;
close

Serupa tapi Tak Sama, Ini 4 Fakta Penting Tunangan dan Lamaran. Apa Sih yang Harus Dipersiapkan?

Fifth Bloom Feb 23, 2022

perbedaan tunangan lamaran

Fakta lamaran dan tunangan yang wajib kamu tahu.
Sumber foto: Iris Mannings

Sebelum akhirnya resmi menjadi suami istri, begitu banyak prosesi yang harus dijalani. Di antaranya adalah lamaran dan tunangan. Hingga kini banyak orang yang menganggap bahwa dua prosesi ini adalah hal yang sama. Meski serupa, ada perbedaan mendasar antara lamaran dan tunangan. Berikut fakta-faktanya!

Windmil Diamond Engagement Ring

Windmil Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Petite Single Row Engagement Ring

Petite Single Row Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
East to West Diamond Engagement Ring

East to West Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

1. Pengertian Lamaran dan Tunangan

Dari segi bahasa, keduanya memang memiliki arti yang serupa tapi tak sama. Lamaran adalah momen spesial ketika akhirnya sepasang kekasih memutuskan untuk membawa hubungan mereka ke jenjang yang lebih serius.

Momen ini ditandai dengan salah satu pasangan dengan berani meminta kekasihnya untuk hidup bersama hingga ajal menjemput. Ini menjadi penanda bahwa pihak pelamar siap untuk menikah.

Pada kesempatan spesial tersebut, biasanya pasangan melakukan upaya terbaik nan kreatif agar sang kekasih merasa menjadi orang paling beruntung sedunia. Mulai dari mempersembahkan sebuah pertunjukan romantis di tempat favorit, hingga berlutut sembari menyodorkan sebuah kotak berisi cincin. Prosesi ini bersifat personal dan pada umumnya tidak melibatkan pihak keluarga kedua belah pihak.

Baca juga : Cara mengetahui ukuran cincin jari manis “DIA” tanpa diketahui/sembunyi

Jika sang kekasih setuju untuk menikah dan menerima lamaran tersebut. Maka si pelamar akan memasangkan cincin tersebut di jari manis kekasihnya, sebagai pertanda bahwa kini keduanya terikat dalam hubungan yang lebih serius, masing-masing menjadi fiancée (tunangan) dan siap untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Proses lamaran (proposal) ini merupakan adopsi dari budaya barat dan sangat umum dilakukan di negara-negara Barat. Disana proses lamaran dan tunangan bisa dibilang hal yang sama karena jarang sekali ada diadakan acara pertunangan khusus. Oleh karena itu, cincin tunangan dan cincin lamaran bisa dibilang hal yang sama dibudaya barat.

fifthbloom

Momen lamaran (proposal) menandai bahwa hubungan berlanjut ke jenjang yang lebih serius.
Brides

Sementara pertunangan atau tunangan merupakan tahapan yang dilakukan setelah lamaran diterima. Proses ini lebih rumit karena melibatkan pertemuan keluarga calon pengantin. Tak jarang calon pengantin melakukan prosesi adat di acara pertunangan.

fifthbloom

Prosesi pertunangan mempertemukan kedua keluarga calon pengantin.
Dok. InstagramNikita Willy.

Pada acara pertunangan ini pada umumnya pihak laki-laki memohon restu kepada keluarga pihak perempuan untuk membawa hubungan ke jenjang perkawinan. Jika restu telah diberikan, tahap selanjutnya adalah penentuan waktu pernikahan.

Pada acara ini biasanya dilakukan prosesi tukar cincin atau pemakaian kalung sebagai simbol bahwa pasangan tersebut kini terikat satu sama lain. Jarak pertunangan dan pernikahan pun biasanya tak terlalu jauh, yakni sekitar satu bulan hingga satu tahun.

Bagi kalian yang tengah mencari perhiasan berlian untuk pertunangan Fifth Bloom menyediakan berbagai koleksi yang menarik. Mulai dari cincin tunangan hingga berbagai perhiasan untuk seserahan seperti gelang, anting-anting hingga liontin berlian.

Tak hanya itu, bagi kalian yang memiliki budget terbatas, Fifth Bloom juga memiliki koleksi perhiasan murah mulai dari Rp 5 juta-an. Dengan harga tersebut, kalian bisa memperoleh cincin tunangan berlian yang elegan dan kekinian.

fifthbloom

2. Persiapan Lamaran vs Pertunangan

Setelah memahami perbedaan lamaran dan tunangan, kini waktunya mencatat apa saja persiapan yang harus dilakukan untuk melakukan dua prosesi tersebut. Untuk mempersiapkan dua prosesi tersebut dibutuhkan biaya yang tak sedikit. Untuk itu, butuh kesapakatan di antara kedua belah pihak perihal pelaksanaannya.

Untuk momen lamaran yang mengadopsi budaya barat, biasanya pihak laki-laki melakukan persiapan secara sembunyi-sembunyi. Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah cincin yang akan diberikan kepada pasangan sebagai tanda pengikat.

Momen ini bisa digelar secara sederhana dengan bertanya langsung kepada pasangan untuk hidup bersama selamanya. Tidak sedikit pula yang memilih untuk melakukannya dengan latar yang begitu romantis. Hal ini tentunya sesuai dengan preferensi masing-masing.

fifthbloom

Cincin lamaran dan cincin tunangan.

Di sisi lain, pada umumnya pertunangan / pesta tunangan memakan biaya yang lebih besar karena melibatkan keluarga dan lebih banyak pihak. Pada momen ini, biasanya pihak pria akan memberikan cincin atau kalung atau bahkan set perhiasan untuk pihak wanita.

Persiapan mencakup pemilihan tempat pertunangan, konsumsi, hingga pemberian seserahan. Ya, pada umumnya pihak keluarga laki-laki akan membawa seserahan berupa skincare, pakaian, alat ibadah, sepatu, tas atau mahar untuk calon mempelai wanita.

fifthbloom

Seragam keluarga di acara pertunangan.
Dok. Pri Aurel Hermansyah

Jika kalian memiliki budget lebih, mengenakan seragam keluarga atau pakaian senada di momen pertunangan bisa menjadi opsi tepat. Hal ini akan menjadi nilai plus saat pengambilan foto keluarga.

Cek Harga Berlian Hari Ini

3. Lamaran dan Tunangan, Haruskah Keduanya Dilakukan?

Sebenarnya tidak ada suatu keharusan bagi pasangan untuk menggelar lamaran dan pertunangan. Hal ini sesuai dengan keputusan pribadi. Tak sedikit pasangan yang menganggap komitmen kedua belah pihak untuk menikah sudah cukup, tanpa harus melakukan lamaran atau pun tunangan.

Apalagi dua prosesi tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar. Belum lagi calon mempelai harus mempersiapkan pernikahan yang juga bisa memakan budget tinggi.

Baca juga : Apa itu Cincin Couple? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini, Yuk!

Sementara itu, tidak sedikit pasangan yang memilih untuk melakukan pertunangan atau lamaran saja. Selain karena memiliki makna yang hampir sama, hal ini juga bisa menekan pengeluaran.

Namun dalam beberapa budaya, salah satunya budaya Jawa, pertunangan adalah hal yang penting. Sebab pada momen ini akan dilakukan upacara adat dan penentuan tanggal baik pernikahan yang cukup rumit.

Lucille Diamond Wedding Ring

Lucille Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Paulette Diamond Wedding Ring

Paulette Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Clave Baguette Wedding Ring

Clave Baguette Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

4. Persamaan Lamaran dan Tunangan

Setelah mengetahui sederet perbedaan antara lamaran dan tunangan, ternyata dua prosesi ini memiliki persamaan yakni adanya cincin. Lantas apakah cincin tunangan dan lamaran itu sama?

Meski memiliki tujuan yang sama, cincin tunangan dan cincin lamaran bukanlah hal yang sama. Perbedaan yang terlihat jelas adalah cincin lamaran dibeli tanpa sepengetahuan pasangan, ada unsur kejutan spesial di dalamnya.

Baca juga : 5 Tips Beli Cincin Tunangan Terindah Dengan Harga Murah

Masih bingung untuk memilih cincin tunangan dan lamaran? Jangan khawatir Fifth Bloom memiliki berbagai macam spesifikasi berlian untuk segala macam kebutuhan di hari bahagia kalian. Kerennya lagi, berlian-berlian dari Fifth Bloom bersertifikat Gemological Institute of America (GIA), sehingga kalian tak perlu khawatis soal kualitasnya.

Tak sekadar memperhatikan kualitas, harga cincin berlian Fifth Bloom juga beragam dan pastinya bersahabat di kantong. Desain-desain yang ditawarkan jugaup to date.

Di Fifth Bloom kalian tak hanya bisa memilih desain cincin yang tersedia, kalian juga bisa meng-custom desain cincin impianmu. Kalian bisa coba fitur ‘buat sendiri cincin tunanganmu’ lewat websitekami atauklik di sini. Kami juga bakal membantu menentukan cincin yang seuai dengan keinginan danbudget kalian. Konsultasinya pun gratis! Tunggu apa lagi? Cus, jadikan hari bahagiamu lebih spesial dengan pilihan cincin berlian cantik dari Fifth Bloom.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.