;
close

6 Fakta Unik Bentuk Berlian Pear yang Jarang Diketahui

Fifth Bloom Jun 08, 2023

6 Fakta Unik Bentuk Berlian Pear yang Jarang Diketahui

Sumber foto: Pinterest

Ketika memilih perhiasan berlian, ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari kualitas berlian, jenis logam mulia, hingga bentuk atau jenis berlian yang diinginkan. Ya, bentuk berlian menjadi salah satu faktor penting yang tak boleh dilupakan. Sebab ini akan mempengaruhi desain atau penampakan keseluruhan dari perhiasan.

Salah satu bentuk berlian yang cukup populer adalah pear shape diamond atau bentuk berlian asli pear. Ada beberapa fakta menarik tentang jenis berlian yang satu ini.

1. Apa itu Bentuk Berlian Pear?

Pear shaped diamond atau pear cut atau pear shape adalah bentuk berlian yang menyerupai buah pear. Bentuk ini juga dikenal dengan tear drop karena mirip dengan tetesan air.

Bisa dikatakan bahwa berlian pear merupakan gabungan dari bentuk marquise dan berlian bundar. Bagian lebarnya mirip dengan berlian bundar, sementara ujungnya yang runcing mirip dengan bentuk marquise.

Seperti kita tahu jenis-jenis berlian memang cukup beragam. Berlian pear masuk dalam kategori fancy shaped atau bentuk berlian fancy. Ini merupakan kategori berlian selain bundar.

fifthbloom

2. Asal Muasal Desain Berlian Pear

Di zaman modern ini, para desainer perhiasan kerap menggunakan berlian bentuk pear untuk perhiasan yang memiliki kesan modern. Sehingga tidak sedikit yang mengira bahwa pear shape diamond ditemukan baru-baru ini. Ini tidaklah benar. Meskipun terlihat sangat mutakhir, bentuk berlian ini berasal dari pertengahan abad ke-15 di Flanders, Belgia.

Pada tahun 1475, seorang pengrajin berlian bernama Lodewyk van Bercken dari Belgia berhasil menemukan roda pemoles berlian, atau scaif. Penemuan barunya tersebut mengubah metode pemotongan berlian selamanya.

Alat tersebut memungkinkan untuk melakukan pemotongan berlian dengan lebih mudah, rapi dan simetri. Pada tahun yang sama, Lodewyk juga berhasil membuat berlian bentuk pear yang pertama di dunia.

Sejak ditemukan lebih dari 500 tahun yang lalu, pemotong telah bekerja keras untuk menentukan rasio panjang dan lebar yang ideal untuk berlian bentuk buah pear sehingga memiliki kilau maksimal. Namun jumlah faset tetap sama sejak awal.

Van Bercken menetapkan berlian berlian pear cut dengan 58 facets. Berabad-abad berlalu, berlian pear tetap memiliki jumlah sisi yang sama, bahkan hingga saat ini. Jumlah facet berlian pear sama dengan berlian bundar, yakni 58.

Cek Harga Berlian Hari Ini

3. Keunikan Pear Shaped Diamond

Bentuk berlian pear yang asimetris, menjadi salah satu daya tarik utamanya. Bentuk berlian ini cocok dijadikan liontin, anting-anting dan cincin solitaire.

Karena bentuk berlian ini sudah ada sejak lama, akan mudah untuk menemukan baik perhiasan antik atau pun modern dengan berlian pear. Selain itu, beberapa batu mungkin terlihat seperti buah pear yang lebih lebar. Beberapa mungkin tampak memanjang.

Kini, kebanyakan pengrajin berlian akan memotong bentu pear dengan tiga resio paling populer. Yang pertama adalah 1-1:30 yang merupakan pir semi-gemuk atau lebih lebar. Bentuk ke dua 1-1:50, ini merupakan bentuk paling disukai dan dianggap paling ideal. Yang ke tiga adalah 1-1:70 yang merupakan kontur elegan memanjang.

Lantas mana bentuk yang terbaik? Sebenarnya semua bentuk atau rasio di atas itu baik, dan tidak ada yang salah atau buruk dari salah satu rasio tersebut. Karena konsumen memiliki preferensi pribadi. Dan yang mungkin saja baik bagi satu orang, belum tentu menarik bagi yang lain.

Selain rasio panjang-lebar yang proporsional, elemen kunci yang harus dicari pada berlian pear adalah memastikan sisi bundar permata itu penuh, simetris, dan tanpa area yang rata atau tonjolan yang terlalu jauh dari simetri. Pada intinya, pilihlah berlianmu secara jeli.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

4. Rekomendasi Warna Pear Shape Diamond

Warna atau colour menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan sebelum memilih berlian bentuk pear. Bentuk berlian fancy, seperti marquise, oval dan pear warnanya cenderung lebih mudah terlihat dibandingkan dengan berlian bulat yang bisa menyembunyikan warna rendah.

Misalnya saja, berlian bulat dengan tingkat warna H cenderung terlihat lebih putih dibandingkan dengan berlian pear warna H. Ini disebabkan gaya pemotongan pear cut, warnanya jauh lebih terlihat di dekat ujung berlian yang runcing.

Jika kalian adalah orang yang sensitif terhadap warna dan ingin berlian pear tampak putih saat dipadukan dengan emas putih/platinum, pilih grade warna G ke atas. Namun jika kalian memiliki budget terbatas, bisa memilih tingkat warna lebih rendah seperti berlian H hingga J. Untuk meredam rona kekuningan pada berlian, kalian bisa memadukannya dengan logam emas kuning atau rose gold.

5. Clarity pada Bentuk Berlian Pear

Dalam hal clarity, gaya pemotongan berlian pear  yang brilian sangat bagus dalam menyembunyikan inklusi. Ini berarti kalian bisa memilih berlian eye-clean pada rentang kejernihan yang lebih rendah.

Check harga berlian berdasarkan clarity di sini :

6. Desain Perhiasan Terbaik untuk Berlian Bentuk Pear

Saat memilih perhiasan berlian pear, perhatikan desain dan setting-nya. Misalnya saja kalian ingin cincin berlian pear, lebih baik pilih setting 5 prong atau 6 prong. Pastikan prong tersebut melindungi bagian ujung berlian yang runcing dan lebih rentan rusak.

Selain itu, kalian juga bisa memilih berbagai desain untuk bentuk berlian ini. Sebab berlian pear akan tampak sangat elegan untuk cincin solitaire. Namun, berlian pear juga tak kalah cantik saat dipadukan dengan desain cincin halo.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.