;
close

Bagaimana Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu?

Fifth Bloom May 26, 2020

Fifth Bloom

Berlian merupakan benda mineral alami berbentuk kristal yang terbentuk dari karbon. Berlian asli dan alami terbentuk kurang lebih 1-3,5 milyar tahun yang lampau dan tertanam 150-800 km di mantel bumi.

Bagi manusia, berlian merupakan barang mewah dan dianggap sebagai simbol kejayaan dan kekayaan sejak zaman peradaban Romawi. Di berbagai negara termasuk Amerika Serikat, Australia dan negara-negara Eropa berlian sudah dianggap sebagai budaya dan harus ada dalam peristiwa penting seperti pertunangan dan pernikahan. Selain itu, banyak kalangan masyarakat menggunakan berlian sebagai hadiah mau pun aksesoris pribadi untuk mempercantik diri atau menunjukkan status sosialnya.

Harga berlian asli yang tidak murah bisa digunakan sebagai celah oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menipu orang yang ingin membeli berlian asli. Merebaknya berlian tiruan atau palsu yang beredar di sekitar kita membuat sebagian orang merasa khawatir.

Lantas apakah berlian yang kita miliki adalah benar berlian asli? Pada dasarnya untuk membedakan berlian asli atau palsu masih sulit dilakukan dengan mata telanjang meskipun ukurannya cukup besar. Apalagi bagi orang awam yang tak terlatih melihat perbedaan berlian asli dan palsu.

Apabila kamu membaca artikel ini, mungkin kamu ingin membeli cincin tunangan atau cincin kawin untuk pasanganmu. Bagaimanapun juga untuk membeli perhiasan berlian adalah hal yang sangat emosional.

Jika tidak jeli, kalian bisa tertipu dan memberikan perhiasan berlian palsu kepada pasangan. Tentunya hal ini akan memberikan konsekuensi buruk di kemudian hari. Tak perlu khawatir, kini kalian bisa mengetahui ciri-ciri berlian asli.

Baca juga : 7 Cara Unik untuk Melamar Wanita Pujaanmu. Si Dia Pasti Langsung Bilang ‘I Do’!

Sebelum mengetahui cara-cara mengetahui berlian asli dan palsu, bagaimana dengan tes gores? Banyak orang menggunakan tes gores sebagai cara paling umum dan termudah untuk membuktikan bahwa berlian mereka adalah berlian asli atau palsu. Dengan mengoreskan berlian terhadap kaca, apabila kaca tergores maka berlian itu mungkin asli.

fifthbloom

Tes gores berlian. Sumber foto: Fifth Bloom

Faktanya cara ini terbukti tidak akurat karena apabila kita mengacu pada skala kekerasan batuan Mohs, kaca memiliki kekerasan sebesar 5,5 Mohs. Sementara berlian adalah batu paling keras dengan skala 10 Mohs, sehingga sudah pasti kaca akan tergores.

Tetapi cubic zirconia juga memiliki skala lebih besar dari 5 Mohs, yaitu 8,5 Mohs, begitu juga dengan moissanite yang memiliki skala 9,25-9,5 Mohs. Jadi, bagaimanapun juga, baik berlian, cubic zirconia, maupun moissanite, ketiganya akan tetap menggores kaca.

Lalu, bagaimana cara yang benar untuk membedakan berlian asli dan palsu? Fifth Bloom telah mengumpulkan fakta mengenai cara-cara umum yang biasa digunakan untuk mengetes keaslian sebuah berlian, yang ternyata tidak semuanya aman dan akurat. Apa saja?

Cek Sertifikat Berlian (GIA, AGS, IGI, EGL, GSI, HRD)

Hal paling mudah untuk mengecek keaslian berlian adalah dengan mengecek adanya sertifikat internasional dari batu berlian tersebut. Berlian di atas 0.18 carat biasanya memiliki sertifikat yang didapatkan dari laboratorium pihak ketiga. Kini berlian dengan berat 0,15 carat pun sudah bisa mendapatkan sertifikat.

Pada sertifikat tersebut akan tercantum kualitas dan spesifikasi berlian tersebut. Sertifikat yang paling umum dan banyak digunakan adalah sertifikat The Gemological Institute of America (GIA). Dengan adanya sertifikat resmi dari laboratorium independen, sudah dapat dipastikan berlian yang kita miliki adalah berlian asli.

Tes Embun

Di internet beredar informasi tentang cara bagaimana membedakan berlian asli dan palsu adalah dengan mengembuskan napas ke berlian. Jika berlian berlian maka kemungkinan besar berlianmu palsu.

Hal ini dikarenakan berlian asli tidak akan berembun, karena tidak dapat menahan panas. Jika kamu menghembuskan nafas berulang kali ke berlian asli maka berlian asli akan tetap kering, sedangkan berlian palsu akan semakin berembun.

Faktanya, hasil dari tes ini tidak bisa dipercaya konsistensinya. Dilansir dari website resmi GIA, tips ini biasanya tak menyertakan berapa lama kita harus bernapas di permukaaan berlian. Tak hanya itu, tips ini juga tak memberikan kejelasan seberapa luas permukaan berlian untuk melakukan tes ini.

Baca juga : Menebak Kepribadian Seseorang Lewat Perhiasan Favoritnya. Cocok Nggak Nih?

Kelembaban di sekitar juga mempengaruhi hasil dari tes ini. Selain itu, mungkin saja batu-batu lain yang mirip dengan berlian juga bisa memberikan hasil tes yang sama alias tak berembun.

Pantulan Cahaya dari Berlian

Perbedaan mendasar antara berlian asli dan palsu adalah kilau yang dihasilkan. Berlian asli memantulkan cahaya putih atau abu abu. Berlian asli juga memiliki kilau pelangi yang berbeda dari batu-batu lain. Kilau ini hanya bisa dilihat oleh ahli gemologi profesional saja.

Oleh sebab itu, jika kalian memiliki berlian dan memantulkan cahaya pelangi, usahakan untuk melakukan pengecekan bersama ahli. Kalian juga bisa datang ke Fifth Bloom yang memiliki alat lengkap untuk mengecek berlian kalian asli atau palsu. Klik di sini untuk menghubungi customer service

Meletakkan berlian di atas koran

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Salah satu tes berlian asli vs palsu yang populer adalah dengan meletakkan di atas koran. Tulisan yang ada di bawah berlian asli tidak akan terlihat. Sedangkan pada berlian palsu, tulisan akan terlihat walau pun sedikit. Tes ini mungkin akan susah dilakukan apabila ukuran berlian terlalu kecil.

Lagi-lagi tes ini tak mudah untuk dilakukan. Jika kalian adalah gemolog terlatih, maka tes ini akan sangat mudah kalian pahami. Namun jika kalian adalah orang awam yang tak memilki keahlian dan pengalaman mengamati berlian, maka kalian akan kesulitan mengetahui hasil asli dari tes ini.

Sebab ada banyak variabel yang mempengaruhi hasil tes ini. Misalnya saja tingkat pencahayaan, apakah berlian yang akan di tes bersih atau kotor, penempatan berlian pada permukaan koran hingga bentuk dan proporsi berlian yang diuji.

Tes Air

fifthbloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Berlian asli memiliki kepadatan yang tinggi, jika dimasukkan ke dalam air, berlian asli akan tenggelam. Jika berlian terlihat mengapung di bawah atau di atas permukaan air, dapat dipastikan bahwa berlian kamu palsu.

Namun perlu diperhatikan, ada batu-batu lain mirip berlian yang juga bisa tenggelam saat dimasukkan ke dalam air. Sehingga lagi-lagi tes ini tidak bisa dijadikan acuan untuk menentukan apakah berlian yang kalian miliki asli atau palsu.

Tes Ketahanan Panas

Panaskan berlian yang kamu curigai palsu di atas lilin menggunakan pinset atau sarung tangan tahan panas. Tunggu kira -kira 40 detik, kemudian langsung masukkan berlian tersebut ke dalam air.

Berlian palsu akan akan mudah retak atau pecah karena komponennya yang lemah, namun berlian asli tidak akan menunjukkan reaksi apapun karena komponen berlian asli tidak berpengaruh terhadap perubahan suhu. Hebat, ya?

Dilansir dari Science Focus, berlian asli hanya bisa terbakar pada suhu 700-900 derajat celcius. Sehingga kalian tak perlu khawatir karena berlian asli tak akan cepat rusak jika terkena panas normal.

Namun, apakah kamu ingin melakukan tes tersebut dan berisiko merusak batu indah yang kalian miliki? Meski berlian yang dimiliki mungkin saja palsu, tapi batu tersebut memiliki harga yang cukup mahal. Do you wanna take the risk? 

Tes Menggunakan Sinar UV yang Kuat

Untuk menggunakan cara ini pastikan kamu memiliki lampu atau senter sinar UV. Sinari berlian kamu dengan sinar UV tersebut dan amati berlian milikmu. Jika berlian memancarkan warna kebiruan yang samar ataupun jelas, itu adalah fluorescence yang hanya dimiliki oleh berlian asli. Namun pada kasus langka juga terdapat warna lainnya seperti oranye (jingga), kuning dan putih.

Meski begitu, jika berlian tidak menunjukkan warna kebiruan sama sekali, bukan berarti berlian kamu palsu, karena beberapa berlian asli tidak menunjukkan fluorescence di bawah sinar UV. Jadi, untuk cara yang ini, ada kemungkinan berlian tersebut tetap berlian asli, namun dengan kadar fluorescence none atau tidak ada fluorescence.

Untuk itu, lagi-lagi dibutuhkan keahlian khusus untuk mengetahui apakah berlian yang kalian miliki asli atau palsu. Akan lebih baik jika kalian membawanya ke ahli, sehingga mendapat jawaban yang jelas.

Menggunakan Diamond Loupe (Lup atau Kaca Pembesar Khusus Berlian)

Diamond loupe merupakan alat yang digunakan untuk melihat berlian dengan minimal 10 kali pembesaran. Cara ini paling akurat karena diamond loupe bisa membantumu melihat detail yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

Langkah pertama, coba amati tepian berlian yang ingin diuji. Ciri-ciri pada berlian asli, biasanya memiliki tepian atau ujung berlian yang tajam, sedangkan berlian palsu memiliki tepi yang cenderung membulat.

Selain itu, karena dibuat di alam, sebagian besar berlian asli memiliki bercak/inklusi, meski nyaris tidak kelihatan jika dilihat secara kasat mata. Berlian kategori ini biasa disebut juga sebagai berlian eye-clean.

Sedangkan, batu bukan berlian seperti cubic zirconia dan moissanite akan terlihat sangat bersih tanpa bercak atau inklusi sama sekali. Namun Apabila berlian memiliki tingkat clarity/kejernihan yang sangat tinggi, maka berlian juga akan tampak sangat jernih.

Namun penggunaan diamond loupe harus didampingi atau dilakukan oleh ahli. Sebab clarity berlian pun memiliki tingkatan. Semakin tinggi kualitasnya, semakin sulit pula untuk ditemukan. Untuk itulah, mata yang tak terlatih akan kesulitan untuk melihat inklusi tersebut. Sehingga akan lebih baik jika kalian melakukan pengecekan berlian pada ahlinya.

Kesimpulan

Ternyata sederet cara umum untuk mengecek keaslian berlian tak selamanya akurat. Ada begitu banyak faktor dan aspek yang bisa mempengaruhi keakuratan tes.

Satu-satunya cara akurat untuk mengetahui keaslian berlian adalah melakukan pengecekan ke ahli berlian. Sebab mereka telah memiliki keahlian, pengalaman serta alat-alat khusus yang pastinya akan memberikan hasil akurat.

Nah, bila kalian hendak mencari berlian asli, Fifth Bloom menjual ribuan batu berlian asli besertifikat dengan harga terbaik. Cek koleksi ribuan berlian kami di sini.

fifthbloom

 Konsultasikan kebutuhanmu dengan customer service profesional kami. Kalian pasti akan mendapatkan perhiasan berlian dengan harga terbaik sesuai budget. Konsultasi bisa dilakukan lewat live chat atau WhatsApp ke nomor yang tertera di bawah.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.