;
close

Berapa Berat Ideal Cincin Kawin dan Cincin Tunangan?

Fifth Bloom Apr 20, 2022

Sumber: Fifth Bloom

Sumber: Fifth Bloom

Memilih cincin kawin dan cincin tunangan tak bisa sembarangan. Sebab keduanya bukanlah perhiasan biasa, cincin kawin dan cincin tunangan menjadi simbol dari ikatan cinta abadi. Cincin-cincin tersebut juga tak hanya dipakai selama satu atau dua hari, melainkan selamanya. Sebab itulah, kalian harus memikirkan berbagai detail termasuk berapa berat ideal cincin tunangan dan cincin kawin sebelum membelinya.

Berat cincin kawin dan cincin tunangan akan mempengaruhi penampakannya saat dipakai. Tak hanya itu, berat cincin kawin dan cincin tunangan juga merupakan faktor penting yang menentukan harga dari perhiasan tersebut.

Berat Ideal Cincin Tunangan

Perbedaan cincin tunangan dan cincin kawin biasanya terletak pada berat ideal. Keduanya memang memiliki ukuran rangka cincin yang berbeda.

Cincin tunangan pada umumnya didesain untuk menonjolkan keberadaan batu mulia seperti berlian yang menghiasinya. Sehingga berat rangka cincin tunangan biasanya tidak terlalu besar.

Dilansir dari Diamond Prodi Amerika Serikat orang-orang rata-rata menyukai untuk membeli cincin tunangan yang dihiasi berlian dengan 1,08 hingga 1,2 carat. Sementara di Inggris, rata-rata berat berlian yang paling disukai untuk cincin tunangan adalah 0,6 carat. Tentunya hal ini akan berbeda di setiap negara.

Jika melihat berat berlian, sebenarnya tidak ada pedoman khusus yang mengharuskan berapa carat berlian yang harus menghiasi cincin tunangan. Sebab menemukan cincin dengan berat berlian ideal tak jauh lebih penting daripada menemukan yang pas dengan budget.

Sebab itulah Fifth Bloom selalu memastikan para konsumen mendapatkan cincin dengan berlian, prong dan rangka yang sesuai dengan budget. Koleksi berlian Fifth Bloom pun ada ribuan dengan berbagai spesifikasi, sehingga calon pembeli tak akan kekurangan pilihan.

fifthbloom

Saat membeli cincin tunangan berlian, jangan lupa bahwa carat bukanlah satu-satunya aspek yang harus diperhatikan. Ada tiga C lain, yakni cut, colour dan clarity yang juga harus menjadi pertimbangan.

Baca juga : Berapa Harga Cincin Nikah Berlian Emas Putih 3 Gram?

Selain carat, cut juga menjadi aspek terpenting yang menentukan kualitas berlian. Cut mengacu pada potongan berlian dan mempengaruhi kemampuannya untuk memantulkan cahaya. Aspek potongan inilah yang mempengaruhi kilau berlian. Jadi pastikan untuk memilih berlian dengan kualitas cut excellent.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa harga berlian 1 carat akan jauh lebih mahal dengan berlian 0,5 carat. Meski sebenarnya dari sisi berat mereka memiliki selisih yang sangat sedikit. Dari penampakan pun, keduanya terlihat serupa.

Harga berlian F-VVS 0,5 carat berkisar antara Rp 32 juta-Rp 34 juta. Jika kalian berpikir bahwa harga berlian 1 carat dengan spesifikasi sama adalah dua kali lipatnya (sekitar Rp 64 juta hingga Rp 68 juta), hal tersebut tidaklah benar. Harga berlian F-VVS 1 carat berkisar antara Rp 186 juta hingga Rp 206 juta.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Berat Ideal Cincin Kawin

fifthbloom Claudette Diamond Wedding Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk memlihat detail produk). Sumber Foto: Fifth Bloom

Cincin kawin pastinya berbeda dengan cincin tunangan. Cincin kawin pada umumnya tidak menonjolkan keberadaan batu mulia. Cincin kawin biasanya memiliki desain yang lebih sederhana dan didominasi permukaan emas atau perak polos.

Salah satu material populer yang digunakan untuk cincin kawin adalah emas. Berat ideal cincin kawin adalah 3-7 gram. Tentunya hal ini tergantung dari model yang dipilih.

Rata-rata pengantin wanita memakai cincin kawin dengan berat 3-4 gram. Sementara pengantin pria 4-5 gram. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh model dan ukuran cincin kawin.

Ada pula pengantin yang memilih cincin kawin dengan berat 3 gram. Hal ini mungkin karena mereka menyukai model cincin yang lebih tipis dan ramping dengan harga lebih terjangkau.

Bagi kalian yang sudah siap naik pelaminan, Fifth Bloom menyediakan berbagai model cincin kawin dan cincin tunangan yang cantik. Perhiasan kami memiliki kualitas terbaik yang tak perlu diragukan lagi, harganya pun ramah di kantong. Langsung hubungi klik di sini untuk menghubungi customer service dan mengkonsultasikan kebutuhan perhiasan berlian kalian.

Perbedaan Cincin Kawin dan Cincin Tunangan

Selain berat ideal, ada beberapa perbedaan mendasar mengenai cincin tunangan dan cincin nikah. Mulai dari waktu pemberian hingga model cincin.

1. Waktu Pemberian

Tentu saja, perbedaan pertama antara cincin kawin dan cincin pertunangan adalah waktu pemberiannya. Cincin tunangan diberikan saat momen pertunangan atau pun lamaran. Sementara cincin kawin diberikan ketika keduanya sudah sah menjadi pasangan suami istri.

2. Cincin Tunangan Hanya Dipakai Pihak Calon Mempelai Wanita

Cincin tunangan merupakan simbol dari keseriusan kedua calon mempelai untuk naik pelaminan. Cincin ini juga menjadi simbol komitmen. Pada umumnya cincin ini hanya dipakai oleh pihak calon mempelai wanita. Tak hanya itu, perhiasan ini juga menjadi tanda bahwa sang wanita telah menerima lamaran kekasihnya.

Sementara itu, cincin kawin berjumlah sepasang dan dipakai oleh pihak perempuan mau pun laki-laki. Cincin nikah merupakan simbol ikatan cinta sehidup semati.

3. Posisi Pemakaian Cincin Tunangan dan Cincin Nikah

Perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah juga terlihat dari posisi pemakaiannya. Pada umumnya cincin tunangan dipakai di jari manis tangan kiri.

Hal ini berkaitan dengan sejarah dan tradisi dari zaman Romawi Kuno. Usut punya usut ternyata, pada zaman dahulu orang-orang Romawi Kuno percaya bahwa ada pembuluh darah yang menuju langsung ke jantung di jari manis. Pembuluh darah tersebut diberi nama Vena Amoris atau Vein of Love (pembuluh darah cinta, red).

Kendati demikian, tidak semua orang memakai cincin tunangan di jari manis tangan kiri. Pada beberapa budaya, ada pula yang memilih untuk mengenakan cincin tunangan di jari manis tangan kanan.

Sedangkan cincin kawin biasanya dipakai di jari manis tangan kanan. Kini ada ada trend untuk memakai cincin kawin di atas cincin tunangan pada jari manis yang sama, baik di tangan kanan atau pun kiri. Untuk itulah, saat memilih cincin nikah sebaiknya cocokkan dengan model cincin kawin. Sehingga saat dipakai bersama bisa terlihat serasi dan indah.

Baca juga : 8 Tips Memilih Perhiasan yang Tepat untuk Pernikahan

Kendati demikian, tidak ada aturan khusus yang mengharuskan cincin tunangan atau pun cincin kawin dikenakan di jari manis tangan kiri atau pun kanan. Hal ini juga bergantung pada preferensi pribadi dan kenyamanan si pemakai cincin. Jika kalian ingin memakainya di jari tengah atau pun jempol, maka hal tersebut tentunya diperbolehkan. Asalkan kalian merasa nyaman dengan pilihan itu.

4. Perbedaan Model Cincin Tunangan dan Cincin Nikah

Perbedaan lain antara cincin tunangan dan cincin kawin terletak pada model atau desain. Cincin tunangan cenderung memiliki desain yang eksklusif. Batu mulia seperti berlian yang menghiasi cincin tunangan pun cenderung lebih besar daripada yang menghiasi cincin kawin.

Salah satu desain cincin tunangan yang paling disukai adalah model solitaire, yakni cincin yang dihiasi satu buah berlian yang menonjol di bagian tengah. Band cincin tunangan cenderung lebih tipis dibandingkan dengan rangka cincin kawin.

Baca juga : 8 Tips Memilih Perhiasan yang Tepat untuk Pernikahan

Sementara cincin kawin biasanya memiliki desain yang lebih sederhanadan minimalis. Permukaannya pun cenderung polos. Jika cincin kawin dihiasi berlian, pada umumnya ukurannya cukup kecil. Sebab desain cincin kawin cenderung tak ingin menonjolkan berlian.

Berlian yang menghiasi cincin kawin biasanya diletakkan sebagai pemanis saja. Desain yang sederhana ini memungkinkan agar cincin kawin bisa secara nyaman dikenakan sehari-hari.

5. Perbedaan Harga Cincin Tunangan dan Cincin Nikah

Harga cincin tunangan biasanya jauh lebih mahal daripada cincin kawin. Hal ini disebabkan batu berlian yang lebih besar dan desain cincin yang cenderung eksklusif. Harga cincin tunangan pun tergantung dari aspek 4C (cut, carat, colour dan clarity) yang menentukan kualitas berliannya.

Lucille Diamond Wedding Ring

Lucille Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Paulette Diamond Wedding Ring

Paulette Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Clave Baguette Wedding Ring

Clave Baguette Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.