata manusia. Ini merupakan spesifikasi populer dan direkomendasi oleh Fifth Bloom.

Baca juga : Beli Berlian Asli Lewat Online, Aman Nggak Ya?

Kedua kualitas tersebut hanya bisa terdeteksi oleh ahli dan tak terlihat secara kasat mata. Untuk itulah, jika kalian membeli berlian di Fifth Bloom, kami akan menyarankan untuk membeli berlian eye-clean. Istilah ini mengacu pada berlian yang bebas dari inklusi atau cacat secara kasat mata alias tanpa pembesaran.

Dengan memilih berlian eye clean kalian akan menghemat biaya. Sehingga kalian bisa memilih berlian dengan tingkat colour G-J dan clarity VS1, VS2, SI1 atau pun SI2 yang lebih murah. 

Cut dan Carat Lebih Penting

Dari 4C yang menentukan kualitas berlian, cut dan carat bisa dikatakan menjadi yang terpenting. Sebab cut berhubungan dengan bentuk potongan berlian yang memiliki pengaruh besar terhadap kilau berlian.

Potongan berlian menentukan kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya. Semakin banyak cahaya yang bisa dipantulkan, semakin berkilau pula berlian tersebut. Sehingga pastikan bahwa kalian memilih cut berlian yang excellent.

Begitu juga dengan carat yang mengacu pada berat berlian. 1 carat sama dengan 0,2 gram atau sekitar 0,007 ons. Berat berlian yang berukuran lebih kecil sering juga dinyatakan dalam poin di mana 1 poin sama dengan 0,01 carat (1 carat = 100 poin).

Di Fifth Bloom kami menyarankan agar kalian menurunkan kualitas colour dan clarity demi mendapatkan ukuran berlian yang lebih besar, tanpa mengorbankan kualitas potongan berlian (cut). Pastinya berlian koleksi Fifth Bloom sudah terfilter dan hanya memiliki berlian-berlian dengan kualitas eye-clean dan excellent cut. Lihat koleksi berlian Fifth Bloom disini.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.