;
close

Mengenal Lebih Dalam tentang 3EX Diamond

Fifth Bloom Nov 21, 2022

Mengenal Lebih Dalam tentang 3EX Diamond

Sumber foto: Fifth Bloom

Memiliki berlian terbaik dengan kilau yang maksimal, tentunya menjadi keinginan setiap orang saat membeli batu mulia ini. Apalagi jika berlian tersebut digunakan untuk menghiasi perhiasan yang bakal dijadikan simbol penting, cincin tunangan misalnya. Maka memilih berlian yang bagus adalah sebuah keharusan.

Ketika datang ke toko berlian, dan bertanya tentang berlian terbaik, maka besar kemungkinan para ahli perhiasan akan menyinggung tentang 3EX diamond atau triple excellent diamond. Namun, apa makna dari 3EX diamond atau berlian triple excellent? Berikut ulasannya.

Apa itu 3EX Diamond?

Triple excellent diamond atau 3EX diamond atau yang juga dikenal dengan triple X diamond merupakan istilah penilaian yang diberikan oleh Gemological Institute of America (GIA) pada berlian bundar yang memiliki kualitas potongan, simetri dan polesan yang excellent. Pendeknya 3EX diamond mengacu pada excellent cut, excellent symmetry dan excellent polish. 

Kualitas potongan, simetri dan polesan berlian tentunya berhubungan erat dengan kemampuan pengrajin berlian dalam memotong dan memoles berlian mentah menjadi berlian yang siap dijual. Cut, symmetry dan polish memiliki tingkatan excellent, very good, good, fair, dan poor. Tentunya excellent merupakan kualitas polesan, simetri dan cutting berlian terbaik.

Rainbow Anniversary Sapphire Ring

Rainbow Anniversary Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Sage Diamond Sapphire Ring

Sage Diamond Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Posy Diamond and Sapphire Ring

Posy Diamond and Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga

Apa itu Excellent Cut atau Cutting Berlian Terbaik?

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Seperti kita tahu, ada empat faktor yang menentukan kualitas berlian yakni cut, colour, clarity dan carat atau yang disebut sebagai 4C. Cut adalah faktor terpenting.

Cut atau potongan berlian mengacu pada proporsi berlian termasuk kedalaman dan setiap sudut dari segi-seginya. Perlu diperhatikan, jika berlian memiliki potongan yang terlalu dangkal maka cahaya akan luput ke bawah. Jika terlalu dalam cahaya akan luput ke samping. Sementara cutting berlian yang bagus atau sempurna akan membuat lebih banyak cahay yang dipantulkan ke atas.

Excellent cut berarti berlian telah dipotong dalam parameter yang memungkinkan berlian mengeluarkan kecerahan, kilau, dan fire yang intens, sekaligus memiliki pola area terang dan gelap (kilat). Berlian yang memiliki kualitas cut yang buruk biasanya menampilkan tambalan terang atau gelap yang besar yang membuat batu tampak kusam.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Apa itu Excellent Symmetry

Simetri berlian mengacu pada seberapa baik poporsi, bentuk, ukuran, keidentikan faset dan keseimbangan struktur berlian. Berlian yang masuk kategori excellent symmetry setiap faset harus memiliki titik temu di bagian girdle.

Tak hanya itu, titik-titik dari segi berbentuk layang-layang di bagian mahkota (bagian atas berlian) harus sejajar dengan titik-titik dari segi berbentuk baji di paviliun (bagian bawah berlian). Segi delapan besar yang ada di bagian atas letaknya harus di tengah. Sementara segi paviliun di bagian bawah harus bertemu di titik sempurna di ujung berlian.

fifthbloom

Apa itu Excellent Polish?

Polish atau polesan mengacu seberapa halus permukaan berlian. Berlian dengan excellent polish tidak memiliki cacat pada polesannya saat dilihat dari perbesaran 10x di bawah alat.

Cacat kecil pada permukaan, seperti lubang dan goresan, seringkali dengan tak sengaja terjadi selama proses pemolesan dan biasanya dapat dihilangkan melalui pemolesan ulang. Cacat ini juga mayoritas tak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Azalea Diamond and Sapphire Necklace

Azalea Diamond and Sapphire Necklace

Necklace

Lihat Harga
Rinoa Diamond Necklace

Rinoa Diamond Necklace

Necklace

Lihat Harga
Saranghaeyo Sapphire Pendant

Saranghaeyo Sapphire Pendant

Pendant

Lihat Harga

Apakah Harus Membeli 3EX Diamond?

Sebuah berlian tak harus masuk dalam kategori 3EX untuk disebut berlian berkualitas. Meskipun simetri dan polesan mempengaruhi nilai cut, keduanya tidak perlu masuk kategori excellent agar sebuah berlian disebut memiliki potongan atau cut excellent.

Perlu diingat bahwa parameter polish dan simetri lebih mengacu pada sentuhan akhir sebuah berlian, dan tidak memiliki pengaruh terhadap kemampuan berlian memantulkan cahaya. Karenanya, kami menyarankan untuk selalu lebih memprioritaskan kualitas cut dibanding polish dan simetri. Selain itu, polish  dan simetri hanya terlihat dari bawah pembesaran dengan alat.

Sebuah berlian dengan cut very good – polish excellent – simetri excellent akan selalu terlihat lebih kusam jika dibandingkan berlian dengan cut excellentpolish excellent – simetri very good. Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa kualitas cut memiliki pengaruh pada performa berlian dalam memantulkan cahaya.

Ketika sebuah berlian dikualifikasi oleh GIA, polish dan simetrinya tidak akan kurang dari satu ukuran di bawah kualitas potongannya (cut), sebagai contoh sebuah berlian dengan cut excellent (GIA) minimal akan memiliki kualitas polish dan simetri very good. Jika polish dan/atau simetrinya berada di bawah very good, GIA tidak akan menilai berlian tersebut excellent. Ini juga alasan lain mengapa kita sebaiknya memilih berlian dengan cut Excellent sebagai standar minimal.

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

Apakah Membeli Berlian Non 3EX Akan Lebih Hemat?

Seperti yang dijelaskan di atas, lebih baik calon pembeli lebih mementingkan faktor cut. Berlian dengan tingkatan excellent cut, very good polish dan very good symmetry akan memiliki harga yang lebih murah dibanding 3EX diamond. Penampakan kedua jenis berlian pun akan terlihat sangat mirip saat dilihat dengan mata telanjang.

Namun bagi calon pembeli yang ingin lebih hemat, kalian juga harus memperhatikan tingkatan colour dan clarity berlian. Pada umumnya toko berlian akan menawarkan berlian F-VVS. Namun berlian dengan spesifikasi tersebut cenderung memiliki harga yang tinggi.

Untuk itu, akan lebih baik jika kalian mencari berlian dengan penampakan yang mirip dengan F-VVS namun memiliki spesifikasi yang lebih rendah. Misalnya saja berlian dengan tingkatan warna G dan clarity VS.

Memilih berlian dengan kualitas tersebut akan memiliki perbedaan yang lumayan besar daripada membeli berlian F-VVS. Namun tanpa mengurangi keindahan berlian.

Pada akhirnya, kualitas berlian harus dipertimbangkan dari semua faktor. Sebutan 3EX diamond hanya bermakna jika berlian juga memiliki warna dan kejernihan yang baik.

Check harga berlian berdasarkan clarity di sini :

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.