close

4 Model Cincin Tunangan Klasik yang Kecantikannya Tak Lekang Oleh Waktu

Fifth Bloom Sep 21, 2022

Sumber foto: Pinterest

Sumber foto: Pinterest

Ada sesuatu yang spesial di balik segala hal yang berbau vintage. Kecantikannya tak sekadar dari rupa fisik, tetapi juga menyimpan arti yang tak bisa disaingi oleh barang-barang modern. Begitu juga dengan model cincin tunangan klasik.

Cincin tunangan klasik biasanya didapat dari warisan keluarga, baik dari ibu, nenek atau pun kerabat yang memiliki kedekatan erat. Tentunya cincin tunangan ini memiliki arti dan sejarah yang panjang. Sehingga menjadi cara yang manis untuk memulai hidup baru sekaligus menghormati sejarah perjalanan cinta di keluarga.

Tentunya, model cincin tunangan klasik tak hanya ada pada perhiasan-perhiasan yang diproduksi berabad-abad lalu. Kecantikan dan pesona model cincin tunangan klasik yang tak lekang oleh waktu membuatnya tetap diproduksi hingga kini.

Memang kini banyak orang-orang yang menyukai model cincin tunangan modern. Kendati demikian, tidak sedikit pula yang memilih model cincin tunangan klasik atau vintage untuk menandai tahapan baru dari hubungan mereka.

Detail dari cincin tunangan klasik yang cantik, romantis dan delicate memberikan karakter yang menarik pada perhiasan. Selain itu, bukan rahasia lagi jika tren mode selalu mengalami perputaran. Desain-desain klasik pun selalu kembali, tak jarang dengan sedikit sentuhan gaya modern yang segar dan tentunya tak menutupi nilai klasik dari perhiasan tersebut.

Jika kalian menginginkan cincin tunangan klasik, ada beberapa model yang bisa dipilih. Mulai dari cincin model halo, hingga cincin tunangan solitaire dengan rangka emas kuning. Berikut ulasan selengkapnya.

Vintage Style Three Stobe Flore Diamond Engagament Ring

Vintage Style Three Stobe Flore Diamond Engagament Ring

Cincin

Lihat Harga
Graduated Single Row Engagement Ring

Graduated Single Row Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
French Cut Halo Engagement Ring

French Cut Halo Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

1. Model Cincin Tunangan Klasik Halo

fifthbloom Cincin tunangan halo (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Cincin halo memiliki kesan romantis dan feminin yang dikemas dengan desain yang mewah. Cincin halo memiliki desain berlian utama di bagian tengah dikelilingi dengan beberapa berlian kecil.

Cincin klasik halo yang kini berada di pasaran awalnya terinspirasi dengan cincin yang populer di era Edwardian, pada awal abad 20. Saat itu Ratu Alexandra sangat menyukai bunga, sehingga muncul gaya perhiasan yang seperti bunga.

Model cincin ini sangat populer saat itu. Bahkan hingga saat ini tidak sedikit yang menyukai cincin halo. Para anggota keluarga kerajaan pun menyukai model cincin halo. Misalnya saja Putri Diana, Kate Middleton dan Putri Eugenie juga memiliki cincin tunangan model halo.

fifthbloom

2. Cincin Tunangan Klasik Side Stone atau Three Stone

fifthbloom Cincin tunangan side stone. Sumber foto: Fifth Bloom

Cincin tunangan three stone atau cincin yang dihiasi dengan tiga buah batu mulia yang biasanya batu tengah memiliki ukuran paling besar ini menyimpan makna yang mendalam.

Secara tradisional, tiga buah batu tersebut merepresentasikan masa lalu, masa kini dan masa depan dari pasangan yang bertunangan. Batu yang merepresentasikan masa kini berada di bagian tengah dan menjadi batu utamanya.

Lagi-lagi tren cincin tunangan ini kembali populer gara-gara keluarga kerajaan. Model cincin tunangan simpel dan elegan ini semakin populer setelah Pangeran Harry melamar kekasihnya, Meghan Markle dengan cincin three stone. Setelah itu, model klasik ini semakin disukai.

fifthbloom

3. Model Cincin Tunangan Klasik Rose Cut

fifthbloom

Cincin tunangan rose cut. Sumber foto: Brides.com

Sama halnya dengan buket bunga mawar yang merupakan pilihan klasik untuk pengantin, cincin tunangan rose cut juga memberikan vibes yang sama. Lantas apa itu cincin tunangan rose cut?

Berlian rose cut merupakan berlian dengan potongan rata di bagian bawahnya. Berlian ini tidak memiliki culet (ujung runcing di bawah). Sementara bagian atasnya memiliki 24 facets, termasuk beberapa facet segitiga yang tampak seperti bentuk mawar.

Dilansir dari Brides, model ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Namun perlu diingat bahwa rose cut ini tak bisa memantulkan cahaya sebaik berlian brilliant cut pada umumnya. Sehingga jika kalian menginginkan cincin berlian dengan kilau maksimal, rose cut bukanlah pilihan tepat.

La Fleur Diamond Engagement Ring

La Fleur Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Windmill Diamond Engaement Ring

Windmill Diamond Engaement Ring

Cincin

Lihat Harga
Twisted Rose Diamond Engagement Ring

Twisted Rose Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

4. Cincin Tunangan dengan Rangka Emas Kuning

fifthbloom

Cincin tunangan dengan rangka emas kuning. Sumber foto: Fifth Bloom

Cincin tunangan emas putih elegan memang menjadi pilihan favorit selama berabad-abad. Cincin model ini tak hanya memberikan kesan elegan, tetapi juga sentuhan modern yang kental.

Namun jika kalian menyukai model klasik, rangka cincin emas kuning bisa menjadi pilihan tepat. Rangka emas kuning dipadukan dengan sebuah berlian bundar warna putih, adalah salah satu desain cincin tunangan klasik yang tak lekang oleh waktu.

Cincin berlian tunggal atau solitaire tersebut juga merupakan model cincin tunangan paling populer. Dilihat dari survei yang dilakukan oleh The Knot kepada 7.000 wanita yang sudah bertunangan, 25% di antaranya menadapatkan cincin solitaire.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Tak hanya memiliki keindahan yang tak lekang oleh waktu, rangka cincin emas kuning juga membuatmu bisa memilih berlian yang lebih affordable. Seperti yang kita tahu, ada beberapa aspek yang menentukan kualitas berlian atau yang dikenal dengan 4C (cut, carat, colour dan clarity).

Dengan memilih rangka cincin emas kuning, kalian bisa memilih kualitas berlian I atau J. Berlian I dan J masuk dalam kategori near colourless. Selama ini banyak yang berasumsi bahwa berlian I dan J memiliki warna kekuningan yang sangat jelas.

Berlawanan dengan asumsi populer, berlian ini tidak terlihat kuning saat dilihat dengan mata telanjang. Faktanya, jika tidak dibandingkan berdampingan dengan berlian berwarna lebih tinggi, mereka terlihat putih atau tidak berwarna. Jika ada perbedaan warna, itu pun sangat tipis.

Nah salah satu tips, agar cincin tunangan berlian I dan J kalian tampak tak kalah cantik dengan berlian yang memiliki tingkatan warna tinggi adalah padukan dengan rangka cincin emas kuning atau rose gold. Logam seperti rose gold dan emas kuning akan membuat berlian berwarna lebih cerah.

JIka kalian masih bingung dalam memilih cincin tunangan yang tepat, segera lakukan konsultasi dengan customer service Fifth Bloom. Kami akan membantumu menemukan atau membuat cincin tunangan terbaik.

fifthbloom
  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.