;
close

Cincin Tunangan Emas Putih Vs Kuning, Mana yang Terbaik?

Fifth Bloom Jul 22, 2022

Sumber foto: Fifth Bloom

Sumber foto: Fifth Bloom

Memilih cincin tunangan menjadi salah satu tahap penting sebelum prosesi lamaran dilakukan. Bukan tanpa sebab, mengikat pasangan dengan cincin memang telah menjadi tradisi sejak ratusan tahun lalu.

Pemberian cincin tunangan ini menjadi simbol bahwa pasangan wanita telah menerima lamaran dari laki-laki. Sementara untuk pria, cincin tunangan menjadi lambang keseriusannya dalam menjalin hubungan dengan sang wanita.

Salah satu logam yang paling populer digunakan sebagai cincin tunangan adalah emas. Namun tak sedikit yang merasa dilema dalam proses memilih cincin. Apakah kalian harus memilih cincin tunangan emas putih atau cincin tunangan emas kuning? Mana yang lebih baik?

Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membeli cincin tunangan emas putih atau kuning. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Mengapa Harus Cincin Tunangan Emas?

Memang begitu banyak logam mulia yang bisa dipilih sebagai cincin tunangan. Mulai dari platinum, perak, hingga emas. Namun hingga saat ini bisa dikatakan bahwa emas masih menjadi salah satu yang paling disukai.

Bukan tanpa sebab, emas memang memiliki kilau yang membuat banyak orang terpesona. Tak hanya dari segi estetika, nilai emas pun cukup tinggi di pasaran. Sehingga orang-orang tak hanya menyukainya sebagai perhiasan, tetapi juga dipakai sebagai investasi.

Baca juga : 6 Fakta Berlian Merah, Batu Mulia Terlangka dan Termahal di Dunia

Selain itu, tingginya permintaan akan logam emas membuat pasar terus mengembangkan berbagai pilihan untuk logam ini. Tak seperti logam mulia lain yang cenderung memiliki satu pilihan warna. Emas memiliki berbagai versi warna sehingga kalian bisa memilih cincin tunangan emas putih, cincin tunangan emas kuning, rose gold atau bahkan yang terbaru adalah emas hitam.

Cek harga perhiasan emas tua (18K) :

2. Cincin Tunangan Emas Kuning vs Emas Putih, Mana yang Lebih Baik?

Bukan hanya berbeda dari segi warna, ternyata cincin tunangan emas putih dan emas kuning juga memiliki perbedaan lainnya. Apa saja?

a. Apakah Cincin Tunangan Emas Kuning Terbuat dari Emas Murni Saja?

Selama ini beredar asumsi bahwa perhiasan emas kuning adalah emas murni tanpa campuran, tidak seperti emas putih. Hal ini tidak benar adanya. Sebab tidak ada perhiasan yang diproduksi hanya menggunakan logam emas murni.

Seperti kita ketahui, logam emas murni memiliki kadar 24 karat (24K). Emas murni memiliki sifat yang lunak, sehingga akan lebih mudah rusak atau berubah bentuk saat terbentur. Sebab itulah, tidak ada perhiasan yang memiliki kadar 24K.

Emas murni harus dicampur dengan logam-logam lainnya seperti tembaga, timah, nikel atau pun perak yang disebut alloy sehingga menjadi lebih kuat dan tahan benturan. Pada umumnya, perhiasan emas memiliki kadar 22K, 18K, 17K, 14K dan 9K.

Cek harga perhiasan emas muda (9K) :

Misalnya saja perhiasan 18K, memiliki kadar emas 75% dan bahan campuran 25%. Kadar emas ini biasanya dijadikan cap pada sebuah perhiasan. Tak terkecuali pada cincin tunangan emas kuning. Cincin tunangan emas kuning asli biasanya menggunakan logam campuran berupa tembaga dan seng.

b. Cincin Tunangan Emas Putih

Jika cincin tunangan emas kuning memiliki campuran tembaga dan seng, berbeda dengan emas putih. Perak, timah atau nikel dan platinum menjadi beberapa logam yang biasanya dijadikan campuran untuk cincin tunangan emas putih. Logam-logam tersebut bisa menghasilkan warna putih.

Meski sudah diberi campuran logam-logam berwarna putih, emas putih sebenarnya masih berwarna kekuningan dan sedikit kusam. Sehingga untuk memberikan kilau yang lebih indah, maka perhiasan emas putih akan dilapisi dengan rhodium.

Baca juga : Berapa Harga Intan di Toko Emas Hari Ini?

Jadi jangan khawatir, ketika cincin tunangan emas putih yang sudah kalian pakai selama beberapa waktu tiba-tiba saja berwarna kekuningan. Ini berarti lapisan rhodium mulai memudar.

Jika hal ini terjadi, kalian bisa membawanya ke toko perhiasan untuk melakukan pelapisan rhodium ulang. Setelah itu cincin kalian akan tampak seperti baru lagi.

fifthbloom

c. Daya Tahan Cincin Tunangan Emas Kuning vs Emas Putih

Daya tahan cincin tunangan emas putih dan emas kuning bisa dikatakan sedikit berbeda. Dalam hal ini, cincin emas putih memiliki keunggulan.

Campuran emas putih itu sendiri merupakan logam yang lebih kokoh jika dibandingkan dengan campuran emas kuning. Tak hanya itu, lapisan rhodium juga membuat daya tahan emas putih lebih kuat. Kilaunya pun tampak lebih indah.

d. Cincin Tunangan Emas Putih vs Emas Kuning saat Dipasangkan dengan Berlian

Daya tarik utama dari cincin tunangan tak lain adalah batu permata yang menghiasinya. Berlian menjadi salah satu batu mulia paling disukai untuk dipasang pada cincin tunangan.

Dalam hal ini, cincin tunangan emas putih lagi-lagi memiliki keunggulan. Sebab berlian akan tampak lebih bersinar jika dipasang pada rangka cincin emas putih, dibandingkan saat dipasang ke cincin emas kuning.

Cek Harga Berlian Hari Ini

e. Harga Cincin Tunangan Emas Asli

Cincin tunangan emas kuning dan emas putih memang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Dari segi harga misalnya. Harga cincin tunangan emas asli memang ditentukan oleh berbagai faktor, mulai dari kadar emas murni hingga warna.

Dari segi harga cincin tunangan emas kuning lebih murah dibanding dengan cincin tunangan berbahan emas putih. Faktor yang membuat harga emas putih lebih mahal daripada emas kuning adalah proses pembuatannya yang lebih rumit.

fifthbloom

f. Perawatan Cincin Tunangan Emas Putih vs Emas Kuning

Seperti yang telah dibahas secara singkat sebelumnya, lapisan rhodium pada emas putih akan memudar seiring berjalannya waktu. Sebab itulah, jika kalian memakai cincin tunangan emas putih dan memakainya hampir setiap hari, kalian bisa melakukan perawatan (pelapisan ulang rhodium) satu kali dalam setahun.

Baca juga : 5 Jenis Batu Mulia Paling Populer dengan Keindahan yang Tak Lekang Oleh Waktu

Sedikit berbeda dengan penanganan cincin tunangan emas kuning. Perawatan cincin berbahan emas kuning dilakukan dengan memolesnya kembali. Sehingga cincin akan tampak mengkilap seperti baru.

3. Pilih Cincin Tunangan Emas Sesuai Gaya dan Selera

Jika kalian ingin memberikan kejutan melamar, maka pastikan kalian mengetahui gaya dan selera kekasihmu. Jika pasanganmu adalah seseorang yang menyukai gaya atau hal-hal yang berbau klasik dan mewah, maka cincin emas kuning bisa menjadi opsi tepat. Sementara itu, jika kekasihmu lebih menyukai gaya elegan dan modern, maka pilihlah cincin tunangan emas putih.

Kesimpulan

Pada umumnya di Indonesia, cincin tunangan dipakai di tangan kiri, khusunya di jari manis. Emas masih menjadi logam mulia favorit untuk dijadikan cincin tunangan.

Sementara untuk masalah warna, apakah itu cincin tunangan emas kuning atau putih, hal ini tergantung preferensi pribadi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Jika kalian masih bingung untuk memilih cincin tunangan emas kuning atau emas putih, kalian bisa melakukan konsultasi dengan Fifth Bloom. Kalian juga bisa mendiskusikan kebutuhan perhiasan berlian, cincin kawin dan cincin tunangan kalian.

Kalian bisa menghubungi customer service melalui tombol live chat di pojok kanan bawah. Tak hanya itu, kalian juga bisa menghubungi kami melalui WhatsApp. Kami akan dengan senang hati melayani kebutuhanmu. Gratis, tidak dipungut biaya apapun.

fifthbloom
  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.