;
close

Seperti Inilah Ukuran Berlian dari 1 hingga 5 Carat

Fifth Bloom Nov 29, 2022

Seperti Inilah Ukuran Berlian dari 1 hingga 5 Carat

Sumber foto: The Knot

Ketika hendak membeli sebuah cincin berlian, calon pembeli pasti bertanya-tanya mengenai ukuran berlian yang mereka inginkan. Namun tidak semua orang tahu ukuran berlian. Seberapa besar berlian 1 carat, atau seberapa lebar berlian bundar 2 carat. Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Memang mampu memvisualisasikan ukuran berlian adalah keterampilan yang sebenarnya. Dibutuhkan pelatihan bertahun-tahun untuk secara akurat mempelajari bagaimana berlian akan terlihat sesuai dengan berat dan potongannya.

Sebesar apa berlian dengan berat 1 carat saat dipakai di jari? Apakah cincin dengan berlian 1 carat akan terlihat jauh berbeda dengan cincin berlian 2 carat? Nah daripada penasaran berikut adalah penampakan ukuran berlian sesuai dengan carat.

Rosetta Setting Diamond Engagement Ring

Rosetta Setting Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Twisted Rose Diamond Engagement Ring

Twisted Rose Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Flore Cathedral Diamond Engagement Ring

Flore Cathedral Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Bentuk Berlian Paling Populer

Secara umum, ada dua faktor kunci yang mempengaruhi tampilan berlian, yakni potongan dan berat carat. Begitu banyak variasi potongan berlian, namun ada beberapa bentuk yang paling populer yaitu berlian bundar, emerald, oval, radiant, Asscher, cushion, princess, pear, hati dan marquise.

Setiap bentuk berlian memiliki keindahan dan pesona tersendiri. Dan tentunya ukuran dan berat setiap bentuk akan tampak berbeda dengan bentuk lainnya.

fifthbloom

Carat Bukanlah Ukuran Berlian

Sebelum membahas tentang ukuran berlian, perlu dipahami bahwa carat pada berlian mengacu pada berat bukan ukuran. Carat adalah ukuran berat yang digunakan untuk batu permata termasuk berlian. Satu carat (1 ct) sama dengan 1/5 gram atau 200 miligram. Sehingga 1 gram berlian sama dengan 5 carat berlian. Berat berlian yang berukuran lebih kecil sering juga dinyatakan dalam poin di mana 1 poin sama dengan 0,01 carat (1 carat = 100 poin).

Memang masih banyak orang yang berasumsi bahwa carat mengacu pada ukuran berlian. Hal ini tidaklah tepat, sebab carat adalah berat berlian.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi ukuran berlian, bukan hanya berat. Misalnya saja, ketika kita mencari sebuah cincin maka penampilan paling mencolok adalah lebar permukaan bagian atas berlian.

Ukuran diameter bagian atas permata ini bukan hanya dipengaruhi oleh berat atau carat, tetapi juga proposi berlian. Berlian dengan berat yang sama, bisa saja memiliki ukuran diameter yang berbeda.

Misalnya saja, ada dua berlian dengan berat yang sama. Namun salah satunya memiliki potongan yang lebih dangkal dan satunya lagi potongannya lebih dalam. Maka berlian dengan potongan lebih dangkal akan tampak lebih lebar. Namun perlu diingat, potongan yang tidak proporsional akan mempengaruhi kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya.

Begitu juga dengan bentuk berlian. Berlian bundar dengan berat 1 carat akan memiliki ukuran yang berbeda dengan berlian emerald 1 carat.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Ukuran Berlian Bundar 1 Carat Hingga 5 Carat

fifthbloom

Ukuran berlian bundar 1 carat hingga 5 carat. Sumber foto: Stephanie Gottlieb/Brides

Berlian bundar pada umumnya akan tampak lebih besar dibandingkan dengan bentuk berlian lain dengan berat yang sama. Jika kalian menginginkan cincin atau perhiasan lainnya yang dihiasi dengan berlian di bawah 1 carat, maka berlian bundar adalah pilihan terbaik.

Selain itu, berlian bundar merupakan bentuk berlian paling populer dan disukai. Bukan tanpa sebab, karena berlian bundar memiliki kemampuan memantulkan cahaya paling maksimal jika dibandingkan dengan bentuk berlian lainnya. Sehingga berlian tersebut akan tampak lebih berkilau dan menarik.

Berlian bundar dengan cut ideal 1 carat memiliki ukuran diameter sekitar 6,5 mm. Namun tidak berari berlian dengan berat 2 carat akan memiliki diameter 13mm atau dua kali dari diameter berlian 1 carat.

Pada umumnya ukuran berlian 2 carat memiliki diameter sekitar 8,2 mm. Ini berarti hanya ada penambahan diameter 30% untuk setiap penambahan berat berlian 100%.

Tak hanya itu, dilansir dari Metric Conversions, setiap batu permata memiliki ukuran yang berbeda untuk setiap carat-nya. Misalnya saja batu permata ruby dan safir. Keduanya lebih berat dibanding berlian karena secara teknis memiliki tingkat gravitasi lebih tinggi. Sehingga ruby atau pun safir dengan berat 1 carat akan memiliki ukuran lebih kecil dibanding berlian dengan berat yang sama.

Azalea Diamond and Sapphire Necklace

Azalea Diamond and Sapphire Necklace

Necklace

Lihat Harga
Rinoa Diamond Necklace

Rinoa Diamond Necklace

Necklace

Lihat Harga
Saranghaeyo Sapphire Necklace

Saranghaeyo Sapphire Necklace

Necklace

Lihat Harga

Ukuran Berlian Emerald 1 Carat Hingga 5 Carat

fifthbloom

Ukuran berlian emerald 1 carat hingga 5 carat. Sumber foto: Stephanie Gottlieb/Brides

Tak bisa dipungkiri, berlian dengan bentuk emerald jadi tren selama beberapa tahun terakhir. Bahkan sederet pesohor dunia seperti Victoria Beckham dan Beyonce memilih cincin tunangan yang dihiasi berlian emerald.

Berlian emerald memang memiliki tampilan yang cantik, elegan dengan pesona yang memperlihatkan undakan di bagian dalam berlian. Tak hanya itu, bentuk persegi panjang dari berlian emerald juga akan memberikan efek ramping pada jari.

Berlian emerald 1 carat biasanya memiliki ukuran panjang x lebar 7x5 mm. Sementara itu, ukuran berlian 2 carat 8,5x6,5 mm dan 3 carat 10x7,5 mm.

fifthbloom

Ukuran Berlian Oval 1 Carat Hingga 5 Carat

fifthbloom

Ukuran berlian oval 1 carat hingga 5 carat. Sumber foto: Stephanie Gottlieb/Brides

Berlian oval juga memberikan efek ramping pada jemari pemakainya. Menariknya, berlian oval bisa digunakan dengan style seperti di atas atau pun dengan style melebar atau yang disebut east west.

Ukuran berlian 1 carat sekitar 7,7x5,7 mm. Untuk ukuran berlian 2 carat memiliki panjang x lebar sekitar 9x7 mm dan 12x8 mm untuk berlian oval 3 carat.

Check harga berlian berdasarkan clarity di sini :

Ukuran Berlian Heart/Hati 1 Carat Hingga 5 Carat

fifthbloom

Ukuran berlian heart 1 carat hingga 5 carat. Sumber foto: Stephanie Gottlieb/Brides

Ketika kalian memilih berlian bentuk hati, dua potongan hati harus memiliki bentuk yang identik atau simetris. Celah antara dua cuping hati juga harus tajam, jelas dan tegas. Jangan terlalu dekat. Pada bagian samping sayapnya, juga harus memiliki bentuk bulat yang halus.

Berbeda dengan bentuk berlian lainnya, berlian hati cenderung nampak berukuran lebih kecil. Semakin kecil carat, semakin sulit pula memilih bentuk yang sempurna. Secara umum, berlian berbentuk hati kurang dari 0,50 carat bukanlah pilihan yang baik. Untuk memperjelas bentuk hatinya, pemasangan pada rangka dengan tiga prong adalah yang terbaik.

Tips Memilih Berlian yang Tampak Lebih Besar

Agar bisa mendapatkan berlian dengan carat lebih besar, maka calon pembeli bisa memilih berlian dengan tingkat colour dan clarity yang lebih rendah. Namun pastikan memilih berlian dengan cut excellent. Sebab potongan berlian mempengaruhi kemampuannya dalam memantulkan cahaya.

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

Kendati demikian, tidak semua orang menyiapkan budget untuk membeli cincin berlian 1 carat atau pun lebih. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara agar cincin berlian yang kalian pilih tampak lebih besar. Salah satunya adalah dengan memilih cincin halo atau cincin berlian yang memiliki batu utama dikelilingi dengan berlian-berlian lebih kecil. Keberadaan batu-batu kecil tersebut akan membuat batu utama tampak lebih besar.

Rainbow Anniversary Sapphire Ring

Rainbow Anniversary Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Sage Diamond Sapphire Ring

Sage Diamond Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Posy Diamond and Sapphire Ring

Posy Diamond and Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.