;
close

Pedoman Memilih Cincin Tunangan Terindah : Model, Harga, Dan Komponen

Fifth Bloom Oct 27, 2020

pedoman memilih cincin tunangan

Cincin tunangan adalah simbol komitmen dan kesepakatan formal dari pria kepada wanita untuk hubungan yang serius sampai ke jenjang pernikahan. Tradisi melamar ini sudah berlangsung hampir di semua Negara terutama Negara Barat dan cincin tunangan berlian menjadi suatu keharusan dalam tradisi ini. Bagi kamu kaum Adam yang sudah berencana melamar dan membeli cincin tunangan, pasti bingung dan berpikir bagaimana sebaiknya memilih cincin tunangan? Model cincin tunangan seperti apa yang harus kita pilih? Berapa harganya dan berapa budget yang harus kita siapkan? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar cincin tunangan atau lamaran. Disini kami akan memberi pedoman memilih cincin tunangan yang bakal membantu menghemat dan memaksimalkan budget kamu. Secara sederhana, cincin tunangan memiliki 3 komponen yaitu rangka cincin, rangka berlian, dan berlian. Mari kita bahas satu persatu.

cincin tunangan
Eternal Round Cushion Engagement Ring

Eternal Round Cushion Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
French Cut Halo Engagement Ring

French Cut Halo Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Flore In Cushion Halo Diamond Engagement Ring

Flore In Cushion Halo Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Rangka Cincin Tunangan

Dalam memilih rangka cincin, kamu harus mengetahui beberapa model cincin tunangan yang populer. Beberapa model rangka cincin tunangan yang umum antara lain : Solitaire, Single row atau Pave, Side stones, dan Halo.

Rangka cincin tunangan
  1. Solitaire

  2. Solitaire adalah model cincin tunangan polos bermata satu. Model klasik dan timeless ini banyak disukai orang karena modelnya yang simple tapi elegant. Bagi kamu yang mempunyai pasangan yang sehari-hari jarang memakai perhiasan atau suka stlye simple, minimalis, dan modern maka model rangka ini bakal menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, karena rangkanya yang polos tanpa berlian kecil disamping maka bisa dibilang harganya juga relatif lebih murah dari model rangka yang lain.

    6 prong solitaire Contoh tampilan list rangka Solitaire di www.fifthbloom.com
    fifthbloom
  3. Single Row atau Pave

  4. Single Row atau Pave adalah model cincin tunangan bermata satu yang dilengkapi berlian-berlian kecil disamping, single row terdiri dari satu baris berlian kecil, sedangkan pave terdiri dari beberapa baris, biasanya 2-3 baris. Cocok bagi pasangan kamu yang suka sedikit kemewahan tapi tidak terlalu berlebihan.

    4 prong single row Contoh tampilan list rangka Single row di www.fifthbloom.com
    fifthbloom
  5. Side Stones

  6. Side Stones adalah model cincin tunangan dengan batu utama ditengah dan dua atau lebih batu sampingan. Besar batu sampingannya biasanya tidak berbeda jauh dengan batu utamanya. Model rangka cincin tunangan ini biasanya umum digunakan dengan kombinasi batu mulia atau berlian berbentuk selain bulat. Kombinasi model rangka ini dengan batu zambrud / emerald akhir-akhir ini menjadi populer karena film “Crazy Rich Asian”.

    4 prong single row Contoh tampilan list rangka Side Stones di www.fifthbloom.com
    fifthbloom
  7. Halo

  8. Halo adalah model cincin tunangan yang khas dengan berlian kecil mengelilingi berlian utama ditengah. Apabila pasangan kamu merupakan orang yang suka menjadi pusat perhatian / center of attention dan suka kemewahan maka model rangka ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Halo Contoh tampilan list rangka Halo di www.fifthbloom.com

Baca juga : Cincin Tunangan Emas Apakah Lebih Baik Emas Putih atau Kuning?

fifthbloom

Rangka Berlian

rangka berlian

Rangka berlian / prong adalah komponen dari cincin tunangan yang berfungsi sebagai gigi pengapit dan penggenggam berlian utama. 2 model paling populer dan umum adalah 4 prong dan 6 prong. Disini kita akan membahas pro dan cons dari kedua jenis prong ini.

4 Prong

Pros :

  • Tidak semahal 6 prong karena material emas yang lebih sedikit.
  • Bisa cocok dengan berlian tengah ukuran relatif lebih kecil seperti 0.3 dan 0.4 karat.

Cons :

  • Tidak seaman 6 prong.
  • Tidak cukup perlindungan untuk garis bagian luar berlian (girdle).

6 Prong

Pros :

  • Keamanan lebih karena ada 6 gigi yang mengapit dan menopang berlian.
  • Perlindungan lebih pada girdle berlian.

Cons :

  • Tidak cocok dipakai dengan berlian tengah ukuran kecil (dibawah 0.5 karat) karena akan terhalangi oleh keenam prongnya.
  • Direkomendasi untuk digunakan dengan berlian minimal 0.5 karat keatas.
  • Lebih berat dan lebih mahal dibandingkan dengan 4 prong

Kesimpulannya, 0.4 prong lebih banyak digunakan disegala model cincin tunangan karena visual dari 4 prong yang lebih fleksibel / bisa digunakan dengan berlian dari berlian kecil sampai ke besar. Sedangkan 6 prong lebih jarang digunakan karena visual yang tidak cocok apabila digunakan untuk berlian dengan karat kecil. Sebaiknya 6 prong digunakan untuk berlian diatas 0.5 karat. 6 prong sangat populer dipakai di karat-karat besar seperti 1-2 karat dengan model rangka solitaire.

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
The Square Frame Diamond Wedding Ring

The Square Frame Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Ruth Diamond Engagement Ring

Ruth Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Berlian

Bagian ketiga dan bisa dibilang yang terpenting adalah berlian. Mengapa harus berlian? Berlian menjadi bagian dari budaya dan tradisi melamar / propose diseluruh dunia sejak puluhan tahun yang lalu karena keberhasilan dari marketing campaign De Beers pada tahun 1947 dengan slogan “a diamond is forever”. Sekarang berlian menjadi suatu keharusan dalam proses lamaran di seluruh dunia. Keindahan, ketahanan, dan keunikan berlian asli yang berbeda dan memiliki karakteristik tersendiri di setiap berlian menjadikannya representasi simbol cinta untuk selama-lamanya. Spesifikasi dan harga dari berlian ditentukan oleh 4 aspek yang terkenal dengan nama 4C (Carat, Clarity, Colour, Cut). Bagi kamu yang masih awam dan mau mengetahui tentang 4 aspek ini bisa KLIK DISINI untuk ke laman edukasi. Sayangnya apabila kamu datang berkeliling ke toko berlian ritel di mall kamu hanya akan menemukan 1 opsi saja yaitu berlian F VVS, berlian ini cenderung mahal, dan kamu akan mengkompromikan besar karat berlian kamu, padahal akan lebih baik kamu mengoptimalkan budget kamu untuk berlian yang lebih besar bukan?

Disini fifthbloom.com hadir untuk membantu kamu memilih cincin tunangan dengan memberi rekomendasi untuk mengoptimalkan budgetmu, kamu memiliki keuntungan secara opsi pilihan yang lebih banyak, transparasi harga, dan lebih terjangkaunya harga bila dibandingkan toko-toko retail dimall karena Fifth Bloom merampingkan supply chain berlian yang umumnya panjang menjadi pendek dengan memotong segala perantara atau makelar. Dengan basis teknologi, Fifth Bloom juga memberikan kamu akses langsung ke pemotong berlian di seluruh dunia. kamu dapat secara langsung melihat ribuan opsi berlian mereka dengan video 360o secara zoom pembesaran untuk melihat kondisi dan inklusi berlian. Hal ini akan sangat sulit dilakukan apabila kamu berada di toko mall karena untuk melihat kondisi berlian dibutuhkan alat loop pembesaran hingga 10x-30x dan butuh pengalaman yang lebih dan mata yang terlatih untuk ini.

Baca juga : Daftar Harga Berlian Terbaru UPDATE

Halo Contoh tampilan list berlian di www.fifthbloom.com

Dengan fitur ciptakan cincin tunangan dari Fifth Bloom, kamu dapat memilih rangka dan berlian pilihan secara nyaman tanpa tekanan. KLIK DISINI untuk mencoba fitur ini.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Berapa Budget Cincin Tunangan?

Berapa budget yang seharusnya kamu siapkan untuk cincin tunangan? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan universal kaum Adam di seluruh dunia. Ada mitos menyebutkan budget untuk cincin tunangan adalah antara 1 sampai 3 kali gaji perbulan. Standar ini pertama kali dikemukakan oleh De Beers pada tahun 1930’an pada saat US Great Depression dengan kampanye 1 kali gaji, dan setelah ekonomi mulai membaik berkembang menjadi 2 kali gaji. Bahkan di Jepang, De Beers melakukan kampanye pemasaran bahwa cincin tunangan seharga 3 bulan gaji. Dan kampanye itu sukses besar di tahun 1970’an dan Jepang tetap menjadi salah satu pasar terbesar untuk perhiasan berlian sampai saat ini. Mitos ini mungkin bisa memberatkan kamu apalagi kaum milenial, tetapi butuh ditekankan bahwa budget sebenarnya adalah tergantung pribadi masing-masing dan disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Apabila kamu sudah memiliki budget tapi masih awam dan bingung dalam memilih cincin tunangan, kamu bisa mencoba fitur wizard by Fifth Bloom dengan memasukan jumlah budget maksimal kamu ke kolom box dibawah ini. Disini kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi berdasarkan personality atau sifat pasanganmu dengan menjawab beberapa pertanyaan / kuisioner dari kami.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.