Bentuk Berlian

Berlian terdiri dari berbagai macam bentuk, dengan kualitas yang berbeda. Berlian dengan bentuk selain bundar biasanya juga disebut "fancy shaped diamonds". Meski Fifth Bloom memiliki akses untuk menjual berlian bersertifikat dengan berbagai macam bentuk, kami memutuskan untuk hanya menjual berlian bundar (round shaped diamonds) untuk sementara.


Round
Princess
Cushion
Emerald
Oval
Radiant
Asscher
Marquise
Heart
Pear

Kami hanya menjual berlian yang memang kami sukai dan jernih secara kasat mata ("eye-clean"). Satu-satunya cara termudah untuk memastikan berlian yang kita beli tergolong "eye-clean" adalah dengan membeli berlian dengan clarity yang tertinggi. Namun, melalui Fifth Bloom, kami ingin memaksimalkan budget yang ada untuk kualitas Cut dan Carat yang tinggi, sehingga kami pun berupaya memastikan setiap berlian yang kami jual (termasuk berlian dengan nilai clarity lebih rendah) jernih secara kasat mata ("eye-clean").

Hal ini berbeda dengan berlian berbentuk "fancy shaped", memastikan berlian berbentuk "fancy shaped" agar terjamin "eye-clean" bukanlah hal yang mudah. Kami bisa saja hanya menjual berlian "fancy shaped" ber-clarity tinggi, namun kami memilih untuk mencari cara lain bersama dengan para supplier berlian kami agar dapat memastikan setiap berlian "fancy shaped" dengan clarity lebih rendah akan tetap jernih secara kasat mata ("eye-clean"). Pekerjaan ini akan membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Jika kami sudah merasa siap, kami akan mulai menjual berlian berbentuk "fancy shaped".

Fifth Bloom tidak ingin seperti toko perhiasan lainnya yang membanjiri pengunjung dengan terlalu banyak pilihan yang seolah-olah tak berujung, namun kami lebih memilih hanya menampilkan pilihan stok berlian yang juga kami sukai. Kami ingin agar para pelanggan memiliki kepercayaan bahwa setiap berlian yang dipilih secara acak pun dari situs kami akan tetap selalu nampak indah secara kasat mata. Tanpa terkecuali.

Berlian Bundar

Berlian bundar (round shaped diamonds) merupakan bentuk berlian yang paling populer hingga kini, mewakili sekitar 75% berlian yang terjual di seluruh dunia. Bentuk mekanis berlian bundar ini secara umum mampu menampilkan brilliance dan kilau (sparkle) yang lebih superior jika dibandingkan berlian "fancy shaped". Inilah alasan mengapa berlian berbentuk bundar juga menjadi berlian yang paling banyak diteliti selama hampir 100 tahun hanya untuk mendefinisikan rahasia pantulan cahaya yang optimal dari berlian bundar.

Berlian Princess

Bentuk princess merupakan berlian "fancy shaped" yang paling populer dan disukai, terutama untuk cincin tunangan karena kecocokannya dengan berbagai model cincin. Secara tradisional berlian berbentuk princess memiliki bentuk menyerupai persegi, meski begitu kebanyakan berlian berbentuk princess sebenarnya lebih condong ke bentuk persegi panjang kendati sulit dibedakan. Lebih uniknya lagi, ketika bentuk berlian princess semakin mendekati bentuk persegi, akan semakin murah harganya. Empat sudut dari bentuk potongan princess ini sangat rentan pecah, sehingga berlian berbentuk princess harus dipasang dengan prong yang bisa melindungi keempat sudutnya. Bentuk berlian princess (juga berlian berbentuk radiant) adalah bentuk berlian yang paling hampir bisa menunjukkan fire dan brilliance yang mendekati berlian bundar di antara bentuk persegi lainnya.

Berlian Oval

Berlian berbentuk oval mempunyai brilliance dan fire serupa dengan berlian bundar. Berlian ini merupakan pilihan terbaik bagi seseorang yang menginginkan tampilan sedikit lebih unik dibanding bentuk tradisional berlian bundar. Bentuk yang sedikit memanjang juga menampakkan ilusi seolah-olah berlian tersebut terlihat lebih besar meski memiliki berat carat yang sama. Bentuk memanjang dari berlian berbentuk oval juga dapat membuat jari pemakai terlihat lebih panjang dan ramping.

Berlian Marquise

Dinamakan atas Marquise de Pompadour, kekasih King Louis XV dari Prancis, berlian potongan marquise memiliki bentuk memanjang dengan sisi menggembung dan kedua ujung lancip. Sama halnya dengan potongan oval, bentuk memanjangnya membuat ilusi seolah-olah berlian tersebut berukuran lebih besar meski memiliki berat carat yang sama, juga membuat jari pemakainya nampak lebih panjang dan lebih ramping. Kedua ujungnya yang runcing paling berisiko untuk pecah, sehingga berlian potongan marquise harus dipasang dengan penjepit prong yang mampu melindungi ujung-ujung berlian ini.

Berlian Pear

Berlian dengan potongan seperti buah pir (“pear”) juga sering disebut tetesan mata (teardrop) karena bentuknya yang memiliki satu ujung lancip dan satu ujung bundar. Bentuknya yang memanjang juga membuat jari pemakainya nampak lebih ramping. Ujungnya yang runcing sangat rentan untuk pecah, sehingga berlian dengan potongan pir ini harus dipasang dengan prong yang mampu melindungi ujung lancipnya.

Berlian Cushion

Berlian potongan cushion berbentuk persegi dengan sudut-sudut yang membulat menyerupai sebuah bantal (sesuai namanya: “cushion”). Potongan klasik ini telah ada hampir selama dua abad dan pada mulanya disebut sebagai potongan “tambang lama” (“old mine cut”). Pada abad pertama keberadaannya, berlian bentuk ini sangat populer (sama halnya dengan berlian bundar saat ini). Berlian ini juga secara khusus tergolong cukup populer untuk rangka bertema halo dan vintage.

Berlian Zamrud (Emerald)

Potongan zamrud (“emerald”) pada awalnya hanya digunakan untuk batu zamrud (“emerald”), seperti namanya. Potongan ini memiliki permukaan persegi panjang yang lapang dan terbuka, dengan paviliun ‘berlapis’ atau berundak. Meski brilliance dan fire yang dimilikinya tidak seindah bentuk berlian lainnya, bentuk potongan ini mampu menyorot kejernihan (“clarity”) sebuah berlian karena ukuran permukaannya yang relatif lebih lebar sehingga menghasilkan efek seperti ruang cermin, memantulkan lebih banyak cahaya putih yang kontras dengan bidang gelap tiap undakannya.

Berlian Asscher

Berlian berbentuk asscher (baca: “asyer”) mempunyai bentuk yang mirip dengan berlian potongan zamrud (“emerald”), selain fakta bahwa bentuknya lebih kotak. Berlian potongan asscher pertama kali diproduksi pada tahun 1902 di Belanda, oleh “the Asscher Brothers” dan sempat populer pada 1920-an. Sekitar tahun 2002, hampir seabad setelah pencetusan pertamanya, bentuk potongan ini mulai populer kembali. Berlian berbentuk asscher kemudian didesain dengan undakan segi yang lebih banyak, bagian mahkota (crown) yang lebih tinggi dan permukaan (table) yang lebih kecil, sehingga mampu menampilkan brilliance yang lebih banyak dibandingkan berlian berbentuk zamrud. Mirip dengan potongan zamrud, potongan asscher juga menyorot kejernihan (“clarity”) sebuah berlian, membuat kita dapat melihat tampak keseluruhan berlian. Ketika kita sedang memilih colour berlian, perlu kita ingat bahwa bentuk asscher akan lebih menonjolkan seberapa kualitas colour berlian melalui sudut-sudut potongannya.

Berlian Radiant

Berlian berbentuk radiant memiliki bentuk persegi dengan empat sudut yang terpotong dan pola potongan segi yang membuat masing-masing mahkota dan paviliun nampak cerah, sehingga terkesan lebih hidup dan menyala. Bentuk ini merupakan perpaduan yang tercipta dari bentuk potongan cushion dan princess, juga terlihat sama indahnya ketika disusun bersama berlian berujung bundar atau siku.

Berlian Heart

Berlian berbentuk hati (“heart”) adalah yang paling pas menjadi simbol ungkapan cinta terdalam. Ketika memilih berlian berbentuk hati, dua belah potongan hati tersebut harus memiliki bentuk yang identik agar terlihat indah, sehingga simetris atau tidaknya menjadi sangat penting. Celah antara dua cuping hati harus nampak tajam dan jelas, di samping sayapnya (sisi samping yang melengkung ke ujung bawah) juga harus memiliki bentuk bulat yang halus. Berbeda dengan berlian "fancy shaped" lainnya, berlian berbentuk hati cenderung nampak berukuran lebih kecil. Secara umum, berlian berbentuk hati yang kurang dari 0.50 carat bukanlah pilihan yang baik karena bentuk hatinya akan semakin sulit terlihat jika ukurannya semakin kecil. Untuk memperjelas bentuk hatinya, pemasangan pada rangka dengan tiga prong adalah yang terbaik.

1