;
close

Hindari 6 Kesalahan dalam Memilih Cincin Tunangan Ini

Fifth Bloom Apr 20, 2022

Sumber foto: Fifth Bloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Pertunangan menjadi salah satu prosesi penting sebelum akhirnya terikat dalam jalinan pernikahan. Sebab itulah, momen penting tersebut harus dipersiapkan secara maksimal. Hindari beberapa kesalahan yang mungkin saja terjadi. Termasuk kesalahan dalam memilih cincin tunangan.

Begitu banyaknya persiapan menuju pelaminan, terkadang membuat calon mempelai melakukan beberapa kesalahan. Apalagi bagi kalian baru saja memutuskan untuk bertunangan. Dari pacaran menuju ke jenjang lebih serius tak jarang membuat gugup.

Tak jarang ada yang merasa terburu-buru, sehingga memilih cincin tunangan yang salah. Padahal untuk memilih perhiasan yang satu ini tidak boleh sembarangan. Harus melalui pertimbangan mendalam. Jangan sampai kalian melakukan 7 kesalahan dalam memilih cincin tunangan ini.

1. Jangan Sampai Over Budget

fifthbloom Classic Twisted Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Sebelum membeli cincin tunangan, jangan lupa untuk menentukan budget terlebih dahulu. Hal ini tak hanya akan membantumu menemukan cincin tunangan berlian yang memiliki harga sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan. Tetapi juga membantu kalian menghindari kekecewaan.

Sebab jika calon pengantin masuk ke toko perhiasan tanpa budget yang jelas, kebanyakan dari mereka akan kecewa karena menyukai atau menginginkan cincin dengan harga yang terlalu tinggi. Meski menyesuaikan budget, jangan khawatir kalian pasti akan mendapat cincin kawin impian.

Fifth Bloom menyediakan berbagai model cincin kawin dengan harga beragam dan pastinya ramah di kantong. Jika kalian masih bingung, kalian bisa melakukan konsultasi dengan customer serviceFifth Bloom. Kami akan membantu kalian menemukan cincin nikah berlian impian sesuai dengan budget.

2. Jangan Memilih Cincin Terlalu Tipis

Pada umumnya, rangka cincin nikah memiliki berat 3-7 gram emas, tergantung model yang dipilih. Rata-rata biaya emas putih adalah Rp 1 juta – Rp 1,5 juta setiap gram.

Tak hanya itu, rata-rata pengantin wanita memakai cincin kawin dengan berat 3-4 gram. Sementara pengantin pria 4-5 gram. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh model dan ukuran cincin kawin.

Ada pula pengantin yang memilih cincin kawin dengan berat 3 gram. Hal ini mungkin karena mereka menyukai model cincin yang lebih tipis dan ramping dengan harga lebih terjangkau.

Tapi ingat, jangan memilih cincin dengan berat di bawah tiga gram. Memang rangka yang tipis akan tampak lebih indah dan berlian tampak lebih menonjol. Namun sebenarnya hal tersebut bukanlah pilihan bijak, sebab rangka yang terlalu tipis tak akan bertahan terlalu lama.

3. Jangan Tergoda Tren<

Mencari inspirasi cincin tunangan memang tak ada salahnya. Berbagai inspirasi pun dengan mudah ditemukan di media sosial seperti Pinterest. Begitu banyak tren yang tampak aesthetic.

Tapi ingat, jangan terlalu tergoda dengan tren, sehingga kalian tak mempedulikan kenyamanan saat memakai perhiasan tersebut. Jangan sampai kalian memilih model cincin tunangan yang sedang tren, namun perhiasan tersebut malah membuatmu tidak nyaman dan tak sesuai dengan kepribadianmu.

Baca juga : 5 Tips Memilih Anting Sesuai Bentuk Wajah. Dijamin Bikin Penampilan Makin Menawan!

Sebab cincin tunangan bukanlah perhiasan yang dipakai dalam jangka waktu pendek. Kalian harus merasa nyaman saat memakainya.

Oleh karena itu, pilihlah perhiasan yang memiliki arti mendalam dan sesuai dengan kepribadian. Sehingga ketika kalian melihat cincin tersebut, maka kalian bisa tersenyum dan bergumam, “Aku lega aku memilih perhiasan favoritku.”

Perlu diingat pula bahwa tren bisa berubah setiap waktu. Namun kenangan di hari spesial akan bertahan selamanya. So choose wisely!

4. Dengarkan Kata Hati

Tak bisa dipungkiri, kalian akan melibatkan banyak orang termasuk ibu, sebelum hari pernikahan. Ibu kalian mungkin saja akan menyarankan untuk membeli cincin tunangan tertentu. Namun perlu diingat bahwa style setiap orang berbeda-beda.

Jika kalian ingin memberikan kejutan dengan membelikan cincin tunangan untuk kekasih, maka ketahui terlebih dahulu style yang ia sukai. Jangan lupa untuk memilih cincin dengan ukuran yang tepat.

5. Jangan Memilih Model yang Berlebihan

fifthbloom Cincin solitaire koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat koleksi cincin solitaire). Sumber foto: Fifth Bloom

Jika kalian masih bingung dengan model cincin tunangan yang ingin dibeli, sebisa mungkin jangan memilih cincin dengan model yang berlebihan. Apalagi jika kalian ingin membelikan cincin tunangan ini untuk kekasih sebagai kejutan.

Sebab cincin dengan model yang berlebihan akan sulit untuk dipadukan dengan perhiasan lainnya. Apalagi biasanya cincin tunangan bakal dipakai bersama dengan cincin kawin.

Model-model klasik bisa jadi pilihan tepat. Sebab keindahan cincin model klasik telah terbukti, dan tentunya tak akan lekang oleh waktu. Model klasik seperti solitaire juga cocok dipakai pada berbagai kesempatan. Model ini juga tetap keren saat dipakai dengan perhiasan lainnya, termasuk cincin kawin.

6. Salah Pilih Kualitas

Kebanyakan toko perhiasan berlian di Indonesia cenderung hanya menawarkan berlian F-VVS untuk calon konsumen. Padahal hal ini tidaklah perlu.

F-VVS mengacu pada kualitas warna (colour) dan kejernihan (clarity) berlian. Rentang colour D-F (colourless) pada berlian merupakan yang paling tinggi. Berlian dengan tingkat warna ini juga langka.

Ada sedikit perbedaan warna antara berlian D dan F. Namun hal tersebut hanya bisa dilihat oleh ahli gemologi terlatih.

Di bawah D-F, ada rentang colour G-J yang juga disebut near colourless. Berlian dengan kualitas ini memiliki harga lebih murah. Warnanya pun tak jauh berbeda dengan yang memiliki rentang D-F. Apalagi jika dilihat secara kasat mata.

Sementara VVS adalah tingkat clarity tertinggi berlian setelah flawless (FL) dan internally flawless (IF). VVS mengacu pada tingkat inklusi berlian yang sangat rendah, sehingga bahkan grader profesional sulit untuk melihatnya di bawah pembesaran 10x.

Di bawah VVS, ada tingkat clarity very slightly included (VS1 dan VS2). Tentunya berlian VS1 dan VS2 harganya lebih murah.

Pada berlian dengan kualitas VS1 dan VS2, terdapat inklusi minor yang sulit hingga agak mudah untuk ditemukan di bawah pembesaran 10x oleh grader profesional. Sementara inklusi minor berlian VS2 sedikit lebih mudah terlihat di bawah pembesaran 10x oleh grader profesional.

Tapi perlu diingat bahwa inklusi berlian VS1 dan VS2 masih sangat kecil sekali dan tidak akan terlihat oleh kasat mata manusia. Ini merupakan spesifikasi populer dan direkomendasi oleh Fifth Bloom.

Baca juga : Berapa Harga Cincin Nikah Berlian Emas Putih 3 Gram?

Kedua kualitas tersebut hanya bisa terdeteksi oleh ahli dan tak terlihat secara kasat mata. Untuk itulah, jika kalian membeli berlian di Fifth Bloom, kami akan menyarankan untuk membeli berlian eye-clean. Istilah ini mengacu pada berlian yang bebas dari inklusi atau cacat secara kasat mata alias tanpa pembesaran.

Dengan memilih berlian eye clean kalian akan menghemat biaya. Sehingga kalian bisa memilih berlian dengan tingkat colour G-J dan clarity VS1, VS2, SI1 atau pun SI2 yang lebih murah.

Ketika membeli perhiasan berlian, potongan (cut) dan berat (carat) menjadi aspek terpenting. Potongan berlian menentukan kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya. Semakin banyak cahaya yang bisa dipantulkan, semakin berkilau pula berlian tersebut. Sehingga pastikan bahwa kalian memilih cut berlian yang excellent.

Begitu juga dengan carat yang mengacu pada berat berlian. 1 carat sama dengan 0,2 gram atau sekitar 0,007 ons. Berat berlian yang berukuran lebih kecil sering juga dinyatakan dalam poin di mana 1 poin sama dengan 0,01 carat (1 carat = 100 poin).

Di Fifth Bloom kami menyarankan agar kalian menurunkan kualitas colour dan clarity demi mendapatkan ukuran berlian yang lebih besar, tanpa mengorbankan kualitas potongan berlian (cut). Pastinya berlian koleksi Fifth Bloom sudah terfilter dan hanya memiliki berlian-berlian dengan kualitas eye-clean dan excellent cut. Lihat koleksi berlian Fifth Bloom di sini.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.