;
close

Berapa Harga Intan di Toko Emas Hari Ini?

Fifth Bloom Jul 08, 2022

Sumber foto: Architectural Digest

Sumber foto: Architectural Digest

Berlian menjadi salah satu bukti bahwa kekuatan alam melahirkan keindahan. Kilau berlian membuat banyak orang jatuh cinta. Tak heran jika perhiasan yang dengan batu mulia ini pun dijadikan berbagai simbol untuk ikatan cinta. Orang-orang pun berbondong-bondong mencari berapa harga intan di toko emas atau pun berapakah harga berlian hari ini.

Ya, memang hingga saat ini masih banyak yang memiliki pemahaman yang kurang tepat antara intan dan berlian. Tak jarang yang memahami intan dan berlian sebagai hal yang sama. Bahkan orang-orang awam juga seringkali bertanya mengenai berapa harga intan di toko emas, walau sebenarnya yang mereka maksud adalah berlian.

Intan merupakan berlian mentah. Ya, ketika ditemukan di alam, berlian tak langsung berbentuk mulus seperti yang dijual di pasar perhiasan. Namun masih berbentuk bongkahan kasar, inilah yang disebut sebagai intan. Intan kemudian akan dipotong dan dipoles, sehingga menjadi berlian yang siap dijual atau dijadikan perhiasan.

Perlu dicatat, hanya intan mentah berkualitas baik yang biasanya diolah menjadi perhiasan. Sedangkan intan dengan kualitas buruk akan dimanfaatkan untuk kepentingan industri.

La Fleur Diamond Engagement Ring

La Fleur Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
East to West Diamond Engagement Ring

East to West Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Windmill Diamond Engagement Ring

Windmill Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Berapa Harga Intan di Toko Emas?

Pada umumnya, toko emas tak menjual intan mentah. Kebanyakan toko perhiasan akan menjual berlian yang sudah dipotong dan dipoles bahkan disertifikasi. Lantas apakah kalian bisa membeli berlian mentah?

Intan atau berlian mentah tidak biasanya dijual untuk konsumen perseorangan. Produk ini ditujukan untuk perusahaan pengolah berlian termasuk pemotong dan pemoles berlian, sehingga nantinya bisa dijual ke konsumen dalam bentuk yang sempurna.

Sehingga membeli berlian mentah akan menjadi tantangan tersendiri bagi konsumen perseorangan. Namun kini dengan perkembangan teknologi memudahkan akses untuk membeli berlian mentah atau intan.

Lalu berapa harga berlian mentah atau intan? Harga intan tentunya berbeda dengan harga berlian yang dijual di toko emas atau toko perhiasan pada umumnya. Berlian mentah dijual lebih murah.

Baca juga : Harga Berlian 1 Karat dan 1 Gram Tahun 2022 Update

Harga berlian mentah ini juga dipengaruhi oleh aspek clarity, colour dan carat. Semakin tinggi kualitasnya semakin tinggi pula nilai dan harganya.

Tak mudah untuk mengetahui dengan pasti harga berlian mentah. Namun dilansir dari berbagai sumber, biasanya intan mentah akan dijual dengan harga sekitar USD 90 - USD 2.000 (Rp 1,3 juta hingga Rp 29,9 juta) per carat. Tentunya hal ini tergantung dengan kualitas intan.

Untuk menentukan harga berlian mentah atau intan per karat adalah hal yang sangat sulit dan hampir tak mungkin. Sebab begitu banyak hal yang bisa mempengaruhinya.

Namun dilansir dari website Diamond 101, berikut adalah daftar harga intan per karat pada tahun 2022. Perlu dicatat bahwa berlian mentah per karat berikut hanya dilihat dari aspek clarity. Ini afdalah harga berlian mentah berwarna putih.

  • Berlian mentah I3: USD 90 – USD 160 (Rp 1,3 juta – Rp 2,3 juta)

  • Berlian mentah I2: USD 160 – USD 240 (Rp 2,3 juta – Rp 3,5 juta)

  • Berlian mentah I1: USD 240 – USD 350 (Rp 2,3 juta – Rp 5,2 juta)

  • Berlian mentah SI2: USD 350 – USD 480 (Rp 5,2 juta – Rp 7,1 juta)

  • Berlian mentah SI1: USD 480 – USD 600 (Rp 7,1 juta – Rp 8,9 juta)

  • Berlian mentah VS2: USD 600 – USD900 (Rp 8,9 juta – Rp 13,5 juta)

  • Berlian mentah VS1: USD 900 – USD 1.300 (Rp 13,5 juta – Rp 19,4 juta)

  • Berlian mentah VVS2: USD 1.300 – USD 1.600 (Rp 19,4 juta – Rp 24 juta)

  • Berlian mentah VVS1: USD 1.600 – USD 1.900 (Rp 24 juta – Rp 28,5 juta)

  • Berlian mentah FL: USD 1.900 ke atas (Rp 28,5 juta lebih)

Perlu diingat, bahwa berlian mentah tak bisa memantulkan cahaya semaksimal berlian yang sudah dipotong dan dipoles. Apalagi berlian mentah juga belum memenuhi standar cut yang menjadi penentu kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya. Sehingga hal ini perlu dipertimbangkan lagi sebelum membeli intan.

Double Hoop Diamond Earrings

Double Hoop Diamond Earrings

Anting

Lihat Harga
Heart Diamond Earring (Kids Edition)

Heart Diamond Earring (Kids Edition)

Anting

Lihat Harga
Classic Hoop Diamond Earrings (Kids Edition)

Classic Hoop Diamond Earrings (Kids Edition)

Anting

Lihat Harga

Harga Berlian Hari Ini

Membeli berlian yang sudah dipotong, dipoles dan disertifikasi memang lebih aman. Berlian-berlian ini pun juga tampak jauh lebih indah dan berkilau.

Namun seperti kita ketahui, bahwa harga berlian dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti 4C. Ada pula faktor lain yang mempengaruhi harga berlian hari ini. Apa saja faktor lain yang jadi penentu harga berlian selain 4C?

1. Fluoresensi

fifthbloom

Penampakan fluoresensi berlian. Sumber foto: Fifth Bloom

Fluorescence atau fluoresensi merupakan kondisi di mana berlian memancarkan cahaya berwarna ketika diletakkan di bawah sinar ultraviolet (UV) seperti lampu UV atau pun sinar matahari. Pancaran sinar fluorescence ini biasanya berwarna biru. Namun pada kasus langka juga terdapat warna lainnya seperti oranye (jingga), kuning dan putih.

Pancaran fluoresensi ini akan hilang jika lampu UV dimatikan. Atau pun ketika berlian tidak terpapar sinar UV dari sinar matahari langsung misalnya. Namun sinar matahari biasanya tak terlalu kuat mempengaruhi penampakan fluoresensi berlian.

Tidak semua berlian memiliki pendaran fluorescence. Hanya sekitar 25% - 35% berlian yang memiliki fluoresensi. Lantas apakah berlian yang memiliki fluoresensi buruk?

Berlian dengan tingkat fluoresensi medium hingga very strong biasanya kurang disukai. Apalagi jika berlian tersebut memiliki tingkat warna yang cukup tinggi yakni D-H. Sehingga berlian-berlian tersebut akan cenderung memiliki harga lebih rendah.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Fluoresensi Berlian

Namun hal ini berlaku kebalikan pada berlian dengan tingkatan warna H ke bawah. Warna biru yang terpancar menetralkan warna kuning pada berlian sehingga menghasilkan efek putih saat berlian terpapar sinar UV (sama halnya dengan terpapar sinar matahari secara langsung). Hal ini membuat berlian tersebut seolah-olah memiliki colour satu atau dua tingkat lebih tinggi.

Inilah mengapa berlian dengan colour I-M yang memiliki fluorescence medium hingga very strong memiliki harga jual sedikit lebih mahal dibandingkan dengan berlian colour setara yang tingkat fluorescence-nya lebih rendah.

Cek Harga Berlian Hari Ini

2. Berlian Premium

fifthbloom

Berlian heart and arrow. Sumber foto: Fifth Bloom

Jika kalian adalah penggemar berlian, pasti sudah taka sing dengan istilah heart dan arrows. Berlian heart and arrows masuk dalam kategori berlian premium dengan kualitas proporsi dan pemotongan di atas kriteria Excellent GIA.

Istilah “Hearts & Arrows” mengacu pada 8 panah simetris (arrows) yang terlihat dari bagian atas (mahkota) dan 8 hati simetris (hearts) yang terlihat dari bagian bawah (paviliun) berlian bundar istimewa dengan potongan sempurna. Bentuk panah dan hati tersebut tercipta dari refleksi bagian batu yang saling bertumpukan setelah dibentuk dan diselaraskan secara konsisten dan hati-hati.

Bukan hanya karena keindahannya, berlian ini masuk kategori premium karena dibutuhkan keahlian khusus untuk memotong berlian heart and arrows yang sempurna. Pemotong tak hanya harus memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni, tetapi juga harus menghabiskan tiga hingga empat kali waktu lebih lama untuk sebuah berlian. Bahkan mereka juga harus mengorbankan sebagian pecahan berlian demi menghasilkan potongan istimewa.

fifthbloom

Beberapa contoh koleksi berlian Fifth Bloom. Sumber foto: Fifth Bloom

Fifth Bloom tak hanya menyediakan produk heart and arrows yang berkualitas tinggi. Fifth Bloom juga menyediakan ribuan koleksi berlian dengan berbagai spesifikasi. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan budget dan selera. Klik di sini untuk melihat koleksi berlian Fifth Bloom.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.