;
close

Mengenal Makna Unik di Balik 12 Batu Kelahiran Warna-warni

Fifth Bloom Apr 12, 2022

Sumber foto: GIA

Sumber foto: GIA

Birthstoneatau batu kelahiran adalah 12 batu permata yang merepresentasikan setiap bulan kelahiran. Mulai dari Januari hingga Desember ditandai oleh batu warna-warni yang berbeda.

Dilansir dari Forbes, asal muasal birthstone tercantum pada Alkitab. Batu kelahiran itu berasal dari 12 batu permata pada pelindung dada milik Aaron. Batu-batu tersebut adalah zamrud, safir, berlian, topas, carbuncle, sardius, agate, ligure, amethyst, onyx, jasper, dan beryl. Masing-masing batu permata itu merepresentasikan 12 suku di Israel.

Sementara itu, pada abad pertama dan ke lima, dua orang cendekiawan Flavius Josephus dan St. Jerome mengaitkan 12 birthstone dengan 12 zodiak. Awalnya dua cendekiawan itu berpikir bahwa setiap orang harusnya memiliki 12 batu tersebut dan bisa memakainya pada setiap bulan.

Namun pada sekitar abad 18, pedagang permata di Polandia mulai menjual birthstone sesuai dengan bulan kelahiran seseorang saja. Sehingga satu orang hanya perlu memiliki satu buah batu.

Nah akhirnya pada tahun 1912, National Association of Jewelers menetapkan bahwa praktik yang dilakukan di Polandia itu lah yang berlaku untuk birthstone. Berikut adalah daftar 12 batu kelahiran alias birthstone.

1. January: Garnet

fifthbloom

Batu kelahiran garnet. Sumber foto: Forbes

Bagi mereka yang lahir bulan Januari, batu kelahirannya adalah garnet. Kata garnet berasal dari abad ke-14 yang memiliki makna merah tua. Tak hanya itu, garnet juga berasal dari kata bahasa Latin, granatum yang berarti biji pomegranate (yang juga berwarna merah tua).

Dikutip dari Almanac, batu garnet memiliki makna yang mendalam. Batu ini dianggap bisa menjaga keamanan si pemilik atau siapa pun yang memakainya.

2. Februari: Amethyst

fifthbloom

Amethyst. Sumber foto: Wikipedia

Untuk mereka yang lahir di bulan Februari, maka amethyst adalah birthstone-nya. Kata Amethyst berasal dari kata bahasa Yunani, methustos yang berarti mabuk. Sehingga bagi bangsa Yunani kuno meyakini bahwa siapa pun yang memakai batu amethyst akan terlindungi dari mabuk.

Amethyst merupakan salah satu jenis batu kuarsa. Ada beberapa campuran dari alam pada proses pembuatannya yang membuat amethyst berwarna ungu.

Tak hanya melindungi pemiliknya dari mabuk, amethyst juga menjadi simbol dari kekuatan. Sehingga siapa pun yang memakainya diharapkan memiliki keberanian dalam menghadapi setiap tantangan hidup.

Ellery Twisted Diamond Engagement Ring

Ellery Twisted Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Vallery Cathedral Diamond Engagement Ring

Vallery Cathedral Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Valerie Twisted Diamond Engagement Ring

Valerie Twisted Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

3. Maret: Aquamarine

fifthbloom

Aquamarine. Sumber foto: Forbes

Aquamarine merupakan batu kelahiran bulan Maret. Batu ini merupakan jenis beryl, mineral silikat langka yang ditemukan di batuan beku dan metamorf di seluruh dunia.

Baca juga : Apa Arti Kadar/Karat Emas 9K, 14K, 17K, 18K, 24K, 375, 700, 750 dan LM?

Aquamarine merupakan kombinasi dari dua kata yakni aqua yang berarti air dan marine berarti lautan. Nama ini pun mengacu pada warna biru batu yang seindah warna lautan. Dahulu kala, para pelaut meyakini bahwa batu ini akan memberikan keberuntungan di laut dan melindungi perjalanan mereka dari segala macam bahaya.

Cek Harga Berlian Hari Ini

4. April: Berlian

fifthbloom

Berlian. Sumber foto: Fifth Bloom

Kalian pasti sudah mendengar bahwa batu kelahiran untuk bulan April adalah berlian. Batu terkuat dan termahal di dunia ini pun tak hanya dikagumi oleh mereka yang lahir di bulan April, tetapi juga bulan-bulan lainnya. Berlian juga menjadi primadona di industry perhiasan.

Berlian memiliki kekuatan 10 Mohs, atau 58 kali lebih kuat dari berbagai jenis mineral di bumi. Batu ini merupakan simbol dari cinta abadi. Dalam bahasa Sansekerta, berlian disebut sebagai vajra yang juga berarti kilat. Dalam mitologi Hindu, vajra adalah senjata dari Indra, raja dari para Dewa.

Bagi kalian yang ingin memiliki perhiasan berlian dengan kualitas terjamin dan harga ramah di kantong, kunjungi Fifth Bloom. Kami menyediakan berbagai koleksi perhiasan berlian seperti gelang, cincin, anting-anting dan liontin.

Cek harga Koleksi Perhiasan Berlian Fifth Bloom :

5. Mei: Zamrud

fifthbloom

Batu zamrud. Sumber foto: National Geographic

Emerald atau zamrud merupakan batu kelahiran untuk mereka yang lahir di bulan Mei. Mirip dengan aquamarine, zamrud merupakan jenis beryl. Kandungan kromium atau vanadium bersama sejumlah iron atau besi membuatnya memilki warna hijau pekat.

Dilansir dari berbagai sumber, Cleopatra dikenal begitu menyukai batu zamrud. Ia juga memiliki begitu banyak koleksi perhiasan bertabur batu zamrud.

Baca juga : Tips Memilih Berlian Asli dengan Kilau Terbaik

Zamrud merupakan simbol dari kesuburan, kelahiran kembali dan cinta. Bangsa Romawi kuno mendedikasikan batu ini untuk Venus, dewi cinta dan keindahan. Di zaman modern, zamrud menjadi simbol dari kebijaksanaan, pertumbuhan, dan kesabaran.

6. Juni: Mutiara

fifthbloom

Mutiara. Sumber foto: National Geographic

Batu kelahiran bulan Juni adalah mutiara. Batu ini menjadi simbol dari kemurnian. Bangsa Yunani kuno meyakini bahwa mutiara berasal dari air mata kebahagiaan Aphrodite, dewi cinta.

Mutiara terbentuk dari organisme hidup, moluska. Mayoritas mutiara yang beredar di pasaran merupakan hasil budidaya peternakan mutiara. Sebagian besar mutiara berasal dari China, Indonesia, Filipina dan Australia.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

7. Juli: Ruby

fifthbloom

Batu ruby. Sumber foto: Forbes

Ruby adalah batu kelahiran bulan Juli. Terbuat dari mineral korundum, ruby memiliki warna merah karena mengandung kromium. Nama ruby sendiri berasal dari kata bahasa Latin, rubeus yang berarti merah.

Bagi umat Hindu kuno, ruby disebut sebagai raja dari batu permata. Mereka meyakini siapa pun yang memakai batu ini akan terlindungi dari kejahatan. Di masa modern, ruby merupakan simbol dari cinta dan gairah.

8. Agustus: Peridot

fifthbloom

Batu peridot. Sumber foto: Forbes

Peridot adalah batu olivine dengan kualitas terbaik. Olivin merupakan mineral yang biasanya ditemukan dalam batuan beku mafik seperti basal, gabbro dan peridotit.

Batu ini adalah simbol dari kekuatan. Jika batu ini dipasang pada perhiasan emas, maka peridot disebut bisa melindungi si pemakai dari mimpi buruk. Terkadang peridot juga disebut debagai evening emerald, karena warnanya yang kebih cerah.

9. September: Safir

fifthbloom

Batu safir. Sumber foto: GIA

Safir adalah batu kelahiran bulan September. Mirip dengan ruby, safir adalah salah satu jenis korundum. Warna biru ini berasal dari kandungan titanium dan besi.

Pada zaman dahulu, batu ini diyakini bisa melindungi pemiliknya dari kejahatan atau pun keracunan. Mereka juga meyakini jika seekor ular berbisa akan mati jika ditempatkan di dalam sebuah bejana yang terbuat dari batu safir. Kini batu safir merupakan simbol dari kemurnian dan kebjiaksanaan.

The Knot Diamond Wedding Ring

The Knot Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Brushed Single Full Stone Wedding Ring

Brushed Single Full Stone Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Elenore Diamond Wedding Ring

Elenore Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

10. Oktober: Opal

fifthbloom

Batu opal. Sumber: National Geographic

Bagi kalian yang lahir di bulan Oktober, maka batu kelahiranmu adalah opal. Kata opal berasal dari kata bahasa Yunani, opallios yang berarti berubah warna. Sama seperti maknanya, batu ini memang bisa ‘berubah warna’ saat diputar.

Opal terbentuk ketika air tercampur dengan silika dioksida dan tersimpan di dalam rongga terbuka bersama beberapa bahan lainnya. Setelah itu, air tersebut akan menguap dan meninggalkan silika dioksida.

Baca juga : Umumnya Dipakai di Jari Manis, Apa Makna Cincin Tunangan di Jari Tengah?

Opal menjadi simbol dari kesetiaan dan rasa percaya diri. Jika kalian memakai kalung yang dihiasi batu opal, diyakini bisa melindungi dari kejahatan dan melindungi penglihatan.

11. November: Topaz

fifthbloom

Batu topaz. Sumber foto: National Geographic

Mereka yang lahir di bulan November memiliki birthstone topaz. Nama topaz berasal dari nama sebuah pulau di laut merah, pulau St. John. Pulau ini memiliki nama Yunani Topazios.

Batu berwarna kuning ini menjadi simbol dari cinta dan perhatian. Diyakini bahwa siapa pun yang memakainya akan mendapatkan anugerah kecerdasan dan kekuatan.

12. Desember: Turquoise

fifthbloom

Batu turquoise. Sumber foto: Geology.com

Turquoise atau batu pirus memiliki warna yang indah yakni hijau kebiruan. Warna ini berasal dari kandungan alumunium dan fosfor. 

Batu ini merupakan simbol dari pesona cinta. Batu ini juga diasosiasikan dengan simbol keberuntungan dan sukses. Turquoise juga diyakini bisa membuat siapa pun yang memakainya merasa rileks dan terlindung dari kekuatan berbahaya. 

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.