;
close

5 Jenis Batu Mulia Paling Populer dengan Keindahan yang Tak Lekang Oleh Waktu

Fifth Bloom Jul 05, 2022

Sumber foto: Luxury Viewer

Sumber foto: Luxury Viewer

Bukan rahasia lagi jika intan, permata dan batu mulia adalah hal-hal favorit yang tak ada hentinya dijadikan lambang keindahan. Tak heran, sebab batu mulia, intan atau pun permata memang menyimpan keindahan dari hasil proses alam yang membutuhkan jutaan hingga miliaran tahun.

Meski nama-nama tersebut sangat familiar, apakah kalian sudah memahami perbedaan batu-batu tersebut? Sebab hingga saat ini, tidak sedikit yang seringkali merasa bingung dengan batu mulia, intan mau pun permata. Bahkan tak jarang yang memahami maknanya secara tertukar.

Sebab itulah, akan lebih baik jika kita memahami apa itu batu mulia, intan dan permata. Berikut ulasan selengkapnya.

Apa itu Batu Mulia?

Dilansir dari website Geologinesia, batu mulia adalah semua jenis batuan dan mineral yang mempunyai sifat fisik, kimia serta karakteristik tertentu sepeti motif dan warna yang bernilai ekonomis. Serupa dengan logam mulia, sebutan batu mulia juga didasarkan karena kelangkaannya.

Batu mulia biasanya digunakan sebagai perhiasan. Pada umumnya batu-batu ini dipadukan dengan logam mulia seperti emas, platinum atau pun perak.

Batu Permata Adalah.

Setelah mengetahui sekilas tentang batu mulia, apa perbedaannya dengan batu permata? Batu permata adalah sebutan lain dari batu mulia. Keduanya sebenarnya adalah hal yang sama.

Namun perlu dicatat meski ada begitu banyak batuan atau mineral yang terbentuk akibat proses geologi (penggabungan beberapa komponen kimia), namun tidak semuanya bisa disebut sebagai batu mulia atau pun permata. Untuk bisa disebut sebagai batu mulia atau permata, batu-batu ini harus memenuhi standar estetika, keindahan dan kelangkaan.

Batu permata pun memiliki begitu banyak jenis mulai dari intan, ruby, safir hingga zamrud. Mengoleksi batu mulia adalah tren yang tak pernah lekang oleh waktu. Sebab harga beberapa permata memang kebanyakan mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu. Selain itu, keindahannya jadi alasan terbesar untuk memilikinya.

Scalloped Pave Diamond Wedding Ring

Scalloped Pave Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Anniversary Diamond Wedding Ring

Anniversary Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga
Channel Set Diamond Wedding Ring

Channel Set Diamond Wedding Ring

Cincin

Lihat Harga

Jenis Batu Mulia

Ada begitu banyak jenis batu mulia atau permata. Namun ada beberapa permata yang paling populer untuk dijadikan perhiasan. Misalnya saja berlian, safir dan ruby.

1. Ruby

fifthbloom

Batu ruby sebelum (kiri) dan sesudah dipotong dan dipoles (kanan). Sumber foto: GIA

Batu berwarna merah ini tak dapat dipungkiri merupakan salah satu batu mulia paling terkenal. Ruby adalah jenis batu mineral corundum berwarna merah. Warna merah ruby berasal dari kandungan kromium.

Nama ruby sendiri berasal dari bahasa Latin, rubeus yang berarti merah. Ruby juga dikenal sebagai salah satu permata dengan harga tertinggi.

Batu yang berwarna merah jambu hingga merah darah ini juga memiliki kekuatan yang tinggi yakni 9 Mohs (satuan yang digunakan untuk mengukur skala kekerasan mineral). Kekuatan batu ruby hanya satu tingkat lebih rendah daripada berlian (10 Mohs) yang terkenal sebagau batu paling keras di dunia.

Dilansir dari Jewelry Notes, batu ruby yang memiliki kualitas tertinggi biasanya ditemukan di Burma, Madagascar, Sri Lanka, Thailand, Kenya dan Vietnam.

fifthbloom

2. Safir

fifthbloom

Cincin tunangan Duchess of Cambridge yang dihiasi safir. Sumber foto: Pinterest

Cincin tunangan Kate Middleton adalah salah satu cincin tunangan paling terkenal di dunia. Cincin yang merupakan warisan dari Putri Diana itu dihiasi batu safir 12 carat dan 14 berlian putih dengan berat total 6 carat.

Sama seperti ruby, safir merupakan salah satu jenis mineral corundum. Safir warna biru memang yang paling banyak dicari, namun batu ini memiliki banyak jenis warna termasuk merah.

Baca juga : 11 Koleksi Perhiasan Termahal Kerajaan Inggris, Harganya Fantastis!

3. Zamrud

fifthbloom

Sumber foto: GIA

Batu yang memiliki warna dari hijau hingga hijau gelap dan hijau kebiruan ini menjadi salah satu pilihan favorit untuk perhiasan. Namun perlu diketahui bahwa batu zamrud atau emerald memiliki kekuatan yang cukup rendah yakni 7,5 hingga 8 Mohs. Sehingga zamrud jauh lebih gampang pecah jika dibandingkan dengan berlian.

Kendati demikian, dilansir dari Brides, zamrud dengan kualitas tinggi lebih langka daripada berlian. Sehingga harga zamrud jenis tersebut pun lebih mahal.

Baca juga : Cara Menghitung Harga Berlian dan Mendapatkan Penawaran Terbaik

Twin Butterfly Engagement Ring

Twin Butterfly Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Classic Three Stone Diamond Engagement Ring

Classic Three Stone Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Vintage Style Three Stone Flore Diamond Engagement Ring

Vintage Style Three Stone Flore Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

4. Topaz

fifthbloom

Batu topaz sebelum (kiri) dan sesudah dipotong dan dipoles (kanan). Sumber foto: GIA

Banyak orang mengira bahwa topaz hanyalah batu permata berwarna biru dengan harga yang rendah. Tapi ternyata topaz memiliki banyak jenis warna. Macam-macam warna topaz disebabkan oleh campuran kimiawi pada saat pembentukannya.

Misalnya saja campuran kromium membuat topaz berwarna merah muda, merah, dan ungu. Sementara cacat pada level struktur atom membuatnya berwarna kuning, cokelat dan biru. Sementara itu, cokelat adalah warna paling umum pada batu topaz. Warna biru pada topaz kebanyakan diperoleh bukan dari proses alami, melainkan buatan.

fifthbloom

5. Batu Intan

fifthbloom

Contoh batu intan. Sumber foto: Kompas

Batu intan adalah satau jenis batu mulia paling terkenal. Intan terbuat dari unsur mineral karbon dan memiliki skala kekerasan 10 Mohs. Intan ini terbentuk di mantel bumi dengan tekanan dan suhu yang begitu tinggi, serta membutuhkan waktu miliaran tahun.

Intan yang terbuat dari karbon murni ini diketahui sebagai jenis batuan paling keras di bumi. Sebab itulah, intan tak hanya dimanfaatkan sebagai perhiasan melainkan juga bahan industri seperti pemotong kaca, mata bor pertambangan dan lain-lain.

Baca juga : Bagaimana Proses Pembuatan Berlian Alami? Apa Bedanya dengan Berlian Sintetis?

Banyak orang awam yang masih bingung dengan perbedaan intan dan berlian. Bahkan ada yang masih menganggap keduanya adalah hal yang sama.

Intan adalah bahan baku berlian atau berlian yang belum diproses. Dengan kata lain, intan adalah bongkahan batu berlian.

Untuk membuat berlian, pengrajin harus memotong dan memoleh batu intan. Sehingga batu intan yang sebelumnya kasar, tak beraturan dan tak tampah berkilau menjadi indah, halus dan memancarkan kilau maksimal.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Jenis-jenis Berlian

fifthbloom

Berlian putih. Sumber foto: GIA

Gambar di atas merupakan salah satu contoh batu intan yang telah dipotong dan dipoles menjadi berlian. Batu mulia ini merupakan salah satu batu dengan harga tertinggi.

Berlian pun memiliki beberapa aspek yang menentukan kualitas dan nilainya yakni 4C (cut, carat, colour dan clarity). Pelajari tentang 4C di sini.

Berlian dikenal memiliki banyak warna. Namun secara garis besar berlian dibagi menjadi dua jenis warna yakni putih atau transparan dan fancy colour (selain putih).

Check harga berlian berdasarkan colour di sini :

Berlian putih memiliki sifat yang berbeda dalam segi warna jika dibandingkan dengan fancy colour. Warna dari berlian putih diukur dari rentang D-Z dan masuk dalam lima kategori besar yakni colourless (tidak berwarna, D-F), near colourless (nyaris tidak berwarna, G-J), faint (sedikit tidak berwarna, K-M), very light (cukup berwarna, N-R), dan light (terlihat jelas berwarna, S-Z).

Semakin tinggi tingkatan warnanya, semakin tinggi pula harga berlian. Sebab munculnya sedikit warna pada berlian putih akan mengurangi nilainya. Hal ini bertentangan dengan sifat berlian fancy colour. 

Warna berlian fancy colour diukur dari rentang paling pudar hingga pekat, yakni Faint, Very Light, Light, Fancy Light, Fancy, Fancy Intense, Fancy Vivid, Fancy Deep, dan Fancy Dark. Jika pada berlian putih warna semakin pudar maka semakin mahal, berbeda dengan berlian fancy colour. Semakin pekat warnanya semakin tinggi pula harganya.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.