;
close

Cincin Tunangan atau Cincin Kawin dipakai di jari mana?

Fifth Bloom May 27, 2020

cincin-tunangan-di-jari-mana

Pernikahan? Siapa yang tidak mengidamkan pernikahan indah bak kisah dongeng masa kecil? Terlebih jika kamu adalah kaum hawa, bukan begitu? Sayangnya, memang apa yang ada di benak kita belum tentu berbanding lurus dengan kenyataan yang ada.

Banyak sekali yang hal yang harus dipersiapkan untuk mewujudkan pernikahan idaman kita. Hal-hal apa saja yang melambangkan pernikahan? Pesta? Gaun Pesta? Buket Bunga Pernikahan? Eitss, jangan lupa, ada satu hal yang tidak mungkin tertinggal jika kita menyebut kata pernikahan.

Apakah itu? Ya… Cincin Nikah

Terlepas apakah kamu bersama pasanganmu memutuskan untuk menggelar acara pesta pernikahan secara besar-besaran atau bahkan tidak sama sekali, cincin nikah adalah benda yang tidak mungkin tertinggal, bukan? Berukuran kecil, tampak sepele, namun mampu melambangkan ikatan janji suci kamu dan pasanganmu. Bahkan sebelum kamu mengikat janji suci, sudah seolah-olah seperti menjadi kebiasaan, hampir semua pria terlebih dahulu memberikan cincin tunangan sebagai bukti lamaran pada sang calon mempelai wanita. Kelihatan sederhana? Ya. Sepele? Juga iya. Tapi, mungkin sebagian dari kita ada yang masih bertanya-tanya, cincin tunangan sebaiknya dipakai di jari mana, ya? Cincin kawin dipasang di jari mana? Atau bahkan, cincin tunangan harusnya dipakai di tangan sebelah kanan atau kiri, ya? Cincin kawin dipakai di tangan sebelah mana, ya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas sekilas.. Sebelum kita langsung ke pokok jawabannya, yuk kita mulai bahas tentang sejarah letak cincin tunangan dan cincin kawin.

Baca juga : Gambar Model Cincin Nikah Model Tren Terbaru 2020

Sejarah Cincin Tunangan dan Cincin Kawin

cincin-tunangan-di-tangan

Pernahkan kamu dengar kata "Vein of Love" ? Atau, pernahkah kamu dengar kata "Vena Amoris" ? Baik itu "Vein of Love" atau "Vena Amoris" itu sendiri mempunyai arti yakni pembuluh darah/nadi. Di antara jari jemari kita terdapat sebuah pembuluh darah/nadi yang menurut kepercayaan orang Romawi kuno memiliki aliran langsung menuju ke jantung. Di jari manakah itu? Jika kamu tau, ya, benar, itu adalah jari manis. Jadi sekarang kita sudah tau jawabannya kan mengapa letak cincin tunangan atau cincin kawin umumnya secara tradisi dikenakan di jari manis.

Baca juga : Bagaimana Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu?

Cincin Kawin atau Cincin Tunangan di Jari Mana?

Untuk peletakan cincin tunangan atau cincin kawin di jari tangan kanan atau tangan kiri, sebenarnya tidak ada jawaban mutlak harus dikenakan di tangan manakah cincin tunangan atau cincin kawin tersebut, melainkan adalah dari segi preferensi pribadi, lebih nyaman dikenakan di jari manis kiri atau kanan.

Tetapi, pada umumnya lebih banyak orang mengenakan cincin tunangan di jari manis sebelah kiri. Mengapa? Jawabannya adalah karena status tunangan dianggap belum resmi, dan pasangan hanya terikat melalui hati, bukan ikatan pernikahan abadi, sehingga cincin tunangan dipasang di jari manis tangan kiri sebagai simbol ikatan cinta. Kemudian setelah pasangan telah memiliki status yang dianggap resmi yaitu melalui pernikahan, barulah cincin tunangan tersebut dipindahkan ke jari manis tangan kanan sebagai simbol perubahan status yang nyata.

Baca juga : Apa itu Cincin Couple? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini, Yuk!

Kesimpulan Peletakan

Membahas peletakan cincin kawin, ada sebuah tradisi di mana cincin kawin tersebut diletakkan di atas cincin tunangan, sehingga pada satu jari mengenakan dua cincin secara bersamaan, baik itu di tangan kanan ataupun tangan kiri. Meski berdasarkan tradisi atau kepercayaan mengatakan bahwa cincin tunangan dan cincin kawin sebaiknya dikenakan di jari manis, sesungguhnya diletakkan di jari manapun merupakan keputusan pribadi masing-masing.

Jika kamu merasa nyaman mengenakan cincin tunangan atau cincin kawinmu di jari telunjuk atau jari lainnya, di manapun bukanlah sebuah masalah, karena sebenarnya juga malah ada pasangan yang cincin kawin atau cincin tunangannya dijadikan liontin. Bagaimana? Ide yang menarik bukan? Tertarik mencobanya? Atau, malah kamu dan pasanganmu memang sudah melakukannya? Jadi, sudah terjawab kan cincin tunangan atau cincin kawin sebaiknya dikenakan di jari mana.

Kalau kamu sedang mencari cincin tunangan atau cincin kawin, boleh tanya-tanya harga dulu dengan ahli perhiasan berlian Fifth Bloom lewat Live Chat email, atau WhatsApp ke nomer yang tertera di bawah. Harga dijamin bersahabat. Kami sangat terbuka jika ada yang hendak meng-custom desain cincinnya sendiri. Kamu bisa coba juga fitur “buat sendiri cincin tunanganmu” lewat website kami atau klik di sini

Cek harga perhiasan emas :

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.