Sering banget dengerin istilah “eye clean”?

Sering banget dengerin istilah “eye clean”?

Ketika berbicara mengenai eye clean selalu dikaitkan dengan clarity, keduanya berbicara mengenai bagaimana kejernihannya sebuah berlian. Eye clean sendiri merupakan istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan berlian yang bebas dari inklusi atau cacat secara kasat mata (tanpa pembesaran) jika dilihat dari atas.

Memilih berlian sama halnya seperti mencari pasangan, untuk tingkat clarity yang sama dapat memiliki inklusi yang berbeda. Sehingga ketika kita melihat pada plot atau clarity characteristic, tertulis banyak sekali kecacatan yang ada pada berlian. Tetapi ketika melihat aslinya malah sebaliknya, kecacatan tersebut tidak tampak oleh mata lho.... Di Fifth Bloom kami menjamin setiap produk yang kamu terima adalah eye clean, bebas inklusi secara kasat mata (ketika kamu dikenakan dan lihat dari atas).

Fifth Bloom sebagai toko berlian yang berusaha untuk mengerti kebutuhan dan permintaan setiap pelanggannya, membuat tiap perhiasan kami ramah kantong (budget friendly), dan memastikan setiap berlian yang kami jual (termasuk berlian dengan nilai clarity lebih rendah) jernih secara kasat mata ("eye-clean"). Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Karena beberapa kecacatan terlalu kecil sehingga tidak terlihat oleh mata, selain itu letak cacat pada bagian bawah kadang tidak terlihat jika kita melihatnya dari atas.

Dan kamu tidak perlu takut, karena kami juga menjamin kejujuran praktek perdagangan seluruh supply chain kami, dengan hanya membeli berlian dari supplier yang merupakan anggota resmi dari asosiasi perdagangan berlian profesional dan sepenuhnya mematuhi skema sertifikasi Kimberley.

Fifth Bloom juga menyediakan fitur menggunakan kaca pembesar, 360, pola potongan, dan simetri optik. Sehingga kamu dapat melihat inklusi pada produk kami dengan lebih jelas, dan lebih detail daripada toko offline.

Dan kamu perlu tahu, beberapa tokoh berlian memanfaatkan kalimat, “kami hanya mengambil produk dengan clarity tinggi saja dan hanya menerima inklusi pinpoint”. Padahal pada dasarnya keduanya akan terlihat sama jika dilihat oleh kedua mata kita, oleh sebab itu kamu tidak perlu terjebak mengeluarkan banyak uang untuk hal yang tidak seberapa penting.

TIPS

  • Sebuah keharusan untuk membeli berlian berstandar “eye clean”.
  • Cut yang excellence juga akan membantu menutupi sebuah inklusi pada berlian.
  • Mengurangi nilai clarity untuk mendapatkan berlian dengan karat yang besar.

Agar menambah wawasanmu dan supaya kamu tidak terjebak dengan beberapa toko berlian. Berikut informasi mengenai cara membaca inklusi yang dapat membantu kamu.

Membaca inklusi pada sertifikat

Ketika kamu membeli sebuah berlian bersertifikat, salah satunya GIA, kamu akan mendapatkan penjelasan lengkap seperti pada gambar di bawah.

Sertifikat berlian GIA

Sertifikat berlian juga memasukan mengenai inklusi yang terjadi, bagian tersebut dapat dilihat pada gambar tengah bawah dengan judul clarity characteristics atau yang dikenal juga sebagai plot. Pada bagian tersebut kamu akan menjumpai 2 diagram yang menyerupai berlian yang kamu beli dengan menunjukkan tampilan atas (tabel and crown) serta tampilan bawah (paviliun) berlian. Selain itu kamu juga akan melihat adanya symbols (simbol) pada diagram, simbol tersebut menjelaskan inklusi yang ada pada berlian yang kamu miliki.

Berdasarkan jenisnya terdapat berbagai simbol untuk menjelaskan inklusi yang terjadi. Simbol tersebut antara lain :

Jenis dan simbol inklusi pada sertifikat berlian GIA.

Memahami arti simbol inklusi dan jenisnya

Berdasarkan jenisnya inklusi dibagi menjadi 2 jenis, yang terjadi pada bagian luar berlian (eksternal) seperti goresan dan bagian dalam berlian (internal). Berikut merupakan penjelasan mengenai inklusi dan simbol yang ada pada sertifikat :

Membaca inklusi pada sertifikat Laser Drill-hole

Merupakan inklusi yang membentuk sebuah terowongan kecil yang dihasilkan oleh sinar laser.

Membaca inklusi pada sertifikat Crystal

Merupakan inklusi penumpukan mineral kristal pada berlian.

Membaca inklusi pada sertifikat Needle

Merupakan inklusi yang terlihat tipis menyerupai bentuk jarum. Inklusi jenis ini dapat baru dapat dilihat ketika menggunakan kaca pembesar 10x.

Membaca inklusi pada sertifikat Pinpoint

Merupakan inklusi berupa titik kecil, yang nampak ketika menggunakan kaca pembesar 10x.

Membaca inklusi pada sertifikat Cloud

Merupakan inklusi pinpoint dalam bentuk banyak dan mengelompok, memberikan efek kabur pada berlian

Membaca inklusi pada sertifikat Twinning Wisp

Merupakan gabungan inklusi pinpoint, clouds, dan crystals yang terjadi pada saat pembentukan berlian. Inklusi ini sering dikaitkan dengan distorsi pada kristal dan twinning planes (pesawat kembar), karena adanya bagian berlian yang ikut berputar.

Membaca inklusi pada sertifikat Knot

Inklusi berupa kristal berlian putih atau transparan meluas ke permukaan setelah melalui proses pemolesan.

Membaca inklusi pada sertifikat Feather

Inklusi yang terlihat seperti retakan pada batu permata, bentuknya menyerupai bulu dan seringkali berwarna putih.

Membaca inklusi pada sertifikat Chip

Inklusi yang berbentuk celah pada permukaan berlian, sering terjadi pada tepi girdle, facet junction (pertemuan antara sisi datar pada berlian), atau culet.

Membaca inklusi pada sertifikat Cavity

Inklusi berupa terbukanya sudut berlian akibat terlepasnya bagian selama proses pemolesan.

Membaca inklusi pada sertifikat Bruise

Inklusi yang terjadi akibat adanya benturan sehingga menghasilkan bulu yang menyerupai inklusi feathers, biasanya ditemui di bagian facet junction.

Membaca inklusi pada sertifikat Etch Channel

Merupakan inklusi langka dalam berlian, terjadi karena peleburan dislokasi dalam kristal.

Photo by Aurélien Delaunay.
Membaca inklusi pada sertifikat Indented Natural

Inklusi berupa bentuk berlian kasar (natural) yang masuk kedalam bagian bawah permukaan berlian yang sudah dipoles.

Adapun inklusi lainnya :
Membaca inklusi pada sertifikat Bearded Girdle

Merupakan inklusi yang tampak seperti, bulu (feathers) kecil menjulur dari permukaan luar berlian ke bagian dalam berlian. Inklusi semacam ini dihasilkan oleh proses pemotongan.

Membaca inklusi pada sertifikat Internal Laser Drilling

Inklusi yang menyerupai lubang yang ditutupi oleh bulu. Timbul ketika dilakukannya proses pengeboran menggunakan sinar laser, untuk mengurangi inklusi berupa titik gelap. Bulu ini membantu untuk mengurangi inklusi yang terjadi.

Membaca inklusi pada sertifikat Grain Center

Inklusi berupa distorsi pada berlian yang terpusat pada satu bagian kecil. Memiliki warna putih atau gelap, berbentuk seperti benang atau seperti titik.

Membaca inklusi pada sertifikat Internal Graining

Inklusi berupa munculnya warna keputihan ataupun berwarna, reflektif pada garis, sudut, atau kurva, yang mungkin mempengaruhi transparansi pada kaca pembesar 10X. Inklusi jenis ini disebabkan oleh penyimpangan pertumbuhan kristal.

Penjelasan lain yang terdapat pada sertifikat berlian :

  1. Natural berarti berlian tersebut adalah berlian natural.
  2. Extra Facet (sisi lebih dari 57) adalah permukaan datar dan halus yang dapat muncul dibagian mana saja pada berlian. Bertujuan untuk membantu meningkatkan nilai kejernihan. Faset tidak mempengaruhi kecantikan berlian kecuali berukuran terlalu besar. Untuk memudahkan kamu memahami letak inklusi yang terjadi kamu dapat membaca anatomi berlian

Tunggu apalagi? Fifth Bloom akan menuntun kamu memilih berlian yang sesuai, karena kami siap melayani kamu kapanpun dan dimanapun.

1