;
close

Cara Menghitung Harga Berlian dan Mendapatkan Penawaran Terbaik

Fifth Bloom Jul 01, 2022

Sumber foto: Fifth Bloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Carat berlian atau berat berlian memiliki variasi, dari yang paling ringan 0,01 carathingga 545,65 carat. Berlian dengan ukuran mulai dari 0,01 - 0,3 disebut berlian kecil (melee diamond). Tentunya hal tersebut mempengaruhi harga berlian.

Pada umumnya berlian jenis ini tidak bersertifikat karena ukurannya yang terlalu kecil untuk bisa diukur di lab. Alasan lain karena biaya dan waktu pengecekan tidak sebanding dengan ukuran dan jumlahnya.

Meski begitu, berlian kecil ini umumnya memiliki kualitas colour D-F dan clarity VVS. Berlian dengan berat selain 0.3 biasanya sudah disertifikasi ketika keluar dari tempat pemotong. Untuk standar sertifikasi sendiri umumnya mereka harus memiliki ukuran lebih dari 0.18 carat.

Perbandingan Harga Berlian Melee dan Berlian Bersertifikat

Pernahkah kamu melihat berlian melee dengan total berat yang sama dengan satu berlian besar? Jika keduanya dibandingkan, mana yang lebih murah? Untuk memudahkan pemahaman kalian akan hal ini, berikut perbandingan produk :

fifthbloom

Cincin solitaire 0,19 carat (kiri) dan cincin berlian melee 0,19 carat (kanan). Sumber foto: Fifth Bloom

Jika kita melihat gambar di atas keduanya memiliki berat yang sama yaitu 0,19 carat dengan jumlah batu yang berbeda. Untuk cincin solitaire diperoleh dari satu batu tengah dengan berat 0,19 carat. Sementara berat 0,19 carat pada berlian kecil (berlian melee) merupakan total keseluruhan carat atau ctw (carat total weight).

Akan tetapi berat yang sama tidak berarti harga yang sama, berlian melee atau berlian kecil memiliki harga relatif lebih murah. Mengapa bisa begitu? Salah satu alsannya adalah untuk menemukan berlian yang lebih kecil jauh lebih mudah. Namun, berlian yang memiliki berat lebih besar akan lebih susah.

Jika berlian kecil lebih murah kemudian bagaimana dengan harga berlian bersertifikat? Antara berlian 1 carat dengan 3 carat, apakah teori di atas juga berlaku untuk berlian bersertifikat? Untuk memudahkan, berikut gambaran batu berlian dengan carat yang berbeda tetapi memiliki model cincin, clarity, dan colour yang sama :

fifthbloom

Perbandingan harga berlian 1 carat vs 3 carat dengan spesifikasi yang sama. Sumber foto: Fifth Bloom

Spesifikasi dari kedua berlian tersebut adalah cut excellent, colour G, clarity VVS2 dengan carat yang berbeda. Pada gambar sebelah kiri, berlian tersebut memiliki berat 1 carat dengan harga Rp 145.874.110.

Sementara pada gambar sebelah kanan memiliki berat 3 carat dengan harga Rp 1.285.595.656. Walaupun memiliki perbedaan 2 carat, harga kedua berlian ini jauh berbeda. Dalam arti lain, dengan harga berlian 3 carat, kalian bisa membeli berlian 1 carat sebanyak 8 kali dengan spesifikasi yang sama.

Kesimpulan

Semakin besar carat maka semakin mahal pula berlian tersebut. Akan tetapi pada prakteknya, ada indikator lain seperti banyak peminat/popularitas/banyaknya permintaan dan ketersediaan stock,juga membuat semakin mahal harga berlian tersebut.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Cara menghitung harga berlian berdasarkan Colour

Colour atau warna bisa memiliki dua konteks. Yang pertama, untuk berlian berwarna (fancy colour) sering diartikan sebagai corak berlian. Akan tetapi jika kita berbicara colour pada berlian putih (colourless) berarti munculnya sebuah warna coklat atau kekuningan pada berlian, yang menyebabkan harganya menjadi lebih murah (terjangkau).

Ragamnya corak pada berlian berwarna (fancy colour) dibagi menjadi beberapa tingkatan oleh GIA. Mulai dari yang pudar hingga pekat, Faint, Very Light, Light, Fancy Light, Fancy, Fancy Intense, Fancy Vivid, Fancy Deep, dan Fancy Dark.

Akan tetapi jika ditanya dari tingkat tersebut mana yang paling mahal? Menjawabnya akan sulit karena idealnya, warna dengan kategori vivid paling banyak mengandung warna. Ini berarti paling langka dan paling mahal tetapi praktiknya bisa berbeda seperti informasi di bawah ini:

fifthbloom

Perbandingan harga berlian kuning. Sumber foto: Bluenile

Dengan berat carat yang sama berlian dengan tingkat vivid yellow dihargai 6.045 Euro atau setara Rp 94 juta. Sedangkan berlian dengan warna intense yellow yang berada satu tingkat di bawahnya malah dihargai lebih mahal yakni 8.975 Euro atau sekitar Rp 139,6 juta.

Harga Berlian Pink

fifthbloom

Perbandingan harga berlian merah muda fancy dan light. Sumber foto: Blue Nile

Senada dengan berlian kuning yang telah dibahas, harga berlian merah muda juga tidak bisa hanya dilihat dari tingkatan warnanya saja. Pada contoh di atas berlian pink sebelah kiri masuk dalam kategori warna fancy, atau warna dengan tingkatan lebih tinggi dibanding sebelah kanan yang masuk dalam tingkatan light.

Harusnya berlian dengan tingkatan fancy memiliki harga yang lebih tinggi dibanding light. Namun tidak pada berlian di atas. Berlian oval 0,28 carat orangy pink oval tersebut dibanderol dengan harga USD 6.284 atau setara dengan Rp 93,6 juta. Sementara berlian light pink oval 0,28 carat dibanderol dengan harga yang lebih tinggi yakni USD 6.791 atau Rp 101,1 juta.

Memang berlian fancy memiliki secondary colour yang terkadang membuat nilainya menurun. Seperti pada berlian merah mudah, secondary colour seperti cokelat dan oranye kurang disukai. Sementara secondary colour ungu disukai. Sehingga ketika berlian pink memiliki rona ungu, biasanya harga cenderung lebih tinggi.

Memang ada beberapa indikator yang sulit ditentukan. Jika kalian ingin mendapatkan penawaran terbaik dalam membeli berlian berwarna (fancy colour) kami sarankan untukklik di sini dan lakukan konsultasi, para ekspert kami siap membantu kalian!Lebih baik daripada memikirkan sendirian.

Kelompok Berlian Fancy Colour

Ketika berlian fancy colour dikelompokkan berdasar harga, maka aka nada empat kategori besar, Mulai dari harga relative terjangkau hingga ultra tinggi. Berikut daftarnya:

  1. Relatif terjangkau: berlian abu-abu, cokelat, dan kuning (lebih kuning daripada kuning colourless)

  2. Kelas menengah: berlian vivid yellow dan oranye

  3. Tinggi: berlian merah muda, ungu, hijau, dan biru

  4. Ultra-tinggi: merah.

Mengapa harga berlian merah, merah muda, ungu, hijau dan biru begitu mahal? Tentunya karena pasokan dari berlian-berlian ini sangat langka.

Belum lagi ditutupnya Argyle diamonds mine pada tahun 2020, sebagai salah satu sumber pemasok terbesar batu berlian berwarna merah, merah muda, dan ungu di dunia yang terletak di Australia barat dan telah beroperasi sejak tahun 1983. Oleh sebab itu, hingga kini harga berlian merah muda, dan merah mengalami kenaikan yang sangat pesat dari segi harga.

Jika kamu seorang kolektor dan tertarik terhadap fancy colour diamonds, terutama ingin memiliki batu berwarna merah muda dan merah, kini saatnya untuk membeli berlian tersebut. Sebab diperkirakan harga berlian ini akan terus meningkat.

Tidak hanya kedua warna tersebut, penutupan tambang Argyle di Australia mengguncang dunia berlian fancy colour secara menyeluruh. Jika kamu tertarik untuk memiliki batu berwarna klik di sini untuk memilikinya sekarang.

Berlian Warna Putih

Sama halnya dengan berlian berwarna (fancy colour), berlian putih (colourless)juga memiliki tingkatan warna. Pada berlian putih diukur dari rentang D hingga Z dan diklasifikasikan menjadi lima kategori besar yaitu colourless (tidak berwarna), near colourless (nyaris tidak berwarna), faint (sedikit tidak berwarna), very light (cukup berwarna), dan light (terlihat jelas berwarna).

Berlian putih lebih simple untuk harganya, semakin tinggi tingkat warna (D) maka semakin mahal. Akan tetapi apakah tingginya tingkat warna ini penting? Pada dasarnya tidak terlalu karena rentang warna D-F (colourless) jika dilihat dengan mata telanjang, sekilas akan terlihat mirip dengan berlian G-H (near colourless). Untuk memudahkan berikut perbandingannya :

F-VVS2H-VVS2

fifthbloom

Colour tidak seberapa berpengaruh, jika kamu melihat gambar berlian F dan H, keduanya tidak memiliki perbedaan yang mencolok! Oleh sebab itu, kamu dapat memilih berlian dengan colour yang rendah untuk menghemat uang. Kamu dapat melihat tabel di bawah untuk melihat perbandingan harga berlian dengan colour F dan H.

Ct. Clar. Cut Pol. Sym. Fluor. Harga berlian colour F Harga berlian colour H
0,5 IF EX EX EX None Rp 39.000.000 Rp 33.300.000
0,6 IF EX EX EX None Rp 53.000.000 Rp 40.500.000
0,6 VVS1 EX EX EX None Rp 48.200.000 Rp 39.700.000
0,7 IF EX EX EX None Rp 74.000.000 Rp 61.300.000
0,7 VVS1 EX EX EX None Rp 70.300.000 Rp 56.900.000
0,7 VVS2 EX EX EX None Rp 66.600.000 Rp 53.700.000
0,8 IF EX EX EX None Rp 108.700.000 Rp 80.200.000
0,8 VVS1 EX EX EX None Rp 99.700.000 Rp 76.300.000
0,9 IF EX EX EX None Rp 155.700.000 Rp 120.200.000
0,9 VVS1 EX EX EX None Rp 146.500.000 Rp 108.100.000
0,9 VVS2 EX EX EX None Rp 125.700.000 Rp 103.800.000

Intinya semakin tinggi tingkat colour pada berlian putih maka semakin mahal harganya Dengan memilih colour yang lebih rendah kamu dapat menghemat uang sebesar Rp 5 juta hingga Rp 21 juta, karena pada dasarnya tidak terlihat perbedaan yang mencolok.

Check harga berlian berdasarkan warna di sini :

Cara menghitung harga berlian berdasarkan Clarity

Clarity merupakan tingkat kejernihan sebuah berlian. Berlian merupakan batu yang diciptakan alam, oleh sebab itu pasti ada sebuah keunikan pada proses pembuatannya yang dikenal dengan istilah inklusi (cacat).

Sama halnya dengan colour pada berlian putih (colourless), clarity memiliki tingkatan mulai dari FL (Flawless) - I (Included) 3, semakin rendah maka semakin murah harganya.

Mungkin kita berpikir kalau rendah banget nanti kotor dong? Idealnya kamu cukup membeli berlian eye clean, karena dengan mata telanjang kadang inklusi tersebut tidak terlihat loh! Oleh sebab itu, kamu tidak harus mengorbankan banyak uang untuk membeli berlian dengan kualitas F-VVS saja. Berikut ilustrasinya, sebelum itu mari kita mencoba menebak mana berlian dengan spesifikasi yang lebih rendah?

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Jika kita lihat pada gambar di atas keduanya sama-sama menggunakan model cincin 6 prong dengan carat yang cukup mirip yaitu 0,5 ct, cut excellentakan tetapi selisih harganya sekitar 7,5 jt loh karena spesifikasinya beda.

Jawaban yang benar pada gambar sebelah kiri merupakan berlian dengan spesifikasi 0,53ct dengan colour F dan clarity VVS1. Sedangkan di sebelah kanan merupakan berlian dengan spesifikasi 0,5ct dengan colour dan clarity yang lebih rendah yaitu G-VS1.Menarik bukan bahwa keduanya sama-sama terlihat cantik atau bahkan kamu merasa gambar di sebelah kanan terlihat lebih indah? Oleh sebab itu kami sering mengatakan untuk memilih colour dan clarity yang rendah untuk menghemat budget.

Check harga berlian berdasarkan clarity di sini :

Cara menghitung harga berlian berdasarkan Sertifikat

Pada dasarnya sertifikat tidak menentukan harga dari berlianmu! Tetapi sertifikat menjamin harga yang sesuai dari kualitas berlian yang kamu beli. Itulah mengapa jika kamu ingin membeli berlian dengan ukuran yang cukup besar kami menyarankan untuk membeli berlian bersertifikat GIA atau toko perhiasan dengan spesialisasi berlian.

The Worst casejika kualitas berlian ternyata tidak sesuai dengan seharusnya. Bisa saja kita membayar lebih mahal 20-50% akibat tidak adanya sertifikat yang dapat dipercaya, walau pun kelihatannya jauh lebih murah. Sertifikat membantu kita sebagai pembeli mengetahui apakah spesifikasi berlian yang kita inginkan sudah sesuai dengan seharusnya atau tidak.

Apakah sertifikat bisa dibuat dan bagaimana cara membuat sertifikat berlian?

Jika tujuannya bagaimana cara agar berlian kita tersertifikasi, maka pertanyaan bagaimana cara membuat sertifikat berlian kurang tepat. Agar berlian kita tersertifikasi, kita cukup mendaftarkannya kepada organisasi ke tiga atau lembaga sertifikasi, salah satunya adalah GIA (Gemologist Institute of America) sebagai pendiri dari standar berlian 4C.

Lihat harga berlian berdasarkan sertifikasi

Cara menghitung harga berlian berdasarkan Fluorescence

Fluorescence adalah sinar hitam biasa pada berlian, biasanya dapat kita lihat ketika berlian ditempatkan di bawah sinar ultraviolet (UV). Fluorescence memiliki berbagai warna dan tingkatan dan dapat menyebabkan batu terlihat seperti susu, sehingga menurunkan harga dari berlian tersebut.

Fluorescence dapat menurunkan nilai pada berlian dengan colour D-F, tetapi fluorescence berwarna biru (hanya biru) dapat meningkatkan nilai pada berlian dengan colour G-J. Hal tersebut dikarenakan fluorescence berwarna biru dapat menetralkan warna kuning dan menghasilkan efek putih pada berlian putih (colourless).

Begitu pula dengan fluorescence kuning atau hijau bisa berguna untuk berlian fancy colour yellow atau green. Sebab dengan begitu warna berlian berwarna tersebut akan terlihat lebih pekat (saturasi), sehingga nilai jualnya lebih mahal.

Oleh sebab itu fluorescence bisa menjadi hal yang menguntungkan (menambah nilai jual berlian tersebut) sekaligus merugikan (menurunkan harga dari berlian) tergantung pada tingkat colour dan colour (fancy colour) pada berlian.

Baca juga : Kualitas Berlian Fluoresensi

Check harga berlian berdasarkan Fluorescence di sini :

Di Fifth Bloom, kami juga menjual berlian yang mengandung fluorescence. Namun, tidak perlu khawatir karena berlian-berlian yang kami jual telah kami pilih dan kami inspeksi lebih lanjut sehingga kami dapat memastikan bahwa fluorescence yang terkandung dalam berlian tersebut tidak akan berpengaruh secara negatif dan berlian yang kamu pilih dijamin akan tetap jernih secara kasat mata (eye-clean).

Kesimpulan

Semakin besar dan semakin tinggi tingkat colour dan clarity, maka semakin mahal harganya! Tetapi jika memang kamu tertarik dengan jenis berlian tersebut, Fifth Bloom akan membantumu mencarikan berlian impianmu tanpa harus mengeluarkan banyak uang!

Visit website kami untuk melihat berbagai koleksi model perhiasan yang kami miliki dan klik di sini untuk melakukan konsultasi custom perhiasan.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.