;
close

7 Cara Mencuci Perhiasan Emas Agar Tetap Indah Seperti Baru, Gampang Banget!

Fifth Bloom Jun 07, 2022

Sumber foto: Fifth Bloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Sejak beribu tahun lalu, emas menjadi salah satu perhiasan yang paling digemari. Bukan tanpa sebab, keindahan, kelangkaan dan nilai yang terkandung di dalamnya membuat logam mulia ini tetap dipuja hingga saat ini. Apalagi perhiasan emas bisa dan cocok dipakai dalam setiap kesempatan. Mulai dari kegiatan sehari-hari, hingga acara khusus yang mengharuskan seseorang tampil formal atau pun glamor. Sebab itulah, para pemilik perhiasan emas harus mengetahui cara membersihkan dan mencuci emas yang tepat.

Barang apa pun harus dirawat dengan baik untuk menjaga keindahannya. Begitu pula dengan perhiasan emas. Sebab aksesoris yang satu ini, terlebih yang dipakai sehari-hari pastinya akan banyak bersentuhan dengan kulit.

Minyak, sel kulit mati dan debu juga pasti akan menempel pada perhiasan emas yang dipakai. Sehingga lambat laun kotoran-kotoran tersebut bisa menutupi keindahan perhiasan emas. Kilaunya pun bisa menurun seiring berjalannya waktu.

Untuk menjaga kilaunya, kita harus rajin membersihkan perhiasan emas yang dimiliki. Cara mencuci perhiasan emas terbilang cukup mudah. Bahkan kita hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang ada di dapur.

1. Cara Mencuci Emas dengan Sabun Pencuci Piring

Cara pertama untuk mencuci perhiasan emas adalah dengan menggunakan sabun pencuci piring. Tak seperti jenis pembersih lainnya, cairan pencuci piring pada umumnya tak mengandung bahan kimia yang terlalu abrasif. Sehingga aman digunakan untuk membersihkan perhiasan emas.

Langkah pertama cukup siapkan air hangat, suam kuku. Tuang cairan pembersih piring secukupnya ke dalam air hangat tersebut. Lalu rendam perhiasan emas selama kurang lebih 20 menit.

Baca juga : Mengenal 11 Prosesi Ritual dalam Pernikahan Adat Jawa Beserta Filosofi dan Maknanya

Selanjutnya bersihkan perhiasan menggunakan sikat gigi lembut. Cara ini bisa digunakan membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Perlu diingat, jangan menyikat perhiasan emas dengan keras. Sebab hal ini berpotensi merusak perhiasan. Apalagi jika perhiasan emas tersebut dihiasi dengan batu mulia.

2. Cara Membersihkan Perhiasan Emas yang Dihiasi Berlian

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Cara di atas terbilang aman untuk mencuci perhiasan yang dihiasi berlian, atau pun beberapa batu mulia lain seperti ruby, safir, amethyst, aquamarine atau pun rose quartz. Sebagai tambahan, kalian harus lebih berhati-hati saat membersihkan bagian yang dihiasi batu tersebut.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian prongs, karena pada bagian itulah, biasanya kotoran menumpuk. Namun jangan membersihkan bagian tersebut dengan terlalu keras. Sebab, meski berlian merupakan batu terkuat di dunia, bukan berarti tidak bisa tergores.

Perlu diperhatikan, cara mencuci emas di atas tidak cocok untuk dilakukan jika perhiasan dihiasi dengan mutiara, emeralds (batu zamrud) alami atau pun opal. Batu-batu tersebut lebih rentan dan merendamnya dalam cairan tersebut bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Ahli perhiasan, Madeline Fraser seperti dilansir dari Insider mengungkap bahwa perhiasan mutiara sebaiknya tidak dibersihkan menggunakan air. Cara terbaik untuk membersihkan perhiasan emas yang dihiasi mutiara adalah menggunakan kain kering yang lembut.

Clave Male Baguette Wedding Ring

Clave Male Baguette Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Initial Male Diamond Wedding Ring

Initial Male Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Doris Male Diamond Wedding Ring

Doris Male Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

3. Gunakan Kain Lembut

Setelah perhiasan emas dicuci bersih menggunakan cara nomor satu, jangan lupa untuk mengeringkannya. Gunakanlah kain yang lembut seperti katun untuk mengeringkan perhiasan. Tak hanya itu, kalian juga mengeringkan perhiasan menggunakan kain bebas serat yang biasa digunakan untuk membersihkan berlian.

4. Apakah Cara Mencuci Emas Putih, Kuning atau Rose Gold Berbeda?

Jawabannya adalah tidak. Kalian bisa membersihkan segala jenis emas, baik itu emas kuning, putih atau pun rose gold dengan cara yang sama.

Khusus untuk perhiasan berlapis emas, bisa dibersihkan menggunakan cairan pencuci piring. Namun pastikan untuk tidak menyikatnya terlalu keras. Karena tidak seperti perhiasan emas asli, lapisan emas akan lebih rentan untuk terkelupas jika disikat terlalu keras.

5. Jangan Gunakan Cairan Abrasif

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jangan menggunakan cairan dengan kandungan bahan kimia keras untuk membersikan perhiasan emas. Salah satu cairan yang harus dihindari untuk mencuci emas adalah pemutih dan pasta gigi.

Kedua pembersih tersebut mengandung chlorine yang memiliki sifat abrasif tinggi dan bisa merusak logam. Tak hanya pemutih dan pasta gigi, masih ada beberapa bahan lain yang haram digunakan untuk mencuci perhiasan emas. Di antaranya adalah baking soda, acetone, deterjen bubuk serta hand sanitizer. 

6. Bersihkan Perhiasan Secara Rutin

Membersihkan perhiasan bukan hanya harus dilakukan secara tepat, tetapi juga rutin. Bersihkan perhiasan emas dengan cara mencuci nomor satu, selama satu minggu sekali.

Kalian juga bisa membawa perhiasan emas ke ahli untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh setidaknya dua kali dalam satu tahun. Ahli perhiasan akan membersihkan perhiasan menggunakan alat yang memadai. Sehingga perhiasan emas akan tampak seperti baru.

Baca juga : Sederet Model, Desain dan Contoh Cincin Tunangan Paling Populer

Tak hanya itu, sebaiknya kalian juga membawa perhiasan ke ahli selama enam bulan sekali untuk dilakukan inspeksi. Sehingga jika posisi berlian mulai goyah, atau pun ada beberapa kendala lain, bisa segera diperbaiki.

La Fleur Diamond Engagement Ring

La Fleur Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Sunflower Setting Diamond Engagement Ring

Sunflower Setting Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Lotus Halo Engagement Ring

Lotus Halo Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

7. Jangan Gunakan Benda Tajam

Masih ada segelintir orang yang memiliki kebiasaan kurang baik saat membersihkan perhiasan emas. Bukannya menggunakan sikat yang lembut, ada yang masih memilih untuk memakai benda tajam seperti jarum untuk mengorek kotoran di perhiasan.

Metode ini memang terkesan lebih cepat, namun bukannya tanpa risiko. Permukaan perhiasan emas bisa tergores dan rusak jika kalian menggunakan cara ini.

Tak hanya itu, jika kalian menggunakan jarum untuk menjangkau bagian sulit dati perhiasan, misalnya di dalam prongs di bawah berlian, maka hal ini berpotensi membuat prongs menjadi longgar. Sehingga berlian bisa mudah terlepas dan hilang.

Setelah membaca sederet penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa mencuci perhiasan emas tidak perlu dilakukan dengan cara rumit. Alat-alat yang digunakan pun bisa didapatkan dengan mudah.

Namun, kalian masih harus membersihkan perhiasan emas secara profesional oleh ahli selama enam bulan sekali. Sebab cara mencuci emas yang sederhana tersebut, masih belum cukup untuk membersihkannya secara keseluruhan. Membersihkan perhiasan emas secara rutin akan membuat aksesorismu tampak berkilau dan baru.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.