close

8 Ritual Pernikahan Adat Bali yang Sarat Makna

Fifth Bloom Sep 23, 2022

Sumber foto: Kaskus

Sumber foto: Kaskus

Ketika mendengar kata Bali, apa yang terlintas dalam benak kalian? Pasti tak sedikit yang berpikir tentang keindahan alamnya. Tapi jangan lupa, bahwa Pulau Dewata juga memiliki budaya yang begitu kaya. Adat pernikahan Bali salah satunya.

Masyarakat Bali memang terkenal teguh dalam memegang erat kebudayaan mereka. Tak terkecuali saat menggelar pernikahan adat Bali. Berbagai ritual dan prosesi pernikahan yang ada pun sudah dilakukan secara turun-temurun.

Prosesi pernikahan adat Bali biasanya disebut dengan Pawiwahan. Perkawinan adat Bali ini berpegangan teguh pada Kitab Weda, serta mengikuti hukum agama Hindu. Tujuannya agar pasangan pengantin mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Setiap prosesi pernikahan adat Bali memiliki tujuan dan makna filosofis yang mendalam. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perkawinan adat Bali ini. Berikut ulasan selengkapnya mengenai prosesi pernikahan dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pernikahan adat Bali.

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Lotus Halo Diamond Engagement Ring

Lotus Halo Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Classic Three Stone Diamond Engagement Ring

Classic Three Stone Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggelar Pawiwahan Bali

1. Makna Pawiwahan

Dilansir dati buku Upakara dan Upacara Perkawinan bagi Umat Hindu di Bali yang disusun oleh Pedanda Istri Gede Sindu, ‎Ida Pedanda Gede Mandara Putra Kekeran, ‎Dr. Drs. I Gede Rudia Adiputra, M.Ag, pawiwahan memiliki makna dan tujuan yang mendalam. Dalam buku tersebut pawiwahan merupakan korban suci yang menjadi alat untuk menyucikan pasangan pengantin dari segala hal dan pengaruh buruk.

Selain itu, pawiwahan Bali juga bertujuan sebagai permohonan kepada Sanghyang Widhu dan Bhatara Leluhur agar pasangan mempelai bisa menjalani kehidupan pernikahan pada jalan kebenaran. Dan terbebas dari sarwa papa dan wighna. Sehingga rumah tangga mereka bisa berjalan dengan tenang, harmonis, dinamis, rukun dan penuh kebahagiaan.

fifthbloom

2. Baju Pengantin Adat Bali

Seperti halnya pernikahan adat lainnya di Indonesia, pengantin Bali akan memakai baju yang khas. Dalam buku Ensiklopedia Seni Dan Budaya 3: Pakaian Nusantara karya R. Toto Sugiarto dituliskan bahwa baju adat nikah Bali disebut sebagai Payas Agung. Baju pengantin adat Bali ini memiliki warna cerah sebagai simbol dari kebahagiaan kedua calon pengantin.

Selain itu, baju pengantin adat Bali yang mewah dan lengkap juga menyimpan arti keindahan bagi mempelai yang memakainya. Pada umumnya, baju pengantin Bali memiliki unsur warna kuning, merah, ungu dan keemasan yang dominan.

Bryson Diamond Female Diamond Wedding Ring

Bryson Diamond Female Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Scalloped Pave Diamond Wedding Ring

Scalloped Pave Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Gladys Diamond Wedding Ring

Gladys Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

Prosesi Pernikahan Adat Bali

1. Menentukan Hari Baik untuk Pernikahan Adat Bali

Menggelar momen besar seperti pernikahan, harus dilakukan dengan berbagai persiapan. Bukan saja memilih baju, peralatan hingga dekorasi terbaik, waktu pun harus diperhitungkan secara matang. Masyarakat Bali pun harus memilih hari baik sesuai dengan kalender Hindu untuk menggelar pernikahan.

Bukan tanpa tujuan, pemilihan hari baik untuk nikah adat Bali ini diyakini akan mempengaruhi kehidupan berumahtangga calon pengantin. Jika mereka menggelar perkawinan di hari baik, maka diyakini kehidupan pernikahan mereka akan baik dan lancar.

fifthbloom

2. Upacara Ngekeb dalam Pernikahan Adat Bali

Upacara ngekeb dalam perkawinan adat Bali dilakukan dengan cara memandikan serta mencuci rambut calon mempelai wanita. Tak hanya itu, dia juga akan memakai lulur khusus yang dibuat dari campuran bunga kenanga, kunyit, beras dan daun merak yang telah ditumbuk dan dihaluskan.

Kemudian calon pengantin perempuan akan masuk ke dalam kamar yang sudah disesiakan sesajen. Ia tak diperbolehkan keluar hingga calon mempelai pria datang dan menjemputnya.

Ketika pengantin pria datang, mempelai wanita harus ditutupi dengan selembar kain tipis warna kuning dari ujung kaki hingga kepala. Apa makna di balik upacara ini? Pengantin wanita telah mengubur masa lalu dan siap meniti hidup baru dengan suaminya.

Selain itu, upacara ini juga menjadi tanda bahwa sang calon pengantin perempuan telah berubah dari gadis menjadi wanita dewasa. Dia juga sudah siap menjadi istri yang setia kepada suaminya.

Cek Harga Berlian Hari Ini

3. Ngungkap Lawang

Ngungkap lawang atau membuka pintu, merupakan upacara penjemputan pengantin wanita yang dilakukan oleh pengantin pria. Setelah itu keduanya akan melakukan Sembilan prosesi yakni, Pejati dan suci alit, Peras pengambean, Caru ayam brumbun asoroh, Bayekawonan, Prayascita, Pangulapan, Segehan panca warna, Segehan seliwang atanding, dan Segehan agung.

Namun sebelum menjalani prosesi tersebut, pengantin laki-laki akan mengucapkan syair Weda, yang juga akn dibalis dengan syair Weda oleh mempelai perempuan. Selanjutnya mereka akan melempar daun betel atau daun siri. Tujuannya untuk melawan kekuatan jahat yang mungkin saja menghadang selama prosesi pernikahan adat Bali berlangsung.

Tak hanya itu, upacara ini juga bertujuan sebagai penghormatan bagi keluarga mempelai wanita. Sekaligus sebagai harapan agar kehidupan pernikahan mempelai lancar.

4. Upacara Medagang-dagang dalam Perkawinan Adat Bali

Medagang-dagang memiliki arti berdagang. Dalam upacara ini, pengantin perempuan dan pria akan melakukan tawar-menawar barang dagangan hingga mencapai kesepakatn harga.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

5. Metegen-tegenan dan Suun-suunan

Dilanjutkan dengan upacara metegen-tegenan dan sun-suunan. Dalam prosesi ini metegn-tegenan akan dipikul pengantin pria dan sun-suunan djunjung oleh pengantin perempuan. Keduanya pun akan mengelilingi api suci (sanggah surya) sebanyak tujuh kali.

Pengantin perempuan dan pria akan melantunkan doa setiap langkahnya. Upacara ini adalah simbol awal dari kehidupan baru kedua mempelai.

fifthbloom

6. Natab Pawetonan dalam Adat Pernikahan Bali

Natab pawetonan adalah upacara yang dilakukan salam sistem perkawinan mepadik. Prosesi ini dilakukan di atas tempat tidur dengan cara memberikan seserahan pernikahan adat Bali. Seserahan yang berisi berbagai barang berharga seperti seperangkat perhiasan dan pakaian akan diserahkan oleh pengantin laki-laki kepada ibu dari pengantin perempuan.

Barang-barang yang diberikan tersebut adalah simbol pengganti air susu ibu. Dengan kata lain, ini menjadi tanda bahwa tanggung jawab seorang ibu untuk membesarkan dan melindungi anaknya telah usai.

7. Bekal Tadtadan dalam Prosesi Nikah Adat Bali

Prosesi ini dilakukan dengan cara memberikan seperangkat perhiasan atau pun pakaian ibadah dari ibu kepada putrinya. Ritual ini mengandung harapan agar sang putri selalu mengingat kasih sayang dan jasa ibunya. Di sisi lain, pemberian pakaian ibadah merupakan harapan agar si anak selalu mengingat Tuhan dan rajin beribadah.

Male Brushed Single Full Stone in Prong Diamond Wedding Ring

Male Brushed Single Full Stone in Prong Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Male Channel Diamond Wedding Ring Series

Male Channel Diamond Wedding Ring Series

Cincin

Lihat Harga
Male Tension Single Diamond Wedding Ring

Male Tension Single Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

8. Upacara Mejaya-jaya dalam Adat Pernikahan Bali

Prosesi terakhir dari pernikahan adat Bali adal mejya-jaya. Ritual ini dilakukan setelah pengantin resmi menyandang status suami istri. Upacara mejaya-jaya mengandung harapan agar pasangan mendapat kemudahan dan bimbingan Tuhan.

Setelah menjalani ritual mejaya-jaya, pasangan suami istri tak boleh keluar atau melakukan perjalanan selama tiga hari. Pada masa ini keduanya juga harus menjalani kewajiban sebagai sumi istri. Hal ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keintiman antara pasangan.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.