;
close

Siap Menikah? Ini 7 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Melamar Kekasih

Fifth Bloom Apr 07, 2022

Sumber foto: Crown Images

Sumber foto: Crown Images

Melamar kekasih memang menjadi momen paling mendebarkan. Betapa tidak, pada momen ini kalian akan meminta kekasih membuat keputusan besar, yakni untuk menjadi pendamping seumur hidup, berbagi suka dan duka. Sebab itulah, bagi kalian yang bersiap untuk melamar kekasih, ada beberapa tips agar lamaran tersebut diterima.

Keputusan untuk menikah tak bisa dibuat dengan mudah dan gegabah. Sebab tahapan hubungan yang satu ini begitu sakral dan merupakan salah satu keputusan terpenting dan terbesar dalam hidup. Oleh karena itu, pastikan si dia juga sudah siap untuk melangkah ke pelaminan dan mengarungi bahtera rumah tangga bersama sebelum kalian melamarnya.

Jika kekasihmu belum siap, maka bisa saja lamaran kalian akan ditolak. Tentunya kalian harus menghormati keputusan ini.

Namun tak ada salahnya bukan untuk mengantisipasi beberapa hal sehingga lamaran akan diterima oleh kekasih. Bukan hanya soal kesiapan, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan sebelum melamar kekasih. Ini dia tips jitu melamar kekasih agar tidak ditolak:

1. Pastikan Si Dia Siap Menikah

Seperti yang telah dibahas secara singkat sebelumnya, sebelum kalian melamar kekasih pastikan dia siap untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Penting adanya untuk memastikan bahwa kekasihmu juga ingin menikah, sebelum kalian merencanakan lamaran romantis.

Cobalah untuk mendiskusikan tentang masa depan dan pernikahan bersama kekasih. Percakapan ini memang terdengar mendebarkan. Bertanyalah kepadanya, apakah si dia ingin menikah dalam waktu dekat. Tentunya kalian harus menyusun kata-kata sedemikian rupa, sehingga kekasihmu tak menduga kalau kalian ingin melamarnya.

Misalnya saja kalian bisa mengawalinya dengan membicarakan tentang pertunangan sahabat. Percakapan tersebut bisa berkembang dan kemungkinan besar menjawab pertanyaan apakah si dia siap untuk menikah.

Double Halo Pave Engagement Ring

Double Halo Pave Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Flore Twisted Pave In Dual Tone Diamond Engagement Ring

Flore Twisted Pave In Dual Tone Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Triple Pave Halo Engagement Ring I 77

Triple Pave Halo Engagement Ring I 77

Cincin

Lihat Harga

2. Diskusikan dengan Orangtuanya

Terdengar seperti cara lama memang. Namun membicarakan rencana lamaran bersama orangtua kekasih, masih menjadi tahap penting. Terlebih di Indonesia.

Dengan membicarakan topik pernikahan bersama orangtua kekasih, kalian bisa tahu apakah si dia pernah menyinggung soal keinginannya menikah kepada orangtuanya. Ataukah tentang kesiapan kekasih untuk naik pelaminan.

Baca juga : 5 Inspirasi Cincin Pertunangan dari Film Ikonik

Tak hanya itu, kalian juga bisa memohon restu kepada orangtua kekasih sebelum melamarnya. Pastinya jika kekasih sudah siap menikah dan restu orangtua sudah dikantongi, maka momen lamaran kalian pasti akan lancar.

Cek Harga Berlian Hari Ini

3. Siapkan Cincin Tunangan

fifthbloom Cincin tunangan model solitaire koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat koleksi selengkapnya). Sumber foto: Fifth Bloom

Salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum melamar kekasih adalah cincin tunangan. Cincin ini akan menjadi simbol bahwa kalian dan kekasih telah berkomitmen, saling terikat dan siap naik pelaminan.

Lantas bagaimana caranya mengetahui ukuran cincin pasangan secara sembunyi-sembunyi, sehingga pasangan tak curiga? Kalian bisa mengamati cincin yang ia pakai sehari-hari. Ketika dia melepasnya, kalian bisa mengukur cincin tersebut. Atau kalian bisa meminjam tanpa sepengetahuannya, dan bawalah ke toko perhiasan tujuan kalian.

Untuk model cincin, lebih baik sesuaikan dengan kepribadian atau model perhiasan favorit kekasih. Sebab cincin tunangan akan dipakai dalam jangka waktu yang lama, sama seperti cincin kawin. Sehingga pastikan kekasih menyukai dan merasa nyaman saat memakai cincin tersebut.

 Jika kalian masih bingung memilih model cincin tunangan, kalian bisa melihat koleksi Fifth Bloom. Kami menyediakan berbagai model cincin tunangan seperti solitaire, halo, side stone dan single row. 

Tak hanya bisa memilih model sesuai keinginan, kalian juga bisa mendapatkan berlian terbaik untuk menghiasi cincin tunangan tersebut. Kalian pun bisa menentukan material rangka cincin favorit, sebab Fifth Bloom menyediakan pilihan mulai dari white gold, yellow gold dan rose gold. 

fifthbloom

 Bagaimana dengan kadar emasnya? Tenang saja, kalian bisa memilih perhiasan kadar 18 karat atau pun 9 karat. Klik di sini untuk melihat koleksi cincin berlian 9k dari Fifth Bloom. 

Di Fifth Bloom kalian tak hanya bisa memilih desain cincin yang tersedia, kalian juga bisa meng-custom desain cincin impianmu. Kalian bisa coba fitur ‘buat sendiri cincin tunanganmu’ lewat website kami atau klik di sini.

4. Rencana Lamaran

Setelah mendapatkan cincin terbaik, kini kalian siap untuk menyusun rencana lamaran. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah susun rencana romantis yang sesuai dengan kepribadian pasangan. Jangan membuat rencana lamaran di tempat umum jika si dia tak menyukai keramaian.

Jika pasangan termasuk orang yang tak suka mengumbar kemesraan di depan umum, lebih baik lamar dia di tempat yang tertutup tanpa melibatkan banyak orang. Makan malam romantic bisa jadi pilihan tepat, jika kekasih memiliki kepribadian ini.

Jika pasangan menyukai kegiatan outdoor yang menantang, kalian bisa mengajaknya untuk mendaki gunung. Saat matahari terbit atau terbenam, kalian bisa melamarnya. Tak ada yang lebih romantis daripada lamaran di atas awan, dihiasi dengan cahaya matahari senja atau pun matahari pagi bukan.

Tentunya kalian juga harus memperhatikan budget yang disiapkan untuk rencana ini. Tak perlu budget besar untuk membuat momen ini spesial. Be creative!

Classic Halo Diamond Engagement Ring

Classic Halo Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Cathedral Solitaire Diamond Engagement Ring

Cathedral Solitaire Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

5. Susun Kata-kata yang Tepat

Kalian tak perlu menyusun kata-kata seperti pidato, namun akan lebih baik jika kalian tahu apa yang ingin dikatakan. Bukan sekadar melemparkan pertanyaan apakah si dia mau menikah denganmu. Momen ini akan menjadi lebih spesial jika kalian bisa merangkum kisah cinta kalian sebelum memintanya menjadi pasangan seumur hidupmu.

Kalian juga mengatakan betapa berartinya si dia di hidupmu. Bagaimana dia membuat hari-harimu menjadi lebih indah. Dan tentunya kalian sudah tak sabar untuk menghabiskan sisa hidup bersamanya. Nah setelah itu waktunya memberikan pertanyaan paling penting, “Apakah kamu mau menikah denganku?”

6. Minta Tolong Fotografer Profesional

fifthbloom

Sumber foto: Pinterest

Lamaran adalah salah satu tahapan penting dalam sebuah hubungan. Untuk itulah, akan lebih baik jika momen ini diabadikan ke dalam foto atau pun video. Sehingga kalian bisa melihatnya kembali dan bernostalgia bersama pasangan.

Jika kalian memiliki budget lebih, mempekerjakan fotografer profesional bisa jadi pilihan tepat. Mereka akan memberikan foto atau pun video dari sudut dan menangkap momen terbaik pula.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

7. Jangan Tergesa-gesa

Ketika kalian hendak melamarnya, ingat jangan tergesa-gesa. Bernapaslah dalam-dalam, sebelum berlutut di hadapan kekasihmu. Katakan kalimat-kalimat yang telah kalian siapkan sebelumnya.

Kekasih kalian pasti akan terkejut dan mungkin saja menangis bahagia melihat kalian melamarnya. Berikan waktu padanya untuk mencerna keadaan terlebih dahulu.

Ketika dia akhirnya memberi jawaban dan menerima lamaran kalian, pasang cincin di jari manisnya. Jangan lupa untuk memeluknya setelah itu. Congratulations, you are one step closer to your big day! 

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.