;
close

9 Cara Menghemat Biaya Nikah, Calon Pengantin Wajib Tahu!

Fifth Bloom Sep 24, 2022

Sumber foto: Bridestory

Sumber foto: Bridestory

Ketika akhirnya pasangan memutuskan untuk membawa hubungan ke jenjang pernikahan, rasa bahagia, bersemangat dan sedikit kekhawatiran pasti datang. Bukan hanya karena mereka akan menjalani hidup baru dan berkomitmen untuk menghabiskan sisa usia bersama. Tetapi juga harus mempersiapkan berbagai hal sebelum akhirnya naik pelaminan.

Berbagai persiapan tersebut tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari membeli cincin tunangan, menggelar pesta pertunangan, membeli seserahan hingga akhirnya menikah. Untuk itulah pasangan harus merundingkan berapa budget yang disiapkan untuk persiapan pernikahan.

Namun, meski sudah disusun secara rinci, tak jarang biaya pernikahan malah membengkak. Bahkan dari survei yang dilakukan oleh Zola pada 3.309 pasangan yang menggelar pernikahan di tahun 2022, 2/3 di antaranya mengalami pembengkakan biaya pernikahan. Sebab itulah, pasangan yang hendak naik pelaminan baiknya mengetahui cara menghemat budget pernikahan sehingga tidak sampai membengkak.

Sebab bukannya bahagia setelah menikah, bisa-bisa pasangan malah pusing karena biaya yang membengkak. Nah, berikut ada beberapa cara menghemat biaya nikah untuk para pasangan yang segera naik pelaminan.

1. Pilih Cincin Tunangan yang Tepat

Memilih cincin tunangan yang tepat menjadi salah satu cara menghemat budget pernikahan yang harus kalian tahu. Selama ini kita tahu bahwa cincin tunangan pada umumnya dihiasi dengan berlian. Untuk itulah kalian harus tahu tentang beberapa faktor yang mempengaruhi harga cincin tunangan.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Ada empat aspek utama yang mempengaruhi kualitas dan harga berlian pada cincin tunangan yakni cut, carat, colour dan clarity (4C). Toko perhiasan berlian kebanyakan akan menawarkan cincin dengan kualitas F-VVS. Cincin berlian tersebut memiliki kualitas colour F dan kejernihan (clarity) very very slightly included (VVS).

Berlian F-VVS memiliki harga yang cukup tinggi. Walau sebenarnya penampakan berlian F-VVS tak akan beda jauh dengan berlian yang memiliki kualitas colour dan clarity di bawahnya. Sebab jika kalian memilih berlian G yang masuk dalam kategori near colourless, penampakannya tak akan beda jauh dengan berlian F. Bahkan identic dan terlihat sangat mirip.

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

Begitu juga dengan kualitas clarity. Perlu dicatat bahwa cacat pada berlian hanya bisa dilihat melalui alat dengan perbesaran alias tidak kasat mata. Sehingga daripada menyediakan budget yang terlalu besar untuk berlian dengan clarity tinggi, lebih baik pilih berlian eye-clean.

Apa itu berlian eye clean? Hal ini mengacu pada berlian yang tampak jernih saat dilihat dengan mata telanjang. Cacat berlian biasanya ada di bagian bawah, sehingga hal ini tak akan terlihat karena kita akan melihat berliannya dari bagian atas cincin.

Check harga berlian berdasarkan clarity di sini :

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan tentang kadar emas pada rangka cincin. Semakin tinggi kadar emas, semakin tinggi pula harganya. Namun emas muda dan emas tua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pelajari mengenai kadar emas dengan klik tombol di bawah ini.

fifthbloom

2. Menikah di KUA

Tips menghemat budget pernikahan selanjutnya adalah dengan cara menikah di Kantor Urusan Agama (KUA). Sebab biaya menikah di KUA itu gratis. Sebab jika kalian ingin menggelar akad nikah di luar kantor KUA, termasuk di rumah atau gedung maka akan dikenakan biaya memanggil penghulu yakni sebesar Rp 600.000.

Calliope Diamond Engagement Ring

Calliope Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Lotus Diamond Engagement Ring

Lotus Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Rosetta Setting Diamond Engagement Ring

Rosetta Setting Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

3. Dekorasi Pesta Pertunangan

Sebelum naik pelaminan, ada berbagai prosesi yang harus dilalui terlebih dahulu. Salah satunya adalah pertunangan. Pada umumnya pesta pertunangan ini digelar di depan kedua pihak keluarga.

Untuk menghemat biaya pertunangan, pasangan bisa mengundang kerabat dekat saja. Selain itu, meski menghemat biaya, kalian juga pasti ingin mengingat momen ini sebagai salah satu momen paling berharga. Sebab itulah, siapkan dekorasi untuk pesta pertunangan.

Untuk menghemat biaya, kalian bisa membuat sendiri kerajinan dari kertas yang bisa digunakan ulang dan dibuat sendiri. Kalian bisa membeli kertas berbagai warna dan dibentuk menjadi bunga atau pun ornament cantik lain yang bisa digunakan sebagai dekorasi. Ada banyak referensi di YouTube untuk membuat kerajinan semacam itu.

Persiapan ini bisa dilakukan beberapa minggu sebelum pertunangan. Kalian pun bisa melakukannya saat bersantai, sembari menonton televisi misalnya. Ajak pula beberapa anggota keluarga untuk membantumu, sehingga proses tersebut terasa menyenangkan.

Dengan membuat dekorasi sendiri, kalian bisa menghemat biaya pertunangan dan tidak perlu menyewa dekorasi. Biaya sewa dekorasi sederhana untuk pertunangan biasanya berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Tentunya tergantung model dan desain. Jika dekorasi tersebut dibuat dari bunga segar, maka bisa lebih mahal.

fifthbloom

4. Pesta Pernikahan Sederhana di Rumah

Agar biaya nikah murah, kalian bisa menggelar pesta perkawinan di rumah. Dengan begitu kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa gedung.

Selain itu, kalian juga bisa menentukan waktu dengan lebih fleksibel. Sebab kalian tidak perlu menyesuaikannya dengan jadwal ketersediaan gedung.

Nikah sederhana di rumah juga akan memberikan kesan yang hangat. Sebab rumah bukanlah sekadar tempat yang kalian sewa layaknya sebuah gedung. Ada memori dan cerita emosional yang melekat di rumah. Sehingga hal tersebut akan menambah indah suasana pernikahanmu.

Baca juga : Apa Saja Persyaratan Nikah di Rumah? Berikut Panduan Lengkapnya!

Claudette Diamond Wedding Ring

Claudette Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Greer Diamond Wedding Ring

Greer Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Amber Diamond Wedding Ring

Amber Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

5. Gunakan Kembali Dekorasi Pertunangan

Jika sebelumnya kalian membuat sendiri dekorasi pertunangan dari bahan kertas warna-warni, kalian juga bisa memakainya kembali saat menggelar pernikahan di rumah. Hal ini lagi-lagi akan memangkas daftar biaya dekorasi yang harusnya kalian keluarkan.

fifthbloom

6. Batasi Tamu Undangan

Salah satu hal yang memakan biaya paling besar adalah bagian konsumsi. Jika kalian ingin menggelar pesta pernikahan sederhana, ada baiknya hanya mengundang keluarga, kerabat dan sahabat. Dengan begitu, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi untuk konsumsi atau catering. Dengan membatasi tamu undangan, kalian juga bisa fokus untuk merayakan hari bahagiamu dengan orang-orang terdekat dan kalian cintai saja.

Memang taka da salahnya menggelar pesta pernikahan besar-besaran dengan mengundang banyak orang. Hal ini pasti akan membuat perayaan semakin meriah. Namun, bukanlah sebuah hal buruk untuk merayakan dan mengundang orang-orang terdekat saja.

fifthbloom

7. Menikah di Hari Kerja

Menikah di akhir pekan atau weekend memang menjadi pilihan sebagian besar orang. Hal inilah yang membuat harga sewa gedung cenderung naik untuk acara di akhir pekan.

Sehingga jika kalian tak ingin menggelar pernikahan di rumah, sebaiknya gelar pernikahan di gedung di hari kerja. Sebab biasanya harga sewa gedung di hari kerja (Senin-Kamis) cenderung lebih murah dibandingkan weekend.

Namun kalian juga harus memperhatikan tentang waktu tersebut. Sebab akan cukup menantang untuk tamu undangan menyesuaikan jadwal mereka untuk datang ke pernikahanmu pada hari kerja. Rundingkan masalah ini dengan keluarga dan pasangan, ya.

The Knot Diamond Male Wedding Ring

The Knot Diamond Male Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Greer Male Diamond Wedding Ring

Greer Male Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Dionne Male Wedding Ring

Dionne Male Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

8. Sewa Fotografer yang Tepat

Kalian pastinya ingin menyimpan momen pernikahan kalian. Sehingga menyewa forotgrafer profesional adalah sebuah keharusan. Namun ada sedikit tips untuk hal ini.

Jika kalian ingin menghemat budget untuk sewa fotografer, kalian bisa mulai browsing dan mencari portofolio fotografer local yang bagus. Menyewa fotografer local memungkinkan kalian untuk memangkas biaya transportasi yang mungkin saja diminta jika fotografer berasal dari luar kota.

Selain itu, pilihlah fotografer profesional namun yang baru membuka usaha fotografi mereka. Hal ini bisa membuatmu menghemat budget untuk sewa fotografer.

Kalian bisa terlebih dahulu kepoin portofolio atau Instagram mereka. Dengan begitu kalian akan tahu kualitas foto yang dihasilkan.

Jane Eternity Tension Diamond Wedding Ring

Jane Eternity Tension Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Anniversary Diamond Wedding Ring

Anniversary Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Wanda Eternity Diamond Wedding Ring

Wanda Eternity Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

9. Buat Sendiri Kue Pernikahanmu

Memesan kue pernikahan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Sebab desain kue pernikahan yang lumayan rumit, ditambah lagi bahan-bahan yang biasanya harus premium, membuat kudapan yang satu ini memiliki harga cukup tinggi.

Untuk itu tak ada salahnya untuk membuat kue pernikahan sendiri. Kalian bisa mulai belajar membuat kue beberapa bulan sebelum menggelar pernikahan. Bukan saja menghemat biaya, kalian juga bisa memberikan sentuhan personal dan emosional pada kudapan ini.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.