;
close

6 Cara Mudah Melepas Cincin dari Jari Bengkak. Harus Dicontek Nih!

Fifth Bloom Mar 07, 2022

Fifth Bloom

Sumber foto: Alamy/Daily Mail

Cincin yang tersangkut di jari memang bikin frustasi. Dalam keadaan seperti ini, tak jarang kita malah memaksanya untuk terlepas. Alih-alih berhasil, hal ini malah bikin jari bengkak. Sebab itulah, kalian wajib tahu cara melepas cincin yang tersangkut apalagi di jari yang sudah bengkak.

Memakai cincin memang membuat jari jemari tampak lebih cantik. Tak heran jika sebagian besar orang enggan untuk melepas cincin secara rutin.

Baca juga : Cara mengetahui ukuran cincin jari manis “DIA” tanpa diketahui

Apalagi jika cincin tersebut adalah cincin kawin, yang merupakan simbol dari janji suci perkawinan. Cincin ini biasanya digunakan setiap waktu.

Nah jika seperti ini, terkadang cincin bisa tersangkut di jari. Keadaan ini cukup membuat kita merasa tak nyaman. Bahkan bisa membuat jari terasa sakit dan bengkak. Jika kalian terus memaksa untuk melepasnya, hal ini bisa mendatangkan bahaya.

La Fleur Diamond Engagement Ring

La Fleur Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
East to West Diamond Engagement Ring

East to West Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Windmill Diamond Engagement Ring

Windmill Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Cara Melepaskan Cincin di Jari Bengkak

Lantas bagaimana cara melepas cincin dari jari yang sudah terlanjur bengkak? Fifth Bloom telah merangkum beberapa tips and triknya. Let’s check this out!

1. Gunakan Air Dingin

Cara melepas cincin yang pertama adalah dengan menggunakan air dingin. Rendam tangan kalian di air dingin atau air es selama 10-15 menit. Air dingin membantu mengurangi pembengkakan pada jari. Ketika jari mulai mengkerut, coba keluarkan cincin dengan memutarnya secara perlahan.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

2. Angkat Tangan

fifthbloom

Sumber foto: WikiHow

Metode paling mudah adalah dengan cara mengangkat tangan. Dengan mengangkat tangan, maka bisa membantu aliran darah dari jaringan dan mengurangi penumpukan cairan. Hal ini berpotensi untuk mengurangi pembengkakan, sehingga cincin bisa dilepas.

Angkat tangan di level di atas jantung selama 5-10 menit. Metode ini bisa dikombinasikan dengan cara pertama. Sesaat setelah menurunkan tangan, coba untuk lepaskan cincin kalian.

fifthbloom

3. Menggunakan Pelumas

fifthbloom

Sumber foto: blog.esslinger.com

Salah satu cara paling efektif untuk melepas cincin dari jari yang mulai membengkak adalah dengan memberi pelumas. Beberapa di antaranya adalah lotion, sabun, minyak goreng, petroleum jelly, butter, baby oil, sampo hingga conditioner.

Baca juga : Berlian, intan dan permata, apakah sama?

Beberapa barang tersebut mengandung zat pelicin yang akan memudahkan kalian untuk melepas cincin. Caranya pun mudah, yakni dengan mengoles dan meratakan sabun cair atau pelumas pilihan kalian di jari target.

Hal ini dimaksudkan agar zat pelicin itu bisa masuk ke sela-sela antara kulit dan cincin. Sehingga akhirnya cincin mudah di lepas.

The Knot Diamond Wedding Ring

The Knot Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
The Square Frame Diamond Wedding Ring

The Square Frame Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Dual Tone Diamond Wedding Ring

Dual Tone Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

4. Gunakan Sarung Tangan Bedah

fifthbloom

Sumber foto: UpToDate.org

Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk melepas cincin dari jari bengkak. Dilansir dari Something Borrowed, cara ini bahkan jadi pilihan dokter untuk mengatasi masalah ini.

Pastikan sarung tangan menutupi semua bagian jari dan melewati bagian bawah cincin. Setelah terpasang sempurna, tarik perlahan bagian sarung tangan yang ada di bawah cincin ke bagian atas. Taris seperti kalian ingin membaliknya. Metode ini akan lebih efektif jika kalian menambahkan pelumas di bagian sarung tangan tersebut.

Cek Harga Berlian Hari Ini

5. Gunakan Plastik Pembungkus

Mungkin langkah yang satu ini terdengar aneh bagi kalian. Namun plastik pembungkus bisa dijadikan alternatif, jika kalian tak memiliki sarung tangan bedah.

Gunakan langkah-langkah yang sama dengan metode sarung tangan bedah. Jangan lupa tambahkan pelumas untuk mempermudahnya.

6. Mengikat jari

Jika dua usaha di atas belum juga berhasil, kalian bisa mencoba cara yang satu ini. Coba ikat jari kalian dengan benang gigi atau dental floss. Lakukan cara ini dengan hati-hati. Berikut langkah-langkahnya.

  • Selipkan ujung benang gigi di bawah cincin. Jika terlalu sulit, dengan hati-hati gunakan jarum untuk memasukkannya. fifthbloom

    Sumber foto: WikiHow

  • Lilit jari di sekitar cincin dengan dental floss. Lilit sampai bagian buku jari. Pastikan jari terbungkus secara merata melewati jari bagian bawah.
  • Hati-hati, jangan melilitnya dengan terlalu kencang. Apalagi sampai menimbulkan rasa sakit atau jari membiru. fifthbloom

    Sumber foto: WikiHow

  • Lepaskan gulungan benang gigi tersebut, mulai dari bagian bawah jari. Ketika kalian membuka lilitan dari arah bawah tersebut, cincin akan bergerak ke atas sampai kalian bisa melepasnya.
  • Jika cincin hanya bergerak sedikit, ulangi beberapa langkah sebelumnya.
  • Namun jika cincin benar-benar tak bergerak. Lepas dental floss dan cari pertolongan.

7. Memotong Cincin

Jika semua cara di atas sudah kalian coba, tapi tak ada yang berhasil, langkah terakhir adalah memotong cincin menggunakan ring cutter. Alat ini berfungsi untuk memotong cincin tanpa melukai jari kalian.

Baca juga : Berlian Putih Asli | Jenis dan harga terbaru

Tentunya tidak semua orang memiliki dan bisa mengoperasikannya. Jika cincin kalian tak bisa terlepas, kalian bisa meminta pertolongan untuk memotongnya di unit pemadam kebakaran, took perhiasan atau pun Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit.

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Twin Butterfly Engagement Ring

Twin Butterfly Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Ruth Diamond Engagement Ring

Ruth Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Kapan Harus ke Dokter?

Cincin yang tak bisa dilepas memang tampak sepele. Namun, kondisi ini juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, jika jari sudah bengkak dan cincin tak lekas dilepas maka aka nada kemungkinan terkena infeksi. Berikut adalah beberapa kondisi yang mengharuskan kalian untuk pergi ke dokter karena cincin tak bisa dilepas.

  1. Jika pembengkakan jari semakin parah
  2. Jika warna kulit berubah menjadi lebih pucat
  3. Jari mengalami mati rasa

Dalam ketiga kondisi tersebut, cincin bisa menyebabkan aliran darah terhenti. Hal ini bisa menyebabkan cedera lebih serius.

Elenore Diamond Wedding Ring

Elenore Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Amber Diamond Wedding Ring

Amber Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Dionne Male Wedding Ring

Dionne Male Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

Yang Harus Dilakukan Setelah Cincin Terlepas

Lega, begitulah rasanya ketika cincin terlepas. Apalagi jika kalian harus oergi ke dokter gara-gara hal ini. Tapi ingat, kalian harus melakukan beberapa hal setelah cincin terlepas.

1. Jaga kebersihan

Jika kalian berhasil melepas cincin tanpa bantuan dokter, ahli perhiasan atau pun petugas pemadam kebakaran, jangan lupa cuci area jari target dengan bersih. Bersihkan dengan antiseptik dan balut dengan plester atau kain kasa ada luka di bagian permukaan jari.

2. Jangan gunakan kembali cincin tersebut

Meski kalian begitu menyukai cincin tersebut, untuk sementara jangan gunakan kembali perhiasan itu. Tunggu sampai jari kalian sembuh dan kembali pada ukuran normal.

3. Ganti Ukuran Cincin

Jangan lupa untuk memperbesar ukuran cincin kalian di toko perhiasan. Toko perhiasan bisa memperbesar ukuran cincin kesayangan kalian dengan menambahkan metal sesuai ukuran terkini. Jangan khawatir, setelah rampung mereka akan memoles cincin sehingga tidak terlihat bekas sambungannya.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.