close

5 Jenis Gemstone Paling Populer, Cantik dan Langka

Fifth Bloom Nov 24, 2022

5 Jenis Gemstone Paling Populer, Cantik dan Langka

Sumber foto: Robert Weldon/GIA

Berbicara tentang perhiasan, pastinya tak bisa lepas dari gemstone. Mulai dari jenis-jenis gemstone, bentuk hingga harga gemstone menjadi hal-hal yang seringkali jadi fokus calon konsumen sebelum membeli perhiasan impiannya.

Gemstone memang memiliki begitu banyak jenis. Namun ada beberapa gemstone yang menjadi pilihan favorit dan populer di pasar perhiasan. Bahkan sederet seleb papan atas pun begitu mengagumi beberapa gemstone ini. Hingga menjadikannya pilihan sebagai perhiasan yang dipakai, bukan hanya untuk kesempatan non-formal tetapi juga acara-acara glamor seperti ajang penghargaan bergengsi.

Nah sebelum mengetahui berbagai jenis gemstone paling populer, akan lebih baik jika kita berkenalan dengan apa itu gemstone. Berikut ulasan selengkapnya.

Apa itu Gemstone?

Gemstone adalah sebutan lain dari batu permata. Dengan kata lain gemstone artinya jenis batuan, mineral dan kristal yang mempunyai sifat fisik, kimia serta karakteristik tertentu sepeti motif dan warna yang bernilai ekonomis.

Batuan dan mineral ini juga memiliki keindahan, ketahanan dan sifat langka. Ada beberapa jenis permata non-kristal dan terbuat dari bahan organic yang juga masuk dalam kategori gemstone. Salah satunya adalah mutiara.

Gemstone alias permata ini juga dikenal sebagai batu mulia. Sebutan ini diberikan karena sifat langka batuan tersebut. Mirip dengan sebutan logam mulia untuk logam-logam seperti emas, platinum, perak dan lain-lain.

Azalea Diamond and Sapphire Necklace

Azalea Diamond and Sapphire Necklace

Necklace

Lihat Harga
Rinoa Diamond Necklace

Rinoa Diamond Necklace

Necklace

Lihat Harga
Saranghaeyo Sapphire Necklace

Saranghaeyo Sapphire Necklace

Necklace

Lihat Harga

Jenis-jenis Gemstone

Dilansir dari Britannica, dari lebih dari 2.000 mineral alami yang teridentifikasi, kurang dari 100 digunakan sebagai batu permata dan hanya 16 yang memiliki nilai tertinggi. Ini adalah beryl, chrysoberyl, korundum, berlian, feldspar, garnet, giok, lazurit, olivin, opal, kuarsa, spinel, topas, turmalin, pirus, dan zircon.

Beberapa mineral ini memiliki lebih dari satu jenis permata. Misalnya saja beryl memiliki varian zamrud dan aquamarine, sementara rubi dan safir merupakan varian dari mineral korundum.

Dari jumlah tersebut ada beberapa batu permata paling populer yang jadi pilihan favorit untuk perhiasan. Di antaranya adalah Safir, ruby, zamrud, giok dan berlian.

1. Jenis Gemstone Safir

Sapphire stone atau batu safir salah satu permata berwarna paling populer. Popularitasnya setara dengan ruby dan batu zamrud. Safir merupakan salah satu jenis mineral korundum yang memiliki skala keekuatan batu sebesar 9 Mohs, satu tingkat lebih rendah dibanding berlian yang memilki tingkat 10 Mohs.

Selama ini banyak yang berasusmsi bahwa sapphire stone hanya berwarna biru. Memang safir biru merupakan jenis yang paling dikenal. Namun ada pula batu safir yang berwarna selain biru atau disebut sebagai fancy sapphire. Fancy sapphire memiliki jenis warna yang beragam yakni merah muda, oranye, kuning, ungu dan hijau.

Safir Biru

Safir biru merupakan jenis batu safir yang paling populer. Tingkatan warna dari safir memiliki pengaruh besar akan nilai batu mulia ini.

Salah satu perhiasan yang dihiasi safir biru paling populer tak lain adalah cincin tunangan Putri Diana dan Pangeran Charles. Cincin yang kini menjadi cincin tunangan Kate Middleton itu dihiasi batu safir 12 carat dan 14 berlian putih dengan berat total 6 carat. Bahkan bisa dikatakan bahwa cincin tunangan Putri Diana tersebut menjadi pemicu populernya cincin tunangan dengan batu permata warna-warni di tahun 1980 hingga 1990-an.

Rainbow Anniversary Sapphire Ring

Rainbow Anniversary Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Sage Diamond Sapphire Ring

Sage Diamond Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Posy Diamond and Sapphire Ring

Posy Diamond and Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Fancy Shappire

Batu safir memiliki beragam warna selain biru, yakni hijau, merah muda, oranye dan lain-lain. Namun salah satu jenis safir paling langka adalah yang berwarna campuran merah muda dan oranye atau yang disebut Padparadscha Sapphire.

Jenis warna safir ini memang agak sulit untuk dideskripsikan, namun beberapa orang menyebut warna safir padparadscha mirip dengan salmon atau pun sunset. Kata padparadscha sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang mengacu pada warna kompleks dari bunga teratai saat mekar. Para ahli pun menyebut safir dengan tingkatan warna light hingga medium pinkish orange ke orange-pink masuk dalam kategori ini.

Dimana Membeli Perhiasan Batu Safir?

Fifth Bloom menyediakan berbagai produk perhiasan berkualitas yang dihiasi berlian dan permata lainnya, termasuk batu safir. Kalian pun bisa memilih batu safir dengan berbagai warna. Mulai dari safir biru, kuning, oranye hingga ungu.

fifthbloom

2. Jenis Gemstone: Ruby

Sama dengan safir, ruby merupakan varian dari mineral korundum. Pendeknya, ruby mengacu pada korundum yang memiliki warna merah. Sementara safir adalah semua jenis batu korundum dengan warna selain merah.

Dilansir dari website Gemological Institute of America (GIA), warna merah pada ruby disebabkan oleh kandungan kromium. Nama ruby sendiri berasal dari bahasa Latin, rubeus yang berarti merah. Ruby juga dikenal sebagai salah satu permata dengan harga tertinggi. Batu ruby yang memiliki kualitas tertinggi biasanya ditemukan di Burma, Madagascar, Sri Lanka, Thailand, Kenya dan Vietnam.

3. Gemstone Zamrud atau Emerald

Zamrud atau emerald merupakan salah satu batu permata yang paling banyak dicari. Zamrud merupakan salah satu varian dari mineral jenis beryl. Memiliki warna hijau hingga hijau gelap dan hijau kebiruan, batu permata ini memberikan kesan elegan pada perhiasan.

Meski kecantikannya tak perlu diragukan lagi, namun perlu diketahui bahwa zamrud tidaklah sekuat safir atau pun ruby. Zamrud memiliki skala kekerasan yang cukup rendah yakni sekitar 7,5 hingga 8 Mohs. Sehingga batu ini lebih rentan rusak jika dibandingkan dengan safir dan ruby, apalagi dengan berlian.

4. Batu Giok

Dilansir dari website GIA, giok atau jade sebenarnya merupakan dua permata yang berbeda yaitu nephrite dan jadeite. Dengan kata lain kalian bisa menyebut nephrite sebagai giok, begitu juga dengan jadeite. Kekuatan permata ini mencapai 6,5 hingga 7 Mohs.

Selama ini orang mengenal batu giok dengan ciri khas warna hijaunya. Namun sebenarnya batu ini memilki beragam warna lain yakni putih, oranye, kuning, lavender dan hitam.

Perlu diingat, janganlah membeli giok kualitas rendah. Sebab batu giok murah biasanya merupakan batu hasil perbaikan (treated) dan sangat mudah untuk pecah, tergores dan rusak.

5. Berlian

Berlian adalah salah satu permata yang paling banyak dicari. Berlian kasar disebut sebagai intan. Setelah itu intan harus melalui proses pemotongan dan pemolesan sebelum akhirnya menjadi bentuk akhir berlian yang dijual di pasaran.

Memiliki skala kekerasan 10 Mohs, berlian merupakan batu paling kuat dan keras di bumi. Sebab itulah, berlian tak hanya dijual sebagai perhiasan. Batu yang terbuat dari karbon murni ini juga dimanfaatkan sebagai bahan industri, misalnya saja untuk pemotong kaca, mata bor pertambangan, pemotong berlian dan lain-lain.

Cek Harga Berlian Hari Ini

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.