;
close

Berlian, Intan dan Permata, Apakah Sama?

Fifth Bloom Apr 30, 2021

berlian-intan-dan-permata-apakah-sama

Ketiga nama tersebut rasanya tidak asing ditelinga kita, tetapi apakah sebenarnya kita sudah mengetahui dengan baik arti setiap batu tersebut.

Azalea Diamond and Sapphire Ring

Azalea Diamond and Sapphire Ring

Cincin

Lihat Harga
O Bezel Ring

O Bezel Ring

Cincin

Lihat Harga
Rainbow Large Sapphire Anniversary Ring

Rainbow Large Sapphire Anniversary Ring

Cincin

Lihat Harga

Permata

engagement ring

Identik dengan sebutan mineral yang terbentuk akibat proses geologi (penggabungan beberapa komponen kimia). Sebagian besar batu ternyata berbeda karena didasarkan kepada kilauan dan karakteristik fisika yang memiliki nilai estetika berbeda (setelah melalui pengolahan). Walaupun begitu semua batu yang terbentuk akibat proses geologi tidak semuanya disebut permata. Batu tersebut harus memenuhi standar, secara estetika, keindahan, dan kelangkaan.

Intan ataupun berlian yang akan kita bahas di bawah ini merupakan salah satu jenis batu permata yang paling umum.

Intan

engagement ring

Merupakan mineral tersusun dari unsur karbon (C) dengan sistem kristal isometrik (sistem yang paling simetri dalam ruang tiga dimensi). Memiliki kekerasan 10 pada skala Mohs dan memiliki berbagai jenis mulai dari tidak berwarna hingga berwarna. Intan juga sering digunakan untuk permata dalam cincin, gelang, kalung, dan perhiasan lainnya. Intan merupakan berlian yang belum melewati proses pengolahan dan masih melekat dengan karbon murni usai mengkristal akibat proses kimiawi selama ratusan bahkan jutaan tahun di perut bumi.

Berlian

engagement ring

Batu paling berharga dan paling keras di bumi, bentuknya yang sangat indah membuat batu ini menjadi salah satu batu permata dengan nilai yang tinggi. Apalagi setelah melalui proses pengolahan untuk jika dijadikan sebuah perhiasan. Proses pengolahan terdiri dari perencanaan, pemotongan, dan pemolesan yang mengubah intan menjadi berlian. Intan yang begitu kasar, keras, memiliki berbagai kualitas, sehingga proses ini membantu mengeluarkan potensi intan yang dimiliki menjadi berlian yang indah dengan mempertimbangkan empat tahap atau 4C (cut, colour, carat dan clarity).

fifthbloom

Check harga berlian hari ini

Setiap berlian dalam 1 karat sebanding dengan 200 miligram dan dalam poin 1 poin senilai 0,01 karat. Pastikan juga kamu mengecheck harga berlian hari ini, sesuai dengan karat dan spesifikasinya.

Perbedaan berlian asli dengan berlian palsu (Imitasi)

Yang kita bahas mengenai berlian palsu adalah imitasi, oleh sebab itu banyak DIY untuk membuktikan berlian tersebut asli atau palsu. Adapun 2 cara membedakan berlian yang sangat terkenal, tetapi faktanya hal tersebut tidak benar :

  1. Meletakkan berlian di atas koran
  2. Cincin tunangan murah

    Faktanya tidak ada informasi yang jelas mengenai; seberapa pencahayaan yang kamu butuhkan dan ukuran berlian tersebut. Karena test semacam ini akan sulit dilakukan pada berlian berukuran kecil.

    Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

    Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

    Cincin

    Lihat Harga
    Twin Butterfly Engagement Ring

    Twin Butterfly Engagement Ring

    Cincin

    Lihat Harga
    Ruth Diamond Engagement Ring

    Ruth Diamond Engagement Ring

    Cincin

    Lihat Harga
  3. Menggosokan berlian dengan sandpaper atau amplas
  4. Cincin tunangan murah

    Hal ini dapat merusak dan tidak boleh digunakan! Grit pada amplas kekerasan dengan skala Mohs yang berbeda, sehingga penggunaan amplas pada bahan yang lebih lembut daripada grit akan merusaknya. Tidak hanya menggores logam, tetapi juga mengikis permukaan permata dan mengurangi nilainya.

fifthbloom

Tidak ada cara lain membedakan berlian asli dan palsu selain :

  1. Membeli berlian dengan sertifikat GIA.
  2. Membelinya di online store atau toko yang terpercaya.
  3. Membeli di store yang khusus menjual berlian, seperti Fifth Bloom. Kamu juga dapat mengetahui cara lain yang benar untuk membedakan berlian asli dan palsu dengan menekan disini

Oleh sebab itu kami menyarankan kamu untuk membaca artikel berikut :

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.