;
close

8 Jenis Setting Cincin Berlian. Mana yang Paling Cocok dengan Gayamu?

Fifth Bloom Apr 18, 2022

Fifthbloom

Setting mengacu pada bagaimana berlian dipasang di rangka cincin. Pengaturan ini bertujuan untuk menyorot keindahan dari berlian. Tak hanya itu, setting juga membuat cincin terpasang dengan aman pada cincin.

Ada beberapa jenis setting pada cincin berlian. Mulai dari prongs, bezel, tension hingga bar setting. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Prongs

fifthbloom Prongs menjadi jenis setting paling digemari (klik pada gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Bisa dikatakan bahwa prongs menjadi jenis setting cincin berlian paling populer. Untuk berlian bundar, biasanya setting yang digunakan adalah empat atau enam prongs. Prongs membuat cahaya memantul dengan sempurna dari berlian sehingga batu memantulkan fire dan kecemerlangan yang sempurna.

Setting enam prongs cenderung lebih aman. Sementara empat prongs bisa jadi pilihan tepat untuk perhiasan-perhiasan yang dipakai saat aktivitas yang tak terlalu menguras tenaga.

Empat prongs juga cocok dipilih untuk ukuran berlian yang kecil. Setting ini membuat batu terlihat lebih berkilau.

Baca juga : Apa Arti Kadar/Karat Emas 9K, 14K, 17K, 18K, 24K, 375, 700, 750 dan LM?

Untuk berlian fancy shape (selain berlian bundar, red) mungkin membutuhkan jumlah prongs yang lebih banyak. Sebab beberapa berlian fancy shaped memiliki sudut-sudut yang runcing dan mudah pecah, sehingga harus dilindungi.

Meski menjadi salah satu setting paling disukai, prongs mudah tersangkut pada baju. Sehingga pengaturan ini kurang cocok bagi kalian yang memiliki gaya hidup aktif.

Knife Edge 4 Prong Solitaire Diamond Engagement Ring

Knife Edge 4 Prong Solitaire Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
6 Prong Solitaire Diamond Ring

6 Prong Solitaire Diamond Ring

Cincin

Lihat Harga
Comfort Fit Solitaire 4 Prong Engagement Ring

Comfort Fit Solitaire 4 Prong Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

2. Bezel

fifthbloom Igloo Bezel Diamond Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Cincin dengan setting bezel cocok untuk mereka yang memiliki gaya hidupyang begitu aktif. Sebab pada model ini, rangka cincin menutupi sepenuhnya bagian sisi berlian. Sehingga berlian terlindung dengan sempurna.

Meski penahan atau pengaturan ini lebih aman, namun setting bezel menyembunyikan sebagian dari berlian. Sehingga batu tampak lebih kecil. Setting ini juga mengurangi cahaya yang memantul pada berlian, sehingga kecemerlangan dan fire berkurang pula.

3. Tension

fifthbloom Jane Eternity Tension Diamond Wedding Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Bentuk penahan selanjutnya adalah tension setting. Bentuk ini begitu unik dan memberikan kesan berlian tampak mengambang. Selain itu tak ada logam di bawah berlian, rangka cincinlah yang menahan batu berlian.

Setting ini tak hanya unik, tetapi juga memaksimalkan cahaya yang bisa dipantulkan oleh berlian. Sebab, berlian tak ditutupi layaknya pada setting bezel. 

Sayangnya, penahan jenis ini cenderung membuat berlian tampak lebih kecil. Karena biasanya berlian ditahan oleh rangka cincin yang tebal.

Baca juga : Berapa Harga Cincin Nikah Berlian Emas Putih 3 Gram?

Ada cincin yang menggunakan setting jenis tension. Namun beberapa di antaranya masih ditahan dengan struktur tambahan, bukan hanya rangka cincin. Setting ini akan membuat cincin lebih mudah untuk diubah ukurannya.

Jean Eternity Diamond Wedding Ring

Jean Eternity Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Jonas Female Tension Diamond Wedding Ring

Jonas Female Tension Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Jonah Male Tension Diamond Wedding Ring

Jonah Male Tension Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

4. Flush

fifthbloom Kellen Female Diamond Wedding Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Flush merupakan metode kuno untuk meletakkan berlian pada rangka cincin. Setting ini mampu melindungi berlian dengan sempurna. Sebab ahli perhiasan akan melubangi logam rangka cincin, menempatkan berlian di dalamnya dan memukulnya dengan palu sehingga berlian terpasang kuat. Sebab itulah, setting ini juga dikenal dengan nama hammer (palu,red).

Setting ini tak hanya memberikan keamanan maksimal, tetapi juga membuat perhiasan tampak lebih ramping dan bersahaja. Namun, karena berlian harus berukuran lebih kecil dari rangka cincin, maka hanya berlian kecil saja yang bisa dipasang dengan setting ini.

5. Katedral

fifthbloom Cathedral Solitaire Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifthbloom.com

Sesuai dengan namanya, model penahan berlian ini terinspirasi dari langit-langit dan kubah katedral. Model ini memungkinkan batu berlian menempel secara aman di rangka cincin. Detail berlian juga bisa terlihat dari bagian samping.

Setting untuk Berlian yang Lebih Kecil

1. Pave

fifthbloom Pave Rope Engagement Ring koleksi Fifth Bloom. Sumber foto: Fifth Bloom

Berlian-berlian mungil yang dipasang di sepanjang permukaan rangka, akan membuat cincin tampak lebih mewah dan bersinar. Sebab itulah, begitu banyak cincin modern yang dihiasi dengan sejumlah berlian di bagian rangka, sehingga menimbulkan kesan bahwa band tersebut terbuat dari susunan berlian.

Berlian-berlian kecil dengan setting jenis pave ditahan oleh prongs kecil. Mereka juga diletakkan berdekatan satu sama lain, sehingga menimbulkan efek yang begitu indah.

Double Halo Pave Engagement Ring

Double Halo Pave Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Flore Twisted Pave In Dual Tone Diamond Engagement Ring

Flore Twisted Pave In Dual Tone Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Triple Pave Halo Engagement Ring

Triple Pave Halo Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

2. Channel

fifthbloom Channel Set Diamond Wedding Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Bisa dikatakan bahwa setting jenis channel lebih aman daripada pave. Sebab pada pengaturan ini, deretan berlian akan dilindungi dari kedua sisi.

Sehingga perhiasan dengan model ini cocok untuk kalian yang menyukai kegiatan-kegiatan aktif di luar rumah. Namun jenis pengaturan ini akan membuat cincin sulit untuk diubah ukurannya.

Baca juga : Tips Memilih Berlian Asli dengan Kilau Terbaik

3. Bar

Setting jenis bar mengacu pada pengaturan berlian-berlian pada rangka cincin yang ditahan dengan menggunakan logam yang tampak seperti penyekat vertikal. Karena penyekat ini hanya menutupi sebagian kecil berlian, maka cahaya yang bisa dipantulkan pun lebih banyak daripada jenis channel. 

Dengan begitu, berlian akan tampak lebih berkilau. Di sisi lain, setting ini juga tak seaman channel. Sebab channel  melindungi berlian dari kedua sisi. Namun tidak dengan setting jenis bar. 

Nah, setelah memahami jenis-jenis setting cincin berlian, kini kalian bisa memilih perhiasan dengan lebih bijak. Kunjungi Fifth Bloom, untuk mendapatkan perhiasan berlian dengan berbagai setting favoritmu, tentunya dengan harga yang ramah di kantong. Hubungi customer service untuk mengkonsultasikan kebutuhan perhiasanmu.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.