;
close

Penting! Apa Itu Berlian Banjar dan Berlian Eropa? Mana yang Lebih Baik?

Fifth Bloom Oct 04, 2021

fifth bloom

Apabila kita membeli berlian, di pasaran kita sering kali mendengar istilah berlian Banjar dan berlian Eropa.sebagai kaum awam hanya seringkali mengartikan bahwa berlian Banjar merupakan berlian yang berasal dari Banjar daerah Martapura, sedangkan berlian Eropa merupakan berlian yang berasal dari Eropa. Terdapat juga pandangan di masyarakat bahwa berlian Banjar jauh lebih murah dan berlian Eropa lebih bagus, tetapi apakah hal tersebut benar? Akan dibahas disini dan baik berlian Banjar maupun berlian Eropa, kedua berlian ini akan kita nilai berdasarkan 4C (carat, colour, cut, clarity). Sebelum memulai pembahasan lebih jauh, jikalau kamu belum memahami 4C kamu dapat membacanya disini

CLASSIC TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING

CLASSIC TWISTED DIAMOND ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga
CLASSIC 6 PRONG DIAMOND ENGAGEMENT RING

CLASSIC 6 PRONG DIAMOND ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga
CLASSIC THREE STONE DIAMOND ENGAGEMENT

CLASSIC THREE STONE DIAMOND ENGAGEMENT

Cincin

Lihat Harga

Berlian Eropa Vs Berlian Banjar Berdasarkan 4C:

Cut

Cut berbicara mengenai bagaimana potongan pada berlian, potongan yang bagus akan membantu sebuah berlian memantulkan kilauan yang indah dan membuat berlian tampak lebih besar. Jika potongan berlian tidak simetris maka kemungkinan pantulan cahaya yang dikeluarkan akan kurang maksimal, selain itu carat berlian yang besar jika cutnya kurang bagus (fair) maka batu tersebut akan terlihat lebih kecil.

Bagaimana cut Antara Batu Berlian Banjar dan Berlian Eropa?

Pemasok berlian Banjar berasal dari daerah Martapura, Kalimantan Selatan. Pertama kali tempat ini menjadi viral ketika ditemukannya berlian dengan berat 166,75 karat, yang disebut intan trisakti pada tahun 1960. Tidak hanya ditemukan di Banjar, berlian Banjar juga dipotong dan diproses langsung di daerah setempat. Adanya anggapan yang beredar di masyarakat bahwa berlian Banjar kategori shape bulat (round), bentuk bulatnya tidak sempurna jika dibandingkan dengan berlian Eropa. Selain itu jika dilihat dari atas (bagian crown) berlian Eropa terlihat lebih rapi dan complex (potongan brilliant yang berarti memiliki 47 atau 48 sisi) jika dibandingkan dengan berlian Banjar, sehingga ketika kamu menggerakan cincin berlian akan terlihat efek pantulan yang indah.

fifthbloom (klik pada gambar untuk melihat berlian tersebut)

Akan tetapi pendapat ini juga bisa tidak benar, karena bisa saja berlian Banjar memiliki kualitas cut yang baik. Oleh sebab itu apapun pilihanmu kami menyarankan untuk melihat berlian Banjar secara langsung. Memang yang lebih menyulitkan biasanya berlian Banjar biasanya tidak memiliki sertifikat sehingga susah untuk dibandingkan. Salah satu alasan berlian Banjar tidak disertifikasikan disebabkan karena potongannya kurang baik atau tidak brilliant (47 sisi oleh sebab itu membeli berlian bersertifikasi sangat penting dengan grade potongan excellent yang bagus tentunya!). Jika kamu tertarik mengetahui tentang cut dari berlian kamu dapat mengklik di sini.

Carat

Carat atau yang dikenal dengan berat berlian sering di salah artikan sebagai besar berlian. Untuk hal ini tidak ada perbedaan yang mencolok mengenai berlian Banjar atau berlian Eropa, karena ini merupakan standar berat berlian yang sudah beredar di masyarakat.

Cek Harga Berlian Hari Ini

Clarity

Clarity atau yang lebih dikenal dengan kejernihan sebuah berlian. Batu berlian merupakan batu yang diciptakan alam, oleh sebab itu adanya sebuah keunikan pada proses pembuatannya yang dikenal dengan istilah inklusi (cacat).

Tapi jangan kuatir karena cacat tersebut biasanya tidak terlihat oleh mata kepala kita, dengan hanya membeli eye clean. Selain itu potongan berlian excellent memiliki kecemerlangan, pantulan, dan kilauan yang dapat membantu menyembunyikan kecacatan. Jika kamu membeli berlian di Fifth Bloom, sudah pasti kecacatan (inklusi) tidak terlihat oleh mata.

Check harga berlian berdasarkan clarity di sini :

Kemudian Bagaimana Clarity Antara Berlian Banjar dan Berlian Eropa?

Terdapat informasi bahwa berlian Banjar lebih kusam atau tidak seberapa mengkilap, sebenarnya informasi yang beredar mengenai hal ini bisa benar dan tidak, mengapa begitu? Karena pada dasarnya setiap berlian memiliki level clarity yang berbeda.

Bisa jadi level clarity yang beredar di masyarakat merupakan clarity yang rendah akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya berlian Banjar dengan clarity yang tinggi. Oleh karena itu ketika kita ingin membandingkan kedua berlian kita perlu apple to apple karena jika keduanya di compare kemungkinan tidak ada perbedaan.

Colour

Colour atau yang dikenal dengan istilah warna pada berlian colourless. Colour berlian diukur dari rentang D hingga Z dan diklasifikasikan menjadi lima kategori besar: colourless (tidak berwarna), near colourless (nyaris tidak berwarna), faint (sedikit tidak berwarna), very light (cukup berwarna), dan light (terlihat jelas berwarna). Kesimpulannya semakin rendah (Z) maka semakin kuning juga berlian tersebut. Rekomendasi terbaik jika kamu ingin membeli berlian putih adalah dengan memilih berlian pada rentang warna (colour) G-H karena biasanya hampir tidak terdapat perbedaan kasat mata antara berlian near colourless (G-H) dengan berlian colourless (D-F).

Check harga berlian berdasarkan warna di sini :

Kemudian Bagaimana dengan Colour Antara Berlian Banjar dan Berlian Eropa?

Pendapat bahwa berlian Banjar lebih kuning dan berlian Eropa lebih putih (colourless), nyatanya hal ini juga tidak valid. Video komparasi yang beredar dimasyarakat tidak menjelaskan informasi mengenai tingkat dari setiap colournya, sama halnya seperti clarity.

Kemungkinan colour berlian yang beredar di masyarakat memang sedikit kekuningan, namun hal ini tidak menutup kemungkinan adanya berlian Banjar dengan colour yang putih. Sehingga saat kita membandingkan berlian Banjar dan berlian Eropa dengan grade yang sama, colour pada berlian tersebut akan terlihat sama. Terlepas dari berlian Banjar atau Eropa berlian, berlian dengan warna yang lebih kuning mempunyai harga yang lebih murah.

LA FLEUR DIAMOND ENGAGEMENT RING

LA FLEUR DIAMOND ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga
JENN IN SCALLOP SETTING DIAMOND ENGAGEMENT RING

JENN IN SCALLOP SETTING DIAMOND ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga
TWISTED ROSE DIAMOND ENGAGEMENT RING

TWISTED ROSE DIAMOND ENGAGEMENT RING

Cincin

Lihat Harga

Kesimpulan

Mana berlian yang lebih bagus dan lebih murah, berlian Eropa atau berlian Banjar? Tergantung kualitas dan spesifikasi yang kamu pilih tentunya. Walaupun tidak dapat dipungkiri stigma yang beredar dimasyarakat bahwa berlian Banjar memiliki kualitas yang kurang bagus, hal ini dikarenakan pemotongannya dilakukan dengan alat yang kurang canggih. Namun tidak menutup kemungkinan ada berlian Banjar dengan kualitas bagus!! “Jadi saran terbaik adalah dengan melihat langsung barangnya dan memakai standar 4C (dari perusahaan sertifikasi yang kredibel) untuk melihat perbandingan keduanya.

Oh iya berlian Eropa bukan berlian yang berasal dari Eropa melainkan berlian bersertifikat yang dikeluarkan oleh organisasi ketiga seperti GIA dan berlian Eropa bukan hanya berlian yang kualitasnya F-VVS saja. Pada dasarnya GIA atau organisasi ketiga mensertifikasi berlian berdasarkan kualitasnya oleh karena itu istilah “berlian Eropa hanya F-VVS” itu tidak benar. Terdapat berbagai variasi colour dan clarity yang dapat kamu pilih, klik di sini untuk melihatnya.

Kemudian bagaimana jika berlian Banjar dipotong dengan baik dan disertifikasi oleh lembaga ke-3 seperti GIA? Ya sama saja dengan berlian EROPA!! Akan tetapi kemungkinan hal ini terjadi sangat kecil karena penjual berlian Banjar tidak mau mengalami kerugian setelah mengetahui bahwa kualitasnya rendah, sehingga harganya menjadi relatif lebih murah atau bahkan turun. Jika melihat perkembangan sekarang ini istilah berlian Banjar dan Eropa tidak lagi relevan karena 90% dari berlian yang beredar di masyarakat merupakan berlian hasil produksi pabrik pemotong di India. Selain itu lebih penting jika kita membeli berlian bersertifikat dari pada melihat kalimat “asal berlian tersebut", karena istilah tersebut hanyalah salah satu teknik marketing dan tidak menjelaskan informasi yang benar mengenai batu berlian tersebut.

Baca tentang sertifikat berlian dan kelebihannya disini dan baca juga informasi ini jika kamu ingin menghemat uang untuk membeli perhiasan berlian. Semoga kamu sekarang tau harus membeli berlian yang bagaimana dan jika kamu tertarik untuk membeli atau melakukan konsultasi perhiasan berlian kamu dapat mengklik disini.

  Share it on

Leave a Reply

Your email address will not be published. required fields are marked *

Name *

Email *

Comment

Terima kasih. Komentar Anda akan muncul 1x24 jam setelah disetujui oleh Admin


DE

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

0
NS

Official

Joe Dhon

7 jam lalu


Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.