;
close

6 Fakta Berlian Merah, Batu Mulia Terlangka dan Termahal di Dunia

Fifth Bloom Jul 19, 2022

Sumber foto: GIA

Sumber foto: GIA

Berlian merah atau red diamond adalah salah satu berlian paling langka. Meski berlian secara umum merupakan batu yang langka, berlian merah adalah terlangka dari yang terlangka. Tak heran, jika harga berlian merah asli begitu mahal.

Selain menjadi berlian terlangka dan termahal, masih ada fakta-fakta lain mengenai berlian merah. Berikut fakta-fakta berlian merah yang wajib kalian tahu!

1. Seberapa Langka Berlian Merah?

fifthbloom

Berlian merah dari Argyle. Sumber foto: GIA

Selama puluhan tahun, tambang berlian Argyle di Kimberley, Australia menjadi produsen terbesar berlian merah muda dan merah. Kendati demikian, kurang lebih 27 tahun beroperasi (1987-2020), Argyle hanya menghasilkan total 60,85 carat berlian merah. Rinciannya adalah 65 berlian dengan grade red dan 42 purplish red.

Kini pasokan berlian merah kian langka. Sebab seperti diketahui tambang Argyle ditutup pada November 2020 lalu. Argyle ditutup seiring dengan meningkatnya biaya ekstraksi yang semakin meningkat karena tambang menjadi terlalu dalam.

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

2. Darimanakah Warna Merah dari Berlian Merah Dihasilkan?

Berlian terbagi menjadi dua kategori besar warna yakni berlian putih dan berlian fancy colour (selain putih). Berlian-berlian fancy colour ini mendapatkan warnanya akibat kontaminasi kimia, seperti nitrogen, hidrogen hingga boron.

Namun berbeda dengan berlian merah. Batu diamond merah hanya terbentuk dari karbon murni, sama halnya dengan berlian putih. Lalu darimanakah warna merah tersebut? Hingga kini, asal warna merah tersebut masih menjadi perdebatan di kalangan ahli.

Baca juga : Mengapa Berlian Merah Menjadi Batu Termahal? Ini Ulasan Selengkapnya

Sejumlah gemolog meyakini warna merah pada berlian merah bukan karena kontaminasi bahan kimia lain. Melainkan karena adanya perubahan struktur atom berlian. Proses ini juga disebut sebagai deformasi plastis yang terjadi selama perjalanan berlian dari mantel menuju ke permukaan bumi.

Para ilmuwan juga menduga bahwa tekanan intensif dan suhu panas mengubah struktur molekul berlian merah pada proses pembentukannya. Semakin tinggi tekanan yang diterima akan membuat warna merah pada berlian semakin intens.

Cek Harga Berlian Hari Ini

3. Selain Argyle, Dimana Berlian Merah Ditemukan?

Hanya ada segelintir tempat yang tercatat menjadi lokasi ditemukannya berlian merah. Di antaranya adalah Afrika, Brasil, India dan Rusia.

Kebanyakan berlian merah ditemukan dengan brat kurang dari satu carat. Tercatat hanya ada tiga berlian merah yang ditemukan dan memiliki berat di atas 3 carat, hingga tahun 2021. Berlian merah terberat yang pernah ditemukan memiliki berat 5,11 carat.

Enthralling Twisted Diamond Engagament Ring

Enthralling Twisted Diamond Engagament Ring

Cincin

Lihat Harga
Tulip Cathedral Diamond Engagament Ring

Tulip Cathedral Diamond Engagament Ring

Cincin

Lihat Harga
Personalised Stamp Pendant

Pave Rope Engagament Ring

Cincin

Lihat Harga

4. Grade Warna Berlian Merah

Seperti diketahui, berlian putih memiliki tingkatan warna D-Z. Semakin putih sebuah berlian maka semakin mahal pula harganya. Hal ini tak berlaku untuk berlian fancy colour, termasuk berlian merah. Semakin intens warna berlian merah, maka semakin mahal pula harganya. Namun perlu diingat, warna yang terlalu pekat hingga gelap juga mempengaruhi harganya.

Sama seperti berlian fancy colour lainnya, Gemological Institute of America (GIA) membagi tingkatan warna berlian merah menjadi beberapa kategori. Mulai dari warna paling terang hingga pekat yakni faint, very light, light, fancy light, fancy, fancy intense, fancy deep dan fancy vivid. Bedanya adalah pada kualitas fancy red atau bahkan yang lebih langka fancy purplish red, hanya tersedia dalam satu kategori warna yakni fancy red atau purplish red.

Sertifikat berlian merah bukan hanya diterbitkan oleh GIA. Argyle juga menerbitkan sertifikat serupa untuk berlian merah yang mereka produksi. Bahkan berlian merah bersertifikat Argyle cenderung lebih disukai. Berlian merah yang masuk dalam kategori red dan purplish reds (pRED) dari Argyle diperkirakan 25 kali lebih langka daripada yang hanya bersertifikat GIA.

fifthbloom

5. Harga Berlian Merah Asli

fifthbloom

Hancock Red. Sumber foto: GIA

Harga berlian merah asli beragam. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh intestitas warna, cut, clarity hingga beratnya.

Hingga tahun 2022 ini, harga berlian merah per karat berkisar antara USD 400.000 hingga USD 1 juta, atau sekitar Rp 5,9 miliar hingga Rp 14,9 miliar. Contohnya saja adalah berlian Hancock Red seberat 0,95 carat, awalnya dibeli dengan harga USD 13.500 (Rp 202 juta) pada tahun 1966.

Setelah itu berlian tersebut berhasil terjual di pelelangan dengan harga USD 880.000 (Rp 13,1 miliar) pada tahun 1987. Hal ini membuat berlian tersebut menjadi berlian merah termahal dan paling terkenal. Jika dilihat dari harga tersebut, maka setidaknya harga berlian merah per karat bisa mencapai USD 926.000 atau sekitar Rp 13,8 miliar pada tahun 1987.

Vintage Style Three Stone Flore Diamond Engagament Ring

Vintage Style Three Stone Flore Diamond Engagament Ring

Cincin

Lihat Harga
Graduated Single Row Engagement Ring

Graduated Single Row Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
French Cut Halo Engagement Rin

French Cut Halo Engagement Rin

Cincin

Lihat Harga

6. Berlian Merah Paling Terkenal

fifthbloom

Berlian Moussaieff Red. Sumber foto: GIA

Selain Hancock Red, masih ada beberapa berlian merah paling terkenal di dunia. Salah satunya adalah Moussaieff Red. Berlian ini juga digadang-gadang sebagai berlian merah terbesar yang pernah ditemukan, yakni 5,11 carat.

Menariknya, berlian merah Moussaieff Red awalnya ditemukan oleh seorang petani di bagian barat Minas Gerais, Brasil. Berlian kasar alias inran tersebut memiliki berat 13,9 carat.

Setelah itu, berlian tersebut dipotong dan dipoles oleh perusahaan William Goldberg tahun 1990. Berlian ini memiliki bentuk segitiga, red shield.

Di awal tahun 2000-an, red shield dibeli oleh pengusaha Shlomo Moussaieff. Setelah itu, berlian tersebut diberi nama Moussaieff Red dan menjadi milih perusahaan Moussaieff Jewellers Ltd. Kini berlian Moussaieff Red diperkirakan berharga USD 8 juta atau Rp 119,8 miliar.

Check harga berlian berdasarkan clarity di sini :

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.