;
close

5 Tips Beli Cincin Tunangan Terindah Dengan Harga Murah

Fifth Bloom Nov 17, 2020

Cincin tunangan terindah

Cincin tunangan berlian adalah suatu tanda yang sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dengan proses lamaran / propose di seluruh dunia. Buat kamu yang berencana membeli cincin tunangan pasti memiliki dilema akan harga wajar dari sebuah cincin tunangan bukan? Bagaimana agar bisa membeli cincin tunangan terindah / bagus tapi juga murah? Berapa budget yang dibutuhkan untuk membeli cincin tunangan berlian? Dari riset yang kita temukan rata-rata budget orang membeli cincin tunangan diseluruh dunia adalah sebulan gaji dan hal ini tetapi tidak lagi menjadi suatu standar atau keharusan di Indonesia. Ada orang yang membeli lebih sampai 2x sampai 3x gaji tetapi ada juga yang dibawah itu. Ini semua tergantung dari budget dan kemampuan orang masing-masing.

Gretta Diamond Engagement Ring

Gretta Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Classic Three Stone Diamond Engagement Ring

Classic Three Stone Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Jenn Diamond Engagement Ring

Jenn Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Tips Membeli Cincin Tunangan Terindah Dengan Harga Murah

Untuk bisa membeli cincin tunangan terindah dengan harga murah, pertama-tama kamu harus tahu berapa harga wajar dari berlian tergantung spesifikasinya. Lalu bagaimana kamu bisa tahu harga wajar dari sebuah cincin tunangan? Sederhananya, cincin tunangan terdiri dari 2 komponen, berlian dan rangka cincin. Berlian dengan satuan karat dan rangka cincin dengan satuan gram emas. Harga berlian biasanya mencakup 65% atau lebih dari harga cincin tunangan. Jadi sangat penting untuk mengetahui harga wajar dari berlian.

  • Harga Berlian Asli

Untuk mengetahui harga berlian tiap karatnya UPDATE setiap harinya, kamu bisa lakukan riset dahulu di tombol dibawah ini. Kamu juga bisa memfilternya berdasarkan spesifikasi berlian.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Baca juga : Daftar Harga Berlian Terbaru Update

  • Harga Emas

Kisaran berat cincin tunangan emas adalah 2 – 5 gram. Per-November 2020, harga emas pergramnya mulai dari Rp. 900.000 – 1.500.000,-

Setelah melakukan riset dan mengetahui harga wajarnya, berikut adalah 5 tips untuk beli cincin tunangan terindah dengan harga murah :

  1. Bandingkan harga di beberapa toko.
  2. Memilih berlian bersertifikat GIA daripada non-sertifikat.
  3. Tidak harus F VVS.
  4. Memilih opsi rangka halo / enlargement / berlian tabur.
  5. Pembelian via daring.
Cincin tunangan murah

1. Bandingkan Harga di Beberapa Toko

Untuk mendapatkan harga cincin tunangan terindah dengan harga murah, kamu harus memiliki beberapa referensi dan opsi penawaran dari beberapa toko. Jangan berhenti di satu toko saja karena terkadang toko yang lain mungkin sedang ada promosi diskon. Selain itu trik yang mudah untuk membandingkan harga adalah dengan memfoto cincin dan mencatat spesifikasi total karat berlian dan berat emas dari cincin tersebut dan membandingkan spesifikasi tersebut dengan cincin serupa di toko lain. Cara lain bisa juga dengan meminta penawaran custom dari website yang melayani perhiasan custom seperti Fifth Bloom, cukup memberi foto tampak dan info spesifikasi cincin. Dengan cara ini kamu bisa membandingkan harga tiap toko seimbang sesuai spesifikasi. Selain itu, hindari membeli cincin tunangan di toko lokal atau website yang tidak fokus atau tidak khusus menjual hanya berlian asli, yang menjual berbagai jenis batu selain berlian seperti Swarovski, zircon, crystal, dan berlian palsu / sintetis. Karena kamu tidak mau membeli berlian palsu / sintetis dengan harga berlian asli bukan? Carilah toko atau website dan merk yang memang berspesialisasi di berlian karena biasanya mereka memiliki lab QC (Quality Control) khusus yang dikelola oleh gemologist yang bahkan beberapa merupakan lulusan dari GIA (Gemological Institute of America).

fifthbloom

2. Memilih Berlian Bersertifikat GIA daripada Non-sertifikat

Sertifikat yang dimaksud disini adalah sertifikat berlian asli dengan karat diatas 0.18 keluaran organisasi sertifikat berlian internasional seperti GIA (Gemological Institute of America) dan AGS (America Gem Society) bukan sertifikat toko. Ada mitos mengatakan bahwa beli berlian bersertifikat GIA pasti harganya jauh lebih mahal, terlebih lagi banyak staff penjualan toko ritel memberikan saran untuk memilih berlian yang tidak bersertifikat untuk meghemat uang. Hal ini tidak benar dan tidak sesuai fakta, tahukah kamu bahwa harga untuk mendapatkan sertifikat GIA rata-rata cuma Rp. 250,000? Tahukah kamu bahwa 80% dari semua berlian bundar yang beredar di seluruh dunia langsung disertifikasi setelah keluar dari pabrik pemotong berlian? Tahukah kamu bahwa pabrik pemotong berlian diseluruh dunia dan organisasi sertifikat seperti GIA dan AGS memiliki hubungan kerja sama yang sangat dekat secara proses maupun lokasi? Berdasarkan fakta-fakta tersebut, berlian tanpa sertifikat mempunya potensi masalah yaitu kualitas. Berlian-berlian ini diputuskan tidak disertifikasi untuk bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga wajarnya. Negara berkembang seperti Indonesia menjadi pangsa pasar berlian-berlian non-sertifikat ini. Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai sertifikat berlian. Jadi jangan tergiur untuk membeli berlian tanpa sertifikat yang katanya lebih murah, tetapi lebih aman bagi kamu untuk membeli berlian dengan sertifikat GIA, daripada kamu membeli berlian tanpa sertifikat yang diklaim toko memiliki spesifikasi yang tinggi padahal faktanya tidak.

3. Tidak Harus F-VVS

Apabila kamu berkeliling ke toko perhiasan ritel manapun di Indonesia, kamu pasti akan menemui bahwa spesifikasi berlian yang dijual hanya terlimitasi pada berlian F (Colour) dan VVS (Clarity). Sebenarnya dua aspek ini tidak begitu berpengaruh terhadap kilau dari berlian. KLIK disini untuk mempelajari spesifikasi berlian 4C. Dari keempat aspek 4C, Colour-Clarity-Cut-Carat, hal yang mempengaruhi kilau berlian sebenarnya hanya Cut / potongan berlian, jadi aspek cut memang tidak bisa dikompromikan dan harus tetap di triple excellent. Lalu aspek yang kedua terpenting adalah karat, jadi sebaiknya maksimalkan budget kamu ke besar berlian (Carat), karena beda karat berlian akan sangat terlihat perbedaannya. Sedangkan, dua aspek 4C yang terakhir seperti warna (Colour) dan kejernihan (Clarity) ini kurang berefek ke kilau berlian dan juga tidak begitu kelihatan perbedaannya. Kedua aspek ini sebaiknya menjadi cara menghemat biaya cincin tunangan, pilihlah berlian pada rentang warna (Colour) G-H karena hampir tidak terdapat perbedaan secara kasat mata antara berlian near colourless (G-H) dengan berlian colourless (D-F). Selain itu pilihlah berlian dengan rentang kejernihan (clarity) VS1, karena inklusi atau cacat pada berlian ini berukuran mikroskopis dan hanya dapat dilihat menggunakan kaca pembesar bahkan mikroskop jadi tidak akan berpengaruh pada kualitas kilau dari berlian. Asal berlian tersebut “eye clean” / jernih secara kasat mata, maka dengan mengkompromikan dua aspek ini kamu dapat beli cincin tunangan terindah dengan harga murah dengan tidak menurunkan kualitas kilau berlian kamu.

Baca juga : Daftar Harga Berlian Terbaru UPDATE

Check harga berlian berdasarkan clarity di sini :

4. Memilih Opsi Rangka Halo / Enlargement / Berlian Tabur

Untuk kamu dengan budget di kisaran 15-20 juta, opsi rangka halo, bisa menjadi pilihan yang baik.

Contoh model rangka HALO dan list model HALO di www.fifthbloom.com

Dengan membeli berlian tengah dengan carat kecil seperti 0.3 carat, kamu bisa membuat berlian tengah kamu tampak lebih besar dengan lingkaran berlian tabur / melee diamond di-sekelilingnya. Model rangka Halo juga terkesan mewah karena berlian tabur disekeliling berlian tengah.

Contoh model cincin dengan rangka enlargement

Model rangka Enlargement adalah model rangka perbesaran dengan membuat desain rangka emas yang bisa membuat berlian tengah tampak menjadi lebih besar. Biasanya rangka ini dipadukan dengan berlian tabur ukuran 0.18 carat kebawah lalu dibuat keliatan sebesar berlian GIA 0.3 karat keatas. Opsi ini baik bagi kamu dengan budget terbatas di kisaran angka 8 juta-15 juta. Tapi hati-hati apabila pasanganmu mengerti tentang berlian, maka dia akan menemukan bahwa sebenarnya cincin yang dia dapat memiliki berlian yang karatnya sangat kecil.

Contoh model cincin tunangan berlian tabur

Model Cincin tunangan berlian tabur ini cocok bagi kamu dengan budget minim dibawah 8 juta. Dengan model desain cincin tunangan berlian tabur ini, membuat sekumpulan berlian tabur kelihatan seperti berlian utuh.

Jenn In Scallop Setting Diamond Engagement Ring

Jenn In Scallop Setting Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

5. Pembelian via Daring

Karena perkembangan internet, beli perhiasan di daring bisa menjadi pilihan yang baik karena alasan berikut ini :

  • Pertama, harganya yang lebih murah bila dibandingkan toko ritel karena model bisnis website yang lebih ramping, memotong agen / makelar, dan rendah biaya operasional bila dibandingkan dengan toko ritel.
  • Kedua, kenyamanan, kamu bisa mengecek harga melalui layar tanpa harus berkeliling dan juga mendapatkan tekanan dari staff penjualan toko.
  • Ketiga, transparansi, dimana website seperti Fifth Bloom memberi kamu akses berlian langsung dari pabrik pemotong berlian di seluruh dunia. Dan semua berlian di Fifth Bloom sudah divideo 360 derajat dengan pembesaran 15x atau lebih sehingga kamu dapat langsung menginspeksi keindahan, bentuk, spesifikasi, dan bahkan inklusi dari berlian langsung dari layar kamu. Hal ini akan sangat sulit dilakukan oleh orang awam atau bahkan yang sudah lama berkecimpung di dunia berlian sekalipun karena minimal kamu harus menggunakan alat seperti loop atau mikroskop yang butuh keahlian khusus untuk ini.
  • Keempat, opsi pilihan lebih banyak, berlian di Fifth Bloom tidak terpatok hanya berlian F-VVS saja, terdapat ribuan berlian dengan rentang spesifikasi D-J (Colour) dan Flawless – SI2 (Clarity), sehingga memudahkan kamu untuk menghemat dan mendapatkan cincin tunangan berlian impian sesuai budgetmu.

Contoh tampilan daftar list berlian asli di www.fifthbloom.com

Baca juga : Pedoman Memilih Cincin Tunangan Terindah : Model, Harga, dan Komponen.

Apabila kamu sudah memiliki budget tapi masih awam dan bingung dalam memilih cincin tunangan, kamu bisa mencoba fitur wizard by Fifth Bloom. Cukup memasukan jumlah budget maksimal kamu ke kolom box dibawah ini dan menjawab beberapa kuisioner mengenai personality / sifat pasanganmu, dalam hitungan detik kamu bisa mendapatkan rekomendasi cincin tunangan yang secara otomatis mengoptimalkan karat terbesar sesuai budget.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.