;
close

Apakah Moissanite Termasuk Berlian? Berikut Penjelasan Selengkapnya

Fifth Bloom Feb 03, 2023

Apakah Moissanite Termasuk Berlian? Berikut Penjelasan Selengkapnya

Apa sih perbedaan moissanite dan berlian? Apakah moissanite termasuk berlian? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tak jarang dilontarkan oleh calon konsumen.

Sekilas keduanya memang tampak mirip. Namun ada perbedaan yang cukup mencolok dari berlian dan moissanite. Sayangnya tidak semua orang tahu akan hal tersebut. Hal ini pun tak jarang dimanfaatkan oleh para oknum tak bertanggung jawab untuk mendulang untung.

Batu berlian memang masih menjadi pilihan favorit untuk menghiasi berbagai perhiasan. Bahkan, batu permata yang langka ini juga menjadi simbol dari ikatan cinta abadi yang dilambangkan melalui cincin tunangan dan cincin kawin. Sehingga banyak orang menginginkan berlian untuk perhiasannya.

Beberapa oknum tak bertanggung jawab memanfaatkan rasa tertarik banyak orang terhadap berlian ini untuk mengelabuhi mereka. Oknum-oknum tersebut pun menjual moissanite sebagai berlian dengan iming-iming harga yang jauh lebih murah.

Untuk itulah, bagi calon pembeli sebaiknya waspada ketika ada yang menjual ‘berlian’ dengan harga yang sangat rendah, atau jauh dari harga pasar. Sebab bisa saja, batu permata yang didapat bukanlah berlian melainkan batu yang mirip berlian seperti moissanite.

Sebab itulah, akan lebih baik jika calon pembeli mengetahui perbedaan moissanite dan berlian sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan permata. Sehingga bisa terhindar dari kejadian tak diinginkan.

La Fleur Diamond Engagement Ring

La Fleur Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
East to West Diamond Engagement Ring

East to West Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Windmill Diamond Engagement Ring

Windmill Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Apakah Moissanite Termasuk Berlian?

Jawabannya adalah tidak. Moissanite dan berlian merupakan dua batu yang berbeda. Mulai dari bahan pembuatannya, kekuatan, hingga kecemerlangan dua batu ini tidaklah sama.

Perbedaan Moissanite dan Berlian

1. Bahan Pembuatan Moissanite Vs Berlian

Moissanite pertama kali ditemukan oleh Henri Moissan, seorang ilmuwan Prancis, moissanite awalnya ditemukan di kawah yang ditinggalkan oleh meteor yang jatuh. Meski sekilas terlihat mirip, moissanite sangat berbeda dengan berlian. Berlian terbuat dari karbon, sedangkan moissanites terbuat dari silikon karbida murni - mineral yang sangat langka dan terbentuk secara alami.

Moissanite alami yang ditemukan oleh Henri Moissan pada tahun 1893 sangat langka, sehingga hampir tidak mungkin menggunakan moissanite alami untuk perhiasan. Dengan demikian, moissanite yang dijual hari ini diproduksi oleh laboratorium.

The Knot Diamond Wedding Ring

The Knot Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
The Square Frame Diamond Wedding Ring

The Square Frame Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Dual Tone Diamond Wedding Ring

Dual Tone Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

2. Perbedaan Berlian dan Moissanite: Kekuatan

Perbedaan moissanite dengan berlian selanjutnya ada pada kekuatan. Seperti kita tahu, berlian merupaka batu terkuat di dunia dengan skala kekerasan 10 Mohs. Sedangkan moissanite memiliki skala kekuatan 9,25-9,5 Mohs.

fifthbloom

3. Perbedaan Kilau Berlian Vs Moissanite

fifthbloom

Moissanite vs Berlian. Sumber foto: Fifth Bloom

Perbedaan paling jelas antara moissanite dan berlian adalah kecemerlangannya. Moissanite mantulkan cahaya warna-warni seperti pelangi. Kilaunya berbeda daripada berlian alami yang memantulkan cahaya putih.

Pantulan cahaya warna-warni ini terlihat ketika kita memutar moissanite di bawah cahaya. Namun moissanite juga memantulkan cahaya putih dan abau-abu yang mirip dengan berlian.

Berlian pun sebenarnya juga memiliki kilau pelangi yang berbeda daro batu-batu permata lain, termasuk moissanite. Sehingga tidak sedikit yang tertipu dan mengira bahwa moissanite adalah berlian.

Oleh sebab itu, jika kalian memiliki berlian dan memantulkan cahaya pelangi, usahakan untuk melakukan pengecekan bersama ahli. Kalian juga bisa datang ke Fifth Bloom yang memiliki alat lengkap untuk mengecek berlian kalian asli atau palsu. Klik di sini untuk menghubungi customer service.

fifthbloom

4. Warna Moissanite Vs Berlian

Baik moissanite dan berlian keduanya bisa tidak berwarna atau colourless atau memiliki rona warna tertentu. Moissanite secara tradisional memiliki warna kekuningan atau kehijauan. Seiring berkembangnya zaman, pabrik moissanite berusaha untuk membuat batu ini lebih baik.

Saat berada di bawah lampu tertentu, warna kuning dan hijau dapat terlihat pada moissanites. Semakin besar moissanite, semakin mudah untuk melihat semburat kuning, abu-abu atau hijau. Pada ukuran besar, umumnya mudah untuk melihat perbedaan mencolok dari berlian.

Sementara itu, warna berlian, bisa sangat bervariasi. Warna berlian dinilai dengan skala D-Z, dengan D benar-benar putih atau colourless dan berlian Z yang memiliki rona kekuningan yang jelas.

Berlian juga memiliki berbagai varian warna seperti hijau, biru, cokelat, hingga yang paling langka yakni merah muda dan merah. Berlian yang berwarna selain putih disebut sebagai fancy coloured diamond.

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

5. Perbedaan Berat Berlian dan Moissanite

Moissanites akan memiliki berat sekitar 15% lebih ringan dari berlian dengan ukuran yang sama. Meskipun hal ini tidak akan terasa saat kalian memegang kedua batu, timbangan perhiasan berpresisi tinggi akan dengan mudah menunjukkan perbedaan beratnya.

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Twin Butterfly Engagement Ring

Twin Butterfly Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Ruth Diamond Engagement Ring

Ruth Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

6. Harga Batu Moissanite Asli Vs Berlian

Harga batu moissanite asli dan berlian juga jauh berbeda. Harga juga menjadi salah satu perbedaan paling mencolok antara berlian dan moissanite.

Moissanite jauh lebih murah. Pada umumnya moissanite dibanderol dengan harga 10% hingga 20% saja dari harga berlian dengan ukuran yang sama. Sehingga ketika calon pembeli mendapatkan penawaran harga ‘berlian’ yang begitu miring, hal ini perlu dipertanyakan keasliannya.

Cek Harga Berlian Hari Ini

7. Apakah Moissanite Bisa Dijual Kembali?

Karena nilainya yang rendah, moissanite sangat sulit untuk dijual kembali. Jika ada yang mau membeli lagi pun, harganya akan jauh di bawah harga jual.

Tidak seperti berlian yang mengalami peningkatan secara signifikan setiap tahunnya. Berlian pun bisa dijual kembali atau pun menjadi batang berharga yang diwariskan untuk keluarga.

Belilah Berlian Bersertifikat

Untuk menghindari kesalahan atau penipuan, lebih baik belilah berlian asli bersertifikat. Tentunya pastikan sertifikat tersebut diterbitkan oleh lembaga terpercaya seperti Gemological Institute of America (GIA), bukan sekadar sertifikat toko.

Dengan begitu, kalian bisa merasa tenang saat membeli berlian. Sebab berlian bersertifikat sudah melalui inspeksi dari para ahli berlian. Sehingga kualitas yang tertulis di sertifikat pasti sama dengan kualitas berlian yang kalian dapat.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.