Sertifikat Berlian

Pentingnya Sertifikat Berlian

Saat kita membeli berlian di toko perhiasan lokal, seringkali kita akan ditawarkan pada berlian-berlian yang bukan bersertifikat laboratorium independen seperti GIA. Toko-toko ini secara umum memiliki lebih banyak stok berlian tanpa sertifikat (namun seringkali dirujuk memiliki “Sertifikat Toko”) dibanding berlian bersertifikat. Jumlah berlian yang tidak bersertifikat berlimpah, dengan harga yang lebih murah, dan karena toko yang menjualnya telah ternama – kita dapat dengan mudah mempercayainya. Koleksi berlian bersertifikat pun pilihannya terbatas di toko dan bisa cukup menyulitkan.

Tahukah Anda bahwa 80% dari berlian bundar yang tersebar di seluruh dunia sebenarnya telah bersertifikat? Tahukah Anda bahwa bertentangan dengan kepercayaan umum, biaya untuk mensertifikasi berlian sangat terjangkau? Kecuali berlian tersebut berukuran sangat kecil yang juga sering disebut sebagai butiran berlian (melee diamonds).

Fifthbloom

Jika Anda membutuhkan laporan lengkap, biaya sertifikasi akan meningkat drastis menjadi sekitar $20-35 (setara dengan Rp 280.200,- s/d Rp 490.350,- dengan kurs $1 = Rp 14.010,-) bergantung pada ukuran berlian. Meski begitu, biaya tersebut masih terbilang relatif kecil jika dibandingkan dengan harga berliannya. Kebanyakan berlian yang kita lihat beredar di pasar tidak selalu memiliki laporan sertifikat lengkap, kecuali dianggap perlu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa biaya sertifikasi masih terjangkau.

Pemotong berlian dan organisasi sertifikasi seperti GIA bekerja sangat dekat; baik secara lokasi maupun kolaborasi untuk memastikan berlian yang telah selesai dipoles dan siap jual segera disertifikasi. Mayoritas berlian yang baru saja dipotong akan disertifikasi dalam waktu singkat sesudah finishing (sentuhan akhir). Jika kita mengetahui realita ini, malah lebih sulit membeli berlian tanpa sertifikat daripada berlian bersertifikat.

Kami, melalui Fifth Bloom, tidak bermaksud menilai kualitas berlian tanpa sertifikat di toko lainnya. Namun, di industri berlian saat ini, berlian sintetis (kadang disebut juga sebagai berlian buatan lab) dan berlian hasil perbaikan (treated diamonds) telah tersebar di beberapa toko perhiasan lokal di sekitar kita. Toko perhiasan lokal di sekitar kita bisa saja sedang bertarung untuk melindungi kita dari berlian tiruan atau malah beralih kendali dengan memasarkan berlian tersebut.

PERLAKUAN KHUSUS GIA KETIKA MENERIMA BERLIAN SINTETIS ATAU HASIL PERBAIKAN
Fifthbloom
TINDAKAN NON-PERMANEN

GIA akan menolak dan tidak akan mengeluarkan sertifikat untuk berlian tersebut. Hal ini dikarenakan modifikasi atau perbaikannya bukan bersifat permanen atau rentan berubah. Berlian tersebut masih dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai contoh: pelapisan atau pemenuhan fraktur.

Fifthbloom
TINDAKAN PERMANEN

GIA akan memberitahukan adanya perubahan / modifikasi dalam laporan dan mencantumkan deskripsi ukiran laser pada berlian tersebut. Sebagai contoh: pengeboran laser atau HPHT.

Fifthbloom
BERLIAN SINTETIS

GIA akan mengeluarkan sebuah Laporan Penilaian Berlian Sintetis, yang berbeda jauh dengan sertifikat standar GIA untuk berlian alami dan berlian tersebut akan diukir laser dengan nomor laporan dan label produk sintetis.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut, berlian tanpa sertifikat mempunyai dua potensi: adanya masalah pada berlian tersebut atau berlian yang terburu-buru dijual sebelum sempat disertifikasi. Tentu saja lebih baik berharap pada potensi yang terakhir.

Sorotan lampu dan tatanan display di toko-toko perhiasan yang tersebar di sekitar kita memang telah didesain secara khusus untuk membuat berlian yang diletakkan sebagai display dapat memancarkan kilau yang indah dan “menari-nari”, meski dengan Cut berlian paling buruk sekalipun . Meski pada kenyataannya merupakan hal yang langka bagi sebuah berlian untuk dapat mempertahankan tingkatan kemilau yang sama dalam lingkungan pencahayaan alami. Dengan pencahayaan yang sempurna dari display toko, menilai seberapa baik Cut sebuah berlian menjadi hal yang sulit, dan semakin sulit untuk mengetahui berlian mana yang sintetis (buatan lab), telah dimodifikasi, atau mengalami perbaikan khusus (treated diamonds) tanpa sertifikat yang jelas. Lantas, mengapa kita berani mengambil risiko? Jika kita hendak membeli berlian lebih dari 0.2 carat, bukankah lebih aman jika membeli berlian bersertifikat resmi?

1