;
close

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Cincin Nikah Emas Kuning

Fifth Bloom Sep 27, 2022

Sumber foto: Pexels

Sumber foto: Pexels

Sejak ribuan tahun lalu, cincin nikah emas kuning telah menjadi pilihan favorit untuk menandai ikatan cinta suci sehidup semati. Jika dilihat dari sejarah, cincin kawin emas kuning memang menjadi cincin nikah generasi awal.

Seperti kita tahu, tradisi memakai cincin nikah diawali oleh bangsa Mesir dan Romawi Kuno. Saat itu, memang pada awalnya tidak memakai cincin kawin emas. Kala itu cincin kawin terbuat dari besi dan tembaga sebelum akhirnya bergeser ke material logam emas.

Baca juga : Bermula dari Mesir dan Romawi Kuno, Begini Sejarah Cincin Kawin

Hingga kini, cincin kawin juga terus mengalami pergeseran tren. Apalagi seiring dengan berkembangnya teknologi dan industri perhiasan, cincin kawin pun tak hanya memiliki pilihan bahan dari emas kuning. Kini ada berbagai jenis cincin kawin emas, mulai dari cincin kawin emas putih, rose gold hingga yang terbaru adalah cincin nikah emas hitam.

Dengan beragam pilihan tersebut, tidak jarang calon pengantin bingung untuk memilih cincin nikah emas putih atau kuning. Keduanya memiliki pesona dan keindahan masing-masing. Namun bagi kalian yang menyukai style klasik, maka cincin nikah emas kuning bisa jadi pilihan tepat.

Sebab, cincin emas kuning ini memiliki pesona vintage yang kental. Kecantikannya pun tak lekang oleh waktu.

Selain itu, cincin nikah emas kuning juga bisa dipadukan dengan berbagai jenis perhiasan lainnya. Termasuk dengan cincin tunanganmu yang mungkin saja terbuat dari emas putih dan dihiasi dengan berlian.

Tak hanya cocok dipakai bersama cincin tunangan, cincin nikah emas kuning juga tetap indah saat dipakai sendiri. Bahkan bisa dikatakan bahwa cincin emas kuning adalah perhiasan ‘pokok’ yang harus dimiliki setiap orang.

Nah jika kalian ingin memilih cincin nikah emas kuning, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Mulai dari bentuk rangka, hingga cara merawatnya.

Clave Baguette Wedding Ring

Clave Baguette Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Morrigan Diamond Wedding Ring

Morrigan Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Zag Possion Diamond Wedding Ring

Zag Possion Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

1. Perhatikan Kadar Emas Cincin Nikah

Di pasaran terdapat berbagai kadar emas yang bisa kalian pilih. Mulai dari 9 karat, 14 karat, 18 karat, 22 karat dan sebagainya. Lantas kira-kira harus pilih yang mana? Apakah ada cincin kawin dengan kadar emas 24 karat?

Perlu dicatat bahwa logam emas murni 24 karat memiliki sifat yang lunak. Sehingga begitu mudah berubah bentuk saat terkena benturan atau jatuh.

Apalagi jika perhiasan tersebut dihiasi dengn batu mulia seperti berlian. Risiko berlian tersebut lepas, rusak atau pun hilang menjadi semakin tinggi.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Sebab itulah perhiasan emas selalu dibuat dengan logam campuran yang disebut alloy. Logam campuran ini biasanya berupa tembaga, nikel, perak dan palladium. Dengan adanya bahan campuran tersebut, perhiasan emas menjadi lebih kuat dan tahan benturan. Lantas bagaimana cara membaca kadar emas?

Baca juga : Apa Arti Kadar/Karat Emas 9K, 14K, 17K, 18K, 24K, 375, 700, 750 dan LM?

Jika kalian memiliki perhiasan emas dengan kadar 18 karat atau 18K maka artinya, perhiasan tersebut mengandung 75% emas. Penghitungannya didapat dari 18/24 x 100%. Sebab kadar 100% emas adalah 24 karat.

Cek harga perhiasan emas tua (18K) :

Ini artinya, cincin emas 18K memiliki 25% bahan campuran. Para ahli perhiasan menilai bahwa jumlah kadar bahan campuran tersebut sudah baik dan bisa membuat perhiasan kuat. Selain itu, kadar emas 18K juga termasuk tinggi sehingga nilai perhiasan pun juga tinggi.

Tak hanya itu, cincin nikah emas 18K juga merupakan pilihan favorit di pasaran Indonesia dan Asia. Sementara di pasaran Amerika Serikat lebih disukai cincin kawin dengan kadar emas 14 karat.

Cek harga perhiasan emas muda (9K) :

2. Pilih Cincin Kawin Emas dengan Rangka Padat atau Berongga?

Memilih cincin kawin tidak bisa sembarangan. Bukan hanya karena cincin ini menjadi simbol dari cinta abadi. Tetapi juga karena cincin ini akan dipakai seumur hidup, sehingga calon pengantin harus memilih cincin emas kuning dengan kualitas terbaik, sehingga bisa tahan lama.

Salah satunya adalah dengan memilih cincin nikah yang memiliki rangka emas padat bukan berongga. Sebab jika cincin emas memiliki rongga, cincin tersebut akan memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi. Perhiasan tersebut juga akan lebih mudah berubah bentuk saat terkena benturan.

fifthbloom

3. Harga Cincin Nikah Emas Kuning

Harga cincin nikah emas kuning dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yang pertama adalah kadar emas, semakin tinggi kadarnya semakin tinggi pula harganya.

Yang ke dua adalah berat dan ukuran cincin. Selanjutnya adalah apakah cincin tersebut dihiasi dengan berlian. Seperti kita tahu, cincin nikah yang dihiasi dengan berlian akan memiliki nilai yang lebih tinggi. Selain itu, adanya berlian juga akan menambah kilau dan kecantikannya.

4. Apakah Cincin Kawin Emas Kuning Cocok Dipakai Perempuan dan Laki-laki alias gender neutral?

Cincin kawin emas kuning cocok dipakai laki-laki mau pun perempuan. Terbukti hingga kini masih banyak laki-laki yang juga menyukai perhiasan emas kuning, termasuk cincin.

Male Brushed Single Full Stone in Prong Diamond Wedding Ring

Male Brushed Single Full Stone in Prong Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Male Brushed Three Stone Diamond Wedding Ring

Male Brushed Three Stone Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Amber Diamond Male Wedding Ring

Amber Diamond Male Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

5. Jenis Cincin Tunangan Seperti Apa yang Cocok Dipadukan atau Dipakai Bersama Cincin Kawin Emas Kuning?

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Seperti yang telah dibahas secara singkat di atas, cincin kawin emas kuning bisa dipadukan dengan berbagai jenis cincin tunangan. Mulai dari cincin tunangan berlian tunggal alias solitaire, halo, side stone hingga single row.

Kalian juga bisa memadukannya dengan cincin berbagai warna. Misalnya saja cincin kawin emas kuning akan tampak elegan saat dipadukan dengan cincin tunangan emas putih. Unsur modern yang hangat juga akan begitu terasa saat dipadukan dengan cincin rose gold.

fifthbloom

6. Cara Merawat Cincin Nikah Emas Kuning

Emas adalah logam yang tahan lama dan tidak mudah ternoda, menjadikannya pilihan tepat untuk berbagai gaya hidup. Cincin nikah emas kuning milikmu dapat dipakai sepanjang hari, setiap hari. Namun akan kebih baik jika kalian melepasnya saat melakukan olahrga atau pun berkebun. Sehingga keringat dan kotoran tak akan mudah menumpuk di perhiasan.

Untuk membersihkannya pun mudah. Cukup rendam cincin dalam campuran sabun cuci piring dan air hangat selama 15 menit. Lalu gosok dengan sikat gigi lembut. Kalian bisa melakukannya satu hingga dua kali dalam seminggu.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.