;
close

Cincin Tunangan Emas Apakah Lebih Baik Emas Putih atau Kuning?

Fifth Bloom Jun 01, 2020

Fifth Bloom

Mau beli cincin tunangan, sebaiknya pilih Emas Putih atau Emas Kuning ya untuk melamar sang kekasih? Jika kamu membaca artikel ini, mungkin kamu adalah salah satu dari sekian banyak pria yang sedang mempertimbangkan antara membeli emas kuning atau emas putih untuk diberikan ke tunangan kamu, bukan?

Jangan khawatir, dengan sumber informasi yang tepat, kamu akan segera mengetahui hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cincin tunangan untuk sang kekasih. Kamu bahkan mungkin saja akan sangat menikmati proses bertambahnya pengetahuan barumu bersamaan dengan rasa bahagia ketika cincin yang kamu pilih tersebut akhirnya dikenakan pada jari tunanganmu.

Bahan perhiasan yang terbuat dari emas merupakan bahan yang paling sering digunakan jika dibandingkan bahan lainya, karena keindahan kilau dari emas itu sendiri. Di samping itu, juga karena value harga emas yang baik untuk tujuan investasi kapanpun. Banyak orang berpikir jika dia memilih emas kuning, maka emas itu adalah emas murni, tidak seperti emas putih. Tetapi pada dasarnya, baik emas putih maupun emas kuning, keduanya sama-sama terdiri dari campuran emas murni dengan campuran logam lainnya yang biasa disebut alloy seperti tembaga dan seng.

Untuk mengetahui kandungan emas murni pada sebuah perhiasan dapat dilihat dari jumlah karat emas tersebut. Semakin tinggi jumlah karat, maka semakin tinggi pula kandungan emas murni pada sebuah perhiasan. Jika kamu berpikir jumlah karat yang tinggi, atau kadar emas yang mencapai 99.9% adalah pilihan terbaik, tetapi sebenarnya emas murni sangatlah lunak, sehingga dari segi ketahanan untuk dipakai sehari-hari sangat rentan untuk berubah bentuk apabila terkena benturan. Maka dari itu, karat emas putih atau emas kuning yang populer digunakan pada perhiasan adalah emas 18 karat (18K) yang mengandung 75% emas murni atau biasa disebut emas tua / emas 750. Banyak orang di negara-negara bagian Barat seperti Amerika (USA), Australia, dan Eropa lebih memilih perhiasan berbahan emas 14 karat (14K) karena dianggap lebih kokoh dan kuat apabila terkena benturan pada penggunaan sehari-hari. Perhiasan emas 9 karat (9K) atau biasa disebut emas muda / emas 375 juga bisa menjadi pilihan alternatif bagi seseorang yang memiliki budget tertentu.

Cincin Tunangan Emas Putih

Campuran dari cincin tunangan emas putih sendiri terdiri dari 75% emas murni dan 25% yg terdiri dari campuran perak, timah atau nikel dan platinum untuk menghasilkan warna putih. Sedangkan cincin tunangan berbahan Emas Kuning sedikit berbeda dengan campuran emas putih, yaitu 75% emas dan 25% tembaga dan seng. Emas putih akan diberikan lapisan logam berwarna putih yaitu rhodium yang akan membuat cincin emas putih nampak lebih indah dengan kilaunya. Jika emas putih tidak dilapisi rhodium, maka emas putih akan terlihat kusam, sehingga dari segi perawatannya, pada cincin emas putih atau perhiasan emas putih lainnya perlu dilakukan pelapisan rhodium kembali dalam kurun waktu 1 tahun untuk mempertahankan kilau dari cincin emas putih itu sendiri. Berbeda penanganannya dengan cincin tunangan emas kuning. Pada cincin tunangan berbahan emas kuning, perawatan dilakukan dengan memolesnya kembali sehingga perhiasan tersebut tetap terlihat bagus dan mengkilap.

Campuran emas putih itu sendiri terdiri dari logam yang lebih kokoh dibandingkan dengan campuran logam pada emas kuning, sehingga secara naturnya, cincin tunangan emas putih akan jauh lebih kuat dan tahan lama dibandingkan cincin berbahan emas kuning. Cincin tunangan berbahan emas putih yang dipasangkan dengan berlian akan tampak jauh lebih bersinar, jika dibandingkan dengan cincin tunangan emas kuning yang dipasangkan dengan berlian. Akan tetapi, cincin tunangan emas putih juga memiliki kekurangannya sendiri. Dalam beberapa perhiasan emas putih, bisa saja terdapat kandungan nikel, yang mana bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif dapat menyebabkan alergi, sehingga alangkah baiknya jika bertanya kepada penjual terlebih dahulu apakah emas putih yang hendak dibeli mengandung campuran berbahan nikel atau tidak.

Jika pasangan kamu adalah tipe pecinta hal-hal berbau klasik dan mewah, maka cincin tunangan emas kuning dapat menjadi pilihan kamu. Tetapi apabila pasangan kamu menyukai gaya elegan dan modern, cincin tunangan emas putih merupakan pilihan yang lebih baik. Budaya Barat pencetus ide cincin tunangan sendiri lebih banyak menggunakan cincin tunangan berbahan emas putih sebagai pilihan. Sejak iklan pada tahun 1947 dari “De Beers”, perusahaan berlian terbesar dan tertua di dunia ini mencetuskan ide pemasaran untuk memberikan cincin berlian kepada pasangan dengan slogan ‘A Diamond is Forever’, cincin tunangan berlian telah menjadi budaya dan kebutuhan di Negara Barat. Tidak dapat dipungkiri pula, cincin tunangan berbahan emas putih tetap menjadi pilihan utama sebagai cincin lamaran hingga saat ini.

Berbicara dari segi harga, cincin tunangan berbahan emas kuning lebih murah harganya dibandingkan dengan cincin tunangan berbahan emas putih. Meski begitu, harga jual kembali cincin tunangan emas kuning jauh lebih stabil dibandingkan dengan cincin tunangan emas putih. Faktor yang menyebabkan harga emas putih lebih mahal dibandingkan emas kuning adalah karena proses pembuatan emas putih sendiri sedikit lebih rumit dibandingkan emas kuning dan harga jualnya pun lebih rendah dibandingkan dengan nilai jual emas kuning. Sehingga jika melihat deri segi investasi, maka emas kuning adalah pilihan yang terbaik.

Update terakhir hari Senin, 27 April 2020, harga emas putih per gram 18 Karat (18K) berkadar emas 75% atau emas tua dijual mulai dari harga Rp 650.000,-. Sedangkan harga beli perhiasan emas kuning 18 Karat (18K) berkadar emas 75% atau emas tua dijual mulai harga Rp 635.000,- per gram nya.

Dari ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan cincin tunangan emas kuning atau cincin tunangan emas putih di atas , apakah kamu sudah memutuskan cincin tunangan berbahan apa yang menurut kamu terbaik untuk orang yang kamu cintai? Tentu setelah kamu mengetahui masing-masing kelebihan & kekurangan dari tiap jenis emas untuk cincin lamaran akan memudahkan kamu untuk memutuskan pilihan yang tepat. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi kamu yaa…

Jika butuh tips, konsultasi, atau pertanyaan seputar cincin tunangan, cincin berlian, atau cincin kawin, jangan sungkan untuk menghubungi customer service Fifth Bloom melalui tombol live chat yang berada pada pojok kanan bawah laman website kami, atau chat ke nomor WhatsApp yang tertera di bawah. Kami akan dengan senang hati melayani kebutuhanmu. Gratis, tidak dipungut biaya apapun.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.