;
close

11 Koleksi Perhiasan Termahal Kerajaan Inggris, Harganya Fantastis!

Fifth Bloom Mar 17, 2022

Antony Jones/Getty

Sumber foto: Antony Jones/Getty Images ; WPA Pool; Rex Features

Perhiasan jadi salah satu item wajib yang dipakai oleh anggota keluarga kerajaan Inggris saat menghadiri berbagai macam acara. Baik formal mau pun kasual.

Aksesoris yang mereka pakai pun tidak sembarangan. Mulai dari sang pemimpin Ratu Elizabeth II, calon ratu, Camilla hingga Duchess of Cambridge, Kate Middleton selalu memakai perhiasan dengan desain menawan koleksi kerajaan Inggris.

Perhiasan bertahtakan berlian seperti cincin, kalung, anting-anting hingga tiara koleksi keluarga kerajaan Inggris pun memilki harga fantastis. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan dolar Amerika Serikat. Nah, berikut adalah koleksi perhiasan termahal milik keluarga kerajaan Inggris.

1. Choker Milik Ratu Mary

fifthbloom

Kate Middleton memakai choker milik Ratu Mary sebagai gelang. Sumber foto: Getty Images

Ratu Mary diketahui menjadi anggota keluarga kerajaan pertama yang memilki choker bertabur berlian warna putih ini. Namun setelah Ratu Mary meninggal dunia pada tahun 1953 silam, perhiasan ini tak pernah terlihat lagi. Hingga akhirnya pada tahun 1975, Ratu Elizabeth I (ibunda Ratu Elizabeth II) memakainya di acara ulang tahunnya yang ke-75.

Beberapa tahun belakangan Kate Middleton juga kerap memakainya saat menghadiri acara kerajaan. Berbeda dengan Ratu Mary, Kate memilih untuk memakainya sebagai gelang bukan choker. Dilansir dari Hello Magazine, perhiasan ini memilki harga sekitar £250,000 atau setara dengan Rp 4,7 miliar.

Celeste Diamond Necklace

Celeste Diamond Necklace

Necklace

Lihat Harga
Rochelle La'Baguette Diamond Pendant

Rochelle La'Baguette Diamond Pendant

Pendant

Lihat Harga
Woonie Diamond Necklace

Woonie Diamond Necklace

Necklace

Lihat Harga

2. Cincin Pertunangan Kate Middleton

fifthbloom

Cincin pertunangan Kate Middleton. Sumber foto: She Knows

Tak dapat dipungkiri, cincin pertunangan Kate Middleton yang dihiasi dengan batu safir 12 carat adalah salah satu koleksi perhiasan Royal Family paling populer. Cincin dengan model halo dan dihiasi sejumlah berlian putih ini merupakan warisan dari Putri Diana.

Perhiasan tersebut sebelumnya adalah cincin pertunangan Putri Diana. Dilansir dari She Knows, cincin tersebut kini memilki harga sekitar USD 675,000 atau sekitar Rp 9,6 miliar.

Cek Harga Berlian Hari Ini

3. Cartier Halo Scroll Tiara

fifthbloom

Kate Middleton memakai Cartier Halo Scroll Tiara di hari pernikahannya. Sumber foto: Ferdaus Shamim/Getty Images

Mulai dari gaun, sepatu, hingga tiara yang dikenakan oleh Kate di hari pernikahannya jadi perbincangan panas pada tahun 2011 lalu. Bahkan pesta pernikahan Kate dan Pangeran William digadang-gadang menjadi salah satu pernikahan paling diperbincangan selama 10 tahun terakhir.

Baca juga : 5 Inspirasi Cincin Pertunangan dari Film Ikonik

Pada momen spesial ini, Kate meminjam koleksi tiara milik Ratu Elizabeth, yakni Cartier Halo Scroll Tiara. Hiasan kepala ini diperkirakan memilki harga USD 936,000 hingga USD 1,560,300 (sekitar Rp 13,3 miliar hingga Rp 22,2 miliar). Fantastis bukan?

Magnificent Cross Diamond Engagement Ring

Magnificent Cross Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Tinker Burgeon Diamond Engagement Ring

Tinker Burgeon Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Magnificent Twisted Engagement Ring

Magnificent Twisted Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

4. Cambridge Lover’s Knot Tiara

fifthbloom

Putri Diana memakai Cambridge Lover’s Knot Tiara. Sumber foto: Anwar Hussein/Getty Images

Tiara Cambridge Lover’s Knot Tiara merupakan tiara paling terkenal dari Royal Family. Perhiasan kepala ini juga merupakan tiara favorit Putri Diana. Tak diketahui harga pasti dari tiara tersebut, namun ahli perhiasan mengestimasi bahwa tiara tersebut berharga sekitar USD 1 juta hingga USD 2 juta atau sekitar Rp 14,2 miliar hingga Rp 28,5 miliar.

5. Queen Mary’s Bandeu Tiara

fifthbloom

Meghan Markle memakai Queen Mary’s Bandeu Tiara di hari pernikahannya dengan Pangeran Harry. Sumber foto: Jonathan Brady/Getty Images

Tiara ini awalnya dibuat untuk Ratu Mary. Perhiasan ini dihiasi bros berlian di bagian tengah. Bros ini bisa dilepas.

Meghan Markle meminjam koleksi ini dari Ratu Elizabeth untuk momen pernikahannya dengan Pangeran Harry pada 2018 lalu. Menurut pakar perhiasan Deborah Papas, tiara ini diperkirakan berharga USD 2.5 juta atau sekitar Rp 35,7 miliar.

fifthbloom

6. Oriental Circlet Tiara

fifthbloom

Ratu Elizabeth memakai Oriental Circlet Tiara. Sumber foto: Daily Express

Oriental Circlet Tiara awalnya didesain oleh Pangeran Albert untuk Ratu Victoria. Perhiasan ini dihiasi dengan ratusan berlian, rubi dan berbentuk seperti bunga teratai yang cantik. Tiara ini diperkirakan berharga lebih dari USD 8 juta atau sekitar Rp 114,3 miliar.

fifthbloom

7. Queen Mary’s Fringe Tiara

fifthbloom

Putri Beatrice memakai Queen Mary’s Fringe Tiara di hari pernikahannya. Sumber foto: Associated Press

Pernikahan Putri Beatrice dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada 17 Juli 2020 lalu jauh berbeda dengan royal wedding pada umumnya. Digelar di tengah pandemic Covid-19, pernikahan putri sulung Pangeran Andrew ini diadakan dengan sederhana. Tak ada kehebohan atau pun iring-iringan.

Baca juga : 6 Cara Mudah Melepas Cincin dari Jari Bengkak. Harus Dicontek Nih!

Putri Beatrice pun memilih untuk memakai gaun bekas milik Ratu Elizabeth. Ada hal lain yang begitu menarik perhatian dari pernikahan sederhana ini. Tak lain dan tak bukan adalah tiara yang dipakai kakak Putri Eugenie ini.

Beatrice meminjam Queen Mary’s Fringe Tiara yang digadang-gadang menjadi tiara favorit keluarga kerajaan Inggris. Perhiasan yang terbuat dari emas, perak dan bertabur ratusan berlian. Dilansir dari She Knows, tiara ini diperkirakan berharga sekitar USD 6.8 juta hingga USD 9 juta atau sekitar Rp 97,1 miliar hingga Rp 128,6 miliar.

Claudette Diamond Wedding Ring

Claudette Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Greer Diamond Wedding Ring

Greer Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Amber Diamond Wedding Ring

Amber Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

8. Kalung Swan Lake Miliki Putri Diana

fifthbloom

Putri Diana tampil cantik dengan kalung Swan Lake. Sumber Foto: Jacqueline Arzt/PA

Kalung ini adalah koleksi perhiasaan kerajaan terakhir yang dipakai Putri Diana sebelum wafat. Saat itu, ibunda Pangeran William dan Pangeran Harry tersebutn memakainya untuk menonton pertunjukan balet Swan Lake.

Kalung yang dihiasi 178 berlian dan mutiara ini merupakan karya Garrard. Diperkirakan kini perhiasan itu berharga sekitar USD 12 juta atau sekitar Rp 171,4 miliar.

9. Greville Emerald Kokoshnik Tiara

fifthbloom

Putri Eugenie memakai Greville Emerald Kokoshnik Tiara di hari pernikahannya dengan Jack Brooksbank tahun 2018 lalu. Sumber foto: Hello Magazine

Tiara yang dipinjam Putri Eugenie untuk melengkapi penampilannya di hari pernikahannya ini sudah berusia lebih dari 100 tahun. Perhiasan kepala ini dihiasi dengan emerald berbentuk oval 93.7 carat di bagian tengahnya. Beberapa ahli perhiasan memperkirakan tiara ini berharga sekitar USD 6.5 juta hingga USD 13 juta atau sekitar Rp 92,8 miliar hingga Rp 185,6 miliar.

10. Kalung Nizam of Hyderabad

fifthbloom

Kate Middleton memakai kalung Nizam of Hyderabad. Sumber foto: Associated Press

Kalung legendaris ini dihiasi dengan 38 berlian berkilauan, 13 berlian emerald cut dan berlian pear shaped di bagian tengahnya. Kalung ini diperkirakan berharga USD 91 juta hingga USD 121 juta atau sekitar Rp 1,29 triliun hingga Rp 1,71 triliun.

fifthbloom

11. Bros Cullinan III dan IV

fifthbloom

Bros Cullinan III dan IV milik Ratu Elizabeth II. Sumber foto: Peter Macdiarmid/Getty Images ; AFP

Dilansir dari Pop Sugar, berlian Cullinan 3106 carat merupakan berlian terbesar yang pernah ditemukan. Dua tahun setelah ditemukan pada 1907 silam, berlian ini dihadiahkan kepada Raja Edward VII.

Tak lama kemudian, berlian tersebu dipotong menjadi beberapa bagian. Dua bagian terbesar, Cullinan I dan II digunakan untuk menghiasi mahkota kekaisaran. Sementara dua potongan besar lainnya digunakan sebagai bros.

Bros ini terdiri dari berlian 94.4 carat berbentuk pear dan berlian berbentuk cushion 63.6 carat. Tak ada yang tahu berapa harga dari bros ini, namun para ahli perhiasan memperkirakan berlian Cullinan original berharga sekitar USD 2 miliar atau sekitar Rp 28,5 triliun.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.