;
close

5 Tips Persiapan Lamaran Untuk Wanita yang Wajib Kamu Tahu!

Fifth Bloom Oct 23, 2021

fifth bloom

Persiapan lamaran untuk wanita tuh hal yang penting dan ga bisa kamu lewatkan. Gimana Pun juga, hari tunangan adalah salah satu big day yang ngasih long-lasting impression dan merupakan momen yang juga berarti untuk kedua pihak orang tua.

Sebenarnya, pertunangan itu ternyata ga sama dengan lamaran! Well, memang mirip sih, dan sekarang term ini interchangeable. Tunangan artinya saat dua orang dan keluarganya sepakat untuk meningkatkan status dari berpacaran jadi lebih serius, yaitu suami istri. Biasanya, acara ini dilakukan di depan orang banyak seperti sanak saudara dan kerabat, lengkap dengan dekorasi dan hantaran buat lamaran.

Sedangkan, lamaran itu momen waktu pasanganmu memintamu untuk jadi pendamping hidupnya. Yah, intinya kalau lamaran itu proposal, kalau pertunangan itu acaranya. Tapi karena sekarang perbedaan term ini sudah ga terlalu penting, mau pakai istilah mana aja, yang penting tuh persiapan lamaran untuk wanita!

Kalau persiapan lamaran untuk wanita, yang kudu disiapkan apa aja yah?

Macam-macam persiapan lamaran untuk wanita

Selain dirimu sendiri, ada beragam persiapan lamaran untuk wanita yang harus kamu perhatikan supaya acara tunangan nanti bisa lebih lancar dan mengesankan!

Tempat tunangan dan makanan

Karena pihak wanita itu adalah tuan rumah acara tunangan, pastinya kita mau kasih yang oke dan pantas untuk para tamu dan keluarga pihak pria ‘kan? So, ini salah satu persiapan lamaran untuk wanita yang penting.

Kamu bisa jadikan rumah sendiri sebagai tempat acara lamaran, atau tempat lain misalnya restoran, gedung, dan sejenisnya. Make sure kalau tempatnya cukup dan makanannya pas sesuai selera banyak orang. Persiapan lamaran untuk wanita yang punya impact besar tuh salah satunya makanan dan tempat.Pastinya, juga harus ada tempat cukup untuk meletakkan hantaran tunangan atau seserahan lamaran nikah!

Setelah memikirkan tempat dan makanannya, persiapan lamaran untuk wanita lainnya itu memastikan dan memahami susunan acaranya. Mau pakai jasa EO atau tidak, kamu paling nggak punya gambaran apa yang dibutuhkan dan ngerti harus ngapain aja waktu tunangan.

Jalin relasi yang baik sama calon in-laws

Selain punya hubungan yang baik sama calon ayah dan ibu mertua, kamu juga sebaiknya punya relasi yang oke sama calon keluarga barumu lainnya. Kalau jauh pun, jangan sampai kasih kesan buruk. Hal ini tujuannya supaya pernikahanmu dan acara pertunangan nanti bisa berjalan lancar dan hubungannya erat-erat terus.

Selain itu, tunangan kan sebaiknya dihadiri keluarga, karena pada akhirnya dua keluarga calon pengantin bisa ketemu dan saling berkenalan. Kalau hubunganmu kurang baik, kan jadinya bisa awkward dan kurang kesan hangat kekeluargaan. Biar hal ini ga terjadi, ingat poin ini sebagai salah satu persiapan lamaran untuk wanita yang harus kamu ingat.

Rundingan tanggal cantik

Waktu acara lamaran kan biasanya juga ngomongin tanggal supaya hari pernikahan nanti itu bisa dilakukan di hari baik. Persiapan lamaran untuk wanita atau keluargamu adalah kasih input tentang tanggal oke yang sudah kamu pilih dan rundingan bareng keluarga.

Jadi waktu pertunangan nanti, keluargamu dan keluarga pasanganmu bisa saling bertukar pikiran dan nentukan tanggal paling oke. Makanya, jangan lupakan persiapan lamaran untuk wanita yang satu ini yah!

Siapkan cincin tunangan

Tergantung adat dan tradisi yang kamu pakai, cincin tunangan harus ada dong! Kadang ada pertukaran cincin antara kedua pasangan, kadang lamaran itu prosesi si cowok melamar si cewek di hadapan banyak orang.

Mau tradisi pertama atau kedua, salah satu persiapan lamaran untuk wanita yang harus kamu lakukan adalah: pastikan kalau kamu suka cincin tunangan itu! Makanya, kecuali kamu pengen ini jadi surprise, waktu pasangan atau pihak keluarganya lagi cari engagement ring, ikutan aja.

Selain itu, persiapan lamaran untuk wanita yang ga kalah penting, make sure kalau cincinnya cukup di jarimu! Ga lucu dong kalau ring-nya ga muat di jarimu atau calon tunangan.

RUTH DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 18K WHITE GOLD

RUTH DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 18K WHITE GOLD

Cincin

Lihat Harga
ELLERY TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 9K WHITE GOLD

ELLERY TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 9K WHITE GOLD

Cincin

Lihat Harga
CLASSIC 6 PRONG ENGAGEMENT RING IN 18K WHITE GOLD

CLASSIC 6 PRONG ENGAGEMENT RING IN 18K WHITE GOLD

Cincin

Lihat Harga

Nah, kalau hantaran tunangan gimana dong?

Yang namanya tunangan tuh pasti ada seserahan yang dibawa saat lamaran yah. Umumnya, bawaan saat lamaran ini dibawa oleh pihak laki-laki, tandanya dia bisa memenuhi kebutuhan hidup pihak wanitanya lahir batin. Kalau sekarang, hantaran tunangan dibungkus dan dihias dengan cantik biar lebih instagramable dan menarik.

Seperti yang disinggung di atas, persiapan lamaran untuk wanita kalau masalah bawaan tunangan ini adalah memastikan kalau tempat pertunangan nanti bisa nampung seserahan lamaran nikah, supaya ga ditaruh di lantai yah!

Oh iya, karena adat istiadat di negara kita ini beragam, sebagai persiapan lamaran untuk wanita, pastikan juga kalau susunan dan prosesnya sesuai. Kalau untuk dari laki-laki, pelajari dan persiapkan dengan baik juga, jadi kamu bisa siapkan bawaan lamaran yang tepat.

Misalnya, di budaya Sunda, pihak laki-laki harus siapkan ikat pinggang sebagai salah satu seserahan yang dibawa saat lamaran untuk pihak wanitanya. Adat lainnya gimana dong? Well, karena ga bisa menyebutkan semuanya disini, yang dibahas sementara adalah tradisi hantaran buat lamaran menurut tradisi jawa dan tionghoa yah.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Tunangan tradisi jawa

Bawaan tunangan di tradisi jawa ini ada banyak jenisnya, tapi semuanya ada maksud dan simbolisme tersendiri. Selain kebutuhan wanita seperti sepatu, perhiasan, makeup, baju, dan sepatu, ini beberapa jenis hantaran buat lamaran yang unik.

Yang pertama tuh suruh ayu dan pisang. Keduanya adalah simbol dari harta dan kemakmuran yang akan diberikan calon pengantin pria ke pasangannya. Daun suruh ayu nya harus fresh untuk melambangkan sukacita.

Trus ada juga bawaan saat lamaran berupa camilan atau kue tradisional kaya jenang, lemper, lapis, dan jajanan lainnya yang terbuat dari ketan atau yang bersifat lengket. Bawaan tunangan ini melambangkan harapan kalau pernikahan ini awet terus sampai maut memisahkan.

Ketiga, seserahan lamaran nikah kain dan stagen batik adalah harapan kalau pasangan ini bisa punya kemauan dan niat yang kuat untuk selalu mempertahankan pernikahan mereka.

Untuk tradisi dan adat jawa jaman now, persiapan lamaran untuk wanita lainnya adalah siapkan dekorasi, dress-mu, seragam keluarga, videografer dan fotografer yang kamu suka. Jangan lupa untuk senyum berseri-seri terus waktu hari H!

VALERIE TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 9K WHITE GOLD

VALERIE TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 9K WHITE GOLD

Cincin

Lihat Harga
CLASSIC ROSELLA DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 18K WHITE GOLD

CLASSIC ROSELLA DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 18K WHITE GOLD

Cincin

Lihat Harga
VALLERY CATHEDRAL DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 9K WHITE GOLD

VALLERY CATHEDRAL DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 9K WHITE GOLD

Cincin

Lihat Harga

Persiapan lamaran untuk wanita tradisi tionghoa

Ada dua istilah yang dianggap sama tapi sebenarnya cukup berbeda, yaitu dingjing dan sangjit. Kalau dari arti aslinya sendiri, dingjing itu pertunangan hasil perjodohan yang diaturkan orang tua.

Dingjing sendiri maksudnya acara lamaran di mana calon pengantin pria meminang pasangannya. Waktu pihak wanita sudah mengiyakan, ibu mempelai pria akan memakaikan kalung sebagai tanda pengikat ke sang wanita. Persiapan lamaran untuk wanita kali ini: pilih dress cantik yang menonjolkan kalungnya!

Kalau sangjit itu prosesi seserahan lamaran nikah yang dilakukan setelah acara tunangan dan beberapa waktu (satu minggu sampai enam bulan) sebelum upacara pernikahan.

Karena dua-duanya sama-sama meliputi bawaan tunangan dan seserahan yang dibawa saat lamaran, tak jarang yang menyamakan dua term ini di tradisi tionghoa.

Sebenarnya, isi bakinya hampir sama sih. Yang membedakan itu kalau untuk sangjit, isi seserahan lamaran nikah bisa include kebutuhan calon pengantin wanitanya seperti tas, perhiasan, pakaian, dan sebagainya.

Kalau jaman modern, persiapan lamaran untuk wanita yang perlu kamu lakukan di culture ini juga termasuk estetika visualnya yah. Jadi mulai dari dress, makeup hairdo, venue, dan bingkisan yang bisa sesuai sama tema dan maksud acaramu.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

Setelah persiapan lamaran untuk wanita dan acara tunangan?

Well, yang perlu kamu lakukan setelah acara selesai adalah mulai wedding planning! Pastinya kita mau pernikahan kita cuma sekali aja dan spesial banget, jadi langsung rencanakan pakai cara yang menurutmu paling nyaman.

Semoga persiapan lamaran untuk wanita dan acara tunangan nanti lancar-lancar dan sesuai ekspektasi yah! Happy planning!

CLASSIC THREE STONE DIAMOND ENGAGEMENT IN 18K WHITE GOLD

CLASSIC THREE STONE DIAMOND ENGAGEMENT IN 18K WHITE GOLD

Cincin

Lihat Harga
COMFORT FIT SOLITAIRE 4 PRONG ENGAGEMENT IN 18K WHITE GOLD

COMFORT FIT SOLITAIRE 4 PRONG ENGAGEMENT IN 18K WHITE GOLD

Cincin

Lihat Harga
CALLIOPE DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 18K WHITE GOLD

CALLIOPE DIAMOND ENGAGEMENT RING IN 18K WHITE GOLD

Cincin

Lihat Harga
  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.