;
close

Apa itu Cincin Solitaire? Ini Gambar dan Model Cincin yang Populer Sepanjang Masa

Fifth Bloom Mar 30, 2022

Fifth Bloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Ketika hubungan sudah semakin serius, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum naik pelaminan. Salah satunya adalah cincin tunangan. Perhiasan ini akan menjadi simbol dari keseriusan pihak laki-laki untuk mengikat kekasihnya sebelum akhirnya menikah. Cincin tunangan pun memiliki beberapa model, seperti solitaire, halo, single row dan side stone.

Cincin Solitaire Adalah

fifthbloom Tulip Cathedral Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifthbloom.com

Salah satu model cincin paling populer adalah solitaire. Cincin solitaire merupakan cincin yang dihiasi berlian tunggal. Dilansir dari situs The Gemological Institute of America (GIA), model solitaire tak hanya berlaku untuk cincin. Setiap perhiasan seperti anting-anting, gelang atau pun kalung yang dihiasi dengan satu buah berlian juga disebut dengan model solitaire.

Cincin model ini biasanya digunakan untuk menandai momen penting seperti ulang tahun ke-16, ulang tahun pernikahan dan jadi pilihan populer untuk cincin pertunangan. Bahkan dari survei yang dilakukan oleh The Knot pada 7.000 wanita yang sudah bertunangan, 25% di antaranya mendapatkan cincin model solitaire.

Bentuk Potongan Berlian

Berlian tunggal yang menghiasi cincin, akan menjadi perhatian utama dari perhiasan ini. Sehingga tahap pertama yang biasanya dilakukan adalah memilih bentuk potongan berlian. Nah, ada beberapa bentuk potongan berlian yang menghiasi cincin solitaire, yakni:

  • Bentuk BulatPotongan berlian bulat adalah yang paling populer. Potongan yang memamerkan kedalaman batu berlian ini bisa dibilang merupakan yang paling cemerlang, karena bisa memantulkan cahaya dengan sempurna. Bentuk bulat klasik ini juga memberikan kesan yang mewah. Tak heran jika 53% cincin pertunangan solitaire dihiasi dengan potongan berlian bulat.

  • Princess cutmerupakan berlian yang dipotong berbentuk kotak.

  • Emerald cut: berlian dengan potongan persegi panjang

  • Oval cut: berlian dengan potongan oval atau versi memanjang dari bentuk bulat

  • Marquise cut: berlian yang dipotong mirip dengan oval, namun memiliki kedua ujung runcing seperti daun.

  • Cushion cut: berlian cushion berbentuk mirip seperti kotak, namun bagian potongan bagian pojoknya tidak runcing seperti kotak. Namun lebih halus seperti potongan bantal.

  • Pear: berlian ini memiliki potongan seperti bentuk buah pear yang melebar di bagian bawah.

Classic 6 Prongs Engagement Ring

Classic 6 Prongs Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Classic Rosella Diamond Engagement Ring

Classic Rosella Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Ruth Diamond Engagement Ring

Ruth Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

Style Penahan Batu Berlian

Bukan hanya memiliki beragam bentuk potongan berlian yang bisa dipilih. Cincin solitaire juga menawarkan bentuk penahan batu berlian yang beragam.

fifthbloom Classic 6 Prong Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifthbloom.com

Yang pertama adalah prongs, penahan ini berbentuk seperti cakar yang menahan batu berlian dari bagian bawah. Prong memang menahan batu dari bawah dengan aman, namun masih menunjukkan detail berlian yang cantik.

Model 6 prongs masih menjadi model cincin tunangan favorit. Namun masih ada beberapa model cincin solitaire lain yang juga tak kalah menawan, klik tombol di bawah ini untuk melihat koleksi selengkapnya.

fifthbloom
fifthbloom Cathedral Solitaire Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifthbloom.com

Baca juga : Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Perhiasan untuk Anak-anak dan Bayi

Yang ke dua adalah setting katedral atau cathedral. Sesuai dengan namanya, model penahan batu berlian ini terinspirasi dari langit-langit dan kubah katedral. Model ini memungkinkan batu berlian menempel secara aman di rangka cincin. Kalian juga bisa melihat detail berlian dari samping.

fifthbloom Igloo Bezel Diamond Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Bentuk penahan yang ke tiga adalah bezel setting.  Pada model ini, rangka cincin menutupi sepenuhnya bagian sisi berlian.

fifthbloom Jane Eternity Tension Diamond Wedding Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Jane Eternity Tension Diamond Wedding Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifth Bloom

Sementara bentuk penahan ke empat adalah tension setting. Bentuk ini begitu unik dan memberikan kesan berlian tampak mengambang. Selain itu tak ada logam di bawah berlian, rangka cincinlah yang menahan batu berlian.

Scalloped Pave Diamond Wedding Ring

Scalloped Pave Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Channel Set Diamond Wedding Ring

Channel Set Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Anniversary Diamond Wedding Ring

Anniversary Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

Beda Cincin Solitaire dan Cincin Berlian

Solitaire mengacu pada jumlah berlian yang ada pada cincin. Hanya ada satu berlian atau berlian tunggal pada model ini.

Sementara cincin berlian sendiri memiliki berbagai model. Bukan hanya solitaire, tetapi juga beberapa model lain seperti halo, single row dan side stone.

fifthbloom Triple Pave Halo Engagement Ring I koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifthbloom.com

Cincin halo memiliki berlian utama yang berukuran lebih besar dan dikelilingi beberapa berlian yang lebih kecil. Model ini memberikan kesan yang glamor dan mewah karena jumlah berlian yang lebih banyak.

Jika kalian tertarik dengan model cincin halo, Fifth Bloom menyediakan berbagai koleksi yang menarik. Klik tombol di bawah ini untuk melihat model cincin halo lainnya.

fifthbloom

Baca juga : 7 Cara Unik untuk Melamar Wanita Pujaanmu. Si Dia Pasti Langsung Bilang ‘I Do’!

fifthbloom Classic Three Stone Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifthbloom.com

Cincin dengan model side stone memiliki desain yang tak kalah mewah dari dua desain sebelumnya. Sebab berlian utama di bagian tengah dihiasi dengan beberapa berlian yang lebih kecil di kedua sisinya.

Classic Three Stone Engagement Ring dari Fifth Bloom, jadi salah satu model cincin tunangan andalan. Nah, jika kalian menginginkan cincin model side stone lainnya klik button di bawah ini.

fifthbloom
fifthbloom Jenn in Scallop Setting Diamond Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifthbloom.com

Cincin model single row akan membuat pemiliknya tampil lebih bersinar. Sebab bukan hanya dihiasi dengan berlian di bagian tengah, tetapi bagian band juga bertabur berlian.

Cantik bukan, Jenn in Scallop Setting Diamond Engagement Ring? Nah jika kalian menginginkan cincin model single row, klik tombol di bawah ini.

fifthbloom

Apakah Cincin Solitaire Mahal?

Tak bisa dipungkiri, cincin berlian model solitaire menjadi salah satu model favorit di pasaran. Model ini begitu simple namun memberikan kesan elegan. Tak heran jika permintaan akan model cincin ini pun tinggi.

Apakah cincin berlian solitaire mahal? Hal ini tentunya tergantung dari aspek penting yang menentukan kualitas berlian, 4C (cut, carat, clarity dan colour).

Cut merupakan potongan berlian. Aspek ini mengacu pada proporsi sebuah berlian dan menentukan kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya. Semakin banyak cahaya yang mampu dipantulkan, semakin bersinar pula berlian tersebut.

Cut memiliki tingkatan excellent, very good, good dan fair. Tentunya semakin tinggi kualitas cut, semakin tinggi pula harga berlian tersebut.

Carat mengacu pada berat berlian. 1 carat sama dengan 0.2 gram atau sekitar 0.007 ons. Berat berlian yang berukuran lebih kecil sering juga dinyatakan dalam poin di mana 1 poin sama dengan 0.01 carat (1 carat = 100 poin). Semakin berat berlian tersebut, semakin tinggi pula harganya.

Clarity mengacu pada kejernihan berlian. Berlian biasanya memiliki inklusi tau pun goresan yang bisa mengurangi kejernihannya. Ukuran, posisi dan wujud ketidaksempurnaan pada berlian tersebut menentukan taraf clarity sebuah berlian.

Clarity memiliki tingkatan tertinggi yang disebut flawless (FL). Diikuti dengan internally flawless (IF), very very slightly included (VVS1 dan VVS2), very slightly included (VS1 dan VS2), slightly included (SI1 dan SI2), dan Included (I1, I2 dan I3).

Colour berlian diukur dari rentang D hingga Z dan diklasifikasikan menjadi lima kategori besar: colourless (tidak berwarna), near colourless (nyaris tidak berwarna), faint (sedikit tidak berwarna), very light (cukup berwarna), dan light (terlihat jelas berwarna).

Baca juga : Menebak Kepribadian Seseorang Lewat Perhiasan Favoritnya. Cocok Nggak Nih?

Nah, jika kalian ingin mendapatkan cincin berlian solitaire terbaik, langsung saja tengok koleksi Fifth Bloom. Kami menyediakan perhiasan berlian termasuk cincin model solitaire dengan harga yang ramah di kantong.

fifthbloom Jenn in Scallop Setting Diamond Engagement Ring koleksi Fifth Bloom (klik gambar untuk melihat detail produk). Sumber foto: Fifthbloom.com

Untuk menghemat budget kalian bisa memaksimalkan kualitas cut dan carat. Sebab dua aspek tersebut merupakan yang terpenting. Dengan memilih cut excellent, dan carat yang lebih besar, berlian kalian akan tampak begitu indah.

Clarity dan colour memang penting. Namun tingkat clarity hanya bisa dilihat melalui 10x pembesaran dan tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Sementara rentang colour D-F (colourless) dan G-J tak terlihat jauh berbeda. Perbedaannya pun hanya bisa ditemukan oleh ahli berlian profesional.

Jika masih bingung, kalian bisa langsung menghubungi customer service Fifth Bloom. Kami akan membantu mencari cincin berlian yang tentunya sesuai dengan selera dan budget kalian.

Bagi kalian yang memiliki budget di bawah Rp 8 juta, jangan khawatir. Fifth Bloom menyediakan koleksi cincin tunangan murah di bawah Rp 8 juta. Kualitasnya pun terjamin dan sudah F-VVS. Kalian juga bisa memilih model yang beragam, mulai dari solitaire hingga halo.

fifthbloom
  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.