;
close

6 Cara Membersihkan Perhiasan Berlian agar Tetap Berkilau

Fifth Bloom Mar 21, 2022

Koleksi perhiasan berlian Fifth Bloom.

Koleksi perhiasan berlian Fifth Bloom. Sumber foto: Fifth Bloom

Perhiasan berlian cocok dipakai dalam setiap kesempatan. Mulai dari acara non formal hingga formal. Bahkan aksesoris ini juga cocok untuk dipakai sehari-hari. Namun taka da gading yang tak retak. Jika perhiasan terlalu sering dipakai tanpa dirawat atau pun dibersihkan, maka kilaunya bisa berkurang. Untuk itulah bagi pemilik perhiasan berlian, adalah sebuah keharusan untuk mengetahui cara membersihkan akesosris yang dihiasi batu mulia ini.

Berlian memang merupakan materi terkeras dan terkuat di bumi. Berlian bisa memotong segala jenis batu dan logam, namun hanya berlian yang bisa digunakan untuk memotong berlian. Bahkan menurut lembaga Gemological Institute of America (GIA), berlian hanya bisa dilelehkan dalam suhu 1290-1650 derajat Fahrenheit atau setara dengan 698,8 hingga 898,9 derajat Celcius.

Meski memiliki kekuatan tersebut, kilau perhiasan berlian yang setiap hari dipakai bisa berkurang. Penumpukan keringat, kulit mati dan sisa-sisa make up lama-kelamaan bisa menutupi keindahan perhiasan kalian.

Perhiasan yang kotor juga bisa menjadi tempat tumbuhnya kuman dan bakteri. Selain itu penumpukan kotoran tersebut juga bisa membuat logam mulia tampak tak berkiau dan mungkin saja goresan pada berlian. Untuk itulah kalian perlu mengetahui cara membersihkan perhiasan berlian yang tepat.

Jenn In Scallop Setting Diamond Engagement Ring

Jenn In Scallop Setting Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Classic 6 Prong Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Enthralling Twisted Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

1. Gunakan Sabun Pencuci Piring

fifthbloom

Sumber Ilustrasi: The Knot

Jangan menggunakan pembersih yang mengandung bahan kimia yang keras. Sebab hal ini bisa merusak berlian. Lebih baik gunakan sabun pencuci piring cair.

Kalian cukup menyiapkan air hangat. Tuang beberapa tetes sabun pencuci piring. Lalu rendam perhiasan berlian kalian dalam cairan tersebut selama 20-40 menit.

Baca juga : 5 Tips Memilih Anting Sesuai Bentuk Wajah. Dijamin Bikin Penampilan Makin Menawan!

Setelah itu angkat perhiasan kalian dan bersihkan menggunakan sikat gigi lembut. Gosok dengan lembut untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang masih menempel dan sulit dijangkau. Ingan, jangan menyikatnya dengan keras. Setelah itu, bilas perhiasan menggunakan air hangat.

Cek Harga Berlian Hari Ini

2. Gunakan Kain Lembut

fifthbloom

Kain bebas serat untuk membersihkan berlian. Sumber foto: GIA

Jangan menggunakan tisu atau pun kain yang kasar untuk mengeringkan perhiasan berlianmu setelah dicuci. Sebab hal ini bisa menggores logam. Lebih baik gunakan kain katun untuk mengeringkannya. Kalian juga bisa membiarkan perhiasan kering dengan cara mengangin-anginkannya. Selain itu, kain bebas serat, yang seringkali digunakan untuk membersihkan berlian juga bisa jadi pilihan tepat untuk mengeringkan perhiasan.

Baca juga : Bulan Baru Perhiasan Baru, Ini 8 Model Liontin Paling Populer dan Kekinian

fifthbloom

3. Jangan Gunakan Cairan Berbahaya

Perlu diingat, jangan sampai kalian membersihkan perhiasan berlian dengan cairan-cairan berbahaya seperti pemutih pakaian yang mengandung chlorine. Pasta gigi dan pembersih rumah tangga juga mengandung bahan ini. Chlorine memiliki sifat abrasive yang bisa merusak logam.

Tak hanya itu, masih ada beberapa pembersih yang berbahaya jika digunakan untuk membersihkan perhiasan. Di antaranya adalah acetone, baking soda, deterjen bubuk dan hand sanitizer.

Magnificent Twisted Engagement Ring

Magnificent Twisted Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
La Fleur Diamond Engagement Ring

La Fleur Diamond Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga
Pave Rope Engagement Ring

Pave Rope Engagement Ring

Cincin

Lihat Harga

4. Jangan Gunakan Alat Pembersih Ultrasonic Tanpa Pengawasan Ahli

fifthbloom

Alat pembersih ultrasonic. Sumber foto: GIA

Menggunakan alat pembersih ultrasonic memang akan memberikan hasil yang lebih memuaskan. Bahkan perhiasan berlian akan tampak lebih berkilau seperti baru. Namun penggunaan alat ini jika tanpa pengawasan ahli, malah bisa merusak perhiasan.

Dilansir dari Brides, alat pembersih ultrasonic bekerja dengan mengirim getaran melalui air dan larutan pembersih. Hanya dalam hitungan menit, kotoran-kotoran yang menempel pada perhiasan akan rontok.

Di sisi lain, gerakan yang kuat dari mesin tersebut bisa membuat berlian lebih longgar atau bahkan jatuh di dalam mesin pembersih. Biasanya para ahli perhiasan akan memeriksa terlebih dulu sebelum dan setelah membersihkan perhiasan menggunakan alat ultrasonic.

Baca juga : Tak Lagi Minimalis, Mengintip Tren Perhiasan di Paris Fashion Week Fall/Winter 2022

Mereka akan memperbaiki dan memperkuat jika posisi berlian longgar. Namun hal ini mungkin saja tak akan terdeteksi jika kita melakukan hal tersebut di rumah tanpa pengawasan ahli. Sehingga akan lebih baik untuk menghindari risiko tersebut.

Dual Tone Diamond Wedding Ring

Dual Tone Diamond Wedding Ring

Anting

Lihat Harga
Amber Diamond Wedding Ring

Amber Diamond Wedding Ring

Anting

Lihat Harga
Bryson Diamond Wedding Ring

Bryson Diamond Wedding Ring

Anting

Lihat Harga

5. Bersihkan Perhiasan Berlian dengan Rutin

Kalian bisa menjaga perhiasan tetap berkilau dengan membersihkannya di rumah, satu kali dalam seminggu. Cara sederhana itu bisa menghilangkan kotoran, minyak dan kulit mati yang menumpuk di perhiasan.

Sebaiknya kalian juga mendatangi ahli perhiasan untuk membersihkan perhiasan berlian, setidaknya dua kali dalam satu tahun. Hal ini akan membuat perhiasan tampak lebih bersih dan berkilau.

“Jika kalian aktif melakukan kegiatan di luar rumah atau sering berkegiatan di dapur, akan lebih banyak kotoran yang menumpuk di perhiasan. Sebab itulah akan lebih baik jika kalian sering memberishkan perhiasan berlian di ahli perhiasan. Mereka menggunakan produk dengan grade profesional yang pastinya akan mengembalikan kecemerlangan berlian dengan cara yang aman,” kata Mark Mann, mantan direktur GIA.

Maximise
Your Budget

Masukkan Budgetmu

Dapatkan rekomendasi cincin tunangan terbaik sesuai budgetmu

6. Cara Merawat Perhiasan Berlian

Setelah kalian mengetahui cara membersihkan perhiasan berlian, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan untuk merawat aksesoris yang satu ini agar tetap berkilau.

  • Lotion atau pun krim yang biasa digunakan untuk merawat kulit biasanya memiliki konsistensi yang tinggi. Lotion kental ini bisa mengendap di perhiasan, sehingga cincin, kalung, atau pun gelang akan terasa lebih kotor. Bahan-bahan ini juga membuat logam seperti emas putih dan platinum cepat pudar.

  • Berhati-hatilah saat memakai perhiasan logam mulia. Sebab bisa saja kalian beraktivitas dan tak sengaja membenturkan perhiasan ke permukaan yang kuat, sehingga bentuk perhiasan bisa berubah dan rusak. Sehingga lebih baik melepasnya sebelum melakukan kegiatan yang intensif. Jangan lupa untuk menyimpan perhiasan di tempat yang aman.

  • Jika perhiasan kalian memiliki garansi, penting adanya untuk memperhatikan tanggal pemeliharaannya. Jangan sampai lupa dengan jadwal yang telah disetujui. Bersikap proaktif dengan membawa perhiasan berlian untuk diperiksa langsung oleh ahli perhiasan akan mencegah kerusakan. Ahli perhiasan juga akan memperbaiki jika posisi berlian longgar atau pun memperbaiki kerusakan minor yang ada.

  • Kalian mungkin memiliki perhiasan kesayangan yang jarang dilepas. Misalnya saja cincin pertunangan atau pun cincin kawin. Namun akan lebih baik jika perhiasan ini dilepas saat kalian memasak atau beraktivitas di dapur.

Bukan tanpa alasan, saat kalian memasak atau membersihkan dapur, minyak dan bahan makanan lain bisa menumpuk pada cincin kalian. Atau bahkan terselip di antara batu berliannya. Jika ini terjadi maka akan sulit untuk dibersihkan. Sehingga akan lebih baik jika kalian melepas perhiasan seperti cincin saat beraktivitas di dapur.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.