close

Mengenal Keindahan Batu Safir, Permata Favorit Keluarga Kerajaan Inggris

Fifth Bloom Nov 25, 2022

Mengenal Keindahan Batu Safir, Permata Favorit Keluarga Kerajaan Inggris

Sapphire atau safir terkenal sebagai salah satu permata pilihan favorit untuk perhiasan. Mulai dari digunakan sebagai batu tunggal atau pun batu utama yang dihiasi dengan berlian berukuran lebih kecil. Batu safir juga bisa menjadi batu pendamping berlian, sehingga menambah warna pasa perhiasan favoritmu.

Batu safir juga merupakan pilihan favorit banyak pesohor dunia. Bahkan begitu banyak sederet perhiasan yang dimiliki seleb dan public figur yang dihiasi batu safir berbagai warna.

Tak hanya itu, selama ini safir terkenal dengan warna biru nan indah. Namun apakah batu permata jenis ini hanya berwarna biru? Apakah batu safir memiliki varian warna lain? Nah, bagi kalian yang sudah penasaran, berikut ulasan selengkapnya mengenai batu safir.

Batu Safir Adalah..

Sebelum membahas lebih jauh mengenai batu safir ada baiknya mengetahui dasar tentang batu permata ini. Batu safir adalah salah satu jenis permata dari mineral korundum atau corundum.

Batu safir adalah salah satu jenis permata paling disukai untuk dijadikan perhiasan. Popularitas batu safir setara dengan ruby dan batu zamrud.

Rosa Diamond and Sapphire Ring

Rosa Diamond and Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Azalea Diamond and Sapphire Necklace

Azalea Diamond and Sapphire Necklace

Necklace

Lihat Harga
Posy Diamond and Sapphire Ring

Posy Diamond and Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga

Seperti Apa Rupa Batu Safir?

fifthbloom

Batu safir berbagai warna. Sumber foto: GIA

Kebanyakan orang ketika mendengar kata batu safir, maka akan langsung berpikir tentang batu permata berwarna biru yang begitu cantik. Memang batu safir biru adalah yang paling terkenal. Namun permata ini memiliki berbagai varian warna. Ada batu safir hijau, safir ungu, yellow safir, putih dan masih banyak lagi.

Sebagai mineral alami, batu safir juga memiliki sifat yang mirip dengan permata alami lainnya. Salah satunya adalah ditemukannya cacat atau inklusi pada batu safir. Inklusi juga bisa disebut sebagai tanda lahir atau ciri khas dari setiap batu permata, termasuk safir dan berlian.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Batu Safir Terbuat dari Apa?

Safir berasal dari mineral korundum, yang merupakan bentuk kristal dari aluminium oksida. Korundum berbentuk batu kristal, jenis-jenisnya pun beragam. Varian korundum paling terkenal adalah ruby dan safir.

Ada beberapa campuran kimiawi lainnya dalam pembentukan mineral korundum. Campuran kimiawi dalam mineral inilah yang menghasilkan batu permata yang indah, langka, dan didambakan seperti safir.

Batu safir memiliki skala kekerasan yang cukup tinggi yakni 9 Mohs. Hanya satu skala lebih rendah dibandingkan berlian (10 Mohs) yang dinobatkan sebagai batu terkeras di dunia. Untuk alasan ini, safir sangat tahan lama dan tidak mudah tergores.

Iris Diamond and Sapphire Ring

Iris Diamond and Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Rainbow Anniversary Sapphire Ring

Rainbow Anniversary Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
Sage Diamond and Sapphire Ring

Sage Diamond and Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga

Makna Safir

Batu safir memiliki sejarah yang begitu panjang dan kaya. Nama safir atau sapphire berasal dari kata saphirus dari bahasa Latin dan sapheiros dari bahasa Yunani, keduanya bermakna biru.

Tak hanya itu, kata safir juga diyakini berasal dari kata bahsa Sansekerta sanipriya yang memiliki makna ‘yang suci bagi Saturnus’. Kata safir juga mungkin berasal dari bahasa Ibrani, sapir seperti yang dipahami dalam Alkitab Ibrani di mana sapir merujuk pada safir biru.

Baca juga : 5 Jenis Gemstone Paling Populer, Cantik dan Langka

Sejarah Safir dan Keluarga Kerajaan

Batu safir seakan tak bisa dipisahkan dari kehidupan keluarga bangsawan. Begitu banyak perhiasan milik bangsawan, khususnya keluarga kerajaan Inggris yang dihiasi dengan batu safir. Mulai dari cincin tunangan hingga mahkota milik kerajaan Inggris dihiasi oleh batu safir.

Tentu saja yang paling terkenal adalah cincin tunangan Kate Middleton yang dihiasi dengan batu safir 12 carat dan berlian putih. Cincin ini diwarisi oleh Pangeran William dari mendiang ibunya, Putri Diana.

fifthbloom

Cincin tunangan Kate Middleton yang dulunya milik Putri Diana. Sumber foto: Express

Tak bisa dipungkiri, cincin yang awalnya merupakan cincin tunangan Putri Diana dan Pangeran Charles itu memang meningkatkan popularitas cincin tunangan gemstone pada era 1980-an. Bahkan hingga kini pun, kebanyakan keluarga kerajaan Inggris juga memilih cincin tunangan dari batu permata berwarna dan berlian putih.

Selain cincin tunangan tersebut, kerajaan Inggris juga memiliki satu set mahkota dan perhiasan yang dihiasi safir biru ukuran besar yang disebut Victorian Suite atau The George VI Victorian Suite. The George VI Victorian Suite awalnya diberikan sebagai hadiah dari George VI kepada putrinya Putri Elizabeth pada tahun 1947.

fifthbloom

Ratu Elizabeth memakai perhiasan Victorian Suite yang dihiasi berlian putih dan safir biru. Sumber foto: Getty

Perhiasan ini dibuat pada tahun 1850 dan terdiri dari kalung panjang yang dihiasi safir lonjong dan sepasang anting-anting dengan safir persegi. Namun pada tahun 1952, Ratu Elizabeth memodifikasi kalung tersebut menjadi lebih pendek dengan melepas batu safir terbesarnya. Batu permata tersebut digunakan sebagai liontin baru pada tahun 1959.

Pada tahun 1963, koleksi Victorian Suite bertambah lagi dengan adanya tiara dan gelang safir baru. Koleksi Victorian Suite ini pernaha dipakai oleh Ratu Elizabeth saat menghadiri sebuah konser amal bersama Duke of Edinburgh.

fifthbloom

Legenda tentang Batu Safir

Dilansir dari Diamonds Pro, orang Persia kuno percaya bahwa bumi bertumpu pada safir raksasa, yang memantulkan warnanya ke langit. Dalam banyak budaya, safir biru melambangkan surga.

Safir memegang tempat penting dalam sejarah Yunani Kuno dan India juga. Pemeluk agama Budha juga menjunjung tinggi safir. Mereka percaya bahwa safir memiliki kemampuan untuk menenangkan dan membantu mewujudkan pencerahan spiritual.

Batu Safir dan Berlian

Tak bisa dipungkiri bahwa berlian merupakan primadona di dunia perhiasan. Bahkan berlian juga merupakan pilihan utama untuk cincin pertunangan dan perhiasan-perhiasan lainnya.

Namun popularitas batu safir juga mulai meningkat seiring berjalannya waktu. Perhiasan juga tampak lebih berwarna dan cantik jika dihiasi dengan batu safir. Keberadaan batu safir ini memberikan sentuhan klasik pada perhiasan.

Kalung yang dihiasi dengan liontin batu safir sangatlah populer. Cincin tunangan yang dihiasi batu safir juga banyak disukai.

Memadukan batu safir dengan berlian putih juga merupakan pilihan bijak. Misalnya saja memilih cincin halo dengan safir biru sebagai batu utamanya, dan dikelilingi dengan berlian putih. Maka perhiasan ini akan tampak lebih berkilau dan indah.

Nah jika kalian menginginkan perhiasan batu safir, langsung cek koleksi terbaru Fifth Bloom. Kami memiliki berbagai koleksi yang cantik dan kekinian. Kalian pun bisa memadukan perhiasan batu safir dengan berlian lho. Segera hubungi customer service untuk mendapatkan perhiasan batu safir impianmu.

fifthbloom
  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.