;
close

Berapa Harga Cincin Emas 24 Karat, Emas Tua 750, dan Emas Muda 375?

Fifth Bloom Jul 23, 2020

kadar-emas-375

Dalam sebuah hubungan di manapun tempatnya dan apapun budayanya pertunangan atau pernikahan pasti akan dilengkapi dengan yang namanya cincin. Cincin bukan hanya sebagai pelengkap tetapi memiliki sejarah dan filosofi yang sangat mendalam untuk pengikataan hubungan suatu pasangan. Pemakaian cincin menjadi simbol ikatan sepasang kekasih yang murni dan tak terpisahkan. Bentuknya yang bulat menjadi wujud hubungan yang tak berujung dan tidak ada habisnya. Umumnya logam yang digunakan untuk pembuatan cincin adalah emas. Emas dipilih karena kadar kemurnian yang dianggap sebagai simbol cinta yang murni.

Jika kamu akan membeli cincin tunangan atau cincin pernikahan pastinya kamu berharap bisa memberikan yang terbaik untuk pasanganmu. Dalam memilih cincin apa yang hendak dibeli, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Salah satu yang tak kalah penting adalah kadar emas yang terkandung pada cincin tersebut. Kadar emas merupakan tingkat keaslian emas atau jumlah kandungan emas pada perhiasan, kadar emas di nyatakan dalam istilah karat atau persen (%) . Umumnya, kandungan atau kadar emas pada perhiasan akan mempengaruhi harga jual emas. Semakin banyak kandungan emasnya, maka akan semakin tinggi pula harganya.

Lalu berapa harga cincin emas 24 karat? Apakah ada yang menjual cincin emas 24 karat? Banyak yang beranggapan bahwa memilih cincin dengan kandungan emas yang tinggi seperti 24 karat, mampu membuat cincin kamu terlihat lebih berkualitas. Tetapi, kita harus tahu bahwa semakin tinggi kadar kemurniannya, maka emas tersebut juga akan bersifat semakin lunak, sehingga mudah tergores atau berubah bentuk apabila terkena benturan. Terlebih jika pada perhiasan emas tersebut ada tambahan-tambahan elemen lainnya yang disisipkan, seperti berlian atau jenis permata lainnya, maka resiko hilang atau copotnya berlian itu akan meningkat juga. Idealnya, untuk menghindari atau mengurangi risiko tersebut, maka perhiasan emas sebaiknya dicampur dengan logam lain agar bisa menjadi lebih kuat, tahan lama dan tidak mudah tergores.

Baca juga : Cincin Tunangan atau Cincin Kawin dipakai di Jari Mana?

Cincin Emas 24 Karat & 18 Karat

Emas murni (100%) mengandung kadar 24 karat, jadi apabila sebuah perhiasan emas dinyatakan memiliki kadar 22 karat, maka tingkat kemurniannya adalah 22/24 x 100% atau sekitar 91,7% sementara 8,3% lainnya adalah logam-logam lain seperti perak, tembaga, dan sebagainya. Semakin banyak kandungan emasnya, maka perhiasanmu juga akan semakin lunak. Menurut para ahli, kadar emas terbaik yang umum digunakan pada perhiasan adalah emas 75% atau 18K. Hal ini karena campuran pada kadar tersebut diyakini cukup kuat dan tidak akan membuat perhiasan emas kamu mudah berubah bentuk atau lunak. Selain itu, emas 18K juga masih memiliki nilai emas yang cukup tinggi. Itu sebabnya, emas 18 karat menjadi populer di negara Asia dan menjadi standar dalam membeli cincin tunangan atau cincin kawin. Meski begitu, di negara-negara bagian Barat seperti Amerika Serikat, Australia, dan Eropa mayoritas penduduknya lebih menyukai emas 14 karat karena perhiasan emas dengan kadar tersebut memiliki struktur yang lebih kuat dan tahan benturan.

Istilah-Istilah Kandungan Emas

Istilah umum lainnya yang sering kita dengar di pasaran Indonesia dalam menentukan kandungan emas adalah dengan istilah emas muda dan emas tua. Pastinya kita tidak asing dengan istilah ini jika kamu pernah berkunjung ke toko perhiasan emas. Kalau masih belum jelas, berikut adalah istilah-istilah kandungan emas yang ada di berbagai negara. Berdasarkan SNI ( Standar Nasional Indonesia) sudah ada tetapan untuk menentukan karat berdasarkan kadarnya, yakni sebagai berikut :

  • 24K = 99,00 – 99,99% kandungan emas.
  • 23K = 94,80 – 98,89% kandungan emas
  • 22K = 90,60 – 94,79% kandungan emas.
  • 21K = 86,50 – 90,59% kandungan emas.
  • 20K = 82,30 – 86,49% kandungan emas.
  • 19K = 78,20 – 82,29% kandungan emas.
  • 18K = 75,40 – 78,19% kandungan emas.

Di negara bagian Amerika Serikat, Australia, dan Eropa, standar karat yang digunakan dalam perhiasan adalah:

  • 18K = 18/24 bagian atau 75% emas. Sering dicap 750 pada bagian perhiasan.
  • 14K = 14/24 bagian atau 58,5% emas. Sering dicap 585 pada bagian perhiasan.
  • 10K = 10/24 bagian atau 41,67% emas. Sering dicap 417 pada bagian perhiasan.

Baca juga : Gambar Model Cincin Nikah Model Tren Terbaru 2020

Kadar Emas 750 & Kadar Emas 375

Sedangkan, istilah kadar emas di Indonesia:

  • Kadar 999 setara dengan 24 karat

    Biasanya kadar ini digunakan untuk pembentukan emas batangan / logam mulia oleh Antam. Tidak ada produsen perhiasan emas yang menggunakan emas 24 karat sebagai perhiasan karena sifatnya yang terlalu lunak untuk digunakan sehari-hari.

  • Kadar 958 setara dengan 23 karat
  • Kadar 916 setara dengan 22 karat
  • Kadar 875 setara dengan 21 karat
  • Kadar 750 setara dengan 18 karat

    Emas dengan kadar ini lebih sering digunakan, umumnya batu berlian dan batu berharga lainnya juga dipadukan dengan emas 750 atau emas 18K. Industri perhiasan mayoritas juga memproduksi perhiasan emas berkadar 750 atau emas 18K. Kadar emas 750 juga terkenal di pasaran dengan sebutan emas tua.

    Cek harga perhiasan emas tua (18K) :

  • Kadar 585 setara dengan 14,04 karat

    Perhiasan dengan cap 585 atau emas 14K sangat jarang ditemukan. Kalaupun ada biasanya diproduksi secara custom atau dari luar negeri (daerah bagian Barat).

  • Kadar 420 setara dengan 10 karat

    Perhiasan dengan cap 420 atau emas 10K sekarang mulai sering ditemukan. Hal ini dikarenakan dalam beberapa tahun terakhir pabrik-pabrik perhiasan besar mulai banyak memproduksi emas kadar 420 atau 10K.

  • Kadar 375 setara dengan 9 karat

    Sama seperti kadar 750, emas dengan kadar 375 atau 9K juga cukup populer di pasaran dan sering kita temukan di toko-toko emas pada umumnya. Kadar emas 375 atau 9K juga terkenal dengan sebutan emas muda.

    Cek harga perhiasan emas muda (9K) :

Membeli perhiasan emas memang harus berhati-hati. Ada beberapa toko perhiasan emas menyebutkan bahwa mereka menjual emas 22K dengan harga yang lebih murah dari harga standar pasaran. Pastinya kita akan tergiur dengan harga yang lebih murah tersebut, tetapi kita tidak bisa benar-benar tahu berapa kadar persen emas yang terkandung pada perhiasan tersebut. Maka dari itu, penting untuk mengetahui secara pasti penyebutan istilah karat emas dan kandungan emas yang sebenarnya, karena kadar persen itulah yang menjadi parameter dalam pengukuran kandungan emas. Berdasarkan standar pengukuran yang telah disebutkan sebelumnya, emas dengan kadar 22K = 91,7%. Jika pada toko perhiasan emas menyebutkan 22K = 70 - 75% berarti wajar saja jika harganya menjadi lebih murah. Ketika hendak membeli perhiasan emas, tidak ada salahnya jika kita menanyakan ke penjual perhiasannya berapa kadar atau kandungan emas yang ada dalam perhiasan tersebut. Selain itu bisa juga dengan cara menanyakan harga emas muda atau emas tua per gramnya, karena umumnya emas muda diasosiasikan dengan emas 375 (9 Karat), sedangkan emas tua diasosiasikan dengan emas 750 (18 Karat).

Baca juga : Cincin Tunangan Emas Apakah Lebih Baik Emas Putih atau Kuning?

Di Fifth Bloom, kami berkomitmen menjual barang dengan kadar emas yang tepat dan akurat. Apabila perhiasan di situs web kami tertulis emas 18 Karat (18K), maka bisa dipastikan bahwa perhiasan yang kami jual akan memiliki kandungan kadar emas 75%. Hal ini sedikit berbeda dengan toko-toko emas pada umumnya yang sering menyamakan harga dan kadar emas antara emas 750 dengan 700. Namun, jika kamu lebih menyukai emas yang lebih tahan benturan dan awet, Fifth Bloom juga menjual emas 9 Karat (9K) atau emas muda, klik di sini untuk melihat harga emas muda (375 atau 9K) atau untuk mengecek perhiasan dengan harga emas kadar 750 (18K atau emas tua) klik di sini

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.